Jenis program studi bidang ilmu agama, prospek lulusan

by

helmy

Jenis program studi bidang ilmu agama

BIDANG ILMU : ILMU AGAMA

1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
2. Program Studi KePendidikan Islam
3. Program Studi Sejarah Dan Peradaban Islam
4. Program Studi Perbandingan Agama (Usuludhin)
5. Program Studi Aqidah & Filsafat
6. Program Studi Tafsir Hadits
7. Program Studi Al‐Ahwal Al‐Syakhsiyyah
8. Program Studi Jinayah Siyasah
9. Program Studi Muamalat
10. Program Studi Manajemen Dakwah

1. PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang pendidikan dan pengajaran agama Islam, yang menguasai materi dan metodologinya. Program studi ini menyiapkan sarjana bidang keguruan agama Islam yang profesional untuk mengajar pada jenjang Madrasah Aliyah dan yang sederajat.
Gambaran mata kuliah keahlian yang diberikan meliputi: ilmu pendidikan, sejarah pendidikan islam, qawaid fiqhiyah, metode pendidikan islam, keterampilan profesi, psikologi, perencanaan sistem pendidikan islam, pengembangan kurikulum, materi pendidikan agama islam, sistem evaluasi pendidikan, masail fiqhiyah, strategi belajar mengajar, media pengajaran, dsb.

B. PROSPEK LULUSAN :
Lulusan pendidikan agama Islam memiliki prospek menjadi tenaga pengajar yang unggul dalam metodologi, keilmuan, dan kompetitif pada era perdagangan bebas sehingga dapat mengisi peluang berkarir di institusi pendidikan Islam level menengah ke atas.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI (Nama, Alamat Perguruan Tinggi terlampir)
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, Iman Bonjol, R‐Patah, Sumut, Sn‐APel, Walisongo, Mataram, Sul‐Amai, Sul‐Maulana, Syekh Nurjati.
UIN : Alauddin, Malang, Sul‐Syarif Kasan, Sn‐Gunung Jati, Sn‐Kalijaga, Syarif Hidayatullah, Maulana Malik Ibrahim
PTS : UMY‐YK, UII‐YK, UNISBA, UIA‐JKT, dsb
 

2. PROGRAM STUDI : KEPENDIDIKAN ISLAM

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi ini memfokuskan pada sistem kependidikan Islam. Lulusan program studi ini diharapkan mampu menguasai manajemen kependidikan dan menerapkannya dalam dunia pendidikan Islam. Ada beberapa konsentrasi pada program studi : Program Studi Supervisi Pendidikan Islam bertujuan membentuk dan menyiapkan tenaga profesional di bidang supervisi pendidikan Islam.
Program Studi Manajemen Pendidikan bertujuan menghasilkan Sarjana Manajemen Pendidikan yang memiliki moralitas tinggi, mempunyai kemampuan akademik luas dan profesional dalam bidang mana‐jemen pendidikan.
B. PROSPEK LULUSAN :
Dapat bekerja sebagai perancang, pengendali dan pelaksana program Lembaga Pendidikan, Tenaga Pengawas Sekolah, Konsultan, Tenaga Pendidik, Tenaga BP, Peneliti, Tenaga Administrasi di lembaga pendidikan, Wartawan dan dapat bekerja secara mandiri sebagai wiraswasta.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐AmPel, Walisongo, Sul‐Amai, STAIN : Purwokerto, Jember, Samarinda, Ternate, Palu
UIN : Sultan Syarif Kasan, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Syarif Hidayatullah
PTS : UNMUH. Prof. HAMKA, Univ. Djuanda Bogor, dsb

3. PROGRAM STUDI : SEJARAH DAN PERADABAN ISLAM

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Lulusan Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam disiapkan untuk membina lulusan yang dapat memahami dan mengembangkan karya‐karya yang bernafaskan Islam dalam lapangan sejarah, kesenian, kebudayaan, dan penggalian sejarah Islam.
Gambaran mata kuliah yang dipelajari diantaranya : qawaid (nahwu), qawaid (sharaf), pengantar ilmu sejarah, filsafat sejarah, sejarah indonesia pra‐islam, sejarah islam di indonesia, sejarah sosial dan intelektual islam di indonesia, sejarah islam di asia tenggara, sejarah islam kawasan, sejarah peradaban islam, perkembangan pemikiran modern di dunia islam, sejarah islam di asia tengah dan selatan, historiografi, histo‐riografi indonesia, sejarah pergerakan nasional, arkeologi, teori politik islam, metodologi penelitian sejarah, kajian naskah.
B. PROSPEK LULUSAN :
Prospek karir program studi : Diplomat, Penerjemah, Sejarawan, Pemandu wisata, Sastrawan, Dosen, Pengamat, Penulis, dan Peneliti.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Syekh Nurjati, Sultan Maulana, Raden Patah, Sunan Ampel STAIN : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Cirebon
UIN : Sultan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Syarif Hidayatullah PTS : Univ. Islam Sultan Agung Semarang.

4. PROGRAM STUDI : PERBANDINGAN AGAMA

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana Muslim yang memiliki keahlian dalam bidang perbandingan agama sehingga mampu membandingkan berbagai agama dari segi perbedaan dan persamaannya serta mampu menganalisis konflik‐konflik yang ditimbulkan oleh perbedaan agama dan men‐coba memecahkannya. 
Gambaran mata kuliah yang dipelajari diantaranya : keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: nushush qur’aniyah, filsafat agama, agama‐agama dunia, hubungan antar agama, sosiologi agama, antropologi agama, psikologi agama, fenomenologi agama, metodologi penelitian perbandingan agama, aliran kepercayaan, orientalisme, filsafat ilmu, logika, filsafat islam, agama hindu, agama budha, agama yahudi, agama kristen.
B. PROSPEK LULUSAN :
Profesi dan Karir Lulusan dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta, lembaga penelitian, lembaga pendidikan akademisi (pendidik/guru/dosen), LSM, jurnalis media massa, politisi, peneliti, pengamat sosial‐keagamaan, juru dakwah, , konsultan, mediator Keagamaan, pengamat professional.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrta.

5. PROGRAM STUDI : AQIDAH FILSAFAT

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi Aqidah Filsafat bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi Aqidah (Teologi) dan Filsafat.
Gambaran mata kuliah yang dipelajari meliputi : 
Ilmu kalam, aliran‐aliran kalam, filsafat islam, filsafat modern, logika/mantiq, ilmu tasawuf, metodologi penelitian filsafat, sosiologi agama, filsafat agama, akhlak, aliran kepercayaan, orientalisme, filsafat islam, islam di indonesia, nushush qur’aniyah, filsafat nilai, filsafat etika, filsafat aliran, psikologi agama, pemikiran teologi islam modern
B. PROSPEK LULUSAN :
Profesi dan Karir Lulusan dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta, lembaga penelitian, lembaga pendidikan akademisi (pendidik/guru/dosen), LSM, jurnalis media massa, politisi, peneliti, pengamat sosial‐keagamaan, juru dakwah, konsultan.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrta., dll.

6. PROGRAM STUDI : TAFSIR HADITS

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu‐ilmu Al‐Qur’an, Tafsir, Hadis dan ilmu‐ilmu Hadis.
Gambaran mata kuliah yang dipelajari meliputi : ulumul qur’an, ulumul hadits, tafsir, hadits, metodologi penelitian tafsir/hadis, ilmu akhlak, aliran kepercayaan, orientalisme, filsafat ilmu, mantiq/logika, filsafat islam, metode tafsir, membahas kitab tafsir, takhrijul hadits, membahas kitab hadits, ushul fiqh, dan tasawuf.
B. PROSPEK LULUSAN :
Peluang karir lulusan dapat bekerja sebagai :
• Pakar dalam kajian Tafsir
• Pakar dalam kajian hadis
• Pentahsin mushaf Al‐Qur’an di Kementrian Agama RI
• Penulis buku kajian keislaman
• Konsultan syariah pada lembaga‐lembaga profesional
• Guru dan Dosen
• Pendiri pesantren maupun lembaga pendidik
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrta.

7. PROGRAM STUDI : AHWAL SYAKHSHIYYAH (HUKUM KELUARGA ISLAM)

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Pada Program Studi ini ada bebaraPa konsentrasi diantaranya :
Konsentrasi Peradilan Agama yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi peradilan agama, serta mampu mengemban tugas di bidang keahliannya untuk kepen‐ tingan negara dan masyarakat.
Konsentrasi Administrasi Keperdataan Islam yang bertujuan untuk meng‐hasilkan sarjana yang menguasai bidang administrasi keperdataan, serta mampu mengemban tugas di bidang keahlian administrasi keperdataan tersebut.
B. PROSPEK LULUSAN :
Prospek lulusan program studi Al‐Ahwal Al‐Syakhshiyyah berpeluang untuk memiliki profesi utama sebagai hakim dan berpeluang memiliki profesi tambahan sesuai dengan konsentrasi yang dipilih, yaitu sebagai praktisi hukum di lingkup Peradilan Agama
 
Administrasi di KUA ; Advokat ; Mediator ; Tenaga Ahli pada Lembaga Fatwa. Selain itu, punya peluang untuk menjadi staf ahli di Mahkamah Konstitusi (MK) dan Praktisi Perbankan Syariah.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrta.

8. PROGRAM STUDI : JINAYAH SIYASAH (HUKUM PIDANA & TATA NEGARA ISLAM)

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Pada Program Studi ini ada beberaPa konsentrasi diantaranya : 
Konsentrasi Kepidanaan Islam yang bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi pidana Islam. Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam konsentrasi ini meliputi: Ilmu Tafsir, Tafsir Ahkam, Hadits Ahkam, Ushul Fiqh, Ilmu Hukum, Fiqh Siyasah, Fiqh Jinayah, dan sebagainya.
Konsentrasi ketatanegaraan bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai bidang studi tata negara. Mata kuliah keahlian yang diberikan meliputi: qawaid fiqhiyah, hukum pidana dan acara pidana, hukum tata negara, hukum islam di indonesia, tarikh tasyri’, kriminologi, ushul fiqh, ilmu hukum, fiqh siyasah, fiqh dan fiqh ibadah, dsb.
B. PROSPEK LULUSAN :
Prospek lulusan program studi diantaranya dapat sebagai Hakim, Pengacara, Konsultan Hukum, Ahli Hisab dan Rukyat, Administrator pada Institusi Hukum Islam, Cendikiawan, Akademisi, Ulama, Mufti, Politisi, Anggota legislatif, Diplomat, Tenaga Ahli Hukum Bisnis Islam, Praktisi Perbankan dan Keuangan Islam, Konsultan Hukum Islam, Aktifis LSM dan lainnya.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrta.
 

9. PROGRAM STUDI : KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang komunikasi dan penyiaran Islam.
Gambaran mata kuliah keahlian yang dipelajari diantaranya : 
Filsafat dakwah, ilmu dakwah, psikologi dakwah, sejarah dakwah, metodologi penelitian dakwah, ilmu komunikasi, jurnalistik, teknik berpidato, produksi siaran radio dan film, pengantar manajemen, statistik sosial, perilaku organisasi, perkembangan pemikiran modern dan penyiaran islam, filsafat islam, patologi sosial, perbandingan agama, geografi islam, public relation, ilmu akhlak, psikologi komunikasi dan tabligh, dan pengantar psikologi.
Ada beberapa konsentrasi : Konsentrasi Jurnalistik, Konsentrasi Public Relation (Humas), Konsentrasi Advertising (Periklanan), Konsentrasi Broadcasting (Penyiaran), Konsentrasi Dakwah
B. PROSPEK LULUSAN :
Profil lulusannya menjadi tenaga penyuluh di lembaga pemerintah dan non pemerintah. Selain itu, menjadi tenaga ahli dalam bidang humas serta ahli dalam jurnalistik
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrta.

10. PROGRAM STUDI : BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang mumpuni di bidang penyuluhan dan bimbingan Islam.
Gambaran Mata Kuliah Keahlian yang diberikan diantaranya : 
Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Ilmu Akhlak, Sejarah Dakwah, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Psikologi Agama, Sosiologi, Kesehatan Mental, Psikologi Sosial/Komunikasi, Pengantar Psikologi, Psikologi Perkembang‐an, Metode Penelitian, Filsafat Manusia, Psikologi Abnormal/Patologi, Pengantar Manajemen, Psikologi Kepribadian/Terapi Islam, Bimbingan Penyuluhan Agama, Statistik Sosial, Psikologi Diagnostik, Psikologi Industri/Organisasi.
Ada beberapa konsentrasi diantaranya : Konsentrasi Bimbingan Mental, Konsentrasi Penyuluh Kewarganegaraan
B. PROSPEK LULUSAN :
Lulusan Program Studi Bimbingan & Konseling Islam memiliki kompetensi :
a. Menjadi penyuluhan agama.
b. Menjadi pembimbing mental.
c. Menjadi konselor
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrt

11. PROGRAM STUDI : MANAJEMEN DAKWAH

A. DESKRIPSI SINGKAT :
Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang manajemen dakwah.
Gambaran Mata Kuliah Keahlian yang diberikan diantaranya : Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Pengembangan Dakwah, Manajemen Dakwah, Manajemen Organisasi Islam, Manajemen Pelatihan Dakwah, Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah, Manajemen  Kemasjidan, Organisasi Nirlaba, Manajemen
Pers Dakwah, Manajemen Penyiaran/Tabligh, Perbandingan Sistem Dakwah, Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Dakwah, Sistem Informasi Dakwah, Praktek Manajemen Dakwah, Lembaga Keuangan Islam, Pengantar Ilmu Komunikasi, dan Perilaku Orang Islam.
Ada beberapa konsentrasi diantaranya : Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah, Konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Syari’ah, Konsentrasi Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (ZISWAF)
B. PROSPEK LULUSAN :
Lulusan Program Studi manajemen dakwah
a. Menjadi penyuluhan agama.
b. Menjadi pembimbing mental.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
IAIN : Antasari, Ar‐Raniry, R‐Patah, Sumut, Sn‐ Ampel, Walisongo STAIN : Kediri, Jember, Samarinda, Ternate
UIN : Syarif Hidayatullah, Sn‐Kalijaga, Sn‐GngJati, Sul‐Syarif Kasan PTS : UNISBA, UNDAR Jombang, UMS‐Skrt

Related Post