Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik SEO Newbie

Di Tulis Oleh Hamba Allah:

Teknik SEO Newbie

Teknik yang saya gunakan ini adalah teknik sederhana yang masih dalam tahap uji coba. Walaupun masih tahap uji coba namun setidaknya bisa anda gunakan untuk menghibur diri ketika anda stress karena tidak mendapatkan traffik pengunjung blog. 

Ada tahapan stress yang umum dialami oleh seorang blogger yaitu stress karena tak kunjung mendapatkan pengunjung untuk blognya, stress karena tidak mendapatkan penghasilan yang di idam-idamkan dengan blog yang sudah banyak trafik pengunjungnya dan yang terakhir adalah stress karena penghasilan blognya menurun drastis entah CPC adsense turun atau bahkan karena blognya mendapat pinalty dari google.

Pada artikel ini saya hanya sedikit memberikan penyelesaian untuk stress yang pertama yaitu stress karena tak kunjung melihat aliran pengunjung di blognya. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan yang selalu membuat tidur anda tidak nyenyak.

Perlu diketahui juga dalam artikel ini saya tidak menyampaikan semuanya dengan jelas dan artikel ini hanya bersifat membukakan wawasan saja. Oleh karena itu mohon untuk tetap tenang dan tidak rusuh setelah membaca artikel ini. Karena mungkin setelah membaca artikel ini pikiran anda akan terasa sedikit panas terutama untuk pemula yang memang benar-benar pemula. 

Sebuah lukisan akan terlihat sangat indah, tapi mungkin anda membutuhkan banyak waktu untuk memolesnya 🎨

Waktu pagi adalah waktu yang penuh dengan inspirasi 🍳

Bismillahirrohmanirrohim

Pada pagi/siang/sore/malam (sesuaikan dengan waktu anda membaca 😀) saya ingin menyampaikan proyek yang sedang saya kerjakan tentunya proyek ini adalah proyek saya yang berkaitan dengan dunia blogging. Namun sebelum lebih jauh anda membaca tulisan ini alangkah lebih baiknya anda merilekskan pikiran lebih dulu.

Tarik nafas dalam-dalam, berhenti sejenak, dan keluarkan. Lakukan tiga kali.

Oke baiklah, saya akan menyampaikan inti pembahasan pada tulisan ini yaitu cara menarget kata kunci yang belum di target oleh orang lain dan berpeluang untuk mendapatkan traffik yang lumayan di hari kemudian.

Bagaimana cara menarget kata kunci yang belum ditarget oleh orang lain dan mendapatkan traffik dari kata kunci tersebut??

Studi kasus..

Proyek yang sedang saya kerjakan adalah menarget kata kunci yang berkaitan dengan materi kuliah yang sedang saya pelajari (maklum masih belajar). Cara ini sudah pernah saya lakukan di tahun lalu dan sekarang sudah membuahkan hasil. 

Cara ini saya lakukan dengan niat percobaan. Waktu itu saya tidak yakin apakah cara yang saya lakukan bisa sukses mencapai pejwan atau tidak. Dan ternyata, beberapa bulan kemudian kata kunci yang saya target bisa masuk ke pejwan minimal menguasai kata kunci yang di cari oleh temen-temen saya di kampus.

Nah, bagaimana jika anda bukan anak kuliahan? Hmm.. sebenarnya masih banyak kata kunci yang dapat anda target dan berpeluang untuk mendapatkan traffik di masa yang akan datang. Yaitu menarget kata kunci yang sedang trending di google trends dan mencari kata kunci abadinya. 

Misal yang sedang trend adalah tentang kejuaraan sepakbola, maka kata kunci yang anda gunakan adalah profil club sepakbola dan profil pemain club yang juara tersebut dsb.

Anda dapat mengembangkan cara itu sesuka hati. Saya yakin banyak orang yang mungkin sudah tau dengan hal itu, tapi banyak orang yang belum mau mempraktekkannya. 

Nyatanya kata kunci yang saya target masih mendapat aliran pengunjung walaupun pesaingnya luar biasa, bahkan beberapa kata kunci yang saya target ada yang menancap kuat di pejwan dengan pesaing situs authority. Itu artinya masih ada peluang yang bisa kita manfaatkan dengan baik.

Rahasia: kata kunci yang berkaitan dengan how to make (furnitur) masih berpeluang untuk dimanfaatkan karena yang menarget kata kunci itu adalah toko online furnitur yang mainnya SEO, namun dia sebenarnya menjual bukan memberi informasi tentang cara membuatnya. 

Mungkin dalam jangka pendek mereka akan menang, tapi untuk jangka panjang artikel aslilah yang akan menang. Terbukti dari blog saya, posisi di search engine ada di page 2 tapi masih mendapatkan pengunjung. Ini menandakan bahwa konten yang ada di online shop tersebut tidak relevan dengan kata kuncinya sehingga user akan mencari konten yang relevan dengan kata kunci yang mereka gunakan

Mungkin masih banyak lagi kata kunci yang dapat anda target dengan cara melakukan percobaan. 

Perlu di ingat: SEO bukanlah senjata yang bisa di gunakan dengan sekejap mata, tapi butuh waktu  berbulan-bulan. Bagaikan bom waktu, dia akan berfungsi seiring dengan habis waktunya.

Kiasan di atas adalah hiperbola dan tidak nyambung hehe..

Intinya untuk mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari itu tidak segampang membalikkan telapak tangan kecuali jika memang kata kunci yang anda target belum ada pesaingnya sama sekali atau pesaing anda tidak terlalu banyak, atau situs anda adalah situs yang punya otoritas tinggi di mata mesin pencari. Lhoh katanya mau menarget kata kunci yang belum ditarget orang lain? Kok jadinya ada pesaingnya?

Oke right. Ada memang kata kunci yang belum ditarget oleh orang lain secara mutlak dan juga ada kata kunci yang belum ditarget oleh orang lain tapi di kata kunci tersebut terdapat kata kunci yang nyerempet dengan kata kunci dari situs orang lain. 

Misalnya saya ingin menarget ekonomi mikro islam, dan ternyata di mesin pencari sudah ada artikel dengan kata kunci ekonomi mikro. Nah.. ini akan sangat berpengaruh terhadap posisi situs/postingan kita di mesin pencari, dan tentunya butuh waktu yang lama untuk mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Mudeng?? 

Nah.... 

Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah cara ini adalah termasuk SEO? Kalau iya dimana letak teknik SEOnya? 

Bagi saya ini adalah bagian dari SEO kelas newbie. Walaupun SEO newbie tapi lumayanlah buat ngehibur diri. Dengan cara ini paling tidak saya mendapatkan earning rata-rata 1k perhari (seribu rupiah). Lumayan bisa buat jajan permen 😁

Rumus saya adalah 1 tahun Rp.1000/hari maka tahun kedua adalah sepuluh kali lipatnya Rp.10.000/hari dan tahun ke tiga Rp.100.000/hari dst. 1 tahun menguasai satu institusi 3 tahun menguasai 100 institusi perguruan tinggi. Ups salah. Kalau materinya sama bisa jadi 1 tahun menguasai 100 institusi perguruan tinggi sekaligus  

Baiklah ayo kita mulai permainannya.

Cara pertama:

Peralatan yang perlu anda siapkan:

1. Laptop/pc (biar mudah)

2. Koneksi internet (pake wifi gratisan gpp hehe)

3. Akun facebook

4. Akun gmail

5. Cemilan+ minuman (hindari gorengan!)

Cara eksekusinya:

Anggap saja anda menargetkan materi kuliah

Cara pertama:

1. Masuk ke akun facebook 

2. Cari grup materi kuliah atau universitas atau lainnya sesuai niche yang anda target. Usahakan bukan grup blogger ya? Karena kita akan menarget kata kunci yang saingannya rendah. Cari grup yang sekiranya materi yang di share di sana adalah unik. (misal ensiklopedia bebas, dimensi pengetahuan dsb)

3. Gabung grup tersebut.

4. Jika sudah di approve masuk ke laman file dan download semua materinya.

5. Alternatif lain jika di laman file tidak ada materinya, anda bisa melihat postingan dari member grup tersebut entah berupa materi ataupun pertanyaan.

6. Setelah mendapatkan materinya pastikan materi tersebut tidak mengandung copyright alias boleh dishare. Kalau perlu ijin dulu sama pemiliknya, pasti mereka akan dengan senang hati mengijinkannya.

7. Setelah mendapatkan ijin dari pemilik materi sekarang tinggal buat blog (blogspot) dengan akun gmail yang sudah disiapkan tadi

8. Setelah blog jadi, posting deh semua materi tadi di blog, jangan lupa di jadwal biar nggak dianggap spam oleh blogger.

Cara kedua model PBN:

Cara ini adalah sambil menyelam minum air, dengan PBN maka anda bisa menarget semua kata kunci tersebut secara spesifik dan anda juga bisa membuat backlink untuk situs anda sendiri.

1. Siapkan beberapa akun gmail. Buat blog utama dengan satu niche umum misal Ekonomi Mikro Islam 

2. Buat juga beberapa blog dengan niche turunan (dalam ekonomi mikro islam ada bab konsumsi, produksi, dan distribusi), satu blog satu akun gmail.

3. Buat lagi beberapa blog dengan niche turunannya lagi yaitu turunan dari bab-bab tersebut misalnya konsumsi didalamnya membahas tentang prinsip konsumsi islam, etika dsb)

4. Setelah semua blog itu jadi maka kita masuk ke tahap selanjutnya yaitu posting.

5. Langkah pertama adalah posting di tier 2

6. Langkah kedua posting di tier 1, dan 

7. Langkah ketiga adalah posting di blog utama.

Nb: Untuk teknis lebih lengkapnya, anda bisa mencari artikel PBN sendiri. Tulisan ini hanya untuk membuka wawasan saja. Selanjutnya kembangkan sendiri, oke??

Hmm kayaknya terlalu ribet ya.. kalau nggak mau ribet mending pake cara yang pertama aja biar mudah dan simpel. Untuk cara yang kedua abaikan aja dulu. Nanti kalau suatu saat penasaran bisa anda coba. Saya pun kurang begitu paham dengan teknik PBN, yang katanya rawan kena penalty dari mbah google.

Semoga dengan adanya tulisan ini bisa sedikit memberi pencerahan untuk pemula (seperti saya). Dan kalau ada tulisan yang kurang pas atau salah mohon kritik sarannya agar dapat segera saya perbaiki. 

Terima kasih 

Semoga bermanfaat  

#NewbieInginBerbagi

“Ilmu Allah bagaikan banyaknya air di lautan sedangkan ilmu yang saya miliki ibarat sepucuk air yang diteguk oleh burung yang terbang di atasnya”

“Ada ilmu Allah yang diberikan kepadaku dan kamu tidak mengetahuinya dan ada juga ilmu Allah yang diberikan kepadamu dan aku tidak mengetahuinya”

“Tiada daya dan kekuatan apapun tanpa kehendak dari Allah SWT”

Lihat juga: Dasar SEO Blogging

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk " Teknik SEO Newbie"