Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Speaker Bluetooth JBL Go asli dan palsu

Blog Orang IT - Saat ini, banyak produk palsu yang dijual bebas di pasaran, biasanya kita sebut dengan istilah "Kw" atau kualitas dua, sebagian besar produk yang dipalsukan adalah barang-barang elektronik. Salah satu produk elektronik yang paling banyak ditiru adalah Speaker JBL Portabel Bluetooth GO besutan Harman Kardon .

GO JBL versi speaker kw sering kami temukan di toko-toko elektronik. Mungkin jika hanya dilihat dengan mata telanjang akan cukup sulit untuk membedakan antara produk asli dengan yang palsu. Memang, itu karena ke dua produk memiliki kesamaan dalam tingkat tertentu sehingga dibutuhkan ketelitian khusus untuk menemukan perbedaannya

Mengapa speaker JBL GO banyak ditiru? mungkin karena speaker ini dirancang oleh Harman Kardon yang menjadi salah satu produsen perangkat audio high-end yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya

Speaker Bluetooth JBL Go

Alasan inilah yang menyebabkan permintaan speaker JBL GO ikut naik dipasaran, sehingga beberapa oknum memanfaatkan situasi ini untuk memproduksi speaker JBL GO versi KW dengan harga yang lebih murah 

Ini juga menjadi alasan mengapa banyak produsen ilegal berlomba-lomba untuk meniru desain GO speaker JBL atau sengaja dimiripkan seperti itu.

Produsen ilegal ingin memanfaatkan keberhasilan JBL GO dengan membuat tiruan dari produk ini untuk memberikan pilihan bagi konsumen yang ingin produk serupa JBL GO namun dengan harga yang relatif lebih murah.

Sementara itu, jika dilihat dari segi harga yang ditawarkan tentu Speaker palsu GO JBL menawarkan harga yang lebih murah dari versi aslinya. Perbandingan harganya mungkin mencapai setengah dari harga aslinya. Bayangkan, benar-benar menggoda bukan?

Perbedaan Speaker Portable Bluetooth JBL asli vs palsu

Kualitas keduanya tentu saja berbeda, kita harus mengevaluasi seobjektif mungkin, mengingat barang dari bentuk fisiknya sengaja dibuat semirip mungkin sekitar 90% sama persis dengan produk asli. Meskipun tampak seperti itu, tapi dari segi kualitas suara dapat dengan mudah kita bedakan antara dua speaker tersebut

Meski hanya sekilas mendengarkan, kita bisa langsung membedakan keduanya. Ingat! orang-orang sering mengatakan bahwa "Harga menentukan kualitas barang". Mustahil menemukan barang berkualitas bagus dijual murah kecuali cuci gudang atau promo 😃

Kualitas suara asli speaker JBL GO tentu lebih baik daripada speaker GO JBL palsu . Versi asli memiliki suara jelas , keseimbangan antara bass dan treble juga lebih terorganisir dari versi palsu.

Secara fisik mereka mungkin sangat mirip, namun jika Anda membeli JBL GO versi asli setelah menguji dan mendengar kualitas suara dijamin tidak akan menyesal.

Jadi bagaimana cara membedakan yang benar antara Spekar JBL GO (original) dengan palsu (fake)?

Pertimbangkan beberapa hal berikut :

1. Lihat Deskripsi Produk

Sebelum memutuskan untuk membeli perlengkapan audio GO JBL, baik melalui online maupun offline. Kami menyarankan Anda untuk melihat detail informasi produk secara rinci. Jika pembelian via online, pastikan Anda membaca keterangan deskripsi dan melihat foto produk dengan hati-hati. Jika masih ragu, Anda dapat meminta penjual online mengirim video untuk menguji keaslian produk

Jika Anda membeli melalui offline, Anda bisa langsung meminta kepada penjual untuk membuktikan spesifikasi produk secara rinci . Meminta penjual menunjukkan produk mereka untuk di tes pada saat pembelian. Tujuannya agar Anda dapat langsung mendengarkan kualitas suara dan memutuskan apakah Anda ingin membeli produk ini atau tidak

Jika masih belum puas, Anda bisa membuat perbandingan dengan melihat produk JBL GO di toko-toko lainnya. Tips yang paling penting saat berbelanja di toko online dan offline adalah sedikit lebih berhati-hati untuk mengidentifikasi dan mencari informasi agar jangan sampai tertipu

2. Cek Ulasan Pembeli 

Ulasan pembeli di toko online dapat Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk membeli produk. 

Ulasan / review jujur ​​dari pembeli biasanya menunjukkan kualitas produk yang sebenarnya. Anda dapat melihat ulasan pembeli bersama dengan citra produk terlampir.

Perhatikan juga apakah reviewnya positif atau negatif. Jika penilaian positif, dapat diasumsikan bahwa pembeli puas sebaliknya jika review negatif berarti pembeli tidak puas dengan produk tersebut.

Jika toko online yang Anda lihat penuh dengan ulasan positif dari pembeli maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli JBL GO di toko tersebut. Namun, jika review kebanyakan negatif, lebih baik mencari toko lain

Selain untuk memastikan keaslian produk JBL GO, Anda dapat melihat review produk di Youtube. Melalui video Anda akan mendapat penjelasan yang lebih rinci seputar produk.

3. Lihat Tampilan Fisik Produk

Jika Anda enggan untuk membeli secara online karena alasan takut ditipu maka alternatifnya Anda dapat langsung melihat produk JBL GO di toko terdekat. Dengan melihat langsung tampilan fisik produk, Anda dapat membedakan apakah produk yang dijual asli atau palsu.

JBL GO yang asli memiliki desain berbentuk kotak balok dengan presisi logo JBL khas dilapisi warna putih yang sempurna . Pada tombol power, Bluetooth, volume naik-turun dibuat agak timbul dan berfungsi semua. JBL GO asli hanya memiliki dua jenis penghubung ke perangkat yaitu melalui bluetooth dan kabel aux.

JBL GO palsu / oem biasanya memiliki logo yang kurang presisi, tombol pengaturan terasa longgar dan output suaranya kasar. Selain itu ada tambahan slot memori micro SD sebagai penyimpanan tambahan.

4. Pertimbangkan Daftar Harga

JBL GO asli memiliki harga sekitar 250 ribu, termasuk harga yang normal di pasaran. Jika ada yang menawarkan harga lebih rendah jauh di bawah harga normal maka anda harus berpikir 2 kali. Bisa jadi memang harga JBL GO sedang jatuh atau bisa juga berupa produk palsu.

Periksa spesifikasi dan fitur pada produk yang akan Anda beli secara rinci . Agar lebih yakin Anda dapat meminta pendapat dari pembeli lain yang telah membeli produk di toko. Tanyakan kepuasan mereka terhadap produk yang pernah dibeli.

5. Pertimbangkan Garansi Produk

Setiap produk yang dibuat secara resmi (legal) pasti mendapatkan fasilitas berupa pelayanan garansi resmi. Speaker JBL GO asli memiliki layanan garansi di bawah naungan IMS. Dalam pembelian itu selalu dilengkapi dengan barcode pemindai dan nomor seri pada kotak boxnya yang berguna untuk mendaftarkan garansi produk ke pabrik resminya

Hal ini penting untuk diperhatikan saat membeli produk. Sehingga jika suatu saat produk anda rusak, bisa diperbaiki secara gratis. Syarat dan ketentuan berlaku untuk klaim garansi produk (biasanya berbatas waktu)


Pertanyaan dan jawaban seputar Speaker JBL Go Bluetooth

JBL GO adalah speaker mini portabel Bluetooth populer yang banyak direkomendasikan untuk dimiliki. Speaker dengan desain mini yang mampu menghasilkan keseimbangan suara rendah dan tinggi untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih di telinga.

GO speaker JBL sempurna untuk menemani waktu bersantai di rumah. Dengan ukurannya yang mini memungkinkan kita untuk menjadi lebih fleksibel saat mendengarkan musik kapanpun dan di manapun.

Dengan JBL GO kita bisa mendengarkan musik dengan durasi panjang sekitar 5 jam standby. Waktu penggunaan baterai dapat dikurangi dari waktu ke waktu, dan juga tergantung pada bagaimana pemilik memperlakukan speaker.

Pilihan warna yang bervariasi merek JBL GO diminati oleh banyak orang. Warna-warna yang bervariasi untuk menggambarkan ekspresi karakter mereka. Lebih dari itu, JBL Go dijual dengan harga yang cukup murah sekitar 200k saja. Bagaimana, cukup murah bukan?

Namun kehadiran speaker mini JBL GO bukan tanpa kelemahan. Ada beberapa masalah mulai dari yang sederhana sampai yang cukup kompleks untuk diatasi.  

Sekarang kita masuk ke pertanyaan umum tentang produk JBL GO:

Jawaban & pertanyaan tentang JBL GO

Berikut pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna JBL GO Bluetooth:

Cara reset JBL GO

Reset adalah cara untuk mengatasi kesalahan dalam sistem perangkat lunak agar berfungsi kembali dengan baik.

Ikuti langkah ini:
Pertama mengubah posisi JBL GO menjadi ON. kemudian tekan tombol volume bawah (-) dan Bluetooth secara bersamaan sekitar 5-10 detik sampai lampu latar indikator mati. Jika lampu off berarti Anda melakukan proses reset melalui prosedur yang benar.

Bagaimana JBL GO menandai baterai penuh?

GO JBL tanda baterai penuh; indikator cahaya menyala merah saat pengisian off (OFF) dengan sendirinya. Sistem JBL GO menggunakan fitur pemutus daya otomatis, ketika baterai penuh, daya input saat ini secara otomatis terputus seperti halnya pada smarphone keluaran terbaru

Berapa lama pengisian JBL GO?

JBL GO TIBE polimer lithium-ion (3.7V, 600mAh) memperkirakan waktu pengisian sekitar 1,5 jam. JBL GO mengatakan speaker Bluetooth-nya bisa bertahan selama 5 jam penggunaan.

Lokasi nomor seri JBL GO

Nomor seri pada JBL GO adalah kode unik yang terintegrasi ke dalam kotak kemasan produk. Nomor seri kode terletak di sidebar kotak kemasan produk. Kenali kode biasanya dimulai dengan huruf SN: ND0031-116365400.

Cara Meningkatkan Hotline melalui JBL GO

JBL GO memiliki mikrofon yang merespon telepon atau panggilan langsung melalui speaker.

Ikuti langkah ini:
Ketika ada panggilan masuk, musik yang dimainkan pada JBL GO otomatis akan dimatikan dan telepon berdering. Cukup klik pada icon telepon, dan akan segera diaktifkan panggilan masuk.

Mengatasi masalah yang muncul pada Speaker JBL Go Bluetooth

JBL GO portable speaker Bluetooth yang masih populer hingga saat ini. Harman Kardon yang mendesain speaker berbentuk balok dengan ukuran kecil dan dibuat menarik. Kesan pertama Anda ketika melihat speaker JBL GO adalah desain yang kuat dan bisa digenggam seukuran tangan

Speaker JBL GO banyak di pasarkan dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. GO JBL satuan loudspeaker dijual hanya 200k 

JBL GO memiliki variasi warna yang menarik seperti, hijau, merah, biru, hitam, orange, abu-abu dan merah muda. Berbagai warna cocok untuk mereka yang masih muda dan suka tantangan.

Speaker Bluetooth JBL Go asli

Selain itu, JBL GO dengan fleksibilitas yang tinggi dan mobilitas, yang berarti speaker ini cukup ideal untuk orang-orang yang aktif dan anti-ribet. Memang benar bahwa desain sebuah speaker kecil dan ringan tidak memakan banyak tempat  

Meskipun speaker memiliki diameter kecil , tapi suara yang dihasilkan cukup menggetarkan gendang telinga pendengar. Terutama ketika digunakan oleh pembicara dalam ruangan atau indoor.  

Namun di balik manfaat yang telah diungkapkan oleh speaker JBL GO rupanya juga memiliki masalah sendiri yang sering dialami oleh pengguna seperti suara terputus-putus dan sulit untuk menyambungkan.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Masalah Speaker JBL GO

1. JBL GO tidak bisa Connect Bluetooth

Masalah sulit untuk terhubung dengan Bluetooth tidak hanya di alami pengguna Speaker Portable Bluetooth JBL Go saja tetapi dialami oleh hampir mayoritas pengguna speaker Bluetooth lainnya. 

Jadi , apa penyebabnya?

Saat speaker JBL GO dinyalakan kemudian lampu indikator menyala namun tidak berkedip artinya indikator tersebut menandakan bahwa speaker sudah tersambung ke perangkat bluetooth lain atau bisa juga bluetooth tidak berhasil mengenali jaringan bluetooth smartphone anda. Jadi inti  masalahnya bisa pengaturan bluetooth nya sudah tersambung atau perangkat lain sehingga menyebabkan gagal konek saat akan disambungkan dengan perangkat anda.

Jalan keluar yang ditawarkan untuk memperbaiki permasalahan ini cukup mudah yaitu anda hanya perlu menonaktifkan JBL GO kemudian menyalakan lagi dengan syarat kondisi bluetooth perangkat smartphone sudah menyala terlebih dahulu sebelum mengaktifkan JBL GO. Cara seperti ini akan membuat JBL GO mencari sekaligus mendeteksi  jaringan bluetooth yang lebih dekat dan lebih kuat.

2.  JBL GO Suaranya Terputus-putus

Pernah tidak Saat mendengarkan musik melalui speaker JBL GO suaranya terdengar putus-putus seperti musik yang corrupt?

Awalnya saya menduga kecorruptan berasal dari musik yang dimainkan tetapi sesudah mengganti dengan musik lain ternyata suaranya tidak membaik dan masih saja terputus-putus.

Usut punya ternyata masalahnya terdapat pada hilangnya sinyal bluetooth akibat terpisah rentang -jarak tertentu. Masalah ini terjadi akibat dua hal yaitu pertama, jarak antara JBL GO dengan smartphone terlampau jauh dan melebihi batas jarak maksimum sehingga membuat sinyal bluetooth terganggu dan tidak bisa menghubungkan data secara optimal

Kedua, bisa juga terdapat penghalang sinyal bluetooth antara JBL GO dengan smartphone untuk saling menyambungkan. Misalnya anda terpisah ruang A dan ruang B yang bersebelahan namun dikelilingi tembok-tembok beton yang sangat tebal . Kemudian anda menyambungkan kedua perangkat dari dua ruang yang bersebelahan tersebut dengan asumsi JBL GO di ruang A kemudian smartphone anda di ruang B. Maka hasilnya suara yang dikeluarkan tidak cukup jelas dan terputus-putus akibat penghalang berupa tembok yang tebal tersebut.

Jalan keluar yang bisa diambil untuk memperbaiki hal diatas adalah sebisa mungkin untuk mendekatkan antara JBL GO dan smartphone dengan jarak yang bisa dijangkau. Jika memungkinkan letakkan kedua perangkat bersebelahan supaya tidak ada gangguan sinyal bluetooth yang berdampak pada suara speaker terputus-putus.

3. JBL GO Mendadak Mati

Speaker sekelas JBL GO mempunyai fitur Auto Off yaitu fitur yang disematkan untuk mengontrol penggunaan baterai supaya lebih hemat. Cara kerja fitur Auto Off  ini; jika speaker JBL GO dalam keadaan On selama kurang lebih 20 menit namun tidak ada aktivitas seperti memutar musik maka speaker anda akan mati dengan sendirinya 

Namun, kasus yang sebenarnya jarang terjadi yakni speaker JBL GO mendadak mati Saat masih dalam keadaan memutar musik. kemungkinan penyebabnya apa sih?

Kasus seperti speaker JBL GO mati mendadak dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berhubungan.

Pertama, bisa saja masalahnya akibat baterai yang rusak sehingga baterai tidak bisa menyimpan dan mengalirkan arus daya secara maksimum. Akibat daya didalam baterai yang dihasilkan terlalu kecil tentu speaker tidak akan hidup didalam durasi waktu yang lama.

Kedua, bisa saja masalah bersumber dari IC power yang corrupt atau terganggu. IC power berfungsi memberikan supply tegangan ke komponen lain. Jika IC power ini sampai corrupt tentu segala hal yang berurusan dengan pembagian daya akan terhambat. Kemungkinan terburuk speaker JBL GO akan mati total. Lalu bagaimana cara memperbaiki kedua masalah tersebut?

Jalan keluar yang ditawarkan dengan membawanya ke pusat service center terdekat. Mengingat kedua masalah tersebut membutuhkan penggantian komponen yang harus dilakukan oleh tenaga ahli atau orang yang menguasai di bidang elektro.
 
....helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Perbedaan Speaker Bluetooth JBL Go asli dan palsu"