Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis program studi bidang ekonomi, kedokteran, filasafat, budaya, hukum

Jenis program studi bidang ekonomi, kedokteran

BIDANG ILMU : EKONOMI

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :
1. EKONOMI AKUNTANSI
2. EKONOMI MANAJEMEN
3. EKONOMI STUDI PEMBANGUNAN
4. EKONOMI ISLAM

1. PROGRAM STUDI : EKONOMI AKUNTANSI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini diarahkan untuk menguasai teori-teori ekonomi sebagai landasan untuk menyusun, menganalisis, dan menafsirkan laporan keuangan dan sistem akuntansi. Dapat menghitung dan melaporkan pajak perusahaan, menganalisis manajemen pemasaran, produksi serta membuat dan menganalisis kelayakan proyek.

Pelajaran penting yang akan kalian terima antara lain Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Auditing, Sistem Pengendalian Manajemen dan Perpajakan, Komputer Akuntansi, Pemeriksaan Akuntansi, dan Akuntansi Perpajakan, dll

Hal yang perlu diperhatikan adalah harus memiliki mental yang kuat, jujur, bersifat konstruktif, mampu menganalisa, menguasai peraturan perpajakan dan memiliki wawasasn tentang organisasi dan operasi perusahaan.

B. PROSPEK LULUSAN

Dapat bekerja di lembaga pemerintah maupun swasta sebagai internal auditor, akuntan public atau pemerintah, analis kredit di bank, analis keuangan, manajer umum, konsultan pajak. Bisa juga bekerja sebagai akademisi.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UGM, UI, UNPAD, USU, UB, UNS, UNAIR, UNHAS, UNAND, UNSOED, UNRI, UNSYIAH, UNLAM, UNCEN, UNIB, UNJAM, UIN-SH, UNP, UJEB,SURNI,LA, UN UNUD
PTS : UBAYA, USD, UII, STIE-YKPN, UBINUS, UAJY, UMY, UNTRI

2. PROGRAM STUDI : EKONOMI MANAJEMEN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Lulusanya program studi ini diharapkan mampu menganalisis dan mengantisipasi dinamika lingkungan usaha berjangka panjang, menguasai teknik-teknik analisis dalam pengelolaan usaha, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Ada beberapa keahlian yaitu : Pemasaran, SDM, Keuangan, Operasional, dan Kewirausahaan.

Gambaran  materi  yang  dipelajari  diantaranya,pemlaejmari ilmu-ilmu manajemen antara lain manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, operasional, proyek, industri, manajemen bisnis kecil, manajemen pemasaran internasional, manajemen strategik. Pasar uang dan pasar modal.

Hal yang perlu diperhatikan, harus memiliki mental yang kuat, jujur, bersifat konstruktif, menyukai hal-hal yang berkaitan dengan cara pengelolaan lembaga serta mrperenntaelrsehnitp .

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di lembaga pemerintah, seperti Departemen Keuangan, Bappenas, Bapepam, Bursa Efek, dan lain-lain. Kalian juga bisa bekerja di lembaga perbankan, perusahaan swasta, atau sebagai akademisi.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN: UGM, UI, IPB, ITB, UNPAD, USU, UB, UNS, UNAIR, UNHAS, UNAND, UNSOED, UNRI, UNSYIAH, UNLAM, UNCEN, UNIB, UNJAM, UIN-SH, UNP, UJEB, UNLA, UNSRI, UNUD
PTS : STIE-YPKN, UBINUS, UII, STESIA, UBAYA, UAJY, UNTRI, UNGUN

3. PROGRAM STUDI : EKONOMI STUDI PEMBANGUNAN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Lulusan program studi ini mampu menguasai ilmu ekonomi yang dapat membantu masyarakat menciptakan pilihan-pilihan yang lebih baik. Ahli dalam menganalisis, menjelaskan dan memperkirakan perilaku ekonomi yang berkembang di masyarakat. konsentrasi pada studi Keuangan dan Perbankan, Bisnis Internasional, Manajemen Keuangan Daerah, Ekonomi Syariah, dan Ekonomi Industri.

Gambarantemri a yang  dipelajari  diantaranya,   mempelajari matematika ekonomi, statistika, evaluasi proyek, akuntansi sektor publik, manajemen strategik, teori portofolio & analisis investasi, bank & lembaga keuangan, kebijakan perdagangan internasional, perencanaan pembangunan, analisis kebijakan publik.

Hal yang perlu diperhatikan diantaranya harus memiliki mental yang kuat, jujur, bersifat konstruktif, menyukai hal-hal yang berkaitanndgean cara pengelolaan lembaga, mental entrprenership.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di perbankan, lembaga-lembaga pemerintahan (Dept Keuangan, Bappenas, Bapepam, Bursa Efek, dll), lembaga-lembaga penelitian dan survei, perusahaan swasta, dan akademisi.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UGM, UI, UNPAD, USU, UB, UNS, UNAIR, UNHAS, UNAND, UNSOED, UNRI, UNSYIAH, UNLAM,EUNN, C UNP, UJEB, UNLA, UNSRI, UNUD
PTS : UAJY, UII, UMY, UNPAS, UNTRI, UNIB, UNJAM, UIN-SH,

4. PROGRAM STUDI : EKONOMI ISLAM (MUAMALAT)

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Lulusan program studi ini bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu syari’ah khususnya bidang mu’amalah, sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaan dan pelaksanaannya dalam masyarakat.

Gambaran Materi / Konsentrasi :

Konsentrasi Perbankan Syariah
Konsentrasi Perbankan Syariah bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu syariah khususnya dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam (Ilmu Perbankan Syari’ah sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaannya dalam masyarakat

Konsentrasi Asuransi Syariah
Konsentrasi Asuransi Syari’ah bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu syari’ah khususnya dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam (Ilmu Asuransi Syari’ah) sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaannya dalam masyarakat.

Konsentrasi Manajemen Zakat dan Wakaf (ZISWAF)
Konsentrasi Manajemen Zakat dan Wakaf (ZISWAF) bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang
 
Ilmu syari’ah khususnya dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam (Manajemen zakat dan wakaf) sehingga dapat mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengupayakan penggunaannya dalam masyarakat.

Hal yang perlu diperhatikan diantaranya harus memiliki mental yang kuat, jujur, bersifat konstruktif, mampu menganalisa, menyukai hal-hal yang berkaitan dengan cara pengelolaan lembaga serta mental entrprenership.

B. PROSPEK LULUSAN

Konsultan Perbankan Syariah dan Konvensional, Praktisi Bank, Dewan Pengawas Syariah, Akademisi Ekonomi Islam, Peneliti. Konsultan, perencana keuangan syariah, Praktisi Asuransi, Praktisi pengelolaan ZISWAF (zakat. Infak, shadaqah, dan wakaf) professional, Akuntan di Perbankan Syariah, konsultan pajak, dll

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

UIN : UIN-SH, UIN-SUKA, UIN-Alauddin, UIN-Sultan Syarif Kasim, IAIN : Antasari, Imam Bonjol, Mataram, Raden patah, Raden Intan, Sultan Maulana, Sultan Amai, Sultan Thaha, Sumut, Walisongo STAIN : Kudus, Bengkulu, purwokerto, dll
PTS : UII, UNINDHA, UI-Riau, UNISBA, UM-Srkta, dll

BIDANG ILMU : KEDOKTERAN DAN KESEHATAN

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :
1. PENDIDIKAN KEDOKTERAN
2. KEDOKTERAN GIGI
3. KEDOKTERAN HEWAN
4. KESEHATAN MASYARAKAT
5. ILMU KEPERAWATAN
6. GIZI & KESEHATAN
7. KEBIDANAN
8. KESEHATAN LINGKUNGAN

1. PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN DOKTER

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Lulusan program studi ini diharapkan mammpu menjadi sarjana kedokteran yang kelak selain terlibat aktif dalam pelayanan kesehatan, juga diharapkan untuk turut serta dalam pengembangan ilmu kesehatan.

Gambaran materi yang dipelajari diantaranya, mempelajari hal- hal yang berhubungan dengan penyakit serta cara penyembuhan dan pencegahannya. Ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran medik, ilmu kedokteran bedah, ilmu kesehatan masyarakat. Patologi klinik, farmakologi, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan :

Karena akan dihadapkan dengan praktikum yang padat dan literatur asing, maka diperlukan keaktifan membaca, menghafal memahami, tekun, teliti dn harus tidak punya sifat jijik terhadap benda-benda tertentu, betul-betul berminat pada bidang kedokteran.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja sebagai dokter puskesmas, dokter rumah sakit, dokter perusahaan, dokter militer, dokter pendidik atau meneruskan ke spesialis, Akademisi, Industri kesehatan, perusahan farmasi, dll.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN: UGM, UNS, UNDIP, UNAND, UB, UNSOED, UI, UNSRAT, UNSYIAH, UNUD, UNAIR, UNHAS, UNPAD, USU, UNLAM, UNSRI, UJEB,AUNIL
PTS : UII, UNJANI, UKI, UISultanAgung, UMM, UMY, Univ.Trisakti 
 

2. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ni diarahkan untuk menjadi seorang ahli kesehatan gigi yang mampu melayani masyarakat dengan sistem pelayanan kesehatan yang bersifat pencegahan, pengobatan, penganjuran, dan perbaikan. Lulusannya akan dibentuk menjadi seorang dokter gigi yang mampu mengindentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah kesehatan gigi dan mulut.

Gambaran materi yang dipelajari iann,tara la ilmu anatomi, patologi klinik, histologi, epidemologi, bahan kedokteran gigi, parasitologi, radiologi, mikrobiologi, ilmu penyakit syaraf, farmakologi, radiologi dental, ortodonsia, periodonsia, ilmu bedah, ilmu penyakit mulut, anestesiologi, psikologi, ilmu gizi, ilmu farmasi kedokteran gigi, komunikasi.

Hal yang perlu diperhatikan :

Diperlukan bakat ilmu biologi dan kimia yang kuat, harus berwawasan progresif

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja sebaai dokter gigi di rumah sakit, lembaga kesehatan, pendidikan dan pelatihan, praktik sendiri, konsultan pada industri yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UGM, UNAIR, UI, UNPAS, UNHAS, UNSRI, UNPAD, UJEB, USU
PTS : UNJANI, Univ. Trisakti

3. PROGRAM STUDI : KEDOKTERAN HEWAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ni diarahkan untuk menjadi seorang yang cakap dalam menangani penyakit-penyakit hewan serta menyelaraskan kesehatan hewan, kesehatan manusia, dan lingkungannya. Selain itu, agar memiliki kemampuan pendiagnosisan, pencegahan, pengendlian, pemberantasan dan pengobatan penyakit menular pada hewan; pengamanan bahan pangan serat bahan lain asal hewan, serta melakukan pengawasan dan pengendalian mutu obat hewan.

Gambaran ilmu yang dipelajari diantaranya :

Farmakologi, makroanatomi, biokimia, parasitologi, patalogi klinik, mikrobiologi, kesehatan masyarakat, epidemilogi, ilmu bedah dan radiologi, ilmu penyakit dalam, teknologi reproduksi, reproduksi dan kebidanan.

Hal yang harus dikuasai diantaranya, zoologi, botani, kimia organik. Harus memiliki daya ingat yang baik, teliti dan tekun. Memiliki rasa kasih sayang kepada hewan dan tidak jijik, diutamakan yang benar-benar berminat.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di Dept. Peternakan, Dept. Perdagangan, LIPI, PPA, LPPH, PUSPEN, Industri obat-obatan dan makanan ternak. Rumah potong hewan, perusahaan obat makanan ternak, dosen.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UGM, UNSYIAH, IPB, UNAIR, UNUD

4. PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah- masalah kesehatan masyarakat melalui perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi. Mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data dalam rangka mengidentifikasi kebutuhan perawatan pasien, memberi pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga, masyarakat dengan menggunakan sumber yang ada.

Gambaran ilmu yang dipelajari antara lain farmakologi & terapeutik, perawatan kesehatan komunitas, keperawatan profesional, medikal bedah, patologi, manajemen dan kepemimpinan dalam keperawatan, keperawatan gawat darurat, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan anak.

Hal yang perlu diperhatikan : Dibutuhkan jiwa pionir, ketekunan, kekuatan fisik karena dihadapkan dengan praktikum yang harus dilaksanakan. Sangat berminat pada bidang Kesehatan Masyarakat.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di Departemen Kesehatan (dinas kesehatan, RA, KKP, dan puskesmas). Bekerja di sektor swasta di dalam maupun di luar negeri seperti RS Swasta, dan perusahaan komersial jada tenga keperawatan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UI, UNDIP, UNHAS, USU, UNAIR, UNLAM, UJEB, UNNES, UNAND, UNSOED, UNUD, UNHALU, UNSAM, UIN-Alaudin.
PTS : STIK-Resati, STIK-AYANI, UM-Jkta, UM-Semarang, UM-Srkta 
 

5. PROGRAM STUDI : ILMU KEPERAWATAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

DI program studi ini, akan diarahkan menjadi orang yang mampu menyelesaikan masalah-masalah kesehatan masyarakat melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program-program untuk meningkatkan derajat kesejahteraan. Selian itu, mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpreatasi data dalam rangka mengidentifikasi kebutuhan perawatan pasien atau klien, memberi pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga, dan masyarakat dengan menggunakan sumber yang ada secara optimal.

Gambaran materi dipelajari antara lain : etika keperawatan, mikrobiologi dan parasitologi, farmakologi, perawatan kesehatan komunitas, keperawatan profesional, medikal bedah, patalogi, Keperawatan darat darurat, kepewatan jiwa dan keluarga, komunikasi dan keperawatan, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan : dihadapkan dengan praktikum yang padat maka diperlukan kekuatan fisik, tekun, teliti, sangat berminat pada bidang keperawatan.

B. PROSPEK LULUSAN

Pekerjaan terbuka luas di lingkunagn pemerintah, seperti : dept kesehatan, rumah sakit, KKP dan puskesmas. Sektor swasta baik di dalam maupun di luar negeri, seperti RS. Swasta serta perusahaan komersil sebagai tenaga keperawatan.

C. DIREKTORI  PERGURUAN TINGGI

PTN : UNAIR, UNUD, UGM, UNAND, UB, UNDIP, UI, UNPAD, UNSRI, USU, UNSYIAH, UIN-SH, UIN Alaudin Mksr
PTS : SITK-Aisyasyah-YK, UM-Yk, UM-Malang, UPN-Jkta,UIA-Jkta,dsb 
 

6. PROGRAM STUDI ILMU GIZI DAN KESEHATAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan untuk menguasai kemampuan ilmiah dan praktis dalam mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi. Dibekali pengetahuan yang memadai tentang dasar-dasar ilmu gizi kesehatan dan makanan. Gelar dari sarjana lulusan Program Studi Gizi Kesehatan adalah Sarjana Gizi.

Gambaran ilmu yang dipelajari seperti ilmu gizi dasar, ilmu bahan makanan, ilmu gizi & daur kehidupan, ilmu bahan makanan, matematika, ilmu kimia makanan, gizi kuliner, biokimia gizi, mikrobiologi, pendidikan perilaku gizi, ilmu teknologi pangan, dietetika, penelitian status gizi, sanitasi makanan & kesehatan kerja. Hal yang perlu diperhatikan : dihadapkan dengan praktikum  yang padat maka diperlukan kekuatan fisik, tekun, teliti serta sangat berminat pada bidang gizi dan kesehatan.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di dinas kesehatan, rumah sakit maupun puskesmas, industri makanan, industri obat, hotel, restoran, konsultan gizi, redaktur penerbitan, akademisi atau berwiraswasta.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : UB, UNDIP, UGM, UNHAS, UI

PTS : Univ.Resati,-Yk UM-Srkta, UM-Srmg, dll. 
 

7. PROGRAM STUDI : KEBIDANAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ditujukan untuk mendidik tenaga bidan yang profesional dan mampu bekerja di lembaga pelayanan kebidanan baik rumah sakit maupun poliklinik. Atau bekerja mandiri dalam meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, khususnya ibu dan anak.

Gambaran ilmu yang dipelajari :

Farmakologi, mikrobiologi, ilmu kesehatan anak, gizi dalam kesehatan  reproduksi,opgis,ikol kehamilan,  persalinan,  patologi kebidanan, kebidanan komunitas, kesehatan reproduksi, pelayanan kb, dokumentasi kebidanan, praktik klinik kebidanan, konsep kebidanan, ilmu kesehatan masyarakat, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan :

Program studi ini dihadapkan dengan praktikum yang padat maka diperlukan kekuatan fisik, tekun, teliti serta sangat berminat pada bidang kebidanan.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di dinas kesehatan, di rumah sakit/klinik milik pemerintah maupun swasta, atau dapat membuka klinik kebidanan sendiri.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : Universitas Brawijaya.
PTS : STIK-HaraPan Bangsa Aceh

8. PROGRAM STUDI KESEHATAN LINGKUNGAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk menguasai teori dan keterampilan dasar dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan melakukan kontrol terhadap pemanfaatan sumber daya alam bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat. Mampu menemukan dan menganalisis pencemaran dan dampaknya terhadap lingkungan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Biostatistik,  dasar epidemiologi, ekologin,kesehata dasar kesehatan lingkungan, epidemiologi lingkungan, kesehatan lingkungan permukiman dan perkotaan, manajemen makanan dan minuman, toksikologi lingkungan, manajemen limbah, kesehatan lingkungan industri, manajemen sumber daya air

Hal yang perlu diperhatikan : dihadapkan dengan praktikum yang padat maka diperlukan kekuatan fisik, tekun, teliti serta sangat berminat pada bidang Kesehatan Lingkungan.

LULUSAN

Departemen Kesehatan untuk penempatan di dinas kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan, rumah sakit maupun puskesmas; Depdiknas sebagai staf pengajar, Bappedalda. Perusahaan swasta, perusahaan pertambangan sebagai tenaga sanitasi.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
STIK-Ibnu Sina Batam, STIK-WidyagamaHusada Malang 

BIDANG ILMU : FILSAFAT

FAKULTAS/PROGRAM STUDI ILMU FILSAFAT
 
FAKULTAS/PROGRAM STUDI : FILSAFAT

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi atau fakultas ini mengarahkan mahasiswanya menjadi orang yang mampu bersikap mandiri dan bijaksana dalam melihat persoalan kehidupan. Mampu memahami sisik-melik hakikat hidup dan kehidupan. Ada beberapa konsentrasi studi, yaitu ; Filsafat Pembanguan dan Wawasan Kebangsaan, Filsafat Hak Azasi Manusia (HAM) dan Kejahatan, Filsafat Agama dan Etika Terapan,

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari tentang Manusia (Anthropos), Alam Semesta (Cosmos), dan Tuhan (Theos). Jadi, selama berkuliah kalian akan bergelut dengan pelajaran-pelajaran filsafat yang mencakup Filsafat Manusia, Filsafat Ketuhanan, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Filsafat Kebudayaan, Filsafat Sosial, Filsafat Agama, Filsafat Barat, Filsafat Timur (Cina, India), dan Filsafat Indonesia. 

Selain itu, kalian juga akan bergelut dengan pelajaran tentang Epistimologi, Etika, Logika, Retorika, Metafisika, Hermeneutika, Fenomenologi, Kosmologi, Estetika, Sejarah Filsafat (Yunani, Abad Pertengahan, Modern), Sejarah Pemikiran Modern, Kebudayaan Indonesia, Masalah Masyarakat Indonesia, Islamologi, Perkembangan Pemikiran Filosofis Indonesia. 

Beberapa Fakultas Filsafat membagi program pendidikannya menjadi beberapa keutamaan/konsentrasi studi, yaitu sebagai berikut.

a. Filsafat Pembanguan dan Wawasan Kebangsaan, dengan pelajaran pentingnya antara lain Teori-teori Pembangunan, Wawasan Kebangsaan, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Tradisi Etnik Nusantara, Filsafat Pembangunan, Filsafat Wayang, Teori Sistem, Teori-teori Nasionalisme, Filsafat Otonomi Daerah, Analisis Kebijakan, Politik dan Strategi Pembangunan.

b. Filsafat Hak Azasi Manusia (HAM) dan Kejahatan, dengan pelajaran utamanya antara lain Filsafat Hukum, Filsafat Kejahatan, Kriminologi, HAM versi Barat, HAM versi Timur, HAM versi Indonesia, HAM versi Islam.

c. Filsafat Agama dan Etika Terapan, dengan pelajaran pentingnya antara lain Etika Lingkungan, Etika Profesi, Etika Bisnis, Etiak Rekayasa, Metode Penelitian Agama, Fenomenologi Agama, Perbandingan Agama, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual, Politik dan Strategi Pengembangan Etika, Politik dan Strategi Pengembangan Agama.

Hal yang perlu diperhatikan :

Mempunyai sifat ingin tahu yang kuat terhadap sesuatu permasalahan, suka mengadakan penelitian yang kemudian dipecahkannya masalah-masalah yang ditemuinya itu.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusannya bisa bekerja di semua bidang pekerjaan. Namun, sejauh ini kebanyakan alumni Fakultas/program studi Filsafat bekerja sebagai budayawan, seniman, pengajar mata kuliah umum, atau jurnalis. Sebagian lagi mengabdikan diri sebagai pelayan umat.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UGM, UI, UIN-SH,
PTS : Univ Paramadian, UNPAR Bandung. 

BIDANG ILMU : BUDAYA DAN SASTRA

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :

1. ANTROPOLOGI
2. ARKEOLOGI
3. SEJARAH
4. SASTRA
5. ILMU PERPUSTAKAAN
6. KEARSIPAN
 

1. PROGRAM STUDI : ANTROPOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Kuliah pada program studi ini, diharapkan paham tentang keanekaragaman manusia termasuk cara mereka berpikir dan menghasilkan sesuatu, dan bagaimana manusia saling berhubungan dengan lingkungannya. Selalu terbiasa untuk bertanya kapan, dimana, dan bagaimana cara manusia meningkatkan kehidupannya, bagaimana mereka menyesuaikan diri pada lingkungan yang berbeda, serta bagaimana masyarakat berubah dan berkembang dari masa kemasa.

Program studi ini mempelajari semua aspek kehidupan manusia dalam kaitannya dengan kebudayaan. Ilmu yang diperlajari antarlain : ilmu Antropologi, Sejarah Kebudayaan, Ilmu Budaya, Sejarah Pemikiran Modern, Teori Post-Modernisme, Teori Kritis dan Marxisme, Teori Simbol, Studi Tubuh, Hubungan Antarsuku Bangsa, Etnografi, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan : Program studi ini membutuhkan kemampuan dalam membuat kesimpulan dan perubahan yang ada dan sekaligus mampu melakukan penelitian

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja sebagai pengamat kebudayaan, redaktur pada penerbitan (koran, majalah, buku), akademisi, peneliti, museum, lembaga swadaya masyarakat.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UI, UNPAD, UNAND, USU, UNAIR, UNHAS,AULNUH, UNCEN, UNSAM, UNLAM, UNUD, UNS

2. PROGRAM STUDI : ARKEOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Di program studi ini akan memusatkan perhatian pada studi tentang kultur masyarakat di masa lampau melalui fosil dan artifak (perkakas, barang tembikar, dan bangunan). Selain itu, menjadi ahli tentang budaya yang hidup sebelum zaman prasejarah. 

Tentang bagaimana manusia di masa itu bertahan dari alam dan lingkungan,dan bagaimananmdearpeaktakamne makanan untuk hidup.

Gambaran Pelajaran pokok yang akan kalian dapatkan antara lain Logika, Sejarah Kebudayaan, Geologi Dasar, Geomorfologi, Teori Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Arkeologi Hindu-Budha, Arkeologi Islam, Arkeologi Kolonial, Arkeologi Asia Selatan, Arkeologi Asia Tenggara, Arkeologi Cina, Arkeologi Simbol, Arkeologi Jender, Epigrafi, Konservasi Arkeologi, Ikonografi, Etnoarkeologi.

Hal yang Perlu Diperhatikan : Pada Program Studi ini membutuhkan beberapa keahlian disiplin ilmu diantaranya, bahasa, sejarah, geomorfologi dan sosiologi. Memiliki fisik dan mental yang kuat dalam menghadapi kondisi alam

B. PROSPEK LULUSAN
Bekerja sebagai pengamat kebudayaan, redaktur pada penerbitan (koran, majalah, buku), akademisi, peneliti, museum, lembaga swadaya masyarakat.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UI, UNHAS, UNUD

3. PROGRAM STUDI : ILMU SEJARAH

A. DESKRIPSI SINGKAT

Lulus dari program studi ini kalian akan menguasai substansi sejarah secara sistematis. Juga menguasai metode, teori dan metodologi sejarah. Dengan bekal itu kalian akan mampu melakukan kajian-kajian sejarah secara kritis. Selaian itu, akan menguasai konsep-konsep dan teori ilmu bantu yang relevan dengan perkembangan ilmu sejarah masa kini, mampu menggunakan arsip dalam bahasa aslinya.

Gambaran Ilmu yang dipelajari antara lain : Sejarah Indonesia, Sejarah Asia, Sejarah Barat, Sejarah Sosial Indonesia, Sejarah Perkotaan Indonesia, Sejarah Islam Indonesia, Sejarah Peradaban Barat (Klasik, Abad Pertengahan, Modern), Sejarah Pemikiran Modern, Sejarah Seni Pertunjukan, Sejarah Agama, Biografi, Filsafat Sejarah, Historiografi, dll.

Hal yang perlu diperhatikan : Program studi ini membutuhkan kemampuan dalam menghafal fakta yang ada, memberi inspirasi tentang data dan kritis.

B. PROSPEK LULUSAN

Lembaga pendidikan, sejarawan, lembaga penelitian, penerbitan, perpustakaan, arsip nasional, dan lain-lain.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UNAND, UNAIR, UGM, UI, UM, UNY, UNDIP, UNPAD, UNSAM, UNS, USU, UNUD

4. PROGRAM STUDI : SASTRA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Sastra mengarahkan kalian untuk menguasai berbagai ilmu dan teori sastra. Ada cukup banyak program studi sastra antara lain ; sastra indonesia, sastra jawa, sastra bali, sastra cina, sastra arab, sastra jepang, sastra inggris, sastra prancis, sastra jerman, sastra rusia, sastra belanda.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari antara lain : Logik, Sejarah Kebudayaan, Sejarah pemikiran, Sejarah Sastra, fonologi, morfologi, Kritik dan Perbandingan Sastra, Sastra modern, linguistik, Kajian Prosa, Membaca, Menulis, Menerjemahkan, dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan : Pada program sastra, baik sastra Indonesia, asing maupun daerah harus memiliki kemampuan menulis dan membaca yang baik, minat dan ketekunan harus tinggi, daya ingat yang kuat, tidak ragu dan pendengaran yang bagus.

B. PROSPEK LULUSAN

Editor bahasa pada usaha atau industri perbitan, penyelaras bahasa pada stasiun televisi, penerjemah, staf pada pusat kebudayaan atau kedutaan negara lain.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI Sastra Indonesia :
 
UNAIR, UNAND, UNDIP,UNHAS, UI, UJEB, UNJ, UNM, UNIMA, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNY, UNPAD, UNSAM, UNS, USU, UNUD
 
Sastra Arab :

UNHAS, UI, UIN-SH, UNPAD, UGM, USU

Sastra Belanada : UI
Sastra Daerah (batak) : USU
Sastra Daerah (bugis) : UNHAS
Sastra Daerah (jawa) : UI, UNS, UNNES, UNUD
Sastra Daerah (Melayu) : USU
Sastra Daerah (Minangkabau) : UNAND
Sastra Daerah (Sunda) : UNPAD

Sastra Inggrs :
UNAIR, UNAND, UB, UNDIP, UGM, UNHAS, UI, UIN-SH, UJEB, UNMUL, UNJ, UNM, UM, UNIMA, UNIMED, UNP, UNIPA, UNNES, UNESA, UNY, UNPAD, UPI, UNSAM, UNS, USU, UNUD.

Sastra Jepang :
UGM, UI, UNPAD, USU

Sastra Jerman :
UI, UNESA, UNPAD, UNSAM

Sastra Perancis :
UGM, UI, UNNES, UNPAD

Sastra Rusia :
UI, UNPAD

5. PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ni akan mengarahkan menjadi pustakawan yang ahli dalam pengelolaan susunan dokumen, buku-buku, dan catatan- catatan sejarah.

Gambaran materi ilmu yang dipelajari antara lain : Pelajarannya tentu saja yang berbau perpustakaan dan kepustakawanan seperti Dasar-dasar Dokumentasi, Reprografi, Penelusuran Literatur, Pengadaan Bahan Pustaka, Pengolahan Bahan Pustaka, Pelayanan Bahan Pustaka, Promosi Jasa Perpustakaan, Pengelolaan Terbitan Berseri, Pengolahan Bahan Non Buku. Dsb.

Hal yang perlu diperhatikan : Program studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian. Pendukung lainnya adalah kemampuan bidang bahasa, matrikulasi harus baik.

B. PROSPEK LULUSAN

Pustakawan di perpustakaan-perpustakaan untuk umum, perguruan tinggi, sekolah penerbitan, lembaga penelitian,akaend,ut pusat kebudayaan, stasiun televisi, lembaga pemerintahan, Arsip Nasional, pusat-pusat kajian strategis.

C. DIREKTORI  PERGURUAN TINGGI

UNAIR, UI, UIN-SH, UNPAD, USU

6. PROGRAM STUDI : KEARSIPAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mendapat banyak pelajaran mengenai ilmu manajemen kearsipan dinamis dan kearsipan statis. Dengan ilmu tersebut kalian akan mempunyai keahlian dalam bidang pengarsipan dokumen-dokumen, baik untuk instansi pemerintah maupun swasta.

Gambaran Ilmu yang dipelajari banyak belajar mengenai Ilmu Kearsipan, Sejarah Kearsipan, Ilmu Administrasi, Manajemen Umum, Sistem Informasi Manajemen, Ilmu Dokumentasi, Ilmu Komunikasi, Penyusutan Arsip, Manajemen Pemberkasan, Arsip Elektronik, Pengurusan & Pengendalian Surat, Program Arsip Vital, Arsip Bentuk Khusus, Layanan & Jasa Kearsipan, dll.

Hal yang perlu diperhatikan :

Program studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian. Pendukung lainnya adalah kemampuan bidang bahasa, matrikulasi harus baik
 
LULUSAN
Pengelolaan arsip di lembaga pemerintahan dan swasta, rumah sakit, kedutaan, pusat kebudayaan, penerbitan, perpustakaan, lembaga kajian strategis, departemen pertahanan dan keamanan, perusahaan jasa layanan informasi.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
UNDIP, UI, UNP

BIDANG ILMU : HUKUM

FAKULTAS/PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

FAKULTAS / PROGRAM STUDI : ILMU HUKUM

A. DESKRIPSI SINGKAT

Fakultas atau program studi ini dikhususkan untuk menyiapkan sarjana yang mampu menguasai dan mengembangkan hukum dan ilmu hukum. Jadi, akan diarahkan agar mampu mengikuti perkembangan kedua hal tersebut, serta peka pada masalah- masalah keadilan dan kemasyarakatan. Ada tujuh program kekhususan, yaitu :

1. Program Kekhususan Hukum Tentang Hubungant antara Sesama Anggota Masyarakat. Disini pengetahuan khusus yang diberikan adalah mengenai bidang Ilmu Hukum Keperdataan, yang mencakup Hukum Perdata Barat, Hukum Adat, dan Hukum Islam.

2. Program Kekhususan Hukum Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan; memberikan pengetahuan khusus mengenai bidang Ilmu Hukum Pidana, baik Hukum Pidana material  dan  formal,  maupun  mengenai  Pidana.

3. Program Kekhususan Praktisi Hukum; memberikan keterampilan dan pengetahuan khusus mengenai bidang Hukum Keperdataan, bidang Hukum Pidana, baik bidang Hukum Acara pada umumnya, maupun proses peradilan semu pada khususnya.

4. Program kekhususan Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi, memberikan pengetahuan khusus mengenai bidang ilmu Hukum Dagang, bidang Ilmu Hukum Ekonomi, dan bidang hukum lain yang berkaitan erat dengan tata perekonomian.

5. Program Kekhususan Hukum Tentang Hubungan Negara dan Masyarakat; memberikan pengetahuan khusus mengenai bidang Ilmu Hukum Tata Negara dan Ilmu Hukum Administrasi Negara.

6. Program Kekhususan Hukum Tentang Hubungan Transnasional; memberikan pengetahuan khusus mengenai bidang Ilmu Hukum Internasional.

7. Prgoram Kekhususan Hukum Tentang Kesejahteraan Masyarakat dan Masalah Sosial; memberikan pengetahuan khusus mengenai bidang ilmu hukum dan pengetahuan sosial budaya.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari, Mempelajari Ilmu Negara, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Adminstrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Perikatan & Persetujuan Khusus, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Pidana, Hukum Dagang, Hukum Agraria, Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, Ilmu Perudang- undangan, Antropologi Budaya, Hukum Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan, Hukum Perlindungan Anak, Hukum Perburuhan.

Hal yang perlu diperhatikan :
Pengetahuan tentang hukum, aturan dan konsekuensinya antar manusia, antar negara, dll. Banyak membaca bkuidman, g hu dan ilmu-ilmu sosial lainnya
 
B. PROSPEK LULUSAN

Kesempatan memperoleh pekerjaan sangatlah luas karena setiap kegiatan manusia memerlukan hukum untuk menata dan menjaga keteraturannya. Beberapa profesi hukum adalah notaris dan pejabat pembuat akta tanah, konsultan hukum dan perdagangan, pengacara, perbankan. Selain itu, profesi-profesi seperti hakim, jaksa, kepolisian, merupakan profesi yang sangat mungkin diisii oleh SarjanakHuum.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UNAIR, UNAND, UNIB, UB, UNCEN, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UNJAM, UJEB, UNSOED, UNLAM, UNILA, UNMAT, UNNES, UNDANA, UNPAD, UPR, UMPATTI, UNRI, UNSAM, UNS, UNSRI, USU, UNSYIAH, UNTAN, UNUD., UIN-DH, dll
PTS : UAJY, UII, UNISBA, UM-malang, UM-srkta, UNPAS, UPH, UNTRI, UNPAR, dll.

BIDANG ILMU : SOSIAL DAN POLITIK

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :

1. ILMU PEMERINTAHAN
2. ILMU KOMUNIKASI
3. HUBUNGAN INTERNASIONAL
4. ADMINISTRASI NEGARA
5. SOSIOLOGI
6. SOSIATRI
7. KRIMINOLOGI

1. PROGRAM STUDI : ILMU PEMERINTAHAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan menjadi ahli ilmu pemerintahan yang mampu memahami, menjelaskan dan memcahkan masalah- masalah dalam bidang politik pemerintahan. Kalian juga akan digembleng untuk menguasai dasar-dasar metodologi ilmu sehingga mampu mengembangkan ilmu politik pemerintahan.

Pelajaran penting di program studi ini antara lain Proses Legislatif di Indonesia, Dinamika Sosial dan Perubahan Pemerintahan, Analisis Kekuatan Politik Indonesia, Sistem Pemerintahan RI, Sistem Pemerintahan Daerah RI, Pemerintahan dan Pembangunan Desa, Pemikiran Politik Klasik, Pembangunan Politik, Filsafat Politik Indonesia, Organisasi dan Manajemen, Teori Kebijakan Publik, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan : menyukai dan memiliki kepekaan terhadap masalah politik khususnya pemerintahan, selalu mengikuti dinamika masyarakat lewat media atau langsung ke masyarakat

B. PROSPEK LULUSAN

Banyak tempat yang bisa menjadi ajang kiprah profesionali kalian selepas belajar di program studi ini, antara lain Dep. Dalam dan Luar Negeri, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, atau bekerja sebagai jurnalis di berbagai media massa.

E. Direktori Perguruan Tinggi

PTN : UNCEN, UNDIP, UGM, UNHAS, UNLAM, UNILA, UNMUL, UNPAD, UNPATTI.
PTS : UM-malang, UM-Yk, UNJANI, STPMD “APMD” YK, dsb.

2. PROGRAM STUDI : ILMU KOMUNIKASI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan kalian untuk menguasai berbagai ilmu komunikasi, baik komunikasi massa, komunikasi antarpribadi, maupun komunikasi dalam sebuah organisasi atau kelompok.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari diantaranya, teori komunikasi, komunikasi massa, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi, sosiologi komunikasi, etika komunikasi, filsafat komunikasi, teknologi komunikasi, komunikasi sosial, komunikasi politik, filmologi, sinematografi, perencanaan media, retorika, jurnalisme, komunikasi kelompok, komunikasi pembangunan, pers dan hukum.

Hal yang Perlu Diperhatikan :

Menyukai bidang ilmu komunikasi serta mampu menganalisa masalah-masalah sosial.

B. PROSPEK LULUSAN

Lapangan pekerjaan yang siap menampung kalian setelah menamatkan pelajaran di program studi ini adalah lembaga media massa (media cetak, stasiun televisi, stasiun radio), lembaga periklanan (advertising agency), dan menjadi petugas hubungan masyarakat (public organization officer).

E. Direktori Perguruan Tinggi

PTN : UNAIR, UNIB, UNSRI, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UNSOED, UNILA, UNM, UNPAD, UNRI, UNSAM, UNS, USU, dll.
 
PTS : UM-malang, UNISBA, Univ Al-Azhar Jkta, NUNPAS, UP 
 

3. PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini, banyak untuk memahami dan menganalisis masalah-masalah internasional, terutama aspek-aspek ekonomi, politik dalam lingkup perubahan internasional. Selain itu, belajar untuk berperan dalam aktivitas kenegaraan maupun nonkenegaraan dalam lingkup nasional maupun internasional.

Program studi ini mempelajari Ilmu Hubungan Internasional, Organisasi dan Administrasi Internasional, Teori Politik Internasional, Ide-ide Politik, Politik dan Pemerintahan, Perbandingan Sistem Politik, Hukum Internasional, Negosiasi dan Resolusi Konflik, Perbandingan Kebijaksanaan Publik, Komunikasi Bisnis Internasional, dsb

Hal yang perlu diperhatikan : Membiasakan diri mengikuti perkembangan internasional melalui media masa dalam dan luar negeri. Penguasaan bahasa inggris akan sangat membantu.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di institusi pemerintah (Dept. Luar Negeri), lembaga pendidikan dan penelitian, media massa, perusahaan multinasional, lembaga - lembaga internasional baik pemerintah maupun non pemerintah yang ada di Indonesia maupun di luar negeri seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, pusat kebudayaan, kedutaan besar.
 
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNAIR, UGM, UNHAS, UI, UJEB, UNPAD,RUI,N PTS : UNPAR, UKI, UM-Yk, UNPAS, UPN-Yk

4. PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NEGARA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Lulusan program studi ini diharapkan menguasai teori-teori tentang organisasi, manajemen, perilaku, dan efektivitas organisasi publik. Dengan demikian, mampu menyusun kebijakan-kebijakan yang efektif dan efisien bagi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan kenegaraan.

Program studi ini memiliki konsentrasi, yaitu: administrasi kepegawaian, keuangan negara, pembangunan serta kebijakan publik. Pelajaranokpok yang bakal kalian terima antara lain

Administrasi Negara, Administrasi Keuangan, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Perusahaan Negara, Administrasi Pemerintah Daerah dan Kota, Administrasi Pembangunan, Analisis Dampak Lingkungan, Teori Organisasi, Perencanaan Pembangunan, Etika Administrasi Negara.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusan Program Studi Administrasi Negara dapat bekerja dalam lingkungan pemerintah, perusahaan milik negara, perusahaan swasta, akademisi, wiraswasta.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : ANAIR, UNIB, UNCEN, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UJEB, UNSOED, UNLAM, UNILA, UNDANA, UNPAD, UNPATTI, UNRI, UNSAM, UNS, UNSRI, USU, dll
PTS : STIAMI, Univ. Garut, Univ. Islam Riau. (bisa lihat situs : tw.dwewpd.bikanna-ps.go.id)

4. PROGRAM STUDI : SOSIOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan kalian untuk mampu menganalisis fenomena kemasyarakatan, serta menguasai teori pemberdayaan masyarakat dan alternatif pemecahan masalah kemasyarakatan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Di program studi akan mendapat pelajaran seputar teori-teori Sosiologi baik klasik maupun modern. Selain itu akan mendapatkan beragam ilmu Sosiologi mulai dari Sosiologi Pedesaan, Sosiologi Keluarga, Sosiologi Perkotaan, Sosiologi Industri, Sosiologi Kedokteran, Sosiologi Kependudukan, Sosiologi Kriminalitas, Sosiologi Hukum, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Pembangunan, hingga Sosiologi Politik.

B. PROSPEK LULUSAN

Sarjana Sosiologi dapat bekerja sebagai ilmuwan, akademisi, pengamat sosial, wartawan, penerbitan, atau sebagai staf di lembaga-lembaga pemerintah.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UNAIR, UNAND, UNIB, UB, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UJEB, UNSOED, UNILA, UNESA, UNDANA, UNPAD, UPATTI, UNRI, UNSAM, UNS, UNSRI, USU
PTS : UKSW, UAJY, UM-Malang.

5. PROGRAM STUDI : SOSIATRI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini mengarahkan untuk menjadi seorang ahli dalam mengkaji masalah-masalah sosial dan pembangunan masyarakat seperti kemiskinan, buta huruf, pengangguran, dan masalah-masalah lainnyan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Pelajaran penting di program studi ini antara lain Ilmu Sosiatri, Manajemen Sosial, Demografi, Transmigrasi, Koperasi, Pekerjaan Sosial, Institusi Sosial, Masalah Sosial, Kesehatan Keluarga, Pendidikan Nonformal, Teori Pembangunan Masyarakat, Kepemimpinan Sosial, Perubahan Sosial dan Pembangunan, Evaluasi dan Pemantauan Pembangunan, Ketenagakerjaan, Perencanaan Pembangunan Masyarakat, Sosiologi Pembangunan, Kesehatan Masyarakat, Politik dan Hukum Sosial.

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli Sosiatri banyak dibutuhkan untuk bekerja di lembaga- lembaga pemerintah, lembaga nonpemerintah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, pengamat sosial, media massa, penerbitan. Bisa juga bekerja mandiri sebagai konsultan atau pengamat sosial.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : UGM, UNMUL, UNTAN
PTS : UNDAR-Jombang, Univ. Iskandar Muda Aceh 

6. PROGRAM STUDI : KRIMINOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini mengarahkan untuk menjadi seorang ahli dalam mengkaji masalah-masalah sosial dan pembangunan masyarakat seperti kemiskinan, buta huruf, pengangguran, dan masalah-masalah lainnyan.

Pelajaran penting di program studi ini berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kejahatan antara lain ; gejala kejahatan, latarbelakang terjadinya kejahatan dandkaeaan si pelaku kejahatan itu sendiri.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di Kepolisian, Kejaksaan, wartawan, penulis di media massa, lembaga pendidikan, dsb.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UI
PTS : Univ. Islam Riau
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Jenis program studi bidang ekonomi, kedokteran, filasafat, budaya, hukum"