Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis program studi bidang Teknik dan Sains, prospek kerja

Jenis-jenis program studi bidang Teknik dan Sains

BIDANG ILMU : SAINS

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :
1. MATEMATIKA
2. FISIKA
3. KIMIA
4. STATISTIK
5. ILMU KOMPUTER
6. GEOFISIKA
7. ASTRONOMI
8. GEOGRAFI
9. BIOLOGI
10. FARMASI
 

1. PROGRAM STUDI : MATEMATIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diharapkan mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah secara logis dan analistis. Selain itu, akan diarahkan untuk menguasai dasar‐dasar ilmiah bidang matematika sehingga mampu mengembangkan diri dalam bidang ilmiah maupun profesi. Ada beberapa konsentrasi di program studi ini diantaranya adalah :

• Matematika Murni, lebih menekankan pada pemahaman dan
pengembangan dasar‐dasar matematika, analisis, dan aljabar. Begitu lulus, diharapkan mampu untuk mengikuti dan mengembangkan teori ‐ teori baru matematika serta ilmu lainnya.

• Matematika Teknik/Terapan, menekankan pada pemahaman dan
pengembangan dasar‐dasar matematika, matematika terapan, dan pemodelan sistem sehingga kalian mampu mengembangkan dan   menerapkan   ilmu   dalam   permasalahan‐spaelarhmaan  teknik.

• Matematika  Komputer  dan  Riset  Operasi,  lebih   banyak
menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar‐dasar matematika, ilmu komputasi, dan sistem informasi yang akan membuat kalian mampu mengembangkan perangkat‐perangkat lunak.
Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari, analisis, aljabar, metematika terapan, geometri analisis, kalkulus, dan lain sebagainya.
 
Hal‐hal yang perlu diperhatikan, untuk menjadi mahasiswa matematika tidak perlu harus berbekal jenius. dalam belajar matematika sangat diperlukan kerajinan yang tinggi dan mempunyai kesukaan terhadap matematika.

B. PROSPEK LULUSAN
Bekerja diberbagai bidang industri (komputer, otomotif, teknologi informasi, perbankan), Lembaga Penelitian (LIPI, BPPT), DPU, Perusahaan Asuransi, Jasa Konsultasi, TNI/POLRI, Lembaga Pendidikan (Guru/Dosen), Perusahaan Swasta.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN :
IPB, ITB, ITS, UNAIR, UNAND, UNIB, UB, UNCEND, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UNEJ, UNSOED, UNILA, UNJ, UNM, UM, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNY, UNDANA, UNPAD, UNTAN, UNPATTI, UPI, UNRI, UNSRAT, UNS, UNSRI, USU, UNSYIAH, UNTAD, UNUD

PTS :
UAD Yogyakarta, UNPAS Bandung, , UNPAR Bandung, UKSW Salatiga,UINIAU‐SJ,kta UB dll.

2. PROGRAM STUDI : FISIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Belajar ilmu Fisika akan banyak mempelajari gejala alam, banyak mengumpulkan dan mencari hubungan gejala‐gejala alam tersebut untuk memperoleh manfaat darinya. Dengan belajar disiplin ilmu ini diharapkan dapat memahami hukum‐hukum Fisika, penerapan Fisika dalam teknologi, dan pengembangan Fisika. Dibeberapa universitas atau insitut, program studi Fisika dibagi menjadi beberapa keahlian bidang khusus, diantaranya :

• Fisika Material, mempelajari sifat atomik untuk rancang bangun bahan yang dibutuhkan oleh industri canggih serta pengelolaan energi nuklir.

• Fisika Optik, mempelajari gejala gelombang untuk mendukung sistem komunikasi dengan menggunakan serat optik, pemanfaatan sinar laser, sinar‐X untuk penelitian bahan, gejala akustik dannpeerapan, serta optimasi penggunaan energi.

• Fisika Bumi (Geofisika), mempelajari gejala kebumian dan kaitannya dengan struktur bumi untuk kepentingan ekonomi, misalnya penambangan minyak bumi, batu bara, atau perencanaan bangunan.

• Fisika Insturmentasi dan Komputasi, mempelajari elektronika, komputasi, rancang bangun alat ukur dan sistem kontrol.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari, fisika murni, fisika inti, fisika modern, elektronika, instrumentasi, geofisika, optik, dsb.
 
Hal‐hal yang perlu diperhatikan :

Memilih Program studi ini diperlukan daya analitik yang kuat, menguasai matematika, harus tekun, sabar dan teliti, Banyak referensi dan praktikum, progresif thingking.

B. PROSPEK LULUSAN

Lembaga pendidikan (Dosen/Guru), Konsultan, Lembaga Penelitian Pemerinatah atau Swasta (LAPAN, BATAN, LFN, LIN, LIPI, BPPT, PusPiTek, BPNK, Pertamina, Lemigas), Perbankan, Dep. Pertahanan, TNI/POLRI, dll.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 

PTN :
IPB, ITB, ITS, UNAIR, UNAND, UNIB, UB, UNCEND, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UNEJ, UNSOED, UNILA, UNJ, UNM, UM, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNY, UNDANA, UNPAD, UNTAN, UNPATTI, UPI, UNRI, UNSRAT, UNS, UNSRI, USU, UNSYIAH, UNTAD, UNUD, UNIPA, UNTAN, UNIMA

PTS :
UNJANI Bandung, UNPAR Bandung, UKSW Salatiga, UAD‐YK, dsb. (bisa lihat di situs : www.ban‐pt.depdiknas.go.id)
 

3. PROGRAM STUDI : KIMIA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan menjadi sarjana yang memiliki pengetahuan dan keterampilan mendalam di berbagai cabang ilmu kimia. Selain dibekali ilmu‐ilmu kimia, juga didorong untuk menghasilkan temuan‐temuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
Gambaran materi yang dipelajari seperti kimia analitik, kimia anorganik, biokimia, kimia fisika, kimia organik,nkiikmia orga bahan alam dan sintesis, geokimia organik, kimia katalis, kimia permukaan, fotokimia, elektrokimia, kimia lingkungan, kimia bahan makanan, dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan, senang dengan kimia, rumus‐rumus dan bagian yang berderet dan panjang. Harus tekun dan teliti.

B. PROSPEK LULUSAN

Akademisi, peneliti di laboratorium milik pemerintah/ swasta, industri farmasi, industri kosmetik, laboratorium, Dep. Pertahanan, lembaga penelitian perkebunan, pengembangan tanaman pangan, lembaga konsumen.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : IPB, ITB, ITS, UNAIR, UNAND, UNIB, UB, UNCEND, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UI, UINJKT, UNEJ, UNSOED, UNILA, UNJ, UNM, UM, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNY, UNDANA, UNPAD, UNTAN, UNPATTI, UPI, UNRI, UNSRAT, UNS, UNSRI, USU, UNSYIAH, UNTAD, UNUD

PTS : UNJANI Bandung, UKSW Salatiga, 
 

4. PROGRAM STUDI : STATISTIK

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Statistika adalah ilmu yang mempelajari metode pengumpulan dan pengolahan data untuk memecahkan suatu masalah. Program studi ini, diarahkan untuk menguasai dasar ‐ dasar statistika baik sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai metode. Selain itu, belajar tentang teknik pemasukan dan pengolahan data dengan merumuskan cara penyelesaian masalah‐masalah industri, bisnis, pemerintahan, dan sebagainya

Gambaran materi yang dipelajari seperti : statistika, statistika terapan, matematika dasar, matematika terapan, kalkulus, geometri analis.

Hal yang perlu diperhatikan adalah dasar dari ilmu statistika yaitu matematika, maka harus cinta terhadap matematika, diperoleh sikap kritis, suka berpikir logis. mampu membuat rancangan dan prediksi dan estimasi.

B. PROSPEKULUSALN

Berbagai instansi antara lain perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, TNI/Polri, BUMN, industri (elektronik, tekstil, makanan, minuman, farmasi, kertas), lembaga pendidikan, konsultan, badan penanaman modal, bursa efek, perbankan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : ITS, IPB, UGM, UNSYIAH, UNPAD, UNDIP, UB, UNHAS, STISJ

PTS : UII, PGRI Adibuana, UBINUS, dsb.

5. PROGRAM STUDI : ILMU KOMPUTER

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini, akan mengarahkan untuk menjadi seorang ahli komputer yang menguasai pengembangan sistem informasi, data base adminstrator, sistem analis, sistem pemrograman.
Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari diantaranya :

Dasar kerja komputer, sistem basis data, statistika, bahasa pemrograman, organisasi komputer, alogritma dan pemrograman, logika matematika, jaringan komputer, simulasi dan permodelan, sistem digital, dan lain sebagainya.
Program Studi ini, membutuhkan ketekunan, banyak latihan dan memiliki kemampuan dasar matematika yang kuat, vektor, geometri analitik, kalkulus, aljabar linier serta statistik.

B. PROSPEK LULUSAN

Dapat bekerja sebagai computer based information system analyst, application analyst, data base administrator, sistem development manager,dhwaarre       & software integrator, software develpoment mananger, MIS manager, web programmer, web maseter, wirausaha, akademisi, Perwira TNI/Polri.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UI, IPB, ITB, UGM, UB, UNILAM, UNDANA, UPI, UNILA

PTS : UAD, ISTA’Akprind’, USD, Univ. Borobudur 

6. PROGRAM STUDI : GEOFISIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Geofisika adalah ilmu yang menggunakan metode Fisika dan logika Geologi untuk mempelajari stuktur bawah permukaan bumi. Perkembangan ilmu Geofisika terkait erat dengan masalah sumber daya alam dan lingkungan.Program studi ini, diarahkan untuk menguasai ilmu Geofisika yang letak akan berguna untuk upaya pencarian sumber daya energi dan mineralpserti migas, batu bara, panas bumi, dan bahan mineral galian, termasuk sumber daya air.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Mempelajari bumi dengan menggunakan metode dan kebiasaan‐kebiasaan fisika, fisika matermatika, fisika dasar dan terapan, geodinamika, dll.

Hal yang perlu diperhatikan :

Program studi ini membutuhkan dasar yangaktu dalam fisika dan matematika, menguasai bahasa inggris dan juga ketahanan fisik yang kuat. Banyak penelitian lapangan.

B. PROSPEK LULUSAN

Departemen Perhubungan, Badan Meteorologi dav Geofisika, lembaga penelitian, akademisi, media massa, penerbitan. Perusahaan minyak, pertambangan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : ITB, UGM, UNHAS

PTS : UPN

7. PROGRAM STUDI : ASTRONOMI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Astronomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari benda‐benda angkasa. Astronomi adalah bukan astrologi (ramalan bintang) tetapi bidang ilmiah yang mempelajari jagad raya, merupakan fisika antariksa.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari :

Program studi ini mempelajari dan menyelidiki benda‐benda dan isinya dalam jagad raya (makro kosmos)

Hal yang perlu diperhatikan :

Program studi ini membutuhkan sikap atau jiwa pionir dan merupakan bidang yang futuristik.

B. PROSPEK LULUSAN
Departemen Perhubungan, LAPAN, Peneliti di Angkatan Udara atau Angkatan Laut, Planetarium, Wartawan, Dosen, Lembaga Penelitian (LIPI), Observatorium

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : ITB

8. PROGRAM STUDI : GEOGRAFI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi atau fakultas ini memberikan ilmu‐ilmu yang diperlukan untuk mengkaji karakteristik sumber daya wilayah. Dengan ilmu tersebut akan mampu menyusun wilayah dan rencana pengembangan wilayah. Ada kurang lebih 4 (empat) konsentrasi atau program studi ini diantaranya Geografi Manusia, Kartografi dan Pengindraan Jauh, Geografi fisik dan Lingkungan serta Percanaan Pengembangan Wilayah

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Ilmu matematika, fisika, meterologi, klimatologi, oseanografi, demografi, penggunaan peta, geografi ekonomi, geografi penduduk.

Hal yang perlu diperhatikan :

Diperlukan dasar‐dasar ilmu kealaman, mempunyai ketahanan fisik yang kuat, harus rajin, cermat dalam melakukan praktikum laboratorium, peneliti lapangan.

B. PROSPEK LULUSAN

Pemerintah Daerah, Dinas Agraria, Dep. Transmigrasi, Lembaga Penelitian (LIPI), DPU, LAPAN, BKKBN, Statistik, Konsultan Survay, Lembaga Pendidikan (Dosen/Guru)

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : UI, UNM, UM, UGM

PTS : UMS

9. PROGRAM STUDI : BIOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini diarahkan untuk menguasai ilmu‐ilmu dasar tentang makhluk hidup (tumbuhan, binatang, manusia dan ogranisme). Ilmu tersebut diharapkan bermanfaat bagi kesejahteraan sesama terutama dalam pengembangan bahan makanan, penemuan obat‐obatan, pelestarian lingkungan atau konservasi sumber daya hayati.
Gambaran materi / ilmu yang dipelajari, matematika, fisika, kimia, biokimia, bioteknologi, mikrobiologi, genetika, ekologi, biologi molekuler, zoologi, bio‐ekonomi, instrumentasi, enzimologi.

Hal yang perlu diperhatikan, karena banyaknya kegiatan lapangan dan laboratorium, maka harus memiliki jiwa tekun, teliti, sabar dan tidak boleh buta warna.

B. PROSPEK LULUSAN

Lembaga biologi nasional, Peternakan, Kesehatan, Akademisi, Lembaga  Penelitian  (LIPI,  BATAN,  BPPT,  BKKBNppBeada)        atau bekerja di industri farmasi, makanan/minuman, kosmetik, agroindustri.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : IPB, ITB, ITS, UGM, UNAIR, UNAND, UNIB, UB, UNCEN, UNDIP, UNHALU, UNHAS, UI, UNEJ, UNSOED, UNLAM, UNRAM, UNJ, UNM, UM, UNIMA, UNMED, UNP, UNIPA, UNNES, UNESA, UNY, UPI, UNSRI, UNDANA, UNPAD, UNPATTI, UNRI, UNS, USU, UNSYIAH, UNUD

PTS : UAD, UAJY, UKSW, UIA, dll.

10. PROGRAM STUDI : FARMASI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini akan memberikan ilmu dan keterampilan di bidang pelayanan kefarmasian dengan kompetensi paham cara pemberian obat, nasib di dalam badan, dan khasiat yang ditimbulkan oleh obat. Setelah lulus sarjana farmasi, bisa mengambil program profesi apoteker dengan masa belajar dua semester.
Gambaran materi / ilmu yang dipelajari, pelajaran penting di program studi ini antara lain : ilmu‐ilmu seputar kimia, matematika, biologi, biokimia,parsitologi, kologi, ilmu kesehatan masyarakat, etika, dan manajemen farmasi.

Hal yang perlu diperhatikan :

Memilih Program studi ini diperlukan dasar‐dasar ilmu kimia, biologi, matematika dan fisika. suka pekerjaan laboratorium, memiliki daya analisis, tekun dan teliti. meliki indra penciuman dan tidak buta warna

B. PROSPEK LULUSAN
Dept. Kesehatan, apoteker, konsultan farmasi, ahli farmasi rumah sakit, industri farmasi, tenaga akademik, industri kosmetik dan makanan, Badan POM, dll.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UGM, UNAIR, UNAND, , UNHAS, UI, UJEB, UNPAD, USU, UNSOED, UIN‐MKSR, UNILAM, UNMUL, UNSRAT, UNUD
PTS : UAD, UNISBA, UMM, UMS, UNJANI, USD, STIF Bandung, dll.

BIDANG ILMU : TEKNIK

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :

1. TEKNIK SIPIL
2. TEKNIK ARSITEK
3. TEKNIK ELEKTRO
4. TEKNIK INFORMATIKA
5. TEKNIK KIMIA
6. TEKNIK MESIN
7. TEKNIK INDUSTRI
8. TEKNIK GEOLOGI
9. TEKNIK GEODESI
10. TEKNIK NUKLIR
11. TEKNIK FISIKA
12. TEKNIK GEOFISIKA
13. TEKNIK LINGKUNGAN
14. TEKNIK PERKAPALAN
15. TEKNIK METALURGI &TMERAIAL
16. TEKNIK PLANOLOGI
17. TEKNIK PERTAMBANGAN
18. TEKNIK  PERMINYAKAN
19. TEKNIK PENERBANGAN
20. TEKNIK GEOMATIKA
 

1. PROGRAM STUDI : TEKNIK SIPIL

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi, akan diarahkan agar mampu merencanakan secara lengkap konstruksi Teknik Sipil. Selain itu agar mampu melaksanakan pekerjaan pengawasan dan pengelolaan bangunan, membuat laporan kerja (engineering) dan engineering judgment, serta mampu mengenali, mengamati, menganalisis, dan memecahkan secara ilmiah masalah‐masalah dalam bidang profesinya.
Gambaran materi / ilmu yang dipelajari, menggambar teknik, teknologi bahan konstruksi, analisis struktur dengan matriks, mekanika tanah, sistem transportasi, teknik jalan raya, ekonomi teknik, hidrolika, struktur baja, manajemen proyek., dan lain sebgainya.

Ada beberapa konsentrasi yaitu :
‐ Teknik Sipil Kontruksi
‐ Teknik Sipil Transportasi
‐ Teknik Sipil Hidro
‐ Teknik Sipil Pengairan
‐ Manajemen Konstruksi.

Hal yang perlu diperhatikan, sebagai dasar adalah fisika, matematika dan statistik. mampu menuangkan pemikiran, perhitungan dan ide‐ide dalam gambar rencana dan uraian tertulis praktis, tekun dan banyak praktek.

B. PROSPEK LULUSAN

LIPI, BPPT, DPU, Departemen Pertambangan Dan Energi, Departemen Transmigrasi, Departemen Pertanian, Departemen Dalam Negeri, Pertanahan dan Keamanan, Kontraktor, Lembaga Pemerintah, Perusahaan Swasta, Akademisi.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI : 

PTN :
ITB, ITS, IPB, UI, UGM, UNDIP, UNS, UB, UNHAS, USU, UNUD, UNSRAT, UNSRI, UNTAN, UNAND, UNTRAM, UNILAM, UNILA, UNRI, UNHALU, UJEB, UNIB, UNSYIAH

PTS :
UII, UKI, UMM, UMY, UBINUS, ITENAS, dll.

2. PROGRAM STUDI : TEKNIK ARSITEKTUR

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini akan mengarahkan untuk menjadi ahli yang menguasai ilmu dan teknologi aristektur. Dengan pengetahuan tersebut, secara profesional mampu menerapkannya dalam perencanaan arsitektur, perencanaan pemukiman, teknologi bangunan, dan kawasan.
Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Pelajaran penting yang akan dihadapi antara lain sejarah aristektur, estetika dasar, arsitektur dan lingkungan, metode transformasi desain, program desain, struktur dan konstruksi, perencananaan pemukiman, perencanaan kawasan, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan :

Pemahaman terhadap ilmu fisika, matematika, sosial dan memiliki keterampilan menggambar dan banyak inisiatif, kreativitas tinggi dan fisik yang kuat, senang menggambar.

B. PROSPEK LULUSAN

Perancang dan Penasehat nTesuklntiaknK, oDPU, BPT, Arsitek, Akademisi, Peneliti, Perusahaan Swasta, Wiraswasta.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI :

PTN : ITB, ITS, UI, UGM, UNHAS, UNDIP, UB, UNS, UNUD, UNSRAT, UNSYIAH, USU, UNHALU, UNSRI, USU, UNTAN
PTS : UII, ITENAS, UAJY, UBINUS, UPH, dll

3. PROGRAM STUDI : TEKNIK ELEKTRO

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini diarahkan untuk menguasai ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan elektronika. Ada beberapa bidang/konsentrasi yang tercakup dalam studi ini, diantaranya :

(1) Bidang/Konsentrasi Studi Teknik Sistem Tenaga
(2) Bidang/Konsentrasi Studi Telekomunikasi Multimedia
(3) Bidang/Konsentrasi Studi Teknik Sistem Pengaturan
(4) Bidang/Konsentrasi Studi Komputer
(5) Bidang/Konsentrasi StudikEtlreonika Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

(a) Bidang/Konsentrasi Studi Teknik Sistem Tenaga
Mempelajari teknik‐teknik konversi energi, teknik transmisi dan distribusi tenaga listrik, sistem interkoneksi, teknik‐teknik pengaturan dan pengaman.

(b) Bidang/Konsentrasi Studi Telekomunikasi Multimedia Sistem‐sistem komunikasi. Adapun bidang spesialisasi pada bidang/konsentrasi studi ini antara lain (a) Teknik Pengolahan Sinyal Informasi, (b) Teknik Transmisi Propagasi, dan (c) Teknik Komunikasi Terapan.

(c) Bidang/Konsentrasi Studi Teknik Sistem Pengaturan Mempelajari model‐model matematika, dinamika sistem, komponen‐komponen dan peralatan pengatur, teknik pengaturan optimal, teknik pengaturan digital, teknik, robot serta penerapan teknik‐teknik sistem pengaturan lainnya.

(d) Bidang/Konsentrasi Studi Komputer
Mempelajari perangkat keras dan perangkat lunak komputer, sistem logika, penggunaan logika dalam rancang bangun komputer, pemakaian komputer sebagai alat pemroses data serta pembuatan progarm, dan penganalisasian hasil program.

(e) Bidang/Konsentrasi Studi Elektronika

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Mempelajari rangkaian‐rangkaian dan komponen‐komponen elektronika dan perencanaan peralatan elektronika, teknik‐teknik pembuatan komponen, serta penggunaan alat‐alat ukur elektronik dalam industri dan biomedika.

Hal ya perlu diperhatikan :

Sarjana Elektro tidak sama dengan montir elektro. Disini diperlukan dasar matematika dan fisika yang kuat. Merupakan Pengembang dan Inovator di bidangnya.

B. PROSPEK LULUSAN

LIPI, TELKOM, BPPT, Industri Elektro, Unit‐unit Telekomunikasi, Pusat Tenaga Listrik, Lembaga Eletronika Nasional, PLN, Pusat‐pusat Komputer, Departemen Pertambangan dan Energi, Akademisi, Industri Otomotif, Industri peralatan elektronika, Industri Media Kreatif, Wiraswasta. Dan lain sebaginya.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI :

PTN : ITB, ITS, UI, UGM, UNDIP, UB, USU, UNHAS, UNSRI, UNTAN, UNRAM, UNSRAT, UJEB, UNILA, UNCEN, UNAND, UNIMED, UNIB, UNM, UNSOED, UNP
PTS : ITTelkom Bandung, UII, UKI, UPH, dsb. 

4. PROGRAM STUDI : TEKNIK INFORMATIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini menjadi sarjana yang mempunyai keahlian dan kemampuan menggunakan komputer dalam berbagai bidang aplikasi. Dapat menjadi ahli yang menguasai berbagai metode dan teknik pemecahan masalah dengan menggunakan komputer. Ada bidang/konsentrasi Studi Sistem Informasi, dan bidang/konsentrasi Studi Rekayasa Perangkat Lunak serta bidang/konsentrasi Studi Komputing
Gambaran materi / ilmu yang dipelajari,

Bidang/konsentrasi studi sistem informasi menekankan pengetahuan dasar pada konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.

Bidang atau Konsentrasi Studi Rekayasa Perangkat Lunak, memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang rekayasa perangkat lunak dan aplikasinya dalam bidang yang lebihnlguas, ya ditunjang oleh mata kuliah Analisis dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.

Bidang atau Konsentrasi Studi Komputing, memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Pararel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antarjaringan.

Hal yang perlu diperhatikan :

Dasar matematika, fisika dan bahasa inggris harus menyukai dan menguasainya. senang bermain logika, memahami tahapan pengambilan keputusan serta perbanyak latihan

B. PROSPEK LULUSAN

Industri perangkat lunak untuk sistem komputer dan aplikasi komputer, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instansi pemerintah atau militer, pertanian, rumah sakit, jasa perbankan atau asuransi, jasa konsultan serta bisa berwiraswasta.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI :

PTN : ITB, ITS, UI, UGM, UNHAS, UNHALU, UNUD, UNSOED, UIN‐ SH, UIN‐M, UNSRI.
PTS : ITENAS‐Bandung, UAJY, UII, UBINUS, UMM, UPH, dll.

5. PROGRAM STUDI : TEKNIK KIMIA

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Bidang teknik kimia dapat memainkan peran penting dala proses pembangunan nasional. Lulusan program studi ini akan dibekali dengan pengetahuan fisika, kimia, matematika, dan pengetahuan lainnya sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah‐masalah masyarakat yang berkaitan dengan proses fisis ataupun kimiawi.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari antara alanin, bah dan korosi, ilmu lingkungan, kimia analitik, kimia organik, kinetika kimia, pengendalian proses, perancangan alat proses, perancangan pabrik, perancangan reaktor kimia, perpindahan kalor, termodinamika, dll. Hal yang perlu diperhatikan :
Program studi ini, sebagai dasarnya adalah matematika dan fisika yang harus kuat dan senang terhadap penemuan dan gagasan baru, mewujudkannpgiranti ya berdasarkan proses kimia

B. PROSPEK LULUSAN

BPPT, Peneliti, Akademisi, industri seperti otomotif, kaca, keramik, besi, fotografi, lembaga penelitian, plastik, karet, petrokimia, polymer, kertas, pewarna, sabun, parfum, tekstil, film, serat, dsb.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI :

PTN : ITB, ITS, UI, UGM, UNDIP, USU, UNSRI, UNSYIAH, UNS, UNILAM, UNILA
PTS : UMS, UPN‐JATIM, UBAYA, dsb.

6. PROGRAM STUDI : TEKNIK MESIN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program stud ini dibentuk untuk berpikir secara kreatif dan kritis sehingga mampu belajar terus menerus secara mandiri. Hal ini berguna agar kalian selalu mengikuti perkembangan permesinan dan tuntutan lingkungan yang terus berubah. Ada beberapa konsentrasi dalam program studi ini diantaranya : Studi Konversi Energi yang mempelajari bagaimana mengkonversikan energi dari sumbernya menjadi energi yang berguna, Studi Desain yang mempelajari bagaimana cara mendesain peralatan mesin, serta Studi Teknik Produksi yang mempelajari bagaimana cara memproduksi benda ataupun bagaian‐bagian mesin ditinjau dari segi teknik, maupun manajemen.
Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Tentang ilmu‐ilmu seperti aljabar, kalkulus, analisis vektor, matematika teknik, fisika modern, kimia teknik, statistik teknik, analisis numerik, menggambar teknik, menggambar mesin statika, struktur, kinematika, dinamika, proses produksi, mekanika fluida, perpindahan panas, material teknik, metalurgi fisik, mekanika material, elemen mesin, getaran mekanis, teknik pengukuran & instrumentasi teknik pengendalian otomatik, manajemen industri, mesin‐mesin fluida, mesin‐mesin termal, praktikum prestasi mesin konversi energi, metode elemen hingga, perlakuan panas dan permukaan, teknologi pengecoran logam, bahan bakar & teknik pembakaran, teknologi energi & lingkungan, teknik tenaga listrik, mekatronika, teknologi tepat guna, konstruksi mesin, teknologi kendaraan, sistem tenaga hidrolik & pneumatik.
 
Hal yang perlu diperhatikan :

Program Studi ini sebagai dasarnya adalah matematika dan fisika yang harus kuat. Memiliki semangat jiwa pionir/pemimpin, kreatif dan inovatif. Memiliki kemampuan merekayasa mesin‐mesin untuk menunjang kebutuhan manusia.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di BPPT, Pemerintahan, perusahaan manufaktur, otomotif, energi, jasa konsultasi dan kontraktor, industri perakitan pesawat, pertambangan dan perminyakan, lembaga penelitian, lembaga pendidikan (akademisi).

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI :

PTN : ITB, ITS, UI, UGM, UNDIP, UNUD, USU, UNHAS, UNSYIAH, UB, UNRAM, UNPAD, UNS, UNSRAT, UNILA, UNAND, UNSRI, UNCEN, UNPATTI.
PTS : UMY, UII, UMM, UNJANI, dll

7. PROGRAM STUDI : TEKNIK INDUSTRI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini diarahkan untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, dan pengoperasian sistem industri secara luas dan kompleks. Dapat dengan baik mengelola keterlibatan manusia, material, mesin dan peralatan, informasi & energi secara integral dalam sebuah sistem.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari, proses manufaktur, statistik industri, penelitian operasional, perencanaan dan pengendalian produksi, analisis keputusan, pengendalian kualitas, simulasi sistem industri, otomasi sistem produksi, logika pemrograman, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, ergonomi industri, analisis kelayakan industri.
Hal yang perlu diperhatikan, harus berjiwa pemimpin, merupakan penerapan ilmu ekonomi dan manajemen dalam teknologi. Dasar utama adalah teknik mesin.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja di berbagai sektor lapangan kerja seperti pertanian, rumah sakit, jasa perbankan/asuransi, organisasi pemerintahan atau militer, jasa konsultan dan sebagainya selain tentu saja industri (pabrik) manufaktur. Jadi, jangan khawatir bakal nganggur!

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI :

PTN : ITB, UI, ITS, USU, UGM, UNPAD, UNAND, DUINPS, , UN UNPATTI
PTS : UII, UAJY, ITTelkom, UBAYA, UNHAS

8. PROGRAM STUDI : TEKNIK GEOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini akan mengarahkan untuk menjadi seorang Sarjana Teknik yang memahami ilmu kebumian dan memahami bumi yang mempunyai karakter dan berproses dalam ruang dan waktu, baik sebagai sumber mineral, energi, maupun bencana alam. Dengan keahlian itu, diharapkan bisa mengelola bumi ini dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari :

Kritalografi dan mineralogi, ilmu lingkungan, fisika umum, kimia analitik, kimia fisika, petrologi, geofisika eksplorasi, paleontologi, geomorfologi, vulkanologi, teknik komunikasi geologi, hidrologi, ekskursi geologi, geologi struktur indonesia, endapan mineral.

Hal yang perlu diperhatikan :

Menguasai matematika, fisika, mekanika, kimia dan biologi serta disyaratkan memiliki kesehatan yang baik, ketahanan dan kekuatan fisik yang cuku dan tidak cacat jasmani.

B. PROSPEK LULUSAN
Bekerja di industri pertambangan, perusahaan pengeboran minyak/gas bumi, Departemen Pertambangan dan Energi, Bappenas, Pemerintah Daerah, Lembaga Penelitian, Lembaga akademik.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UGM, ITB, UNPAD, UNHAS, UNDIP PTS : ISTA”AKPRIND”, UPN ‐ YK

9. PROGRAM STUDI : TEKNIK GEODESI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini mendidik mahasiswanya untuk menjadi Sarjana Teknik yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam bidang survei pemetaan dan pengelolaan informasi spasial. Dengan kata lain, jika kalian memilih program studi Geodesi, akan diarahkan untuk mampu menghimpun, mengelola, dan menyajikan data serta informasi mengenai gambar bumi.

Ada dua bidang/konsentrasi studi, yaitu sebagai berikut :

- Geodesi, yang mempelajari bentuk, ukuran, dan gaya berat bumi. Survey dan pemetaan merupakan salah satu cara untuk menyajikan bentuk bumi. Penyajian bentuk dan ukuran bumi ini disajikan dalam bentuk peta baik konvensional maupun digital. Pergerakan bumi dan medan gaya berat bumi dipelajari dalam ilmu kebumian.

- Geomatika, menekuni sistem dan teknologi penginderaan jauh dan penentuan posisi dengan metode ekstraterestrial menggunakan satelit serta teknologi komputer.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Banyak belajar kalkulus, fisika, kimia, konsep teknologi, geodesi & geomatika, ilmu lingkungan, pemrograman data spasial, ilmu hitung geodesi, kartografi, sistem basis data, geografi, adimistrasi pertanahan, surveying, hitung perataan, geodesi satelit, hidrografi, fotogrametri, pemetaan digital, survey satelit, kerangka dasar horizontal, kerangka dasar vertikal, sistem informasi geografis, statistika spasial, survey batas wilayah, geodesi kelautan, survey pelabuhan & perairan pantai, oseanografi pesisir dan estuari, survey industri lepas pantai, pemetaan bidang tanah, ilmu ukur tanah, pemetaan fotogrametri, medan gaya berat bumi.

Hal yang perlu diperhatikan :

Menyukai ilmu matematika dan fisika yang kuat, analitik, suka berpikir kritis, memiliki kemampuan survival, anggota badan normal, tidak miliki buta warna , memiliki pandangan sterioskopik yang baik, pionir bagi bidang teknik sipil.

B. PROSPEK LULUSAN

Dalam perkembangannya Teknik Geodesi banyak dibutuhkan oleh pihak‐pihak, lembaga, badan yang membutuhkan informasi spasial (keruangan) seperti Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (Bappeda), Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Departemen Transmigrasi, Departemen Pekerjaan Umum dan Konsultasi Teknik, Lembaga Penelitian (LIPI BPPT), Lembaga Pendidikan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : UGM, ITB

PTS : IT Padang, Universitas Pakuan Bogor. 

10. PROGRAM STUDI : TEKNIK NUKLIR

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Dari namanya saja bisa dibayangkan bahwa memasuki program studi ini tentulah akan diarahkan menjadi sarjana yang mampu mengembangkan analisis hingga ke taraf desain dasar teknologi nuklir untuk kepentingan kehidupan sehari‐hari.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Pelajaran penting yang akan kalian hadapi antara ilmu bahan teknik, termodinamika, fisika atom dan fisika inti, deteksi & pengukuran radiasi, teknologi reaktor nuklir, radiokimia, elektronika nuklir, dinamika reaktor nuklir, penerapan radioisotop, limbah radioaktif.

Hal yang perlu diperhatikan :

Program Studi ini diperlukan menguasai matematika, kimia, fisika, serta memiliki sifat cermat, teliti dan disiplin yang tinggi. Merupakan bentuk terapan dari fisika inti dan kimia inti

B. PROSPEK LULUSAN

Perusahaan reaktor nuklir, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, perusahaan penyedia listrik, Dephankam, Departemen Pertambangan dan Energi.

D. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UGM

11. PROGRAM STUDI : TEKNIK FISIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Pada program studi ini diarahkan untuk melakukan pemanfaatan ilmu fisika untuk instrumen gedung/ruangan, mengatasi kebisingan, dan lain sebagainya. Contoh teknologi laser, operasi dan perancangannya dilandasi pengetahuan tentang gejala otomic, optic, materila, elektronik, medan elektromagnetik.
Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari diantaranya :

Instrumentasi dan kontrol, rekayasa termal, ilmu dan rekayasa material, fisika bagungan dan akustik, teknik sistem dan serat optik, dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan :

Program studi ini diperlukan menguasai matematika, fisika, serta memiliki sifat cermat, teliti dan disiplin yang tinggi. Merupakan bentuk terapan dari fisika.

B. PROSPEK LULUSAN

BPPT, LAPAN, Perumtel, Lembaga Penelitian, Lembaga Akademik, Perusahaan/Pabrik swasta,

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : ITB, ITS

PTS : Universitas Nasional Jakarta.

12. PROGRAM STUDI : GEOFISIKA

A. Deskripsi Singkat

Pada program studi diharapkan dapat melakukan perancangan kegiatan ekspolari, pengukuran besaran kerak bumi, pemetaan zona gempa, longsor atau bencana vulkanik lainnya dan pemrosesan data serta penerjemahannya kedalam bahasa yang semuanya diorientasikan untuk kepentingan produksi.
Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari yaitu, mempelajari pemanfaatan pengetahuan tentang kondisi fisik bumi.a Beberap materinya antara lain, mitigasi bencana kebumian, pemetaan, inventarisasi dan eksplorasi sumber daya alam (mineral, minyak dan gas bumi, panas bumi, air tanah), geothecnical engineering

Hal yang perlu diperhatikan diantaranya, ilmu geologi dalam eksplorasi kekayaan yang terkandung dalam bumi, bagian khusus dari teknik geologi. Selain itu membutuhkan kemampuan fisika dan matematika yang kuat.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusannya bisa bekerja di lembaga pemetan dan eksplorasi sumber daya alam (direktorat vulkanologi, perusahaan minyak dan gas), konsultan perencanaan dan pengembangan wilayah.

E. Direktori Perguruan Tinggi
PTN : ITB
PTS : UPN Yogyakarta

13. PROGRAM STUDI : TEKNIK LINGKUNGAN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Di program studi ini kalian akan diarahkan untuk mumpuni di bidang pengelolaan dan rekayasa lingkungan. Misalnya menguasai teknologi penyediaan dan pengolahan air minum, penyaluran dan pengolahan air limbah, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, pencemaran lingkungan, dan analisis dampak lingkungan.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari diantaranya :

Belajar membuat perangkat lunak dan keras sistem operasi proses pengolahan limbah, air minum, dan pengelolaan lingkungan. Belajar mengenai analisis kimia tanah dan air, ekotoksikologi, analisis fisis dan kimia cairan limbah industri, rancang sistem pengelolaan limbah industri atau domestik, daya dukung badan air.

Hal yang perlu diperhatikan, bidang rekayasa keadaan dan potensi lingkungan sebagai pendukung bidang teknik sipil.

B. PROSPEK LULUSAN

Instansi pemerintah (Dep. Kesehatan, Lingkungan Hidup, BPPT, Dinas Kebersihan, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan, DPU, Dep. Dalam Negeri, PDAM, Bappeda), Konsultan, kontraktor, industri, lembaga non pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga penelitian.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : ITB, ITS, UI, UNAND, UNHAS, UNLAM, UNRI
PTS : Univ. Trisakti, UPN‐Jatim, UPN‐YK, UII, dll 
 

14. PROGRAM STUDI : TEKNIK PERKAPALAN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini diarahkan untuk menjadi sarjana yang menguasai teknik perkapalan dengan memperhatikan juga segi ekonomi dan manajemennya. Ada beberapa bidang keahlian di jurusan ini, yaitu sebagai berikut : Perencanaan dan Transportasi Laut, Hidrodinamika, Konstruksi dan Kekuatan, Teknik Produksi Kapal.

Gambaran ilmu yang dipelajari diantaranya :

Perencanaan berbagai jenis kapal dan optimisasi pemakaiannya. Analisis bentuk badan kapal dan baling‐baling yang efisien dari segi hidrodinamika. Perencanaan dan analisis konstruksi, dan getaran badan kapal. Perencanaan, pelaksanaan, dan reparasi badan kapal dan perencanaan galangan kapal.

Hal yang perlu diperhatikan adalah dasar matematika, fisika dan proyeksi atau gambar teknik harus kuat.

B. PROSPEK LULUSAN

Dengan menguasai prinsip‐prinsip perancangan kapal, kalian akan sangat dibutuhkan terutama dalam industri galangan kapal. PT. PAL, BPPT, Lembaga Penelitian, Lembaga Akademik.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN :  ITS, UNHAS, UI,AUTNTPI, UNDIP
PTS : UPN – Jkta, Univ. Muhammadiyah Surabaya. 
 

15. PROGRAM STUDI : TEKNIK METALURGI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini akan diarahkan untuk memahami seluk‐beluk perilaku mekanik dan fisik material, pemanfaatan material sesuai dengan sifatnya, pengembangan proses manufaktur dan penemuan serta pengembangan material. Beberapa konsentrasi, yaitu (a) Teknik, Manufaktur, (b) Material Alternatif, (c) Mekanika Kerusakan Material.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari diantaranya, pelajaran seputar metalurgi, mekanik material, komposisi logam, mikrostruktur, heat treatment, pengujian ndt (non destructive test), analisis kerusakan material logam, teknologi las, welding procedure and specification, korosi, bending, hotrack, teknologi cor, mekanika plastik, struktur keramik, dan lain‐lain.

Hal yang perlu diperhatikan, teknik metelurgi ini merupakan

pengkhususan dari teknik mesin, teknikakimi dan teknik industri.

B. PROSPEK LULUSAN

Alumni Teknik Material akan mampu berkiprah di industri‐ industri, antara lain industri perancangan dan konstruksi, industri pengecoran, industri pesawat terbang, industri kapal, industri kereta api, industri senjata, industri otomotif.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : ITB, UI
PTS : UNJANI Bandung

16. PROGRAM STUDI : TEKNIK PLANOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini bertujuan untuk perencanaan suatu wilayah atau kota yang meliputi aspek fisiki, ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum serta aspek lainnya.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari diantaranya, bidang teknik sipil, yang meliputi :

‐ Perencanaan dan manajemen kota : perencanaan kota, manajemen kota, manajemen perkotaan.
‐ Perencanaan wilayah : pengembangan wilayah, perencanaan kabupaten.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa :

Perencanaan wilayah atau kota meliputi aspek fisik, ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum serta aspek lainnya.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusan program studi ini memiliki prospek bekerja sebagai konsultan, peneliti di perusahaan swasta, BAPPENAS, BPPT, PEMDA, Perusahaan swasta, perusahaan asing, DEPKES, dll.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : ITS, UB, UNDIP
PTS : ITENAS Bandung, STTNAS‐Yk, UNTAR‐Jkt.

17. PROGRAM STUDI : TEKNIK PERTAMBANGAN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini merupakan cabang teknologi yang berhubungan dengan industri mineral dan bahan galian.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari tentang pencarian dan pengolahan bahan‐bahan tambang.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa fokusnya dikhususkan pada kandungan minyak bumi, tambang eksplorsi, tambang umum, metalurgi.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusan program studi ini memiliki prospek bekerja di lembaga geologi dan pertambangan nasional, Minyak dan Gas, Akademisi, Perusahaan Asing.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : ITB, UNSRI, UNHAS, UNLAM, UNCEN, UNDANA
PTN : Univ. Trisakti, UPN‐Yk, STTNAS

18. PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini merupakan ilmu terapan yang berkaitan dengan kegiatan‐kegiatan percarian, pengeboran dan produksi minyak, gas bumi serta hidrokarbon cair lainnya.
Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari :

Mempelajari hal‐hal yang berhubungan dengan minyak, teknik clled tubing, teknik pemboran, pengembangan panas bumi, regulasi
ekonomi minyaknda gas bumi, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan, memiliki fokus pada kandungan minyak bumi

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusan program studi ini memiliki prospek bekerja di perusahaan‐perusahaan perminyakan, pertamina, Lembaga Akademi, Lembaga Penelitian, dan sebagainya.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : ITB
PTS : UPN – Yk, Univ. Islam Riau.

19. PROGRAM STUDI TEKNIK PENERBANGAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk menjadi sarjana yang mampu cara membuat atau merawat mesin pesawat serta cara membuat konstruksi pesawat. Teknologi Penerbangan mencakup enam bidang teknologi kedirgantaraan (critical aerospace technology) yang penting, yaitu meliputi teknologi‐teknologi di bidang aeronautika, astronautika, sistem elektronika dan hidromekanika, populasi dan peroketan,usktrtur dan material, serta produksi dirgantara.

Sejauh ini, ada beberapa bidang konsentrasi studi yang tercakup dalam Program studi Teknik Penerbangan, yaitu sebagai berikut :

a. Penerbang
1. Program Studi Commercial Pilot Lisence/CPL
2. Program Studi Penerbang Sayap Tetap

b. Teknik Penerbang
1. Program Studi Penilik Teknik Listrik
2. Program Studi Penilik Teknik Radio
3. Program Studi Tenik Bangunan dan Landasan
4. Program Studi Ahli Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara
5. Program Studi Pengatur Teknik Radio
6. Program Studi Teknik Listrik Bandara
7. Program Studi Teknik Pesawat Udara

c. Keselamatan Penerbangan
1. Program Studi Ahli Lalu Lintar Udara
2. Program Studi KomunikasinPeerbangan
3. Program Studi Pemanduan Lalu Lintas Udara
4. Program Studi Penerangan Aeronautika
5. Program Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan

d. Manajemen Penerbangan
1. Program Studi Administrasi Perhubungan Udara
2. Program Studi Angkutan Udara Niaga Program Studi Operasi Bandar Udara

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Beberapa materi yang akan dipelajari diantaranya aeronautika dan astronautika, konstruksi penerbangan, sistem penerbangan, transportasi udara dan propulasi.

Hal yang Perlu Diperhatikan :

Dasar utamanya adalah teknik mesin, kemampuan fisika dan matematika harus kuat. Dihadapkan dengan praktikum yang padat maka diperlukan kekuatan fisik, tekun, teliti

B. PROSPEK LULUSAN

Program studi ini memiliki prospek ahli teknik penerbangan, BPPT, LAPAN, Akademisi, Perusahaan Penerbangan seperti : Garuda Indonesia, Lembaga Penelitian.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : ITB, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug‐Banten PTS : Univ. Nurtanio Bandung, STTA AdisuciPto YK, dll

20. PROGRAM STUDI : TEKNIK GEOMATIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini bertujuan menghasilkan sarjana Teknik Geomatika yang memiliki kemampuan akademik/profesional yang dapat menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dalam bidang pengelolaan sistem informasi spasial. Selian itu cakap dan trampil dalam penguasaan teknologi survei dan pemetaan yang berbasis teknologi informasi dalam rangka menunjang pembangunan pada era informasi dan globalisasi.

Bidang minat Geomatika mempunyai kajian khusus pada riset/penelitian dengan menggunakan teknologi informasi spasial yang mutakhir seperti Penginderaan Jauh (Remote Sensing), Fotogrametri serta SIG (Geographics Informations System). Dimana tehnologi ini dimanfaatkan untuk keperluan pengelolaan lingkungan, mitigasi bencana alam gerakan tanah dan lain‐lain. Juga untuk keerluam pengelolaan Sumber Daya Alam.

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli geomatika seringkali ditemukan bekerja di perusahaan lepas pantai sebagai pengatur pengeboran minyak dan memantau jalur perpipaan yang berada di sepanjang laut. Lembaga Akademi, Lembaga Penelitian, dll

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Jawa : ITS
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis program studi bidang Teknik dan Sains, prospek kerja"