Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Digital Marketing untuk Promosi Bisnis

Blog Orang IT - Para pelaku usaha atau pebisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya promosi atau iklan. Hal ini penting dalam mengiklankan suatu produk atau jasa agar lebih dikenal dan meningkatkan omset penjualan. Model periklanan yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan jenis-jenis digital marketing.

Jenis-Jenis Digital Marketing
Jenis-Jenis Digital MarketingTambahkan teks

Membahas mengenai digital marketing tentu sudah tidak asing lagi dikalangan para pebisnis maupun pelaku usaha. Cara ini memiliki banyak manfaat dalam membantu kemajuan bisnis, sehingga membuat banyak orang tertarik ingin menggunakannya. 

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam dunia digital marketing. Di antaranya meliputi apa saja jenis dari digital marketing dan bagaimana cara pemasarannya. Ketahuilah bahwa digital marketing merupakan aktivitas pengiklan atau pemasaran yang memanfaatkan perangkat elektronik sebagai medianya

7 Jenis Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

Ada begitu banyak jenis dari digital marketing yang perlu diketahui oleh para pelalu usaha maupun pebisnis. Berikut adalah beberapa jenis media pemasaran melalui digital yang dapat anda implementasikan pada bisnis supaya lebih dikenal dan meningkatkan omset perusahaan

1. Social Media Marketing atau SMM

Jenis digital marketing yang pertama yaitu Sosial Media Marketing yang pemakaiannya mengacu pada platform sosial media. Melalui media ini Anda bisa menjalin hubungan baik dan harmonis dengan klien maupun calon pelanggan dari bisnis anda.

Dalam menjalankan sistem iklan melalui sosial media, Anda harus memperhatikan setiap konten yang diunggah agar menjadi daya tarik. Beberapa platform sosial media yang bisa dipilih untuk pengiklan antara lain seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan lain sebagainya.

2. Content Marketing

Sebagai salah satu jenis digital marketing, content marketing mengambil fokus terhadap pembuatan dan pendistribusian konten yang bertujuan dalam menargetkan pasar ataupun konsumen. Sehingga hal ini dapat memberi keuntungan dari konsumen yang sudah tertarget. 

Contoh dari content marketing meliputi postingan blog, video, podcast, studi Kasus, e-book, serta konten lain yang bisa menarik pengunjung. Namun Anda harus memastikan supaya isi konten yang dibuat sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Pay - Per - Click (PPC)

Pay per click merupakan model pemasaran seperti Google Adwords yang mungkin sudah sering didengar sebagian pelaku bisnis. Dalam penggunaan cara ini, pengiklan membayar pengunjung yang membuka website mereka. Sehingga keuntungan bisa didapatkan publisher/penayang melalui banyaknya jumlah klik. 

Besarnya tarif per klik ini dapat Anda tentukan sendiri ataupun mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh pihak pengiklan. Ketahuilah bahwa semakin tinggi biaya per klik pada website tersebut, berarti semakin besar pula iklan website Anda tampil di halaman teratas dan dilihat lebih banyak pengguna google

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah salah satu jenis  pemasaran melalui media digital, di mana pengiklan menjalin kerja sama bisnis dengan pelaku usaha. Tujuannya adalah untuk mendapatkan komisi atas trafik bisnis yang Anda berikan dan meningkatkan omset pebisnis.

Dalam pemasaran ini, Anda hanya perlu menyebarkan link menuju website relasi pebisnis atau website pembelian. Selanjutnya, keuntungan atau komisi untuk pengiklan akan didapat melalui klik link yang dilakukan pengunjung hingga terjadi transaksi pembelian. 

Sehingga strategi pemasaran seperti ini sangat cocok bagi para blogger, content creator, youtuber, dan pembuat konten lainnya. Namun yang paling penting, jangan lupa untuk menyertakan link affiliasi yang akan di iklankan pada setiap konten Anda agar memudahkan target atau pengunjung untuk melakukan klik.

5. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu metode digital marketing yang banyak diminati, di mana pemasarannya menggunakan email. 

Email menjadi media promosi suatu produk atau jasa, Email tersebut memiliki fungsi untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. 

Selain itu, media promosi ini juga berfungsi untuk memberikan informasi terkait produk atau jasa yang diiklankan. Singkatnya, email yang Anda kirimkan pada pelanggan bukan hanya sekedar pesan interaksi sosial atau informasi asal asalan. 

Tetapi dalam email tersebut Anda harus memberikan kesan menarik terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan atas suatu bisnis, sehingga meningkatkan daya beli calon konsumen. Inilah salah satu manfaat dari media pemasaran melalui email.

6. Search Engine Optimization atau SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi pemasaran untuk mendapatkan trafik tinggi, dengan kualitas baik yang bisa diperoleh secara gratis atau berbayar. Sebelumnya Anda harus mengenali dahulu apa tujuan sebenarnya dilakukan pemasaran melalui SEO

Apabila tujuan Anda adalah untuk menarik banyak pengunjung, sebaiknya lakukan optimalisasi konten dengan menentukan kata kunci yang relevan. Pastikan anda relevan dalam memasukkan judul, deskripsi, isi website, serta backlink yang digunakan dalam beriklan supaya lebih mudah ditemukan .

7. Search Engine Marketing atau SEM

Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran bisnis yang sering dipilih untuk meningkatkan visibilitas website pada hasil mesin pencari atau SERPs. Beberapa mesin pencari yang biasa digunakan seperti Google, Yahoo, dan Bing. 

Search Engine Marketing ini juga biasa disebut dengan nama pencarian berbayar atau Paid Search, klik berbayar, ataupun iklan pencarian berbayar. Anda hanya perlu melakukan bid pada kata kunci yang sering dipakai pengunjung dalam pencarian suatu produk atau jasa yang diinginkan. 

Dengan memilih kata kunci yang tepat, tentu peluang konten ada diketahui dan dilihat banyak pengunjung juga akan lebih besar. Sehingga saat pengunjung sudah mengetik kata kunci dan muncul pada hasil pencarian, iklan Anda akan muncul pada halaman pencarian.

Digital marketing memang menjadi salah satu media pemasaran yang efektif dilakukan oleh para pebisnis ataupun pelaku usaha. Ada banyak jenis jenis digital marketing yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan target pasar maupun jenis usaha.

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Digital Marketing untuk Promosi Bisnis "