Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara spiritual bayar hutang hingga lunas

Dalam artikel Pertama ini saya membahas tentang bagaimana melunasi hutang selunas lunasnya. Itu karena banyak yang inbox pada saya orang yang tertekan dan stres berat karena hutang yang diembannnya dengan berbagai alasan.

Cara spiritual bayar hutang hingga lunas

Oya, dalam artikel ini saya akan menyampaikannya sesederhana mungkin. Se 'Daging' mungkin. Saya tahu kepala anda sudah berat dengan hutang-hutang yang seolah tak terbayar, maka saya takkan memberati anda lagi. Itu sangat mengharukan dan zalim juga sepertinya 

Oke, saya akan membagi artikel ini dengan beberapa bagian sederhana yaitu:

1. Mengapa Perlu Bayar Utang?
2. Studi Kasus tentang Utang yang Mengharukan.
3. Penyebab Manusia Terlilit Hutang.
4. Cara Membereskan SEMUANYA.

Baiklah, saya akan langsung mulai ke bagian 1 yaitu:

A. MENGAPA ANDA PERLU BAYAR HUTANG?

Yes, studi yang saya lakukan selama ini menunjukkan efek-efek super gila pada orang orang yang berhutang dan menganggap dirinya tak mampu membayarnya selama-lamanya. Efek ini begitu dahsyat dan ini makanya anda perlu segera bayar utang selunas lunasnya dan jadilah orang yang paling bahagia.

Yes, salah satu unsur kebahagiaan adalah bebasnya dari hutang jelek yang mengigit dan menghisap otak anda. Utang itu ada yang baik yaitu Investasi yang terukur dan ada yang jelek yaitu menganggap pinjaman bank sebagai uang pribadi yang bisa dipakai se enaknya. Nah yang ini yang buat masalah, dan akhirnya berantai kebidang kehidupan yang lain.

Diantara efek nggak bayar bayar hutang 

1. Stres Berat dan itu akan sangat terlihat dari muka dan bahasa tubuh anda. 

Rambut awut-awutan, muka, gelap, gampang emosi dan sejenisnya.
 

2. Mengganggu Kesehatan.

Anda akan lebih mudah pilek dan Flu saat anda stres. Sistem kekebalan tubuh anda melemah dan menyebabkan penyakit sering bersilaturahim ketubuh anda. Dan tentu, anda akan semakin kesusahan mencari duit buat bayar hutang-hutang anda. Kan nyari duit juga butuh energi?

3. Salah Berguru.

Kalau anda berguru pada orang yang suka ngutang sana sini apalagi 'nggak pake mikir' maka bersiap siaplah miskin atau masuk penjara. Ajaran sesat dan bertentangan dengan hukum Agama dan Negara ini akan sangat ampuh membuat anda stres, gendeng dan segala hal selanjutnya dibawah ini.

4. Cerai.

Istri atau Pasangan anda akan mulai menganggap anda lemah dan kurang bisa bertanggung jawab. Ia mungkin akan bertahan sekian waktu tapi perut juga butuh makan, anak juga butuh kasih sayang dan uang sekolah serta pakaian yang layak. Jiwa dan Pikiran juga butuh ilmu yang mencerahkan.

Jika anda tak segera bayar hutang dan ada yang berusaha masuk dalam hatinya dan orangnya nggak punya hutang dan bisa mengisi semuanya, anda bisa bisa pisah dari pasangan yang sangat anda cintai, hanya gara-gara nggak lunas lunas juga itu utang. Gawat kan? Masih betah ngutang terus?

5. Anak Terlantar.

Yes, sebagaimana saya bilang tadi, anak akan jadi korban akibat pertengkaran anda dengan pasangan anda. Ia akan kekurangan kasih sayang dan beresiko mencarinya diluar.

Ini juga yang mengakibatkan banyak anak-anak broken home jadi PSK, Anak PUNK Anti Kemapanan, Perampok, Sampah Masyarakat, Kriminalisme dan sejenisnya. Rata rata mereka adalah anak-anak yang kurang kasih sayang dan kebutuhan dasar secara semestinya, dan itu bisa terjadi karena utang yang tak dibayar bayar.

6. Reputasi Hancur.

Yes, reputasi anda bisa hancur lebur karena anda akan dikenal teman teman, rekan dan keluarga anda sebagai manusia berhutang. Selain anda akan dicibir banyak orang dan keluarga, mereka juga berusaha selalu kabur dari anda, karena takut dimintai pinjaman. Sobat saya yang namanya Erwin pernah mengalami hal ini dan ini benar benar nyata.

7. Anda bisa bisa kehilangan kepercayaan pada Tuhan.

Yeah, anda menyalahkan Tuhan atas semua yang terjadi, padahal itu karena keputusan anda yang belum benar saja dahulu. Tuhan juga jadi Korban atas kebelum mampuan anda mengambil hikmah kejadian yang sedang anda alami saat ini.

Begitulah, bahkan keyakinan spiritual yang sangat penting dunia akhirat anda bisa lepas gara-gara masalah yang anda alami. Anda butuh cara bayar hutang yang efektif. Jadi, teruslah baca.

8. GILA.

Sudah banyak orang jadi GILA dan jalan-jalan dengan tanpa baju dan menunjukkan KESEKSIAN Mereka yang mengharukan. Anda jangan sampai seperti itu. Saya sering baca di situs-situs yang menunjukkan caleg-caleg yang belum matang skill dan ilmunya yang sembarangan mencalonkan diri dengan duit utangan ratusan juta atau milyaran. Tapi akhirnya mereka K.O dengan berbagai sebab dan akhirnya jadi GILA.

Jangan sampai seperti itu, saya tidak tega melihat anda bertelanjang dada atau menunjukkan 'semuanya'. Apalagi kalau anda laki. Kecuali anda wanita bening, sexy dan bersinar, mungkin saya masih mau dengan ikhlas memberikan sedikit (atau banyak sekali) perhatian pada anda  

Tapi, semoga itu tidak terjadi. Bayar hutangnya ya, biar anda tak perlu jalan jalan dengan menunjukkan 'Organ Inti' anda  

9. TERTEKAN HABIS HABISAN.

Yes it is. Orang-orang Bank atau Kredit takkan segan-segan mengirim Debt Collector yang Rajin Fitness, Berbadan Besar, Bersuara Seram dan Sangar untuk mengintimidasi anda membayar hutang-hutang anda yang menumpuk.
 
Sering juga mereka mengirim banyak orang sekaligus. Ini memang teknik khusus mereka untuk 'menghajar' anda yang tak juga bayar hutang. Itu memang pekerjaan mereka. Cari makannya mereka ya memang dari menekan orang-orang berutang supaya segera bayar.

Ngerinya, pernah saya membaca kasus pembunuhan yang dilakukan seorang Debt Collector gara-gara orang yang berhutang dan tak bayar-bayar. Yang sering terjadi bahkan baku hantam antara Debt Collector Sadis Sadis itu dengan Orang yang Berhutang. Anda jangan seperti itu, bayar segera dan segeralah terbang tinggi menuju kebebasan. Semoga artikel ini bisa membantu anda atas izinNya..
Aaamiin..

Sementara, kalau anda bisa melunasi hutang anda selunas-lunasnya maka hidup anda akan:

1. Damai, bebas dari tekanan, bahagia dan masa depan terlihat lebih cerah.

2. Hubungan anda dengan keluarga pun jadi adem ayem dan damai lagi.

3. Anak anda akan mendapat perhatian yang semestinya dan tercegah dari hal hal buruk dan mengerikan seperti yang saya sebutkan diatas.

4. Istri atau pasangan anda akan menganggap anda hebat dan mampu mengatasi masalah seberat apapun. Ia akan semakin sayang dan 'bernafsu' pada anda 

5. Anda tak perlu bertelanjang bulat di pasar pasar. Kecuali anda bintang film kang parno, mungkin hal itu tak perlu anda lakukan. Anda bisa berpakaian dengan keren, rapi dan jadi manusia yang lebih normal.

6. Pikiran anda akan lebih FOKUS ke bagaimana meng-create masa depan yang lebih baik, indah dan luar biasa. Anda akan lebih siap BERAKSI untuk hal hal yang lebih mengkaya raya kan anda didunia dan diakhirat.

7. Anda akan Bahagia karena gaji bulanan anda tak habis begitu saja untuk membayar cicilan-cicilan yang menyedihkan karena hutang. Uang anda jadi bersih dan bebas anda gunakan untuk melakukan apapun yang menyenangkan, mengasikkan, membahagiakan diri anda beserta keluarga, tentu dengan hati hati juga. Biar nggak kena belitan hutang lagi.

8. Kesehatan anda akan membaik. Anda akan merasa lebih segar dan lebih mensyukuri kehidupan ini. Mungkin rasanya seperti orang yang baru keluar dari penjara selama bertahun tahun. Istilah 'menghirup udara kebebasan' adalah hal yang sering diungkapkan untuk menjelaskannya. Yes, anda akan 'menghirup oksigen kebebasan' juga, kalau anda sudah bebas hutang nanti, dengan cara yang akan saya share diartikel ini.

9. Anda akan lebih bebas beribadah dan kembali meyakini keberadaanNya. Anda akan jadi manusia yang pandai bersyukur dan menyadari bahwa keajaiban itu selalu ada. Ini akan membuat Iman anda semakin tangguh dan apapun yang bakalan terjadi didepan, insya Allah akan sanggup anda atasi. Sebab saat anda bersama diriNya, maka siapapun takkan ada yang bisa menghalangi Sukses Anda. Dan itu semua adalah efek lanjutan dari Bebas Hutang.

10. Anda akan sadar bahwa tak semua yang dianggap Guru atau Master itu benar. Dan anda jadi bisa lebih berhati hati dan memilih Pembimbing yang Tepat. Belajar sama orang yang otaknya kelewat miring kekanan dan kurang kompeten adalah masa lalu dan ucapkan selamat tinggal padanya.

Yes, itu adalah sebagian daripada keuntungan jika anda bebas dari hutang yang selama ini sudah membelit anda. Jadi putuskan sekarang untuk bebas hutang selamanya dan jadilah bagian dari manusia manusia paling bahagia di alam semesta raya 
 

B. PENYEBAB BELITAN HUTANG

1. RIBA

Sistem Ribawi seperti bunga berbunga memang mengerikan. Nyaris semua bisnis menggunakan hutang terutama dari bank, beserta bunga-bunganya. Mereka juga menawarkan kredit yang 'seolah olah' ringan, padahal setelah dijalani jadi berat. Kartu Kredit merupakan salah satu yang paling berbahaya, jika anda tak menggunakannya dengan penuh perhitungan dan harus untung.

Segala yang menggunakan bunga, apalagi yang tinggi akan membuat hidup anda menderita. Kalaupun menguntungkan, tetap saja tidak diridhai olehNya. Kalau dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa 'Riba itu memiliki 73 Pintu, yang paling ringan dosanya adalah seperti seseorang yang MENZINAHI IBUNYA SENDIRI' (Diriwayatkan Al Hakim, di Kitab Al Mustadrak dan Al Baihaqy dalam Su'ab Al Iman).

Maka hindarilah atau secara bertahap kurangi hingga benar-benar lepas darinya. Fiqh tentang ini sebenarnya masih lapang. Jika digunakan untuk beberapa hal lain maka bisa jadi hukumnya makruh dan tak sampai haram. Untuk kajian lengkap tentang hal ini, silakan tanya pada Pakar Ekonomi Syariah.

2. SALAH BELAJAR.

Beberapa tahun lalu heboh tentang Otak Kanan, Revolusi Kartu Kredit dan sejenisnya. Padahal, tetap saja itu hutang jelek jika anda yang belajar itu tidak bisa mengelolanya dan punya dana serta rencana cadangan yang teruji. Main hajar saja berbisnis tanpa tahu strategi dan terutama Passion akan membuat anda bangkrut, miskin dan menanggung malu.

Sobat saya terhutang 3 Milyar gara-gara ajaran sesat ini. Teman yang lain Goal ke Penjara sementara mantan mentor saya juga hilang entah kemana gara-gara 'Otak Kanan' ini. Inilah diantara penyebab terbesar penyebab hutang yang menggila di Indonesia.
 

3. LINGKUNGAN PERGAULAN.

Gara gara kepengen keliatan keren dan gaul, maka sebagian orang demi pencitraan rela berhutang gila-gilaan. Mode dan Gadget bahkan membuat sebagian remaja rela menjual dirinya. Sebagian karena menuruti tradisi nenek moyang (padahal nenek moyang kita dijajah Belanda dan Jepang, saya terus terang saja sangat meragukan kecerdasan sebagian nenek moyang ini. Karena kalau memang begitu cerdasnya, mengapa dijajah hingga bergenerasi generasi?) mengadakan pesta pernikahan secara super gila dan setelah acara beres dan sampah menumpuk, tinggallah hutang yang entah darimana duit untuk membayarnya. Hanya untuk PEMBERITAHUAN NIKAH yang tak sampai Sehari.

4. TERLALU DIMANJA SEJAK KECIL.

Secara Psikologis, orang yang kelewat dimanja sejak kecil itu daya juangnya belum kuat alias masih lembek. Orang yang belum sadar ini akan selalu kepengen barang yang mahal tanpa perjuangan. Nah, yang beginian juga rentan berhutang untuk memenuhi hawa nafsunya, yang terbentuk karena sudah dipolakan orang tuanya hidup bergelimang harta, tanpa usaha yang wajar.

5. KETAGIHAN HAL HAL YANG NGGAK PENTING.

Ini juga buang duit dan bisa membuat anda banyak hutang. Saya pernah menangani kasus yang sangat menggelikan. Ada seseorang yang saya bantu dulu secara pribadi untuk membereskan hutangnya yang beratus-ratus juta dan salah satu penyebab uang sulit ngumpul adalah karena ia kecanduan Empek Empek dan suka beli roti dalam jumlah banyak. Alhamdulillah, untung saja setelah diterapi kebiasaan itu menghilang.

6. BELUM TAHU PASSION.

Yang ini menyebabkan banyak orang terlalu banyak ikut seminar, membaca buku-buku atau beli panduan online secara serampangan tanpa tahu Passion terlebih dahulu. Mereka membuang buang umur dan uang dan ini juga bisa menjadi penyebab utang. 

Saking pengennya Cepat Kaya hanya dalam 7 Hari, mereka rela ngutang dan setelah panduan online nya dibeli eh ternyata butuh kerja keras dan waktu yang nggak sedikit juga. Akhirnya beli sana, beli sini tanpa tahu Passion dan akhirnya nggak action-action atau action tapi cepat bosan dan akhirnya utang bisa menumpuk juga.
 

7. MASUK DALAM BISNIS YANG MENGANDUNG KEJAHATAN.

Yang ini menyebabkan banyak orang yang terzalimi hingga sangat mungkin Yang Maha Pemberi Rizki mempertemukan anda dengan orang-orang yang bisa memeras, memaksa dan mengiming-imingi anda hutang yang menarik dan ternyata mereka adalah praktisi kezaliman yang membuat anda terbelit hutang. 

Berbohong atau membesar-besarkan kualitas produk berlebihan padahal tak seperti itu juga termasuk kezaliman. Yes, ini adalah satu diantara penyebab orang punya hutang yang tak juga lunas lunas.

CARA MENGATASI SEMUANYA

1. NIAT BAYAR HUTANG YANG SANGAT KUAT.

Waktu saya punya utang dulu (tenang, anda tak sendirian, saya juga mantan Utang Jelek Practitioner ) satu hal yang membuat saya habis-habisan agar bisa membayarnya secepat mungkin adalah sebuah Hadits yang pernah saya baca yang kira kira berbunyi:

'Seorang lelaki bertanya pada Rasulullah : Ya Rasulullah, apakah benar kiranya seorang yang   berjihad   fi   sabilillaah   itu   diampuni   semua   dosanya   dan   diberikan   surga?'

'jawab Nabi: Ya, kecuali mereka yang masih berhutang..'

Saya membayangkan bagaimana kalau nyawa saya diambil sementara hutang belum dibayar? Padahal yang berjihad sampai mati saja bisa tertahan masuk surga, apalagi yang amalannya serba sedikit seperti saya?

Alhamdulillah, Pada sebelum 2011 berakhir utang terbayar dan pengalaman itu membuat saya lebih berhati-hati dalam hal keuangan hingga kini.

2. JUJUR.

Pernah suatu saat (Pas masih ngutang dan merasa tak bisa bayar), Debt Collector datang dan saya tak punya uang yang cukup untuk membayarnya. Hanya 200 ribu kalau tak salah ingat. Lalu saya katakan apa adanya pada Collector 'Maaf, saya bukannya nggak mau bayar tapi duit saya cuman segini..'

Jawabnya ' Ya udah gapapa, yang penting ada sebagian, abang mau tambahan waktu biar lebih lapang bayarnya?'

Mendengar tawaran itu saya jadi lega dan waktu untuk bayar jadi lebih banyak. Strategi  ini tidak pernah gagal. Yang penting jangan kabur dan hadapi serta katakan apa adanya. Juga berusaha menunjukkan niat baik untuk membayar kewajiban itu.

Semakin cepat anda mengungkapkannya, semakin mereka akan memaklumi. Bahkan jika anda benar benar tulus, maka mereka akan membantu anda, dengan berbagai cara yang kadang bahkan tak disangka-sangka.

Hal ini juga saya lakukan ketika membantu keluarga saat bermasalah dalam kredit motor. Saya datangi dealernya dan bicara pada pihak yang berwenang dan saya bilang 'Maaf kami hanya punya 100 ribu. Saya mewakili keluarga dan hanya ini yang dipunya. Mau anda apapun kami tetap hanya ini yang ada'

Walaupun awalnya menolak tapi saya bilang kira-kira begini 'Saya bisa saja kabur mas, tapi saya sudah niat baik dan datang kesini. Jadi tolong minta waktu dan keringanan lagi ya' Hingga akhirnya dia memahami dan sekarang, semuanya sudah terbayar

Jujur dan Niat Baik adalah KUNCI UTAMA dalam Pemberesan Utang.

3. JANGAN CERITA SEMBARANGAN BAHWA ANDA PUNYA HUTANG.

Jangan ceritakan utang anda kecuali anda yakin kalau orang yang anda ceritakan itu bisa mendukung anda. Karena kalau tidak, ia akan tahu kelemahan anda dan bahkan bisa merendahkan anda. Ini akan melemahkan anda dan anda akan semakin susah bayar utang. Atau bahkan ia akan memanfaatkan anda dengan menggunakan kelemahan anda untuk memanipulasi anda.

Orang tahu kalau anda banyak hutang hanya kalau anda CERITA. Kalau anda bersikap santai dan diam-diam saja yang takkan ada yang tahu. Anda lebih relax dan gunakan waktu dan segala sumber daya yang ada . Pak Heppy Trenggono yang dulu sempat punya utang 62 Milyar pernah didatangi orang untuk Konsultasi tentang cara bayar utang, padahal dia sendiri masih K.O waktu itu.
 
Tapi orang yang konsultasi ya nggak tahu, karena dia santai dan nggak pamer utang juga hehehe dan dengan cara yang tepat, utangnya terbayar dan nilai asetnya sejauh yang saya tahu saat ini berkisar hampir 5 Trilyun. Keren kan? 

Bayar utang (apalagi banyak) membutuhkan stamina fisik dan mental yang tinggi. Jangan buang umur bersama orang-orang yang beresiko tinggi menjatuhkan anda. Kalau tak ada tempat untuk cerita maka ceritakan semuanya pada Allah saja. Sudah teruji oleh saya dan banyak sekali orang lainnya.

Saat cerita pada manusia (secara umum) mereka cenderung merendahkan. Tapi saat cerita pada Allah dan memohon petunjuk, pertolongan dan minta agar hati didamaikan, maka hal itulah yang akan terjadi.

4. DOA YANG SUPER FOKUS!

Saran saya untuk yang lagi banyak utang, Fokuskan doanya pada satu hal saja yaitu rezeki yang berkah dan melimpah. Doa lain sudah ada dalam sholat jadi lakukan saja doa yang Fokus agar Tuhan berkehendak memberi keberkahan rezeki dan mampu melunasi semuanya.

FOKUS dalam DOA adalah Kuncinya. Semakin Fokus dan Menyerahkan Diri dalam urusan rezeki padaNya, semakin banyak peluang dan kesempatan yang terbuka dan kadang, ia hadir dengan cara yang tak disangka sangka.

'Yang bertakwa padaKu akan kudatangkan rizki dari segala arah dengan cara yang tidak disangka sangka'

Sedikit cerita, saat sedang menulis artikel ini, seorang rekan seperguruan saya mengirim BBM yang menceritakan seorang kliennya yang berutang pada 7 Rentenir dan saking parahnya, kadang ia terpaksa makan dengan lauk hanya dengan garam. 

Jadi metode doa yang saya sarankan untuk kasus ini saya sebut The Super Total Prayer, yaitu metode yang saya gunakan habis-habisan saat bingung mau bayar pake apa hutang yang saya alami tahun 2011 silam.
 
Cara Doanya begini:

“Ya Allah Yang Maha Pemberi Rezeki, Berikan Rizki berlimpah lagi penuh Berkah, dari semua jalan yang Engkau Ridhai untuk bisa melunasi hutangku semuanya dan berbagi pada dunia, dengan cara yang terbaik sesuai kehendakMu, dunia akhirat...”

Ini doa simple saja tapi cara menggunakannya seperti ini:

Selain dibaca dengan penuh khusyu' dan konsentrasi setelah anda melakukan ibadah rutin, anda WAJIB MEMBACANYA SEBANYAK MUNGKIN SEPANJANG HARI, SIANG dan MALAM. 

Terutama saat anda Bangun Tidur dan Sebelum Tidur. Baca SEBANYAK MUNGKIN. Jadikan ini sejenis MANTRA yang Wajib anda resapi, hayati dan masukkan dalam jiwa.

Kalau anda melakukannya dengan benar benar FOKUS, maka insya Allah akan ada saja jalan yang kadang atau sering tak disangka sangka yang akan jadi jalur bagi anda untuk melunasi selunas lunasnya semua hutang hutang anda sampai habis dan rezeki anda juga semakin mengalir deras. Kalau sudah begini, ingatlah pada Yang Memberikan Petunjuk itu yaitu Yang Maha Pemberi Rezeki dan Berbagilah pada dunia.

Saya terinspirasi melakukan teknik ini lewat sebuah buku yang saya baca pada tahu 2003. Disitu diceritakan tentang seseorang yang akan dibunuh jika ia tidak membayar hutang judinya sebanyak 10.000 Dollar sesuai tenggat waktu. 

Akhirnya ia menggunakan sejenis afirmasi yang dilakukannya siang malam habis habisan. Ternyata BERHASIL, beberapa hari kemudian ia mengalami kecelakaan. Kaki dan tangannya hilang dan ia mendapat polis asuransi untuk masing masing bagian sebanyak 5000 Dollar.

Berhasil, tapi efeknya ngeri. Kata penulisnya, itu karena tidak menyertakan sejenis afirmasi atau doa yang terbaik bagi semua yang terlibat dan tidak melibatkan Tuhan. Hemm, saya terinspirasi menggunakannya dan melakukannya habis habisan, tapi dengan cara yang sesuai dengan cara Ilahiyyah. 

Si Pemuda tadi remuk karena ia hanya menggunakan afirmasi 'Perlu duit 10.000 Dollar, mampukan aku mendapatkannya', makanya dia ancur.

Alhamdulillah, dalam kira-kira kurang dari seminggu, seingat saya, dapat rezeki berlimpah yang bisa membayar sebagian besar hutang saya hingga akhirnya beres semuanya. Anda jangan percaya, cukup buktikan saja. 

Saya sudah berhasil beres hutang dengan cara ini dan semoga jurus ampuh ini juga sakti buat anda. Satu jurus ini saja pun kiranya sudah cukup untuk membereskan semua problem anda, jika  anda melakukannya dengan SANGAT FOKUS. Semoga  

5. HINDARI dan HAPUSKAN RIBA SEKUAT MUNGKIN.

Anda akan mendapat lebih banyak penjelasan tentang ini jika anda membaca buku yang ditulis oleh Pak Heppy Trenggono. Cara mendapatkannya gimana? Anda bisa hubungi dan Add Pak Udi Suhono di pertemanan Facartikel saya. 

Beliau merupakan Penggiat Kegiatan Debt Free Center di Pekalongan dan memiliki sangat banyak jaringan diseluruh Indonesia. Add beliau sekarang dan dapatkan bukunya. Secepatnya ya, jangan kelamaan 

6. LEPASKAN KECANDUAN HAL YANG NGGAK PENTING DAN BUANG DUIT SERTA UMUR. 

Anda bisa lakukan Sujud Therapy untuk membereskannya atau beberapa metode yang sudah saya Share. Atau anda bisa hubungi Psikoterapis yang handal untuk membantu anda membereskan hal yang buang duit, umur dan mencegah anda segera melunasi hutang hutang anda.

7. GANTI LINGKUNGAN DAN TEMAN TEMAN ANDA DENGAN YANG LEBIH MENDUKUNG. 

Saya sangat menyarankan bagi anda untuk segera bergabung dengan IIBF (Indonesian Islamic Business Forum) agar anda mendapat dukungan Strategi, Moral dan Spiritual yang dibutuhkan. Anda jangan minta utang anda dibayarin, tapi disana anda akan didukung dengan diberikan strategi, pemahaman dan cara mikir yang lebih sakti mandraguna hingga anda bisa segera melunasi hutang hutang anda. Yes, sekali saya sarankan, segera Add Pak Udi Suhono (namanya saja, nggak pake Pak) dan dapatkan info lebih lanjut pada beliau.
 

8. FOLLOW YOUR PASSION.

Saya sangat menyarankan anda menemukan Passion atau Hasrat Inti anda. Itu karena dari situ anda akan sangat mudah mendapatkan uang dengan cepat. Tentang ini, kemungkinan insya Allah akan saya bahas dalam artikel lainnya karena butuh FOKUS untuk mengkajinya.

9. PERKUAT STAMINA SPIRITUAL DENGAN BANYAK IBADAH DAN PASRAH.

Ini cara yang digunakan Pak Heppy Trenggono dan seorang pemuda seusia saya bernama Indiana yang berhutang 16 Milyar dan nggak mampu bayar hingga akhirnya menghabiskan banyak waktu dimasjid. Merenung, berzikir dan menyerahkan semua urusan hanya padaNya sepenuhnya.

Ia melakukannya selama 40 hari dan tanpa disangka sangka, ia mengalami banyak kejadian yang singkatnya menghantarnya untuk membereskan semua hutangnya dan akhirnya pada 2012 silam seingat saya ia punya kekayaan senilai 50 Juta US Dollar.

Anda sebaiknya lebih banyak menyendiri, merenung dan memasrahkan segala urusan padaNya. Sujud Therapy yang sudah saya jelaskan di Fanpage akan sangat membantu. Teknik itu juga bisa dilakukan tanpa sujud, artinya anda bisa melakukannya setelah sholat atau kapan saja. Selama anda melakukannya ditempat yang tenang, damai dan sepi. Ini supaya anda lebih Fokus dan Khusyu' Lakukan dan dapatkan hasil hebatnya.

Btw, dengan pasrah total dan menyerahkan semuanya padaNya, Pak Heppy pernah kena tenggat utang 2 MILYAR yang harus dibayar esok harinya dan ia akhirnya mengadukannya dalam sujud dan doanya. Ia melepaskan semuanya habis habisan padaNya. Dan setelahnya ia merasa tenang. Kemudian ia mendatangi perusahaan itu untuk membicarakan semuanya. Ia sudah pasrah, mau hancur ya hancur dah.

Anehnya, mereka yang menyambutnya disana tersenyum saat ia datang. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah saat mereka bilang sudah ada orang yang membayar SEMUA HUTANGNYA. Sungguh GILA dan AJAIB. Hingga kini ia tak tahu siapa yang membayar itu semua. Tapi para spiritualis tahu bahwa rezeki itu datangnya bisa tiada disangka sangka, sebesar apapun jumlahnya.
 
2 Milyar bukan jumlah yang sedikit dan kalau Allah sudah berkehendak itu semua TERBAYAR ya PASTI TERBAYAR. Anda hanya perlu mengadu habis-habisan padaNya dan Berserah Diri. Karena saat anda mengangkat tangan, maka IA yang akan TURUN TANGAN dan membereskan semuanya 

Ok, sudah begitu saja. Anda amalkan saja jurus jurus sakti saya segera setelah selesai membacanya. Jangan tunggu lama lama, apalagi belajar sana sini. Amalkan saja ini dulu dan jangan buang umur dan energi untuk membaca yang lain dulu. Baca saja artikel ini berulang ulang dan amalkan. 

Dengan cara ini insya Allah SEMUA HUTANG anda akan beres dan semua Kebahagiaan didunia akan lebih mungkin anda dapati setelahnya.

Insya Allah..
 
Sumber : Fahmy Arafat Daulay  
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Cara spiritual bayar hutang hingga lunas"