Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran pemuda pancasila dalam menghadapi isu-isu aktual kewarganegaraan

Tugas Rangkuman Kewarganegaraan :

Peran pemuda pancasila

Banyak pihak yang tidak paham mengenai nilai-nilai pancasila karena catatan-catatan pancasila yang beredar saat ini sudah tidak bisa kita pastikan lagi kebenarannya. Sejak tahun 1999 kita tidak pernah bicara tentang sejarah pancasila, begitu dibuka mulai tahun 2000 hingga sekarang muncul banyak fakta baru yang membuat pelajar dan pendidik kebingungan. 

Klue sejarah pancasila tolong digali bagaimana pancasila itu lahir dan risalah sidang BPUPKI karena perubahan pancasila diterbitkan melalui sidang BPUPKI. 

Memperkuat nilai-nilai pancasila pada diri pemuda harus dimulai dari lingkup kecil yaitu keluarga, dimana keluarga harus membangun, menanamkan nilai pancasila didalam keseharian anggota keluarga bukan sekedar menghafalkan teks-teks pancasila. 

Ajari adik-adik tentang kepedulian sosial terutama di era covid-19 seperti sekarang ini. Pancasila harus diwujudkan tidak hanya sekedar teks. Proses internalisasi proses pancasila ke diri kita dan adik-adik generasi muda. Hidup sebagai teladan ditengah masyarakat dan dijadikan tradisi dalam kehidupan sehari-hari

Kalau setiap keluarga menerapkan pancasila maka masyarakat secara luas sudah berhasil menanamkan nilai-nilai pancasila. Institusi pendidikan formal wajib menerapkan pendidikan pancasila karena kebanyakan mahasiswa hanya menganggap pendidikan pancasila cuma sekedar hiburan belaka. 

Hasilnya ada banyak kelompok yang saling berseteru dan konflik, ini buah dari ketidakpedulian negara terhadap pentingnya pendidikan pancasila. 

Rencana UU HIP menjadi liar , intinya semua berangkat dari kondisi masyarakat yang mudah terprovokasi akibat tidak paham sejarah lahirnya pancasila karena memang tidak pernah disampaikan melalui institusi maupun pendidikan resmi. 

Pemuda memiliki banyak peran di era pendidikan, era reformasi. Dalam menapaki dunia kepemudaan agar anda selamat maka kita harus berpegang teguh pada satu ideologi yang final yaitu Pancasila. 

UU tentang pemuda nomor 40 tahun 2009, di dalam UU tersebut para pemuda dianggap sebagai kekuatan moral karena mereka diharapkan mampu menumbuhkembangkan etika, moral dalam kehidupan

Jika masyarakat mengalami degradasi maka peran pemuda wajib memperbaikinya dan meluruskannya karena pemuda adalah generasi penerus bangsa. Sebuah negara tidak bisa maju kalau masyarakatnya tidak tertib hukum. Pemuda memiliki potensi sebagai kontrol sosial. 

Kekuasaan itu cenderung korup makanya harus di awasi oleh Lembaga legislatif (DPR) dan masyarakat. Lihat bagaimana pemuda memberikan suara kritis untuk mengontrol jalannya pemerintah. 

Peran pemuda contoh memperkuat wawasan kebangsaan, meningkatkan partisipasi dalam rumusan kebijakan publik, memahami hak dan kewajiban negara. Mahasiswa bisa masuk atau berpartisipasi dalam kegiatan publik. Peran aktif pemuda sebagai "agen perubahan" atau "agent of change". 

Bentuk realnya sebagai agen perubahan dalam UU diharapkan bisa memberikan pendidikan politik dan demokrasisasi. Pemuda akan kesulitan menjalankan ini karena seniornya-pemerintah-negara-sekolah minim memberikan bimbingan politik. 

Pemuda harus aktif dipemberdayaan ekonomi, pemuda didorong untuk melakukan aktivitas yang mendorong kepedulian terhadap masyarakat termasuk lingkungan hidup, wirausaha , ekonomi. Banyak sekali item-item yang secara konkrit bisa dilakukan oleh pemuda. 

Hanya tinggal mendorong keinginan dan kesadaran mereka agar berperan secara aktif , menyertakan berbagai pihak baik pendidik, sekolah, lembaga, masyarakat. Indeks pembangunan manusia masih dalam kondisi harus ditingkatkan. Oleh sebab itu para pemuda harus ditingkatkan kapasitasnya. 

Kalau pemuda ingin dijadikan tumpuan harapan masa depan, maka institusi pendidikan, pemerintah, negara memberikan perhatian serius agar mereka menjadi sumber daya yang bisa diandalkan, pantas dijadikan tumpuan, agar tidak terombang-ambing oleh ideologi asing. Terhindar dari konflik sosial dan keseteruan.

Mari kita semua menanamkan kembali nilai pancasila pada pemuda. Caranya semua bergerak sesuai bidangnya masing-masing misal para akademisi, gali-lah sejarah lahirnya pancasila tanpa ditutup-tutupi dan selidiki risalah sidang BPUPKI. 

Sejarah pancasila sudah direkayasa sedemikian rupa , dibelokkan, para pemuda harus mengkobarkan semangat untuk mensukseskan tujuan kedepan

Tanamkan nilai-nilai pancasila dalam diri anda. Pelajari keseluruhan pancasila mulai nilai asli bangsa indonesia, proses kelahiran pancasila, internalisasi nilai pancasila kemudian wujudkan nilai itu dalam bentuk sikap, hidup dan nyata

Indonesia bisa menjadi negara besar , masyarakatnya hidup sejahtera karena ditopang oleh sumber daya alam yang banyak bisa terwujud karena pemudanya tertanam nilai luhur pancasila

Yang perlu dilakukan mahasiswa agar memiliki peran aktif sosial kontrol? bukan sekedar objek tapi subjek?

Pemuda memiliki potensi yang macam-macam , untuk bisa menjadi subjek harus melakukan aksi-aksi kemahasiswaaan yang berasal dari kajian realistis. Meski aksi-aksi mahasiswa sering terjadi karena pesanan pihak-pihak tertentu. 

Mahasiswa harus membekali dirinya agar memiliki kapasitas menjadi subjek. Mahasiswa yang memiliki potensi lemah cenderung menjadi objek

Kalau mahasiswa ingin menjadi subjek harus berusaha meraihnya, berani dan melengkapi diri agar memiliki kapasitas yang cukup sehingga orang lain tidak mudah mendekte anda. Termasuk kekuatan intelektual, ekonomi, pengetahuan.

Ada mahasiswa kupu-kupu (datang-absen-pulang) dan tidak hobi membaca berarti mereka bukan mahasiswa intelektual. Karakter jati diri harus diperkuat. Para pemuda sering tidak percaya diri kalau dibandingkan pemuda dari negara maju.

Mahasiswa perlu membangun rasa percaya diri sehingga bisa menjadi subjek bukan sekedar objek

Bagaimana cara pemuda menyampaikan keinginan dibidang politik tapi ada pemuda yang digebuki aparat lalu bagaimana cara aparat mengayomi masyarakat?

3 kewajiban yang harus dilakukan mahasiswa yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitian. Pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dalam hal menyuarakan pendapat dimuka umum sangat dilindungi UU. Banyak aktivis yang ditakut-takuti oleh penegak hukum.

Generasi pemuda hari ini mendapat banyak pembelajaran, jika ditakut-takuti tidak perlu khawatir karena ada banyak ruang selain turun ke jalan raya. Memperjuangkan keadilan merupakan idealisme bagi pemuda. Kalau digebuki aparat berarti ada kemungkinan mengarah ke tindakan anarkisme. Pemuda harus sabar dalam menyuarakan aspirasi

Pemuda bisa curhat di media sosial tanpa harus turun ke jalan raya. 

Isu pancasila disingkat menjadi eka sila dan trisila?

Isu ini sudah berkembang luar biasa menjadi bahan pertarungan dan konflik ditengah masyarakat. Masyarakat kita mudah terprovokasi.

Andai kata pencerdasan kehidupan bangsa dilakukan secara kompeten maka tidak mudah terjadi perpecahan. Pancasila dipecah jadi ekasila, trisila bukan berarti ideologi baru. Yang dimaksud trisila adalah perasan dari 5 sila saat Bung Karno menawarkan dalam sidang ada 5 sila bisa diperas menjadi trisila kalau terlalu banyak bisa diperas menjadi ekasila yaitu gotong royong. 

Sosio nasionalisme, sosio demokrasi dan keTuhanan yang berkebudayaan. RUU HIP sama sekali bukan upaya membuat ideologi baru dengan tujuan mengamankan nilai-nilai pancasila. Ada kelompok yang takut adanya RUU HIP karena terkekang aktivitasnya.

Posisi pancasila dalam struktur perundangan berada diatas konstitusi, semua aturan perundangan harus mengacu pada konstitusi. Maka dari itu pancasila disebut sumbernya sumber hukum. Keberadaan RUU HIP untuk menjabarkan lebih nyata nilai-nilai dalam pancasila seperti apa. Karena setiap UU yang lahir tidak boleh bertentangan dengan pancasila dan pembukaan UU 1945. 

Bagaimana perubahan pemuda era orde baru dan sekarang?

Intensitas demokrasi saat ini menurun dibandingkan dulu-dulu, sikap kritis pemuda tidak hanya demonstrasi karena demo adalah kanal paling akhir. Masih banyak ruang kontrol sosial yang bisa dimasuki seperti melakukan audiensi, hiring dengar pendapat, namun teknis ini tidak dipahami. 

Para pemuda hanya mengambil inisiatif demonstrasi karena dianggap lebih kepada gerakan nyata. Penyebab lain mungkin karena mahasiswa terjangkiti sifat apatis atau tidak peduli. Generasi pemuda menjadi pecundang.

Seolah-olah mata pelajaran pancasila sebagai alat politik. Norma hukum pancasila sudah final, aktualisasinya belum final. Menulis artikel di internet juga bisa menjadi kanal menyalurkan pendapat (tentang Pers). 

Pemahaman pancasila bahwa tidak semua orang yang bergelar akademik, tokoh, narasumber tidak akan jujur bicara dengan pancasila karena akan terkait dengan darimana mereka berasal, berada diposisi mana saat jaman Bung Karno atau Pak Hatta? pendapat tentang pancasila mulai mendekati sumbernya, dulu ditekankan bahwa pancasila yang menciptakan bukan Bung Karno tetapi Muhammad Yamin. 

Oleh sebab itu mari terus kita gali data-data tersembunyi yang diselamatkan oleh Belanda terkait pancasila yang dikembalikan ke Indonesia. Pemuda harus memperkuat budaya literasi / membaca, sekarang sudah jauh menurun. Jangan mengikuti sejarah yang ditulis oleh penguasa. 

Konsep nasakom apakah komunis tidak mencederai sila pertama?

Nasakom tidak pernah muncul sejak era reformasi sampai sekarang, kata ini belum pernah muncul tetapi hari ini tiba-tiba muncul, setelah partai komunis dibubarkan maka istilah nasakom runtuh. Dimasyarakat kita komunis artinya atheis yang melawan Tuhan. 

Komunis hanyalah bentuk sistem ketatanegaraan , politik dan ekonomi. Contohnya kuba adalah negara komunis tetapi masyarakatnya sangat religius. 

Sabit Irfani closing statement:

Pendidikan pancasila merupakan garda terdepan dalam mengaktualisasi nilai-nilai pancasila. Banyak materi yang ditampilkan secara sekilas dan tidak mendetail sehingga tidak tersampaikan secara utuh kepada Mahasiswa. 

Bang Jimmy closing statement:

Nikmat dan terhormat mati untuk tanah air

Mas Deni closing statement:

Para pemuda kalau ingin memberikan manfaat bagi bangsa dan negara, maka tanamkan nilai-nilai pancasila lalu wujudkan

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya