Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Selamat Datang di Blog Orang IT. Teknik Informatika adalah salah satu pilihan program studi favorit yang memiliki peminat cukup banyak , baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Melihat prospek ke depannya yang cenderung lebih luas, tak heran jurusan ini seringkali dijadikan ajang perlombaan siswa untuk bisa masuk dan menjadi bagian dari mahasiswa TI.

Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Indonesia sendiri memiliki segudang perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyediakan jurusan Teknik Informatika. Pilihan terbaik selalu dicari oleh calon mahasiswa agar bisa memperoleh layanan pendidikan yang layak, dan lulus dengan berbagai macam skill keahlian yang berguna dalam pekerjaan

Agar bisa menentukan pilihan yang tepat, mungkin 11 jurusan TI dari berbagai instansi berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika memilih tujuan kuliah TI.

1. Institut Teknologi Bandung

ITB dikenal memiliki beberapa program studi favorit di antara PTN seluruh Indonesia. Salah satu jurusan yang banyak diburu oleh calon mahasiswa adalah Teknik Informatika. Kabarnya, pada tahun-tahun terakhir jurusan TI telah memperoleh pendaftar sebanyak 4000 peserta.

Jurusan TI di ITB telah memperoleh status akreditasi A dari BAN-PT sejak 2015 silam. Banyak siswa tertarik untuk melanjutkan studinya di jurusan yg satu ini karena memperoleh fasilitas pendukung yang relatif lengkap dari ITB.

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Selain ITB, salah satu perguruan tinggi yang cukup maju dalam bidang informatika adalah ITS. Perguruan tinggi di Surabaya ini adalah satu di antara PTN yang difavoritkan oleh banyak siswa yang ingin melanjutkan studi di jurusan teknik.

Adapun jurusan TI di ITS telah mendapat akreditasi A sejak tahun 2016 oleh BAN-PT.TI masuk di Fakultas Teknologi Informasi (FTIF). Di ITS, mahasiswa TI akan ditawarkan beberapa bidang peminatan di semester tertentu. Tiga diantaranya yakni Jaringan, AI, dan Manajemen IT.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Salah satu jurusan TI yang masuk peringkat pertama di Yogyakarta dimiliki kampus dengan julukan UAJY ini. Bahkan jurusannya juga masuk dalam 10 deretan prodi TI terbaik di Indonesia.

Jurusan TI UAJY telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Setiap mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan mendapat fasilitas 5 laboratorium canggih. Selain itu, jurusan TI membuka beberapa pilihan konsentrasi yang dapat dipilih, yaitu  Enterprise Information System, Soft Computing, dan Mobile Computing.

4. Universitas Bina Nusantara

Kampus yang akrab dijuluki Binus ini merupakan kampus elit dengan pilihan jurusan TI terbaik. Karena kualitasnya yang hampir menyaingi jurusan TI di seluruh perguruan tinggi nasional, tak heran jika TI mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Binus telah menjalin kerjasama dengan berbagai vendor ternama, seperti Microsoft, IBM, Oracle, dan perusahaan internasional lainnya. Dengan begitu, para mahasiswa TI di sini akan memperoleh pelayanan pendidikan yang lebih baik dengan pengalaman TI yang lebih maju.

5. Universitas Telkom

Berikutnya, terdapat salah satu perguruan tinggi swasta favorit yang juga terbilang elit di Bandung, yaitu Universitas Telkom. Jurusan TI merupakan salah satu pilihan prodi terbaik di kampus Telkom tersebut. Tidak kalah dengan jurusan TI di kampus lainnya, Universitas Telkom telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan TI nya.

Berbeda dengan sistem konsentrasi pada jurusan IT di kampus-kampus lainnya. Universitas Telkom sendiri memberlakukan mata kuliah pilihan bukan sebagai peminatan, melainkan Kelompok Keahlian. 

Dengan begitu, mahasiswa TI akan diajak untuk lebih mendalami fokus keahlian yang dipilih. Setidaknya jurusan TI menawarkan tiga Kelompok Keahlian yang bisa dipilih, yaitu ICM (Intelligence, Computing, and Multimedia), SIDE Engineering, Information System and Data Engineering), dan Telematik.


6. Universitas Esa Unggul

Tidak hanya Binus saja yang melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan teknologi ternama, nampaknya hal ini juga dilakukan Universitas Esa Unggul di beberapa bidang termasuk jurusan TI. 

Setiap mahasiswa yang lulus dari program pendidikan TI, maka akan difasilitasi sertifikasi internasional dari berbagai lembaga. Beberapa diantaranya meliputi Cisco Network Academic Program, SAP Edugate, dan Sun Microsystems International Java Programming & Unix.

Tidak ketinggalan, jurusan TI di Universitas Esa Unggul juga memperoleh status akreditasi A dari BAN-PT. Beberapa peminatan yang dapat diambil di jurusan ini adalah Software Engineer, Game and Embedded System Program, Database System, Computer Networking, dan Artificial Intelligence.

7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Selain menjadi kampus Islam terfavorit di Indonesia, UIN juga membuka beberapa jurusan yang mampu bersaing secara nasional. Salah satu diantaranya yaitu jurusan Teknologi Informasi.

Di kampus ini jurusan TI telah mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT. Di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi, jurusan TI menjadi salah satu program studi yang banyak diminati oleh para pendaftar. Fasilitas pendukung seperti laboratorium yang diberikannya pun tak kalah dari kampus lainnya. 

8. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma sejak dulu telah dikenal sebagai kampus dengan basis pendidikan di bidang teknologi. Teknik Informatika adalah salah satu cabang ilmu yang mendapat dukungan lebih dari kampus. 

Peringkat akreditasi yang diberikan BAN-PT terhadap jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik Industri ini pun telah berstatus A. Sehingga mahasiswa jurusan TI akan mendapatkan layanan pendidikan dan fasilitas pendukung yang sangat baik.

9. Universitas Presiden

Opsi lain untuk jurusan Teknik Informatika terbaik selain Universitas Esa Unggul bisa ditemukan di kampus berskala internasional ini. Jurusan TI adalah cabang ilmu unggulan yang ditawarkan Universitas Presiden. 

Dengan mengantongi predikat A sebagai hasil penilaian akreditasi dari BAN-PT, Universitas Presiden mampu menjamin terhadap keberlangsungan program pendidikan kepada mahasiswa TI.

Adapun program peminatan TI yang disediakan Universitas Presiden ini meliputi Mobile Computing, Web Design, Programming, Networking, dan Database Design. Masing-masing memiliki fokus pendalaman materi yang berbeda-beda sesuai target akademik.

10. Universitas Kristen Petra

Kampus yang terletak di Surabaya bernama Universitas Kristen Petra memiliki jurusan Teknik Informatika yang cukup baik dibandingkan jurusan serupa dari kampus-kampus lainnya. Jurusan TI di sini telah memperoleh predikat A dari penilaian akreditasi BAN-PT. 

Selain mendapat layanan pendidikan yang mumpuni, mahasiswa juga diberikan pengalaman yang lebih. Hal ini didorong dengan adanya kerjasama antara Universitas Kristen Petra dengan beberapa instansi dari berbagai negara. Sehingga kerjasama ini dimungkinkan dapat memengaruhi sistem pendidikan yang berjalan.

11. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana atau yang akrab disebut UKSW merupakan kampus tua yang berada di kota Salatiga. Jurusan Teknik Informatika yang terdapat di kampus ini telah menyandang status predikat A dari BAN-PT. 

Di UKSW, jurusan TI masuk ke dalam Fakultas Teknologi Informasi dengan menawarkan tiga konsentrasi keilmuan, yaitu Web Engineering, Mobile Application, dan Computer Network. Ada kemungkinan kampus ini melibatkan jurusan TI dalam setiap kerjasama yang dilakukan antara pihak kampus dengan sejumlah lembaga pendidikan lokal dan mancanegara.

Demikian 11 perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Informatika terbaik. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum memutuskan untuk mendaftar di kampus yang di inginkan.

Bagaimana dengan jurusan Teknik Informatika di kampus Swasta atau STT lain ? kurang lebih mirip seperti pembelajaran di SMA .. lebih banyak teori , dari awal perkuliahaan hingga semester akhir matakuliah yang di ajarkan bersifat universal (web programming, android programming, game programming, jaringan , AI, robotic dsb) tidak difokuskan pada bidang yang lebih spesifik, fasilitas hingga dosen kurang bisa mengeluarkan potensi mahasiswanya

.....helmykediricom

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "11 Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik"