Skip to main content

5 Tren Digital Marketing 2020 yang Bisa Anda Intip

Digital marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang turut mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi. 

Tren Digital Marketing 2020

Bagi Anda pemula dibidang bisnis, sebelum membuka bisnis ada baiknya memahami tren marketing agar bisnis Anda bisa beradaptasi terhadap perubahan iklim di dunia digital.

Bila Anda mengalami kendala dalam memahami dan melaksanakan digital marketing, maka sudah saatnya Anda meminta bantuan pada digital marketing agency. 

Digital marketing agency profesional tentunya akan membantu Anda dengan berbagai solusi jitu untuk menghadapi kompetisi di era digital seperti sekarang ini.

5 Tren Digital Marketing 2020

Selanjutnya akan kami menjelaskan mengenai 5 tren digital marketing 2020 yang dapat menjadi pedoman dalam bisnis digital Anda. Berikut penjelasan kami.

1. Marketing by influencer

Akhir-akhir ini peranan influencer pada digital marketing semakin populer. Tidak hanya dari kalangan selebriti dan vlogger, beberapa produk populer seperti produk kesehatan atau kecantikan juga menggunakan jasa para ahli seperti dokter ternama untuk memasarkan brand produk tertentu.

Bila strategi marketing ini tepat sasaran, maka pengaruh influencer tidak perlu menunggu waktu lama. Produk akan laris manis di pasaran, baik secara online maupun offline. Lantas, bagaimana cara kita menggunakan jasa influencer dengan modal terbatas? 

Jangan ragu mendiskusikannya dengan digital marketing agency, karena hal ini merupakan bagian dari upgrade bisnis Anda.

2. Media sosial  sebagai komunitas baru

Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube, merupakan media digital yang paling ramai penggunanya. Anda dapat membuat komunitas baru atau Anda bisa bergabung dalam komunitas tertentu untuk memasarkan produk bisnis Anda. 

Sikap responsif dibutuhkan dalam memanfaatkan media sosial sebagai strategi digital marketing Anda. Seperti halnya memberi like, memberi komentar positif, atau bahkan share untuk komunitas yang Anda ikuti. 

Sedangkan untuk komunitas yang Anda buat sendiri, jangan lupa untuk posting produk secara berkala dan buatlah interaksi seperti menjawab pertanyaan dari calon konsumen Anda dengan tepat dan sopan.

Tampilkan testimoni dari konsumen yang sudah memakai atau menikmati produk Anda, sebagai tolak ukur bagi calon konsumen untuk ikut membeli produk tersebut. 

Selain itu, media sosial juga sedang tren dengan acara langsung (LIVE). Anda tentu saja dapat menggunakan kesempatan ini untuk memasarkan produk.

3. Beralih ke aplikasi private messaging

Banyak perusahaan yang mengalihkan penggunaaan email menjadi aplikasi private messaging, sebut saja salah satunya yaitu Whatsapp. 

Penggunaan aplikasi ini dianggap lebih cepat dan efisien untuk berbagi informasi seputar keadaan produk bahkan pemasaran produk. 

Tidak hanya pesan teks, beberapa aplikasi private messaging juga dilengkapi dengan voice messaging, artinya apabila terjadi kendala atau keterbatasan waktu, strategi digital marketing pun tetap dapat dilaksanakan dengan pesan suara.

Demikian halnya dengan Google, melalui Google Assistant menciptakan voice powered search menjadi tren digital masa kini karena pencarian melalui suara.. Anda dapat menemukan bahkan menerjemahkannya dalam kalimat.

4. Memaksimalkan format mobile

Handphone atau smartphone sepertinya menjadi kebutuhan tak terpisahkan dari masyarakat yang hidup dijaman digital ini. Selain mudah dibawa, alat ini menjadi prioritas karena dapat digunakan untuk berkomunikasi juga berbagi informasi. 

Itulah sebabnya konten-konten marketing harus didesain dengan format mobile (mobile friendly) agar seluruh lapisan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi seputar digital marketing.

5. Chatbots menjadi fitur andalan

Chatbots merupakan fitur percakapan otomatis dengan mengandalkan bantuan tokoh virtual berupa robot untuk menjawab pertanyaan/request dari pelanggan melalui chat. Indonesia termasuk salah satu negara yang telah menerapkan aplikasi ini sebagai strategi digital marketing.

Sistem program otomatis oleh Chatbots merupakan interaksi yang terjadi pada situs web yang dapat digunakan konsumen melalui teks maupun suara  

Salah satu manfaat penggunaan chatsbots adalah dapat meminimalisir pengeluaran terutama dalam hal mengurangi penggunaan akan jasa customer service. Demikian penjelasan kami tentang 5 tren digital marketing 2020. Semoga bermamfaat.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar