Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filosofi Burung Hantu Sebagai Lambang Pendidikan

Blog Helmykediricom- Burung hantu merupakan salah satu jenis burung yang bisa anda jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Walau terkesan menakutkan karena hanya beraktivitas di malam hari, namun mereka memiliki keunikan tersendiri dikalangan para pecinta burung hantu. 

Mungkin, sebagian masyarakat sudah mengetahui beberapa mitos yang tersebar tentang burung hantu ini dari daerah tempat tinggal mereka. Pada kesempatan kali ini, anda tidak hanya akan mengetahui informasi sebatas mitos saja. 

Anda juga akan mengetahui informasi lebih lengkap seputar burung hantu baik secara filosofi maupun alasan mengapa dijadikannya sebagai lambang pendidikan

Mitos-Mitos yang Melekat Pada Burung Hantu

Telah kita ketahui bersama bahwa burung hantu saat ini dianggap sebagai burung yang misterius. Hal itu terjadi karena munculnya kepercayaan-kepercayaan ditengah masyarakat dari dulu sampai sekarang. Salah satu mitos yang melekat pada burung hantu yaitu sebagai simbol kematian 🙉

Masyarakat menganggap kehadiran burung hantu sebagai simbol kematian. Dengan adanya mitos tersebut, banyak yang percaya kalau burung hantu ini menjadi salah satu burung pemanggil roh. 

Bahkan ada juga yang mempercayai kalau ada burung hantu di atap rumah, akan ada salah satu anggota keluarga yang akan meninggal dalam waktu dekat. 

Ciri Khas Burung Hantu 

Walau memiliki banyak spesies dan penyebutan yang berbeda-beda, tetap saja burung hantu memiliki ciri-ciri khas pada umumnya. 

Ciri Khas Burung Hantu

Berikut ini ciri-ciri yang menggambarkan karakter burung hantu : 

1. Memiliki sepasang bola mata yang besar

Walau terdiri dari banyak spesies, burung hantu memiliki ciri khas yang sama yaitu sepasang bola matanya besar dan hanya bisa fokus menatap ke depan. 

Kalau burung pada umumnya memiliki mata dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga burung hantu mudah dikenali hanya dengan melihat sepasang bola matanya yang besar. 

2. Memiliki paruh yang bengkok

Ciri khas selanjutnya dari burung hantu adalah memiliki paruh yang bengkok.. 

Paruh yang bengkok ini mengarah langsung ke tubuhnya. Paruh ini memiliki ketajaman yang luar biasa untuk mencabik-cabik mangsanya

3. Memiliki bulu yang melingkari wajah

Selain memiliki mata yang besar dan paruh bengkok, burung hantu juga memiliki ciri khas lain yaitu bulu yang melingkari wajahnya. 

Nah, dengan adanya bulu yang melingkar ini membuatnya terlihat kuat, memiliki tatapan yang tajam dan terlihat seram. 

4. Memiliki bulu corak

Setiap jenis burung pastinya memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya corak pada burung hantu terlihat unik dan sangat cocok berada dalam kegelapan. 

Untuk warnanya sendiri yaitu kecoklatan dan abu-abu. Nah, warna tersebut biasanya dikombinasikan dengan warna bercak putih dan hitam. 

5. Menjadi salah satu burung yang sulit ditemukan 

Burung hantu sangat sulit ditemukan keberadaannya. Mengingat burung ini lebih banyak menjalankan aktivitas perburuannya di malam hari sehingga jarang terlihat oleh manusia di siang hari

Mengapa hal ini bisa terjadi? Burung hantu memiliki suatu kebiasaan yaitu berdiam diri diantara dedaunan pohon yang lebat dan rindang. Selain itu, mereka tidak banyak bergerak sehingga sulit untuk ditemukan secara kasat mata

6. Memiliki sayap panjang dan ekor pendek

Burung hantu memiliki ekor yang pendek , sayapnya lebar dan besar. Perlu anda ketahui bahwa ukuran panjang dan lebar sayapnya ini bisa mencapai 3 kali lipat ukuran panjang tubuhnya.  

Kenapa Burung Hantu Dijadikan Sebagai Lambang Pendidikan? 

Pada bagian ini dijelaskan mengenai beberapa alasan yang membuat burung hantu bisa dijadikan sebagai lambang pendidikan. 


Penasaran? Berikut ini penjelasannya : 

1. Burung hantu memiliki sepasang bola mata yang hanya bisa melihat fokus ke depan saja dan tidak bisa melihat ke samping (kanan-kiri)

Namun, dibalik kekurangannya itu perlu anda ketahui bahwa kepala burung hantu bisa berputar hingga 270 derajat. 

Jadi, sembari burung hantu fokus mengamati pergerakan mangsanya mereka juga menentukan waktu yang tepat untuk menyerang

Maknanya, tetap fokus dalam meraih tujuan hidup dan cita-cita namun tetap menoleh karena peduli terhadap sesama

2. Burung hantu memiliki indera pendengaran dan indera penglihatan dimalam hari yang sangat tajam diantara berbagai jenis burung lainnya. Namun, burung hantu ini lebih banyak berdiam diri dan fokus mengamati mangsangnya dari kejauhan

Jadi, burung hantu lebih banyak mendengarkan dan tidak akan bertindak sebelum benar-benar yakin 😆 

Maknanya, lebih banyak melihat, mendengar dan sedikit berbicara sebelum bertindak

3. Burung hantu merupakan jenis burung yang mangsa utamanya seperti tikus, belalang, burung kecil, ular dan lainnya. 

Tentu anda semua juga tahu kalau tikus merupakan salah satu hewan pengerat perusak tanaman padi. Berkurangnya populasi burung hantu di alam bebas membuat binatang seperti ular dan tikus merajalela tak terkendali

Jadi, burung hantu ini selain membantu para petani untuk membasmi hama perusak tanaman juga menjaga rantai makanan berjalan secara teratur

Maknanya, jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan jangan menyalahgunakan ke ahlian yang dimiliki untuk tujuan yang tidak baik

4. Banyak orang menganggap kalau burung hantu sebagai jelmaan dewi Iblia Lilith, melambangkan kebijaksanaan, dan ilmu pengetahuan. 

5. Banyak organisasi besar yang menjadikan burung hantu sebagai simbolnya karena cara hidup mereka yang bijaksana

Burung Hantu Melambangkan Hewan yang Bijaksanaan

Sesuai dengan apa yang sudah kami jelaskan di atas bahwa alasan mengapa burung hantu dianggap sebagai simbol pendidikan karena termasuk hewan yang tujuan hidupnya sangat mulia. 

Tentunya, anda juga tahu setiapkali menonton film yang ada tokoh burung hantunya pasti digambarkan sebagai salah satu karakter yang bijaksana dan pintar. 

Hal ini akan membuat anda semakin penasaran, apakah memang benar kalau burung hantu itu pintar dan bijaksana? 

Mengingat selama ini, pasti anda menganggap kalau burung hantu sebagai salah satu burung yang menyeramkan sesuai namanya karena aktif hanya pada malam hari saja. 

Mendengar kalau burung hantu itu pintar dan bijaksana pasti membuat anda kaget dan tidak percaya. 

Kita ketahui bersama kalau burung hantu merupakan salah satu spesies burung pemangsa hewan lainnya. Burung ini memiliki cakar yang sangat kuat dan paruh yang tajam untuk merobek mangsanya.

Tentunya, mereka tidak bisa dibandingkan dengan spesies burung pemangsa lainnya seperti burung rajawali dan elang. Burung hantu memiliki warna bulu dengan kombinasi putih, abu-abu, hitam dan kecoklatan. 

Hal inilah yang akhirnya membuat burung hantu dapat beradaptasi diantara pepohonan yang mereka tempati. Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari burung hantu adalah memiliki mata yang besar dan bulat.  

Burung hantu memiliki penglihatan yang lebih baik di malam hari dan mampu melihat pada jarak yang jauh sampai 30 derajat. Penglihatan burung hantu ini bahkan lebih tajam dibandingkan dengan penglihatan manusia. 

Tidak hanya memiliki mata yang tajam, burung ini juga memiliki pendengaran yang sangat baik. Pendengaran yang bagus ini membuat burung hantu mampu mengetahui dimana suara tersebut berasal sehingga lebih mudah mengetahui lokasi mangsanya. 

Burung hantu memiliki cara berburu yang unik dengan menggiring mangsanya kedalam jangkauan serangnya
 
Bahkan dalam mitologi Romawi dan Yunani, burung hantu dijadikan sebagai simbol sihir, pendidikan, dan kecerdasan. Selain itu, burung hantu juga dijadikan sebagai lambang Dewi Athena sebagai dewi kebijaksanaan. 

Semua itu tidak lain karena burung hantu memiliki penglihatan yang sangat tajam, kemampuan pendengaran yang baik dan cerdik saat memburu mangsanya. 

Sebagai burung pemangsa, burung ini memang cocok untuk dijadikan simbol kebijaksanaan, pendidikan dan kecerdasan. 

Jadi, apa yang bisa kita teladani dari sifat burung hantu?

"Banyak melihat dan mendengar, sedikit berbicara namun banyak bertindak"

Kalimat diatas sering kita dengar dan memiliki makna yang penting dalam kehidupan. Burung hantu selalu merenung dalam kesendirian, pandangan yang tajam memiliki arti kebijakan, perilakunya yang banyak melihat dan mendengar sebagai bukti pemahaman dan pergerakannya menunjukkan arti perjuangan untuk bertahan hidup, sementara hasil kerja kerasnya bermanfaat bagi banyak orang

Teladan apa saja yang bisa kita ambil dari burung hantu?

1. Kebijaksanaan

Diamnya mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan berpikir sebelum melakukan tindakan, bukankah kita di anugerahi 2 telinga, 2 mata dan 1 mulut.. artinya kita harus lebih banyak melihat , mendengar dan berbicara seperlunya


2. Kesetiaan

Apakah anda pernah melihat burung hantu berkelana dengan banyak pasangan disampingnya? perlu anda ketahui bahwa burung hantu merupakan hewan yang paling setia didunia. Mereka hanya kawin sekali seumur hidup dan setia terhadap pasangan hidupnya meski ajal menjemput, burung hantu tidak akan berganti pasangan dengan yang lain

3. Rendah hati

Burung hantu selalu bertindak ketika yakin mangsanya sudah berada dalam jangkauan. Tidak suka pamer dan menunjukkan kebolehannya dihadapan binatang lain

4. Suka tantangan

Menurut keyakinan orang yunani, pengetahuan manusia meningkat seiring tantangan yang berhasil diselesaikan dalam hidupnya. Burung hantu beristirahat total disiang hari dan bekerja penuh dimalam hari

5. Banyak merenung

Jarang kita lihat burung hantu terbang berkelompok, mereka selalu terlihat sendirian seakan tengah merenungi manis-pahitnya kehidupan 

6. Selalu berperasangka baik

Meskipun diberi nama yang seram yaitu "burung hantu" juga mitos sebagai burung pembawa roh jahat tetapi mereka tidak pernah merugikan manusia. Burung hantu memakan tikus, ular , burung kecil yang mayoritas merugikan kehidupan manusia

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai ciri khas, mitos, dan alasan mengapa burung hantu sampai dijadikan sebagai lambang pendidikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. 
 
....helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Filosofi Burung Hantu Sebagai Lambang Pendidikan"