Skip to main content

Cara Pinjam Pulsa Telkomsel, XL, 3, Indosat, Smartfren

Selamat Datang di Blog Orang IT. Apakah saat ini anda sedang kehabisan pulsa dan tidak punya cukup uang untuk membelinya di konter terdekat, padahal anda sedang membutuhkannya? 

Tenang, berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat Provider Seluler berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, salah satunya layanan hutang atau pinjaman pulsa 

Proses peminjaman pulsa ke provider juga cepat, mudah dan bisa langsung digunakan untuk keperluan sms, telepon, atau bahkan internetan. 

Penasaran dan ingin tahu cara mendapatkan pulsa darurat dari operator seluler? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Apa Maksudnya Pinjam Pulsa ke Operator?

Cara Pinjam Pulsa

Tidak perlu bersusah hati jika uang jajan sedang menipis dan Anda kehabisan pulsa. 

Pasalnya, Anda bisa menggunakan fitur “pinjam pulsa” ke operator yang Anda gunakan. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, mungkin saat ini Anda tengah bertanya-tanya apa sih maksud pinjam pulsa ke operator? bagaimana caranya dan berapa biaya yang dikenakan?

Sebenarnya, konsep layanan ini sama dengan konsep berhutang. Namun bedanya, Anda tidak berhutang dalam bentuk uang tunai, melainkan berhutang dalam bentuk pulsa darurat yang mana dari operator akan langsung mengirimkan pulsa ke nomor Anda. Pulsa ini nantinya bisa Anda pakai untuk menelepon, sms, atau internetan.

Mekanisme peminjaman dan pengembaliannya pun mudah. Ketika ingin meminjam, Anda cukup memanggil kode USSD atau melalui SMS sesuai format peminjaman yang telah ditentukan oleh masing-masing operator telekomunikasi. 

Sementara untuk cara pengembaliannya, Anda hanya perlu mengisi ulang pulsa yang mana nantinya akan dipotong langsung oleh operator sebesar hutang pulsa Anda + biaya admin

Nominal pembayarannya pun bervariasi mengikuti masing-masing kebijakan operator. Ada operator yang menambahkan biaya 2 ribu rupiah per pinjaman pulsa, ada operator yang mematok 10% tambahan pengembalian dari nominal pulsa awal yang dipinjam, dan ketentuan-ketentuan yang satu sama lainnya berbeda.

Persyaratan Umum Agar Anda Bisa Hutang Pulsa ke Operator

Meski layanan ini bisa digunakan dengan mudah, namun ada beberapa persyaratan dari operator yang harus dipenuhi oleh pengguna nomor. Jadi, tidak semua pelanggan bisa menggunakan layanan pinjam pulsa darurat ini, melainkan harus memenuhi persyaratan tertentu

Pada umumnya, keadaan yang diperbolehkannya pinjam pulsa adalah masa aktif nomor minimal 60 hari, pernah mengisi pulsa minimal 3x dalam 60 hari terakhir, nomor tidak pernah masuk masa tenggang dan sebagainya. 

Besaran pinjaman pulsa yang diberikan tergantung pada ketentuan masing-masing operator. Tapi biasanya, besar nominal pulsa yang akan dipinjamkan adalah sekitar 5 ribu, 10 ribu, hingga 20 ribu rupiah.

Ada satu ketentuan lagi yang harus Anda ingat dan umumnya berlaku untuk semua operator. Peraturan tersebut adalah ketika Anda sudah meminjam pulsa, maka Anda tidak akan bisa meminjam lagi sebelum membayar pinjaman pulsa sebelumnya.

Cara Hutang Pulsa Untuk Semua Operator

Layanan peminjaman pulsa darurat rupanya tidak hanya dimiliki oleh satu operator saja, melainkan hampir seluruh operator yang beroperasi di Indonesia pernah menawarkan layanan ini. 

Nah, bagi Anda yang tengah kehabisan pulsa dan ingin memanfaatkan layanan pulsa darurat, berikut ini ada beberapa cara hutang pulsa ke operator, antara lain :

1. Cara Hutang Pulsa ke Telkomsel

Bagi Anda pelanggan nomor telkomsel (Loop, As, simPATI), Anda bisa meminjam pulsa pada operator ini dengan beberapa cara, yakni melalui Aplikasi My Telkomsel, Panggilan UMB, dan juga SMS. 

Namun harap di ingat, hanya pelanggan prabayar saja yang mendapat tawaran ini. Jadi, kalau Anda pelanggan pascabayar tidak diperbolehkan. Selain itu, nomor harus sudah digunakan lebih dari 60 hari serta hutang pulsa sebelumnya sudah dilunasi (jika ada)

Untuk penggunaan layanan, bisa melalui Aplikasi My Telkomsel, masuk saja ke menu Buy Package -> Hot Offers -> paket darurat. 

Jika melalui panggilan UMB, silahkan ketik 5005# lalu klik dial, akan muncul pilihan paket penawaran pulsa darurat. Anda tinggal menyetujui peminjaman. 

Melalui SMS pun caranya sama. Biasanya, ketika operator mengetahui sisa pulsa yang anda miliki 0 rupiah secara otomatis mereka akan mengirim SMS pengaktifan pulsa darurat dan Anda hanya perlu membalas SMS "YES" dan pulsa sudah masuk.

2. Cara Hutang Pulsa ke XL & Axis

Bagi Anda yang menggunakan nomor XL & Axis  juga bisa meminjam pulsa darurat. Jenis Pinjaman dan Nominal yang diberikan bermacam-macam, yakni mulai dari pulsa telepon, pulsa SMS, dan pulsa internet dengan variasi 3 ribu, 5 ribu, 7 ribu, hingga 20 ribu rupiah. Pulsa darurat tersebut bisa Anda pinjam melalui SMS dan kode UMB.

Jika Anda pinjam melalui SMS, maka ketik saja DARURAT dan kirim ke nomor 911. Kemudian, operator akan mengirimi SMS balasan dan Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan sampai pulsa darurat masuk ke nomor Anda. 

Agar cara ini berhasil, maka pastikan dulu bahwa pulsa Anda masih tersisa maksimal 1 ribu rupiah.

Adapun jika Anda memakai kode UMB, maka caranya cukup ketik *911# atau bisa juga dengan mengetik *123*9110#. Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengikuti berbagai instruksi yang muncul di layar ponsel Anda. 

Tunggu beberapa saat dan pulsa darurat akan masuk ke nomor Anda.

Namun, tidak semua pelanggan bisa memakai layanan ini. Untuk mengetahui apakah Anda bisa menggunakannya atau tidak, Anda bisa pergi ke self care dengan cara ketik *911#. Kemudian dial, ketik nomor 3 dan pilih cek status. 


Disana, Anda akan bisa melihat apakah nomor Anda memenuhi syarat menggunakan layanan pinjam pulsa atau tidak.

3. Cara Hutang Pulsa ke Tri/3

Selanjutnya, Bagi pengguna kartu 3 bisa meminjam pulsa ke BOS Tri. Layanan ini secara khusus diperuntukkan bagi pelanggan prabayar Tri yang sudah aktif lebih dari 90 hari. Layanan ini memberi tiga pilihan nominal peminjaman, yakni 5 ribu, 10 ribu, dan 20 ribu rupiah. 

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan dial UMB ke *805#, kemudian pilih nominal pinjam pulsa, lalu klik OK. Setelah itu, pulsa akan masuk ke nomor anda

4. Cara Hutang Pulsa ke Indosat

Keempat, bagi pengguna nomor Indosat juga bisa pinjam pulsa ke operator. Masa berlaku peminjamannya adalah 2 – 15 hari dengan nominal pulsa pinjaman antara 1 ribu – 20 ribu rupiah. 

Lantaran biaya administrasinya murah, banyak pelanggan mencoba untuk meminjam namun tidak semua pelanggan diberi pinjaman. 

Anda harus terbukti sebagai pelanggan aktif Indosat minimal selama 3 bulan dan memiliki pulsa kurang dari 2 ribu rupiah.

Begitu syarat telah terpenuhi, maka Anda bisa menggunakan layanan SOS pulsa ini. Caranya sangat mudah. Anda bisa melakukannya melalui SMS dan UMB. 

Jika lewat SMS, tunggu kiriman SMS dari operator untuk penawaran pulsa darurat dan pelanggan tinggal mengikuti alurnya. 

Jika melalui UMB, maka Anda bisa klik *505# dan tunggu menu pop up muncul. Kemudian, pilih nominal dan klik OK, tunggu kiriman pulsa masuk.

5. Cara Hutang Pulsa ke Smartfren

Terakhir, Cara meminjam pulsa darurat ke Smartfren. Sama seperti layanan darurat pulsa pada operator lainnya, Anda akan ditinjau oleh sistem operator apakah layak menggunakan layanan ini atau tidak. Salah satu syaratnya adalah Anda harus terdaftar sebagai pelanggan prabayar Smartfren.

Ada dua cara peminjaman pulsa pada operator Smartfren. Pertama, Anda bisa menggunakan SMS dengan cara ketik PINJAM dan kirim ke 99119. 

Cara kedua, Anda bisa mengakses dari SMS melalui penawaran yang diberikan oleh operator. Langkahnya pun sama, balas SMS dan ikuti petunjuk hingga pulsa darurat masuk ke nomor Anda.

Demikian ulasan mengenai cara pinjam pulsa Telkomsel, XL, 3, Indosat, Smartfren. Semoga ulasannya bermanfaat.

...helmykediricom
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar