7 Aplikasi edit video ringan terbaik untuk PC dan Laptop

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Saat ini profesi sebagai Vlogger (video blogger) dianggap sebagai salah satu pekerjaan sampingan yang menjanjikan penghasilan besar, tak heran jika banyak sekali orang yang mulai serius menekuni bidang ini.
Salah satu kunci sukses dalam Vlogger adalah pembuatan konten video yang harus menarik, oleh karena itu.. perlu sekali melakukan editing pada video sebelum diunggah ke YouTube.
Berbicara tentang aplikasi edit video PC, ada banyak sekali pastinya. Semua aplikasi semacam ini punya fitur-fitur yang sangat bisa diandalkan untuk memoles video agar tampil menarik saat ditonton.
Tapi sebagian besar aplikasi edit video tergolong aplikasi berat, jadi membutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk bisa menjalankannya dengan lancar
Jika spesifikasi PC ataupun laptop kalian tidak mencukupi, jangan berkecil hati. Karena disini kami akan memberitahukan 7 aplikasi edit video PC ringan terbaik seperti berikut ini.

7 Aplikasi edit video paling ringan untuk PC windows

 1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker
Aplikasi edit video PC ringan pertama yang harus kalian coba adalah windows movie maker. Aplikasi ini bisa kalian jalankan, asalkan Laptop atau PC kalian menggunakan OS windows 7, 8 atau 10.
Meski tergolong aplikasi ringan, fitur yang ada di windows movie maker tergolong cukup untuk melakukan editing video dan membuat video kalian menjadi trending di YouTube.
Teman-teman bisa memotong dan menggabungkan video, menambahkan musik dan efek-efek visual keren pada video kalian dengan mudah menggunakan aplikasi bawaan Windows ini.
Masih ada banyak lagi fitur yang ada pada aplikasi ini. Bisa dibilang mirip dengan fitur dasar yang ada pada filmora yang juga menawarkan kemudahan saat mengedit.

 2. VSDC Video Editor

VSDC Video Editor
Jika teman-teman ingin menggunakan aplikasi edit video PC ringan yang UI/User Interface nya mudah dimengerti, kalian bisa menggunakan aplikasi VSDC Video Editor, aplikasi ini bisa kalian download dan gunakan secara gratis.
Meski gratis, kalian tidak akan menemui iklan mengganggu saat melakukan editing video. Jangan ragukan lagi fiturnya, serasa seperti aplikasi edit video PC premium yang dibanderol dengan harga 0,- rupiah
Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai efek visual yang banyak sekali. Jadi akan sangat cocok bagi kalian yang sering mengandalkan efek visual saat editing foto.
Nggak cuma visual saja, ada juga fitur panel timeline, layar selection dan panel visual yang membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kalian gunakan mengedit video sebelum di unggah ke internet. Terdapat pilihan output file dalam format FLV hingga AVI.
Tentu ini menjadi kabar baik bagi teman-teman yang sedang belajar mengedit video bermodalkan PC atau laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

 3. Virtualdub

Virtualdub
Aplikasi edit video PC ringan selanjutnya adalah virtualdub. Mendengar namanya saja, pasti kalian sudah tau kan apa fitur utama dari aplikasi yang bisa kalian download secara gratis ini?
Virtualdub memiliki fitur yang sangat mumpuni untuk mengedit video. Aplikasi ini memiliki fitur Split & Trim, menggabungkan, cropping, merotasi video, menambahkan subtitle, audio, watermark dan masih banyak lagi lainnya.
Aplikasi ini juga punya fitur Kompress yang bisa mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya seperti handbrake tetapi dengan pengaturan yg lebih simpel hingga orang awampun bisa melakukannya, tentu saja ini akan sangat membantu saat hendak meng-upload video ke YouTube.
Semua fitur lengkap pada aplikasi ini bisa kalian nikmati secara gratis. Tentu akan sangat bisa diandalkan bagi kalian yang masih menggunakan PC spesifikasi rendah.
Tidak terlalu sulit Untuk mencari aplikasi ini di internet karena banyak situs web yang menyediakannya, tapi disarankan untuk mendownload virtualdub di situs official nya (http://www.virtualdub.org/download.html)

 4. Kdenlive

Kdenlive
Selain ringan, aplikasi kdenlive ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi edit video PC ringan sebelumnya. Meski kecil, fitur aplikasi kdenlive sangat bisa diandalkan untuk editing video.
Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini terdiri dari support editor multitrack, track video dan audio serta Jumlah efek dan transisi yang cukup banyak, bahkan teman-teman bisa memodifikasinya sesuai keinginan.
Fitur-fitur dasar aplikasi edit video juga tak dilupakan begitu saja oleh sang developer. Ada fitur move, crop, klip audio, klip teks dan klip gambar.
Aplikasi ini juga mendukung berbagai camcorder mulai dari camcoder resolusi rendah hingga resolusi tinggi. Hasil editan aplikasi ini berformat flv.
Video berformat flv memang banyak disukai. Alasannya karena kualitas videonya yang bagus dan sudah tidak diragukan lagi mendapat dukungan dari berbagai aplikasi media player

 5. Lightworks

Lightworks
Aplikasi edit video PC ringan yang nggak kalah mantap untuk digunakan sebagai andalan bagi kalian para vlogger adalah lightworks, aplikasi ini freemium, bisa kalian gunakan secara gratis.
Lightworks menawarkan UI/User Interface yang mudah dimengerti. Jadi kalian yang baru saja menggunakan aplikasi ini tidak akan mengalami kesulitan saat mencoba mengedit video
Belum lagi ada banyak fitur yang tersemat pada aplikasi ini. Dengan demikian video editan kalian akan terlihat semakin keren, profesional dan dijamin akan mendapat banyak likes di YouTube.
Mantapnya lagi, aplikasi lightworks mendukung semua format video umum, mulai dari SD, HD, 2K, bahkan format Red 4K sekalipun.
Aplikasi lightworks ini hanya berukuran 98 MB saja. Aplikasi ini cukup ringan untuk dijalankan pada PC atau komputer dengan spesifikasi menengah.

 6. Blender

Blender
Sebenarnya blender adalah aplikasi pembuat animasi. Tapi tak sedikit juga yang menggunakan aplikasi Blender untuk mengedit video.
Dengan bantuan blender, kalian bisa membuat video jadi makin asyik untuk ditonton. Bisa menambahkan audio, cuplikan video, gambar dan juga teks.
Blender memang sangat bisa diandalkan untuk mengedit video. Aplikasi ini juga mempunyai cukup banyak efek-efek keren yang akan mempercantik video kalian dan membuatnya lebih interaktif
Ada juga fitur shortcut yang akan sangat membantu agar pengoperasian aplikasi ini semakin mudah dan cepat.
Supaya teman-teman bisa paham dengan semua fiturnya, silahkan coba untuk menonton video tutorial menggunakan blender untuk mengedit video di YouTube.
Download langsung di situs resminya : https://www.blender.org/

 7. Avidemux

Avidemux
Avidemux adalah aplikasi edit video PC ringan terakhir yang bisa kalian gunakan. Aplikasi ini juga bisa kalian download dan gunakan secara gratis tanpa iklan yang menganggu.
Avidemux memiliki fitur-fitur dasar yang sangat dibutuhkan saat mengedit video, seperti cut, copy dan paste.
Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur efek-efek visual keren yang bisa membuat penonton betah ketika menonton video kalian.
Untuk hasil file yang sudah diedit menggunakan aplikasi ini akan berformat AVI, MPG/MPEG, TS, OGM, MP4, MKV dan FLV.
Selesai sudah bahasan tentang aplikasi edit video PC ringan terbaik yang kami rekomendasikan untuk para vlogger dengan spesifikasi komputer minim. Terimakasih banyak sudah membaca, jangan sungkan-sungkan untuk menambahkan aplikasi favoritmu kedalam kolom komentar dan ceritakan apa saja kelebihannya
….guest post

Related Post