Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat Nonton Anime yang harus kalian ketahui

Inilah 15 Manfaat Nonton Anime yang harus anda Perhatikan


Selamat Datang di Blog Orang IT- Jangan mengira kalau menonton anime adalah kegiatan yang tidak bermanfaat. Sebab, kegiatan yang satu ini ternyata juga memberi banyak manfaat bagi mereka yang melakoninya. Apalagi, jika nonton anime-nya dilakukan secara rutin dan mendalam. 

Dalam artian, setiap anime yang ditonton betul-betul ditonton dengan sungguh-sungguh. Bukan sekadar asal nonton sambil lalu saja.

Adapun manfaat dari nonton anime itu sendiri adalah sebagai berikut. 


1. Sebagai Sarana Hiburan

Ini adalah manfaat pertama yang bakal kamu rasakan saat nonton anime. Sebagaimana yang kamu tahu, anime mengandung banyak unsur yang mampu menghibur kita. 

Mulai dari jalan ceritanya yang menarik atau mudah dicerna; gambar setiap karakternya yang unik; hingga soundtrack anime-nya yang enak didengar. Jadi, jika kamu lagi suntuk dan butuh hiburan, nonton anime bisa menjadi pilihan paling tepat.

2. Sebagai Sarana Untuk Belajar Bahasa Dan Budaya Jepang

Budaya Jepang

Lewat nonton anime, kamu bisa mengenal sejumlah suku kata dalam bahasa Jepang. Cocok buatmu yang mau belajar bahasa Jepang, tapi enggan belajar secara formal. Selain bahasa, anime juga lazimnya menceritakan budaya yang terjadi di Jepang. Seperti pesta kembang api, minum teh hijau, dan lain sebagainya.

Semua budaya itu bakal kamu temukan di hampir setiap anime. Sekalipun anime tersebut mempunyai latar tempat dan waktu yang cukup modern. Dengan menyaksikan semua budaya Jepang yang ada di anime, kamu pun bakal jadi lebih mengenal seperti apa kebudayaan yang ada di Negeri Sakura.

3. Memacu Kreativitas

Sebagaimana yang disebutkan pada poin pertama, kalau anime punya unsur-unsur yang menghibur. Mulai dari alur cerita, penggambaran karakter, hingga lagu soundtrack anime yang mengiringinya. Semua unsur tersebut rupanya tidak hanya menghibur saja. 

Tetapi juga bisa merangsang otak untuk berpikir lebih kreatif. Jadi, kalau kamu lagi buntu dan ingin menumbuhkan kreativitas, nonton anime bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

4. Mendapatkan Pelajaran Hidup Yang Bermanfaat

Salah satu kelebihan yang dimiliki anime adalah kehadiran pesan moral. Pesan moral dalam anime sendiri bisa muncul dalam berbagai bentuk. Mulai dari kata-kata bijak yang disampaikan tokoh utama, pemain lain , hingga perubahan hidup si tokoh (biasanya dari buruk menjadi baik).

Pesan moral yang terkandung dalam anime sendiri cukup beragam. Namun, sebagian besar di antaranya lazim menyampaikan pesan moral terkait persahabatan, kehidupan, keluarga, dan cinta. Semua pesan moral itu disampaikan secara ringan tanpa kesan menggurui. Hal itu tentu akan membuatmu lebih mudah untuk menerimanya, serta menjadikannya salah satu prinsip hidupmu.

5. Menambah Wawasan Baru

Selain memperkenalkan budaya Jepang, anime biasanya juga menyediakan beberapa pengetahuan yang mungkin belum populer di telingamu. Kita ambil contoh anime Slam Dunk. Di anime itu, kamu akan belajar beberapa istilah di dunia basket yang mungkin sebelumnya tidak kamu ketahui. Semisal double , dunk , travel dsb

Semua pengetahuan yang terkandung dalam anime lazimnya disampaikan secara ringan dan informatif (disertai penjelasan). Bahkan, seringkali disampaikan dengan gaya bahasa yang jenaka. Jadi, kamu pun bisa menyerap semua pengetahuan tersebut dengan begitu mudah.

6. Membantumu Mengenali Diri Sendiri

Anime selalu menyediakan tokoh-tokoh yang menarik, bahkan unik. Satu karakter di antaranya pasti mampu mewakili watak si penonton anime tersebut. Hal itu bisa dibuktikan dengan kehadiran para cosplayer yang sering menirukan penampilan salah satu tokoh anime. Rata-rata, mereka meniru seorang tokoh anime lantaran tokoh itu sangat mewakili diri mereka.

Kamu pun pasti bakal menemukan satu tokoh yang sangat mewakili dirimu, ketika nonton anime. Tak masalah. Kamu bisa menjadikan tokoh itu sebagai cermin yang membantu mengenali dirimu lebih dalam

Jadikan pula sang tokoh sebagai guru yang membantumu menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Caranya, adalah mengambil pelajaran dari setiap perjalanan hidup karakter tersebut. Pilih pula mana sekiranya perilaku si karakter yang patut ditiru dan mana yang tidak.

Misal, jika anda merasa mirip dengan karakter sasuke di anime naruto baik dari sisi penampilan maupun sifat, maka ambilah contoh perilaku yang baik seperti setia pada tempat kelahiran , berteman dengan orang-orang hebat , berpikir sebelum bertindak dll

7. Menumbuhkan Daya Analisa

Anime biasanya disajikan per-episode. Tiap episodenya mempunyai jarak sekitar seminggu lamanya. Selama itu, pastinya kamu akan menunggu sekaligus menebak-nebak apa yang terjadi di episode selanjutnya (terlepas apakah tebakanmu benar atau salah). 

Daya Analisa
Detective conan
Apakah si tokoh utama berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan? Atau, justru dia mendapatkan musuh baru yang lebih kuat?

Kebiasaanmu itu lambat laun menumbuhkan daya analisa di dalam otakmu. Daya analisa sendiri sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Terutama, dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan daya analisa tinggi. Seperti data analyst, jurnalis, dan peneliti.

8. Menambah Hobi Baru

Bagi kamu yang ingin menambah hobi baru, nonton anime bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki manfaat-manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, nonton anime juga bisa memberimu hobi baru lainnya.

Membaca manga adalah salah satunya. Sebagaimana yang kita tahu, mayoritas anime di Jepang adalah hasil adaptasi dari manga-manga populer. Jika kamu ingin melihat versi lain dari anime yang kamu tonton, membaca manga dari anime tersebut bisa kamu lakukan nanti.

Baca juga: 12 situs untuk membaca komik online

Hobi lainnya yang bisa kamu lakukan setelah nonton anime adalah mengoleksi action figure. Kebetulan, saat ini sudah banyak tersedia action figure dari sejumlah tokoh anime. Mulai dari tokoh protagonis yang populer, hingga karakter yang cukup underrated. 

Untuk hobi yang satu ini, kamu harus mengeluarkan kocek yang cukup banyak. Pasalnya, action figure yang kini beredar di pasaran harganya tergolong mahal.

9. Mendapat Teman Baru

Jangan mengira kalau penonton anime adalah individu yang tidak pernah bergaul. Kalau kamu belum tahu, saat ini sudah banyak forum atau komunitas yang berisikan para penonton anime. Mereka biasanya berkumpul baik secara online maupun offline.

Ada sejumlah manfaat bila kamu mengikuti forum atau komunitas penonton anime. Mulai dari mendapatkan teman baru, berdiskusi soal siapa karakter favorit kalian, hingga berdiskusi soal apa yang akan terjadi di episode terbaru anime yang kalian tonton. 

Kamu pun juga bisa bertanya soal tempat penjualan action figure dan manga dari anggota lainnya, bila mengikuti forum atau komunitas nonton anime.

10. Menjadi Ladang Penghasilan

Tidak hanya mendapat teman baru, kamu pun juga bisa mendapat penghasilan dari hobi nonton anime. Mengapa bisa begitu? Saat ini sudah banyak profesi yang berhubungan dengan anime. Mulai dari kritikus anime, penerjemah anime, cosplayer, hingga kolektor CD anime.

Menjadi Ladang Penghasilan
Cosplayer
Masing-masinng profesi memiliki prospek karier yang jelas. Sebab, kesemua profesi itu kini tengah dicari oleh para produsen anime. Secara penghasilan, profesi-profesi itu juga cukup menjanjikan. Cocok untuk dijadikan pekerjaan sampingan atau bahkan mungkin pekerjaan utama.

11. Menjadi referensi kehidupan didunia nyata

Meskipun tontonan anime hanya berupa gambar 2 dimensi , namun keseluruhan alur ceritanya dapat dikumpulkan menjadi sebuah daftar pustaka referensi kehidupan yang berisi pengalaman berharga, inspirasi , sumber pengetahuan yang bermanfaat. 

Kumpulan list anime yang kalian simpan dalam Harddisk bisa di tonton berulang-ulang atau sebagai sarana untuk belajar. Contohnya untuk lebih mengenal makanan khas jepang dan resepnya anda bisa menonton Anime izakaya nobu, anime yang kental dengan pelajaran biologi disertai penjelasan seperti Hataraku saibou dsb

Menonton anime juga dapat mempengaruhi karir kamu dimasa depan, mungkin kamu tertarik untuk menjadi pedansa profesional , pemain sepak bola , pemain basket atau apapun yang kamu inginkan

12. Beasiswa ke jepang

Saat ini ada banyak program beasiswa yang ditujukan kepada para pelajar indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jepang. Menonton anime jepang bisa membuat kamu terbiasa dan terlatih secara tidak langsung dengan logat jepang yang khas. 

Hal ini akan mempermudah proses kamu dalam mempelajari bahasa jepang dan membantu saat tes wawancara dengan orang jepang.

Berikut adalah beberapa beasiswa jepang yang perlu kamu ketahui
  • Monbukagakusho Scholarship
  • Nagoya University Global 30 Undergraduate Scholarship
  • Japan Foundation for UNU Scholarship for Developing Countries
  • Master Scholarships in Japan for Indonesian Students by INPEX Scholarship Foundation
  • Japanese Government (MEXT) Scholarship, University of Tokyo, Japan
  • Infrastructure Management Program Scholarships, Yokohama National University, Japan

Masih banyak lho beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di jepang. Daftar beasiswa diatas saya suguhkan supaya kamu lebih semangat nonton anime dan belajar bahasa jepang

13. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Sebagian besar kisah di anime menceritakan tentang kehidupan seorang hikimori (orang yang suka mengurung diri dirumah dan menjauh dari pergaulan) tetapi realitanya , kebanyakan orang yang suka menonton anime adalah mereka yang aktif dalam lingkungannya, berprestasi di sekolah dan orang-orang yang memiliki banyak teman

Hal itu dikarenakan para pecinta anime tidak ingin terjerumus kedalam kehidupan kelam sisi anime yang mereka tonton, siapa sih yang mau menyia-nyiakan umur dengan menjadi hikimori yang jarang bersosialisasi dengan masyarakat? 

Secara bertahap mereka akan belajar bagaimana cara bersosialisasi, diantaranya dengan memulai obrolan ringan dan yakin bahwa dengan bekerja keras maka apa yang di cita-citakan pasti bisa terwujud

Bahkan dalam cerita-cerita anime hikimori menunjukkan sebuah metamorfosis dari kehidupan yang sebelumnya selalu mengurung diri dikamar ke dunia luar yang menyenangkan. Artinya anime tersebut berusaha memberi kesan agar mengisi hari dengan kegiatan yang bermanfaat dan rasa percaya diri

14. Menumbuhkan sikap menghargai satu sama lain

Dalam serial anime jepang seringkali memuat cerita yang khas dengan persabahatan. Disana ada banyak hikmah yang bisa kita ambil seperti contoh "One Piece" yang mengajarkan kita bahwa bajak laut yang identik dikenal sebagai penjahat dan menjadi musuh dunia ternyata sering menolong tanpa pamrih dan mengajarkan arti persahabatan

Pada anime One Piece diceritakan mengenai tokoh bajak laut yang jahat dan bajak laut yang baik, secara tidak langsung kisah ini mengajari kita bahwa seburuk-buruknya tingkah laku manusia pasti ada sisi baiknya dan mungkin orang yang kelihatannya cuek justru rasa pedulinya lebih tinggi disaat-saat tertentu dibandingkan teman yang selalu dekat dengan anda

Berikut adalah rekomendasi anime yang ceritanya kental dengan unsur persahabatan :

One piece , naruto, bleach , fairy tail , kuroko no basket , bakuman, anohana, bakamon , doraemon 

15. Mengisi waktu luang

Sudah genap 3 minggu kita lockdown dirumah masing-masing pasti gabutkan mau ngapain? kalau hari-hari biasa sedang gabut begini kita bisa nongkrong ke kafe , tempat hiburan , tempat wisata , spot free wifi atau kumpul bersama

Tetapi saat ini kondisinya sedang genting karena wabah virus corona, pemerintah menghimbau agar masyarakat berdiam diri dirumah, kerja dirumah dan ibadah dirumah. Beberapa wilayah sudah lockdown total dan ditutup jalur aksesnya.. seperti kediri yang ditandai zona merah setelah 11 orang positif terpapar corona (pada 13 april 2020) beberapa jalan mulai ditutup dan ruang gerak bebas kita menjadi terhambat

Kalau anda masih nekat keluar rumah untuk urusan yang tidak penting ditengah situasi wabah seperti ini, anda bisa dipenjara sesuai dengan 212 KUHP , barang siapa yang tidak mengindahkan petugas berwenang dapat dipidana paling lama satu tahun empat bulan atau denda paling banyak empat ratus ribu rupiah

Adapun isi Pasal 212 KUHP "Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat memberi pertolongan kepadanya, diancam karena melawan pejabat dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah".

Maka dari itu, selama wabah corona belum mereda sebaiknya kita dirumah saja sambil nonton anime..hehe kita bantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus ini agar indonesia kembali aman dan petugas medis yang bekerja keras bisa segera istirahat 

Itulah sejumlah manfaat dari menonton anime. Jadi, kamu masih malu nonton anime? Semoga tidak, ya!

Kalau kamu punya pertanyaan soal dunia anime, mohon jangan dipendam sendiri. Langsung saja beri tahu kami via kolom komentar. Kami tunggu pertanyaan dari kamu!

Artikel Guest Post dari Admin Web Animesan Tempat Nonton Anime Terbaik dan sudah melalui kurasi admin
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya