Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan arti kata, bahasa gaul, istilah saat chattingan

Blog Orang IT Blogger Kediri- Berbicara dengan bahasa gaul pastinya sudah sering anda dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa merupakan kata yang memuat arti tertentu yang pelafalannya diungkap dengan menggunakan organ mulut. 

Sebuah kata-kata akan terucap dengan mulut sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh seseorang yang ingin menyampaikan sesuatu. Mereka dapat berbicara menggunakan bahasa yang sudah dikenal antara satu sama lain.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis bahasa yang diketahui dan dipelajari oleh orang-orang di luar sana. Ada bahasa yang biasa digunakan dalam keseharian atau disebut bahasa daerah yang menjadi ciri khas dari tempat asal seseorang tinggal. 

Misalnya, meskipun sama-sama menggunakan bahasa jawa tetapi logat antara orang ngapak dan jawa timuran yang menggunakan dialek ngoko sudah agak berbeda tetapi mereka tetap bisa saling memahami karena adanya kemiripan arti satu sama lain

Sementara kalau orang berbicara dengan bahasa jawa dan sunda pasti keduanya tidak nyambung hehe

Beruntungnya kalau kita menguasai bahasa nasional Indonesia, meskipun anda berbicara dengan orang dari daerah lain, anda akan tetap terhubung dan nyambung satu sama lain

Apalagi kalau anda menguasai bahasa Internasional inggris maka di negara manapun anda berada saat ini umumnya ketika berbicara bisa dimengerti oleh sebagian besar masyarakatnya

Kumpulan arti kata-kata gaul di Indonesia

Bahasa Inggris atau bahasa internasional menjadi bahasa yang wajib dikuasai apabila seseorang ingin berpergian ke suatu negara khususnya bagi menteri luar negeri, presiden atau diplomat. Dengan menguasai bahasa inggris, anda dapat berkeliling ke negara manapun dan berkomunikasi dengan masyarakat setempat

Akan tetapi, selain bahasa yang sakral digunakan oleh orang-orang, ada bahasa lain yang bermunculan dan tergolong unik karena hanya mampu dipahami oleh segelintir golongan saja. Bahasa yang saya maksud disini adalah bahasa gaul anak-anak muda jaman now. 

Kumpulan arti kata, bahasa gaul, istilah saat chattingan

Dalam percakapan sehari-hari baik melalui lisan maupun tulisan, anak muda sering kali menyebutkan bahasa gaul karena dianggap modern dan kekinian. Ada banyak sekali bahasa gaul yang harus anda pahami artinya agar tidak di tertawakan oleh sesama anak muda hehe

Kumpulan arti kata, bahasa gaul, istilah saat ngobrol


1. Gws

Bahasa gaul yang pertama ini pastinya sudah tidak asing lagi buat anda. Gws merupakan singkatan dari get well soon, dimana arti dari gws ini adalah semoga cepat sembuh.

Ketika teman anda sedang sakit, biasanya ada seseorang yang mengirimkan pesan atau mengatakan gws (gowes) ya. Teman anda mendo’akan supaya anda cepat sembuh dari sakit yang diderita


2. Kepo

Orang-orang merasa penasaran dengan arti bahasa gaul yang satu ini. Kepo merupakan salah satu bahasa gaul yang digunakan apabila ada seseorang yang ingin tahu mengenai apa yang sedang anda rahasiakan atau banyak bertanya tentang sesuatu yang anda enggan untuk menjawabnya. 

Biasanya anda akan bereaksi dengan mengutarakan kata kepo kepada orang yang ingin tahu. Sebab itulah kepo menjadi populer di kalangan masyrakat.

3. Rofl

Istilah gaul yang satu ini mungkin agak asing bagi anda ya kan? Namun orang-orang di luar sana banyak yang menggunakan bahasa gaul rofl yang memiliki arti tertawa hingga terguling-guling (ngakak lucunya)

Berarti anda tertawa apabila melihat sesuatu yang telah dilakukan oleh teman anda karena kebodohannya. Ketika teman anda bertingkah bodoh, tentu anda akan tertawa, dan biasanya akan mengungkapkan kata tersebut.

4. Lol

Salah satu bahasa gaul yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Lol. Istilah gaul yang satu ini seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini. biasanya orang-orang menggunakan kata ini untuk mengungkapkan kekesalannya karena tingkah konyol atau suatu hal bodoh yang dilakukan oleh temannya. Lol memiliki makna yang sama dengan rofl dalam segi arti.

Tetapi Lol juga di ungkapkan untuk menyinggung kebodohan seseorang oleh sebab itu beberapa netizen mungkin marah ketika anda berkomentar di statusnya LoL tanpa di ikuti emoticon ketawa

5. Btw

Bagi anda yang sering berkumpul dengan anak jaman sekarang pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahasa gaul yang satu ini. Btw menjadi salah satu kalimat yang seringkali diungkapkan oleh seseorang ketika ingin melakukan tindakan. 

Btw ini memiliki arti yang sama dengan “ngomong-ngomong” atau dalam bahasa inggris By The way. Seperti halnya dalam kaliamat “btw kamu cantik juga ya, mau nggak jadi pacar aku” Atau "BTW gw pulang dulu soalnya nyokap nungguin dirumah"... 

6. Cmiiw

Bahasa gaul yang selanjutnya yaitu cmiiw, bahasa gaul yang satu ini juga sering diungkapkan oleh seseorang ketika sedang berdebat atau berdiskusi. Intinya anda menginginkan koreksi atau masukan dari orang lain mengenai suatu hal. 

Istilah ini seringkali di tuliskan cmiiw artinya Correct Me If I'm Wrong alias koreksi saya jika salah. Biasanya orang-orang juga menggunakannya ketika sedang curhat.

7. Imo

Pastinya anda agak sedikit asing dengan bahasa gaul yang satu ini. Imo merupakan salah satu istilah gaul yang memiliki arti “menurut saya”. Artinya seseorang yang ingin berpendapat biasanya mengatakan “imo” terlebih dahulu. 

Hal itu dilakukan supaya terlihat keren dan gaul sesuai dengan perkembangan jaman. Akan tetapi, jika anda mengutarakan dihadapan orang yang sudah tua, tentu mereka tidak akan mengerti maksudnya 

8. Asap

Asap disini bukan berarti kabut hitam yg sering anda lihat dalam kehidupan sehari-hari. Melainkan salah satu bahasa gaul yang masih populer juga hingga sekarang ini. Asap memiliki arti yang sama dengan “secepat mungkin” apabila ada seseorang yang memerintahkan anda untuk mempercepat tugas yang diberikan, biasanya anda akan menjawab “asap” pada seseorang tersebut supaya lebih kekinian.

9. Lemme

Salah satu bahasa gaul yang harus anda ketahui selanjutnya ialah Lemme. Bahasa gaul yang satu ini mungkin agak asing di telinga anda. Lemme ini merupakan salah satu kalimat ijin kepada seseorang untuk melakukan suatu hal. 

Seperti halnya “Lemme pergi ke toilet” itu artinya ijinkan aku pergi ke toilet. Bahasa gaul ini sayangnya jarang dipakai padahal menurut saya keren lho

10. Hbd

Nah kalau kata gaul yang satu ini pastinya sudah sering anda dengar dalam kehidupan sehari-hari atau anda menerima pesan Hbd saat hari ulang tahun. Kebanyakan orang mengirim ucapan  hbd dalam bentuk chat. 

Seperti halnya ketika anda sedang ulang tahun, biasanya pacar atau teman anda akan mengutarakan kalimat hbd yang memiliki arti selamat ulang tahun alias Happy birt day. Bahasa yang sangat simpel ini menjadikan banyak orang mengikutinya.

Teman-teman di facebook yang tidak begitu mengenal anda setelah melihat notifikasi bahwa anda sedang berulang tahun hari ini maka secara spontan mereka mengirimkan Hbd

11. A&W

A&W merupakan salah satu singkatan dari anyway yang memiliki arti bagaimanapun. Anyway juga termasuk sebagai salah satu istilah gaul yang banyak diungkapkan oleh orang-orang, khususnya untuk anak muda jaman now. Orang-orang mengatakan hal ini dikarenakan lebih singkat dan juga simpel. Selain itu, supaya terlihat berkelas dari model bahasa yang digunakan.

12. Omg

Bahasa gaul yang satu ini juga sangat populer di kalangan masyarakat atau sering anda dengar, bahkan di dunia perfilman ada juga yang menjadikan salah satu tokoh untuk mengutarakan kalimat omg secara terus menerus. 

Kalimat ini diungkapkan apabila seseorang merasa terkejut dengan hal luar biasa yang dilakukan oleh seseorang atau fenomena alam. Sehingga banyak dari mereka yang spontan mengucapkan kalimat omg.

Omg artinya Oh my God alias Yaa Tuhan , padahal kalau diganti SubhanAllah lebih bagus ya hehe

13. Baper

Baper merupakan salah satu kata gaul yang digunakan oleh anak muda jaman sekarang. Mereka menggunakannya apabila ada seseorang yang sedang jatuh cinta. Padahal hanya kata-kata manis saja yang diutarakan, mereka banyak yang terbawa perasaan. 

Hal seperti inilah yang biasa orang sebut baper atau terbawa perasaan. Apabila ada seseorang yang baper, biasanya orang lain juga mengejek dengan kata baper secara terus menerus.

Saya juga sering menyebut kata baper untuk seseorang yang mudah tersinggung atau tidak bisa diajak bercanda

14. Wait

Kata gaul yang dapat anda ketahui lainnya adalah wait. Sekarang pengucapan kata yang satu ini sudah sering anda dengar dari orang-orang. Wait memiliki arti “tunggu atau sebentar” apabila ada seseorang yang ingin mengajak anda kencan namun anda masih belum siap, anda cukup mengatakan “wait” maka orang tersebut akan menunggu

15. Mager

Istilah mager seringkali diartikan oleh banyak orang yang sedang dalam posisi nyaman seperti tiduran, rebahan atau sedang melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak ingin melakukan aktivitas yang lain. 

Contoh ketika anda sedang rebahan sambil bermain hp membuka IG, kemudian teman anda mengajak untuk keluar nongkrong, anda membalasnya dengan “ males lah lagi mager ini “, yang artinya anda dalam posisi nyaman dan ingin tetap rebahan sambil buka IG atau bermain games. 

Mager bukan singkatan dari bahasa asing lo, itu hanya ucapan Malas Gerak yang disingkat

16. LDR

Istilah yang satu ini biasanya dipakai oleh pasangan muda yang sedang menjalani percintaan beda kota atau beda daerah yang artinya berpacaran jarak jauh yang disebut dengan LDR ( Long Distance Relationship ), 

Istilah seperti ini banyak sekali diucapkan oleh generasi milienial zaman sekarang ketika berkomunikasi dengan pacar yang jauh jaraknya sehingga sulit untuk bertemu setiap saat. Contoh anda kuliah di Jakarta dan pacar anda masih SMA  di desa. Itu yang dinamakan LDR. 

17. Bucin

Istilah BUCIN juga baru-baru ini muncul di kalangan anak muda yang sedang menjalin kasih dengan pasangan mereka. BUCIN atau kepanjangan dari ‘' Budak Cinta “ yang memberikan makna atau arti bahwa kedua pasangan ini tidak mau menunjukkan kemesraan mereka baik dalam artian perilaku, perkataan dan lain-lain alias malu-malu kucing

BUCIN juga menunjukkan sikap berlebihan saat berpacaran atau tidak umum seperti yang dilakukan orang-orang semestinya. Misal merayakan Anniversarry 1 bulan pacaran

Beberapa contoh lain soal perilaku bucin adalah menyinggung pasangannya tetapi tidak menyebutkan nama seperti memposting kata-kata sindiran untuk pacar

18. Ilfil

Merupakan istilah yang dipakai oleh orang untuk menunjukkan “ketidaksukaan “ atau sedikit geli dengan perilaku orang lain di depan mereka sehingga menimbulkan kesan yang aneh. 

Contoh anda melihat orang sedang mencoba melawak sambil nyanyi tetapi “ garing “ jadi anda merasa hal itu tidak enak untuk dilihat atau istilahnya kurang nyaman untuk di pandang. Istilah ilfil masih ada sampai sekarang ini dan banyak di pakai kalangan muda untuk menunjukkan rasa tidak nyaman dengan orang lain. 

19. Garing

Bahasa garing ini sering juga diungkapkan oleh banyak orang baik teman, orang lain atau netizen yang ada di Internet. Bahasa seperti ini menunjukkan arti bahwa apa yang dilakukan orang lain sama sekali tidak membuat atau memberikan efek seperti tertawa atau hal lain yang membuat takjub penonton. 

Misalnya saja, anda sedang stand up di cafĂ© dengan tujuan untuk membuat pengunjung tertawa terbahak-bahak, tapi pada kenyataanya reaksi ketawa anda sama sekali tidak ditanggapi yang artinya lelucon anda “ Garing “ atau tidak ada efeknya sama sekali. 

Nah, istilah seperti ini sebenarnya cukup memalukan ketika didengar oleh orang yang sedang mencoba membuat tertawa, mereka akan malu dan untuk penonton akan merasa ilfil  

20. Fakboy

Kata Fakboy mungkin seringkali kita dengar atau lihat di Youtube ataupun instagram yang menunjukkan tentang gambaran sifat seorang lak-laki yang terkadang dianggap “Nakal “ dalam istilah percintaan. 

Banyak orang yang mengatakan laki-laki fakboy ini memiliki pacar banyak dan mempermainkan para wanita untuk mendapatkan kepuasan tersendiri. Tetapi banyak juga dari mereka yang justru bangga dikatakan fakboy yang artinya mereka merasa dirinya tampan karena pacarnya banyak

21. Buaya

Kalau kita mengenalnya sebagai binatang atau reptil yang ada di hutan atau rawa, sedangkan kata buaya yang kami maksudkan disini adalah “Buaya Darat” yang artinya laki-laki mata jelalatan yang suka dengan perempuan lain meskipun sudah memiliki pasangan. 

Buaya memiliki sikap memakan apapun yang ada didepannya, meski sudah memiliki makanan sendiri. Itulah yang dimaksudkan dengan lelaki buaya darat, tapi untuk saat ini sebutan buaya bukan untuk laki-laki saja melainkan wanita juga bisa jadi buaya betina

22. Pelakor

Istilah ini juga seringkali dipakai oleh orang Indonesia yang memberikan makna seorang perempuan merebut laki orang, pelakor ( perebut laki orang ) ini cukup trend di daerah perkotaan yang terkadang teman makan teman atau sebaliknya. 

Istilah pelakor lebih ke wanita nakal karena mereka suka berdandan cantik dengan tujuan menggoda laki-laki lain agar tertarik denganya, nah pelakor ini sendiri biasanya ada hubungan dengan pasangan si wanita seperti teman, saudara sepupu dan lain-lain.

Dalam kehidupan nyata, banyak pasangan suami istri yang bubar karena hadirnya pelakor... kalau di negara seperti china maupun korea selatan, pelakor yang tertangkap basah sedang bermesraan dengan suami wanita lain biasanya di pukuli dan diarak telanjang (banyak videonya di internet)

23. Cekidot

Istilah ini seringkali kita dengar ketika banyak anak muda yang ingin melakukan aktivitas tertentu seperti janjian untuk nongkrong ataupun ingin melakukan hal lainnya. Contoh penggunaan bahasa Cikedot “ Cekidot gan “ atau ayo bro. 

24. Izin Sedot

Maksud dari kata ini adalah memberikan makna bahwa dia ingin mengunduh atau mendownload file atau dokumen yang dibagikan oleh seseorang di internet. Biasanya seperti software dan aplikasi tertentu yang dibutuhkan, Izin sedot “ izin download “ yang memudahkan orang-orang untuk lebih akrab dalam membahasakannya. 

25. OTW

Bahasa gaul yang satu ini seringkali di pakai oleh banyak orang untuk memberi informasi kepada teman, keluarga atau kerabat bahwa dia sedang bersiap-siap untuk datang ke lokasi mereka. 

Contoh saja ketika anda ditunggu oleh teman disebuah rumah makan dan kemudian anda di chat untuk kesana agar menyusul lalu anda membalas “ oke bro otw nih “ yang artinya anda siap2 kesana baik sudah di jalan atau di rumah. OTW berasal dari kata “ On The way ‘ atau lagi dijalan. 

26. Lagi PW

Pernahkah anda mendengar istilah ini ? lagi PW atau dalam bahasa Indonesia “ Posisi Wenak “ yang membuat banyak pengertian seperti mager. Istilah PW banyak dipakai oleh orang untuk memberikan makna kalau sekarang ini dirinya tidak ingin kemana-mana karena sudah nyaman dengan yang mereka lakukan saat ini. Contoh saja, “bro ayo berdiri sebentar “ jawaban “ males ah lagi pw nih “. 

27. Japri aja

Nah kata gaul yang satu ini biasanya banyak di katakan oleh anak-anak kuliahan yang sedang mendapatkan tugas dan dishare secara umum, kemudian banyak anak-anak lain bertanya. “ Bro itu maksudnya gimana ya ? “, jawabannya “ Japri saja bro lebih enak jelasinnya “. 

Maksud Japri adalah Jalur Pribadi yang memudahkan anda memberi informasi lewat pesan singkat melalui whatsapp atau telegram soalnya kalau dishare ke group cepat tenggelam dan yang bertanya semakin banyak

Nah sekian informasi dari kami mengenai istilah-istilah bahasa gaul yang dipakai saat chattingan. Semoga informasi ini bisa memberikan sedikit pengetahuan untuk anda yang penasaran dengan bahasa gaul namun belum paham maksudnya seperti apa. Terimakasih. 
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Kumpulan arti kata, bahasa gaul, istilah saat chattingan"