Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Daftar situs untuk mengecek kecepatan internet secara akurat


Blog Orang IT- Internet seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengakses segala sesuatu yang berhubungan dengan hiburan, pekerjaan, pendidikan dan hal-hal lain yang tidak dapat anda temukan di dunia nyata. 

Terdapat banyak hal keren dan menarik yang bisa anda dapatkan ketika anda mengakses internet mulai dari informasi seputar perkembangan teknologi, berita , game serta hal-hal lainnya. 

Bahkan orang yang tinggal di pelosok desa sekalipun bisa mengetahui informasi di dunia luar berbekal perangkat smartphone yang terkoneksi ke internet. 

Berbicara tentang internet tentu erat kaitannya dengan kecepatan akses yang didapat dimana setiap perangkat baik smartphone, laptop dan PC memiliki spesifikasi tersendiri dalam menangkap jaringan internet. 

Tetapi ada juga faktor penyebab kenapa kecepatan internet anda cukup lambat, sebagian besar orang tentu pernah mengalaminya baik secara mendadak atau hampir setiap saat.

Kecepatan internet sendiri menentukan pengalaman pengguna saat browsing apakah berjalan dengan lancar dalam mencari informasi yang dibutuhkan atau tidak. 

Hanya saja sebagian orang merasa penasaran mengapa koneksi internet mereka tidak stabil, kadang cepat dan kadang juga lambat. Mungkin anda harus mengecek kecepatan koneksi internet dengan beberapa layanan yang bisa dipercaya, kabar baiknya anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun dan anda cukup masuk ke daftar situs untuk mengecek kecepatan internet secara akurat dan gratis.

Situs berikut dapat menunjukkan kecepatan internet yang sebenarnya sehingga anda bisa mengidentifikasi lebih lanjut penyebab koneksi internet lambat padahal  QOS yang didapatkan besar

Daftar situs untuk mengecek kecepatan internet

Itu mungkin karena proses update windows dibalik layar, update aplikasi terinstall , settingan proxy lambat aktif, auto download pada software manager, VPN publik tidak sengaja aktif yang justru membuat koneksi internet menjadi lambat dll


10 Situs Untuk Mengecek Koneksi Kecepatan Internet Terbaik 2020

1. Speed.io

Situs pertama yang kami rekomendasikan kepada anda untuk mengecek kecepatan koneksi internet adalah Speed,io yang benar-benar membantu anda mengetahui seberapa cepat koneksi akses internet yang anda dapatkan. 

Ketika anda merasa koneksi internet lemot, coba pakai situs ini untuk mengetahui seberapa baik jaringan yang diterima perangkat anda . Situs ini kompatibel dengan semua perangkat baik laptop, smartphone , tablet dll.

Ada banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dari situs ini, pertama memberikan informasi kecepatan internet secara detail hingga mampu mengukur kecepatan internet dari server lain yang ada di dekat anda. Broadband, 3G, 4G, Lte semuanya bisa di tes dengan layanan yang satu ini.

Speed.io akan mengecek kecepatan unduhan (menerima data dari internet) , upload (mengirim data ke internet) , kekuatan koneksi maksimum permenit , waktu ping (respon antara komputer). Semua tes dilakukan melalui browser menggunakan HTTPS tanpa memerlukan perangkat lunak lebih lanjut

Hampir semua jenis koneksi jaringan internet meliputi LTE , UMTS , GPRS , ISDN , VDSL dapat di uji . 

2. SpeedTest

Situs ini menggunakan Applet yang berbasis flash, namun penggunaanya juga masih tergolong ringan sehingga anda bisa mengecek kecepatan koneksi internet secara lengkap di situs SpeedTest langsung melalui browser.

Menariknya lagi aplikasi diagnosis bandwidth dari situs ini akan menampilkan secara menyeluruh berbagai jenis koneksi jaringan secara lengkap sehingga pengguna lebih mudah mengetahui kondisi kecepatan internet di tempat mereka.

Kelebihan dari Speedtest sendiri adalah terhubung dengan 2500 server dengan lokasi fisik yang tidak mempengaruhi hasil tes sama sekali dimanapun anda berada.

Cukup dengan masuk ke situs https://www.speedtest.net/ kemudian tekan tombol Begin Test, maka anda bisa langsung mengetahui informasi kecepatan internet dengan jelas.

Sejak didirikan pertamakali pada tahun 2006, layanan ini telah menghitung lebih dari 25 miliar tes kecepatan internet diseluruh dunia. Selain bisa diakses melalui website, layanan speedtest juga bisa di unduh dalam bentuk aplikasi iOS , android , macOS , windows , apple TV

3. Dslreports

Dslreports.com juga merupakan salah satu situs yang cukup efektif untuk mengetahui kecepatan internet dari sebuah jaringan yang anda gunakan.

Contohnya saja, ketika memakai modem dan koneksi internet terasa cukup lemot, maka cobalah http://www.dslreports.com/speedtest untuk mengetahui dengan jelas sebenarnya apa yang membuat koneksi anda menjadi lemot.

Sedikit tentang sejarah berdirinya situs ini, sudah ada sejak tahun 1999 dan pada saat itu hanya di pakai untuk media layanan review pelanggan terhadap layanan ISP yang ditawarkan. Ketika anda berkunjung ke situs ini, anda bisa melakukan test kecepatan apapun mulai dari kecepatan download dan upload serta beberapa test kecepatan jaringan lainnya (kabel , fiber , DSL , satellite , Wisp, 4G , Public Wifi , corporate/edu)

Baca juga: Perbedaan kecepatan Mbps MBps Kbps KBps 

Ketika melakukan pengujian jaringan di web browser , pastikan anda menutup semua tab dan tidak sedang melakukan aktifitas seperti download maupun upload. Beberapa service yang berjalan dibalik layar membuat hasil tes menjadi kurang akurat

4. BandwidthPlace

Bandwidthplace.com merupakan sebuah destinasi layanan tes kecepatan internet yang memberikan moto “ All in One “ yang berarti anda bisa melakukan tes pada semua kecepatan jaringan internet tanpa harus kehilangan detail informasi.

Situs ini banyak di pakai oleh para gamers untuk menguji kecepatan ping sebuah koneksi internet sehingga permainan mereka manjadi lebih stabil dan lancar. Penggunaan situs ini sepenuhnya sudah berbasis HTML5 yang juga menyediakan banyak layanan broadband dan menawarkan opsi koneksi internet yang jauh lebih lengkap.

Anda juga bisa memilih lokasi dan server secara spesifik untuk mengetahui kecepatan internet dan latency perangkat anda.

Bandwidthplace telah berpengalaman menguji kecepatan internet di seluruh dunia selama hampir 20tahun. Sangat cocok digunakan untuk mengukur kecepatan jaringan ISP , DSL , serat fiber , internet kabel

5. TestMySpeed

Salah satu situs yang cukup sederhana untuk menunjukkan kecepatan internet dari sebuah koneksi yang berasal dari handphone atau perangkat lain adalah testmyspeed.onl. Anda hanya tinggal membuka halaman situs ini , kemudian tekan Finding a Test Server, maka secara langsung akan menjalankan pengujian jaringan dan kemudian hasilnya akan tampil kecepatan koneksi internet secara lengkap mulai dari kecepatan download dan upload.

Situs tes kecepatan internet yang satu ini cukup interaktif sehingga mudah sekali untuk digunakan disemua perangkat apapun seperti laptop, PC, dan handphone.

TestMySpeed akan menguji kecepatan internet dengan memeriksa kecepatan download, upload dan ping. Ketika anda berlangganan jaringan ISP tentu secara teknis paket bandwidth yang ditawarkan pada secarik kertas/brosur berbeda dengan kenyataan. Oleh sebab itu anda membutuhkan layanan pengujian kecepatan internet seperti testmyspeed

6. MySpeed Visualwere

Kemudian situs lain yang bisa anda coba untuk mengecek koneksi internet di perangkat anda adalah Myspeed Visualwere yang memberikan banyak kemudahan untuk mengetahui detail kecepatan koneksi internet yang sebenarnya.

Meski tidak terlalu user Friendly dan membutuhkan instalasi tambahan Java, namun situs ini cukup powerfull dalam melakukan pengujian terhadap koneksi internet anda. Meski juga tidak terlalu interaktif untuk para pengguna smartphone, namun bagi pengguna perangkat PC atau laptop, hasil yang diberikan terbilang lengkap mulai dari kecepatan koneksi, jaringan, server, informasi provider, masalah latency dan masih banyak lagi hal lainnya.

Pada intinya situs ini masih cukup recommend untuk anda coba gunakan untuk mengetes kecepatan internet. Tidak disarankan bagi pengguna awam yang tidak ingin ribet!

7. Testmy.Net

Berbeda dengan situs tes kecepatan internet lain yang sudah kami sebutkan diatas, kalau yang satu ini lebih ke bentuk seperti diagram garis yang menunjukkan kecepatan dengan tanda naik dan turun atau artinya semakin semakin lemot maka garisnya semakin turun kebawah. 

Pada bagian kiri akan ditulis secara jelas informasi kecepatan dengan format MB, sedangkan pada bagian atas terdapat infomasi mengenai kecepatan download dan upload. Situs ini merupakan buatan Amerika dan dapat digunakan untuk mengetes kecepatan dari berbagai negara seperti Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia.

Testmy.net memiliki kelebihan lain yang mungkin saja tidak anda dapatkan dari situs lain yaitu mengumpulkan dan mendiagnosis semua data koneksi demi memperoleh hasil yang tepat untuk dilaporkan kepada pengguna.

TestMy.net menyediakan skenario dunia nyata, bukan skenario kasus terbaik yang menjadikan tes kecepatan ini menampilkan representasi yang dibulatkan dari bandwidth Anda. 

8. Speakeasy.net

Berikutnya,salah satu situs yang bisa anda coba untuk mengetes kecepatan internet baik download dan upload adalah Speakeasy.net. Anda bisa mengetahui secara lengkap koneksi bandwidth yang diterima oleh perangkat laptop atau hp. Anda hanya perlu memilih lokasi dan kemudian situs akan memberikan informasi lengkap mengenai kecepatan internet yang sudah anda tentukan diawal.

* Update : layanan ini sudah tidak bisa diakses lagi

9. NetWorx

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, namun untuk masalah kelengkapan informasi data jaringan internet... jelas sudah tidak diragukan lagi. Networx ini banyak memberikan kemudahan bagi semua orang yang ingin mengetahui dengan jelas dan lengkap kecepatan koneksi pada perangkat internet mereka.

Networx juga tersedia dalam bentuk software untuk pengguna windows. Selain dapat mengumpulkan data penggunaan bandwidth juga mampu mengukur kecepatan internet atau koneksi jaringan lainnya

Aplikasi ini juga dilengkapi diagnosis untuk membantu mengidentifikasi sumber masalah pada jaringan. Detail laporan antarmuka yang mudah di pahami dan tersedia fitur ekspor ke berbagai format seperti HTML , word , excel

Link download > https://filehippo.com/download_softperfect-networx/

10. Ping Test

Terakhir ... situs untuk mengecek kecepatan koneksi internet yang terbaik adalah Ping-test.net/speed_test, meski jarang di pakai banyak orang karena kurang populer, tetapi situs ini juga menampilkan informasi yang lengkap dan akurat mengenai kecepatan koneksi internet anda.

Layanan ini menggunakan teknologi Websocket untuk mengukur kecepatan koneksi internet yang sebenarnya. Server terbaik akan dipilih secara otomatis ketika anda memulai tes

Parameter berikut diukur ketika tes dijalankan:

PING (atau LATENCY) - jaringan tertunda dalam milidetik [ms] saat data dikirim antara komputer Anda dan Internet. Ini adalah parameter paling penting ketika kita berbicara tentang permainan atau panggilan online. Waktu latensi sangat tergantung pada jarak antara Anda dan server referensi. Semakin jauh jarak, nilai latensi yang lebih besar diharapkan. Nilai ping umum di jaringan domestik tidak boleh lebih dari 50 ms. Tetapi misalnya pada jarak antara Amerika Serikat dan Eropa nilai ping mungkin antara 100 dan 150 ms.

UNDUH - data yang mendapatkan kecepatan dari Internet diukur sebagai jumlah data dibagi dengan waktu pengiriman data dan ditampilkan dalam Mega Bytes per detik (Mb / s, Mbps). Kecepatan unduhan tergantung diukur menggunakan prokol TCP (WebSocket) sehingga tergantung pada latensi jaringan. Dengan kata lain, jika nilai ping lebih besar, koneksi akan mencapai throughput maksimum dalam waktu yang lebih lama.

UPLOAD - kecepatan pengiriman data ke Internet diukur dengan cara yang sama seperti dalam kasus pengunduhan dan ditampilkan juga dalam Mb / s.

Sekian informasi mengenai daftar situs untuk mengecek kecepatan koneksi internet terbaik dan terpercaya ditahun 2020

Oleh Helmykediri.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya