Skip to main content

Penyebab dan cara mengatasi smartphone sering mati sendiri


Selamat Datang di Blog Orang IT- Seringkali pengguna ponsel android mengalami masalah seperti ponsel mati mendadak atau ponsel restart sendiri. Hal-hal semacam ini banyak di alami pengguna android dari berbagai merk yang artinya ada penyebab tertentu yang membuat ponsel sering mengalami restart mendadak atau mati sendiri. 

cara mengatasi smartphone sering mati sendiri

Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi kepada anda tentang penyebab dan cara mudah mengatasi smartpone atau hp android yang sering mati mendadak. Ada beberapa penyebab yang jelas membuat ponsel anda selalu mati dan harus segera di perbaiki. 

Hp android yang seringkali mati ini biasanya di pakai untuk kegiatan normal seperti browsing di internet ataupun untuk bermain games, nah kalau anda penasaran seperti apa penyebab dan cara mengatasi smartphone android yang seringkali mati sendiri silahkan simak penjelasan dibawah ini. 

Solusi Hp Android Yang Seringkali Mati Sendiri

Setiap ponsel yang mati mendadak atau seringkali restart itu memiliki masalah yang berbeda-beda, ada yang memang karena human error dan juga ada yang dikarenakan kesalahan komponen atau sistem pada smartphone tersebut. Pada intinya semua itu ada penyebabnya dan akan kita bahas secara lengkap. 

Penyebab Smartphone Android Sering Mati Sendiri

1. Kesalahan proses rooting

Bagi pengguna android yang suka oprek ponsel mereka biasanya mengenal apa itu rooting, yaitu sebuah proses untuk membuka hak akses sebagai seorang developer dengan tujuan untuk meningkatkan perfoma ponsel agar lebih cepat (alias memaksa kinerja perangkat android supaya lebih cepat)

Padahal proses rooting ini cukup berbahaya lho apabila dilakukan pada ponsel, dampaknya sendiri bermacam-macam mulai dari hangusnya garansi resmi hingga kerusakan pada sistem jika terjadi kegagalan. 

Nah penyebab utama hp android sering mati ini dikarenakan kegagalan saat proses rooting atau di oprek dengan cara yang tidak safety yang akhirnya membuat kinerja sistem menjadi tidak stabil. Kegagalan sistem rooting akan membuat database pada file android hilang atau rusak jadi sangat wajar kalau setelah rooting terkadang hp tiba-tiba mati atau restart berkali-kali. 

Saran dari kami jika anda tidak tahu sama sekali mengenai proses rooting sebaiknya didampingi oleh para ahli, atau lebih baik menghindari hal tersebut. 

Sementara untuk memperbaikinya tinggal di unroot kembali setelah sebelumnya diflash dengan firmware yang original

2. Banyak file sampah 

Kemudian penyebab lain hp android seringkali mati adalah karena banyaknya file sampah yang menumpuk sehingga kinerja ponsel menjadi berat dan akhirnya harus mati mendadak karena kegagalan dalam memanagement ruang penyimpanan cache. 

File sampah bukan hanya berdampak terhadap kapasitas ROM di hp android anda tetapi juga terkadang membawa malware yang sangat berbahaya untuk sistem android itu sendiri. 

Contoh file sampah yang kerap sekali menumpuk di ponsel android adalah sampah dari chat whatsapp yang sudah lama di hapus namun masih menumpuk di folder sistem yang harus di bersihkan secara manual, kemudian ada lagi file sampah dari hasil uninstall aplikasi yang tidak seluruhnya bersih. 

Perlu untuk anda ketahui juga bahwa file sampah ini memiliki ukuran besar yang berpengaruh terhadap kapasitas penyimpanan atau memori internal ponsel anda. 

3. Aplikasi rusak

Aplikasi yang rusak atau seringkali memunculkan notifikasi Force Close ini bisa jadi karena sistem yang bermasalah atau tidak supportnya aplikasi terhadap versi android yang ada di ponsel anda. 

Keduanya memang memiliki pengertian yang berbeda, ketika aplikasi tidak bisa di instal maka akan langsung muncul pemberitahuan application not support your version android, tetapi kalau aplikasi bisa di instal namun tidak dapat di buka itu sudah beda lagi (application not compatible)

Nah yang berbahaya adalah ketika aplikasi bawaan pabrik atau ponsel tidak bisa dibuka semua setelah anda mengupgrade versi OS android dan tiba-tiba ponsel sering mati atau restart sendiri.

4. Sistem pada android  error

Hal lain yang menyebabkan ponsel android anda seringkali mati mendadak disebabkan karena sistem pada hp android yang error. Sistem android error itu bisa dikarenakan beberapa hal seperti terinfeksi malware, menghapus file sistem penting secara tidak sengaja atau ada beberapa file sistem yang crash. 

Ketiga hal ini yang membuat sistem di hp android anda gagal untuk mengoperasikan service secara maksimal dan mau tidak mau harus mati dan restart sendiri demi memulai semuanya dari awal lagi begitu seterusnya

5. Overload pada CPU dan GPU

Kinerja ponsel yang berlebihan ternyata memiliki pengaruh kuat terhadap perfoma dari CPU dan GPU yang intinya setiap kali anda memaksa ponsel untuk bekerja lebih keras, kedua komponen tersebutlah yang paling dipaksa untuk benar-benar memberikan hasil terbaik sesuai dengan keinginan pengguna. 

Tetapi pada kenyataannya, tidak semua ponsel dengan spesifikasi terbatas mampu melakukan itu dan pada akhirnya kinerja menurun. Contoh saja, ponsel dengan spesifikasi terbatas anda paksa untuk bermain games berat dengan grafis yang tinggi, ponsel dengan spek rendah dari merk apapun pastinya juga akan tumbang begitu saja. 

Biasanya komponen yang akan overload ada di CPU, memory  RAM dan GPU. Jadi sesuaikan penggunaan ponsel anda dengan spesifikasi yang di miliki, pakailah ponsel secara bijak sehingga awet dan tahan lama. 

6. Panas yang berlebihan

Kondisi panas pada smartphone android juga berpengaruh terhadap kinerja semua komponen yang ada di dalamnya seperti RAM, Processor dan lain sebagainya. Biasanya ponsel yang panas ini di akibatkan penggunan  dari user yang terlalu memaksa ponsel untuk bekerja lebih cepat, sebagai contoh memakai cleaner app dan app booster

Cara semacam ini boleh saja anda lakukan dengan catatan tidak menghapus file sistem bawaan. Kemudian yang kedua adalah pemakaian ponsel yang tidak wajar, contoh mencharger sambil bermain games atau aktivitas lain yang membuat ponsel tidak maksimal untuk mengisi daya pada baterai yang berakhir pada kondisi baterai menjadi panas. 

Kondisi baterai yang panas juga berpengaruh langsung pada meningkatnya suhu ponsel dan akhirnya seringkali hang kemudian mati mendadak.

7. Baterai ponsel soak

Hal terakhir yang menyebabkan ponsel android sering mati mendadak saat digunakan mungkin disebabkan oleh komponen baterai yang sudah usang/menggembung/bocor sehingga proses pengalokasian sumber daya pada setiap komponen smartphone tidak berjalan dengan baik

Ciri-cirinya bisa anda rasakan ketika proses charger ponsel berlangsung singkat (hanya 5 menit sudah 100%) , atau sumber daya baterai yang cepat habis , bisa juga dari segi pemakaian yang sudah cukup lama

Ponsel android saya juga begitu karena kebiasaan thetering wifi sambil dicharger, beberapa menit dicharger sudah penuh lalu digunakan sebentar sumber daya baterai cepat habis dan sering mati mendadak

Baca juga: Cara smartphone membunuh penggunanya

Nah dari semua penyebab ponsel mati mendadak diatas tentu anda pernah mengalami salah satunya atau minimal melakukan hal-hal yang kami sebutkan diatas, oleh karena itu kami memiliki tips untuk anda yang ingin mengatasi ponsel android yang seringkali mati sendiri. 

Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Sering Mati Sendiri

  • Membersihkan cache android – Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membersihkan semua cache ponsel mulai dari sistem dan browser internet. Lakukan hal yang sama juga terhadap file sampah yang mengendap di ponsel anda selain itu hapus file data yang dianggap memenuhi kapasitas penyimpanan secara manual
  • Uninstall aplikasi ukuran besar – Kemudian hapus aplikasi yang memiliki ukuran besar dan jenis aplikasi yang sama sekali tidak cocok/ support dengan versi hp android anda atau jarang digunakan
  • Unroot ponsel android – Ponsel android yang di root menimbulkan banyak dampak negatif dan lebih rentan mengalami error, ada baiknya anda melakukan unroot ponsel agar stabilitas sistemnya kembali seperti semula.
  • Hindari aplikasi anti virus – sebenarnya setiap ponsel yang anda miliki sudah memiliki antivirus bawaan pabrik , jadi tidak perlu menginstal antivirus pihak ketiga yang berjalan realtime dibalik layar
  • Factory reset – Tips terakhir dari kami adalah melakukan factory reset atau mengembalikan pengaturan ke bawaan pabrik dan mengosongkan semua memori internal telepon

Nah itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi smartphone android yang sering mati atau restart sendiri. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih. 

...helmykediri..com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar