10 Daftar Situs Untuk Download Ebook Gratis

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT- Tidak banyak orang yang tahu bahwa kegemaran membaca dan mencari informasi itu tidak selalu membutuhkan buku fisik atau harus pergi ke perpustakaan kemudian membaca buku sambil duduk/meminjam buku untuk dibawa pulang ke rumah. 
Salah satu cara terbaik untuk menghemat waktu namun tetap bisa menikmati hobi adalah dengan membaca buku digital atau biasa disebut dengan E-Book ( electronic book ), jenis buku digital ini bisa anda temukan dan download secara gratis maupun berbayar dari internet, cukup dengan mengetikkan judul buku atau ebook yang anda inginkan maka secara otomatis akan muncul deretan file ebook dari berbagai penulis yang siap untuk di baca atau disimpan kedalam Smartphone/PC, bahkan di toko online playstore juga tersedia produk katalog khusus ebook namanya playbook (tentu saja tidak gratis)

Daftar Situs Untuk Download Ebook Gratis

Menemukan E-Book di zaman ketika ilmu pengetahuan dan teknologi sedang berkembang pesat seperti ini bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan, anda hanya perlu duduk atau berbaring di tempat tidur sambil membaca ebook melalui perangkat gadget secara online maupun offline langsung dari genggaman tangan anda. 
Tidak perlu mengeluarkan banyak uang ataupun membuang waktu berharga serta tenaga untuk mencari-cari dan membeli buku fisik di toko buku, terlebih lagi kalau rumah anda memang cukup jauh dari tempat penjualan buku. 

Pengertian Ebook

Buku elektronik (disingkat ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. 
Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang lebih kecil bila dibandingkan dengan buku fisik, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. 
Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks, pdf, jpeg, doc lit dan html. Setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.
Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.
Nah, pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi menarik kepada semua pembaca setia blog Helmykediri tentang Daftar 10 Situs yang Menyediakan Download Ebook Secara Gratis maupun berbayar. 
Pada intinya semua E-book yang ada di situs ini bisa dijamin legalitasnya dan siap untuk anda baca. Silahkan simak informasinya dibawah ini. 

10 Daftar Situs Download Ebook Gratis

1. Manybooks.Net

Salah satu situs yang bisa anda kunjungi untuk mendownload buku elektronik atau ebook adalah situs manybook.net yang tentunya bisa dengan mudah bisa anda akses langsung melalui perangkat mobile maupun dekstop. 
Situs ini juga menyediakan berbagai jenis buku mulai dari sains, penemuan hingga bacaan biasa. Ada yang versi gratisan dan selamanya bisa anda baca namun ada juga yang versi premium, biasanya versi premium ini salinan lengkap dari buku fisik asli yang dijual di pasaran atau toko buku. 
Manybook menyediakan hingga 50.000+ ebook dan memiliki pembaca aktif sekitar 150.000+ . Berbagai genre tersedia seperti romace , action & adventure, mystery , biography, young adult , fantasy , horror , fiction dll. Hampir semua ebook populer mendapat diskon
Silahkan pilih saja buku yang menurut anda cocok untuk dijadikan bacaan dan sesuai kebutuhan anda. 

2. Booboon.com

Kemudian situs lain yang juga menyediakan banyak ebook gratis dan legal adalah bookboon.com yang di dalamnya terdapat berbagai jenis Ebook lengkap dengan informasi tahun terbit dan penulisnya. 
Sama dengan situs pertama tadi, di bookboon.com ini banyak tersedia ebook gratisan dan juga berbayar tergantung dari kebutuhan anda, untuk membeli Ebook berbayar bisa dilakukan dengan metode paypal dan kartu kredit. 
Semua Ebook yang ada di Bookboon.com legal dan bebas di baca oleh semua orang. 
Update : Situs ini sudah tidak aktif lagi

3. Openlibrary.org

Pertama kali anda masuk ke website ini mungkin akan merasa sedikit takjub, layaknya sebuah perpustakaan besar, ada banyak sekali Ebook yang bisa dibaca dengan berbagai terjemahan dari seluruh dunia. 
Tidak heran kalau situs yang satu ini menjadi situs download Ebook terbesar yang ada di internet, hampir semua ebook yang ada di sana sebagian besar memang gratis dan bisa didownload untuk dibaca secara offline. 
Anda bisa mendapatkan lebih banyak ilmu jika mengakses openlibrary.org. Kenapa situs ini memiliki banyak Ebook ? Situs ini sebenarnya sebuah open project, yang mana semua pengguna situs dapat berkontribusi untuk mengirimkan Ebook mereka agar bisa di baca semua orang yang berkunjung ke situs tersebut. 
Jangan sembarangan mengunggah ebook dengan maksud iseng , spam atau hal lain karena user pengguna bisa diblokir kapan saja

4. Getfreebooks.com

Melengkapi daftar situs ebook gratis dan legal, kami menempatkan situs ini ke nomor-4 karena memang akses ke dalam situs memberikan pengalaman pengguna yang baik selain cepat dan mudah dinavigasi hampir pada semua tipe perangkat. 
Situs ini menawarkan banyak sekali jenis Ebook dengan kategori tertentu seperti ebook sains, cerpen, cerita horror dan lain sebagainya. 
Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut dengan perangkat mobile atau laptop, nikmati semua buku gratis yang tersedia didalamya tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Ada jutaan Ebook gratis yang siap menemani waktu luang anda
Update : Situs ini sudah tidak aktif lagi

5. Ebookdirectory.com

Situs download Ebook gratis yang tidak boleh terlewatkan adalah Ebookdirectory.com yang menawarkan banyak ebook gratisan dan bisa anda baca lanngsung dari ponsel kesayangan. 
Ada sekitar 20.000 Ebook gratis dan sisanya berbayar, silahkan pilih beberapa ebook sesuai kategori dan kebutuhan anda. 
Ada Ebook untuk anak-anak, bertemakan komputer dan sebagainya. Meski tidak selengkap situs-situs sebelumnya, tetapi Ebookdirectory.com memiliki tampilan user friendly untuk semua pengguna

6. Ebooklobby.com

Tidak kalah dengan situs ebook lainnya, situs ini juga menawarkan banyak ebook gratisan yang bisa di download secara legal. Ada banyak sekali ebook dari berbagai kategori pilihan seperti jaringan, sains, seni, fotografi dan masih banyak lagi yang lainnya. 
Silahkan menambah wawasan dengan membaca koleksi ebook gratis disitus ini. Dalam pembagian kategorinya sendiri, ada sekitar 35 buku untuk kategori kesehatan, 6 buku olahraga, 17 buku tentang traveling. 19 buku tentang anak, 18 buku tentang makanan, 18 buku tentang entertainment, 35 buku tentang kesehatan tubuh dan jiwa, 18 buku tentang cara memasak, 40 buku tentang fotografi dan masih banyak lagi yang lainnya. 
Tampilannya yang terlihat jadul justru menjadi kelebihan karena proses downloadnya cepat dan tidak perlu membuat akun

7. Gutenberg,Org

Masuk ke dalam salah satu daftar situs download Ebook gratisan, menjadikan situs ini layak untuk anda coba. Ada banyak sekali Ebook gratis lengkap dengan data detail seperti nama pengarang hingga tahun terbit. 
Meski tidak sebanyak situs penyedia ebook gratis lain namun dari sisi legalitas, jelas situs ini sudah sangat memenuhi syarat. 
Project Gutenberg adalah perpustakaan online yang terdiri dari 60.000+ eBook gratis. Pilih di antara format epub dan Kindle, unduh atau baca online. Ribuan sukarelawan mendigitalkan buku dan mengunggahnya untuk kesenangan dan pendidikan.
Tanpa biaya atau pendaftaran! Semua ebook dari Project Gutenberg 100% gratisa. Jika Anda merasa Project Gutenberg bermanfaat, pertimbangkan untuk memberi sumbangan kecil, untuk membantu Project Gutenberg mendigitalkan lebih banyak buku, dan mempertahankan kehadiran online mereka 
kn
Ada banyak laporan masuk mengenai situs yang memungut biaya untuk eBook yang disediakan secara gratis oleh Project Gutenberg.  
Buka situs Gutenberg.org dan nikmati daftar ebook gratis yang tersedia di dalamnya. Kami rasa situs ini juga patut dipertimbangkan karena ada banyak kategori yang mungkin anda sukai. 

8. Free-Ebooks.net

Sesuai dengan nama situsnya yaitu Free-Ebooks.net , situs ini hanya menyediakan ebook gratisan dan legal saja. 
Ada banyak sekali Ebook gratis dengan kategori utama hingga sub kategori tertentu yang mempermudah anda menemukan detail buku yang sedang dibutuhkan
Jarang-jarang lho ada situs yang mau merapikan kategori hingga pada bagian sub kategori Ebook, situs ini akan mempermudah pembaca dalam memilih buku kesukaan atau sesuai dengan kebutuhan dengan cepat dan ringkas. Saya rasa wajib untuk anda coba. 

9. Bookyards.com

Situs penyedia buku digital lain yang wajib untuk anda coba adalah Bookyards.com, meskipun tidak sepopuler situs lain diluar sana, namun untuk situs yang satu ini sebenarnya cukup bagus sebagai salah satu penyedia ebook gratis. 
Ada banyak pilihan jenis ebook yang bisa anda baca, kira-kira sekitar 20.000+ ebook gratis. Anda bisa mendownloadnya dengan mudah melalui smarpthone ataupun via laptop. Tidak terlalu muluk-muluk menginstall aplikasi ebook, cukup siapkan  smarpthone dan kunjungi Bookyards.com sekarang juga

10. Books.Google.com

Salah satu situs penyedia Ebook gratisan yang menurut kami paling populer adalah Ebook dari Google yang mana dirangkum secara lengkap dari setiap kategori pencarian sehingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengguna. 
Ada berbagai macam jenis ebook yang bisa anda temukan di Book.Google, mulai dari kategori paling asing sekalipun bisa anda jumpai

Baca juga: Cara download buku digooglebook

Nah sampai disini dulu informasi mengenai daftar situs download ebook gratisan dan legal yang wajib anda kunjungi, semoga bermanfaat untuk kita semua. sekian dan terimakasih. 

Related Post