Skip to main content

8 Alasan memilih jurusan Teknik Informatika dibandingkan jurusan lain

Selamat Datang di Blog Orang IT- Tamat di sekolah menengah sudah, nah saatnya bagi kamu untuk memutuskan jurusan dan kampus yang ingin kamu tempati untuk berkuliah. Dalam memilih jurusan kuliah tentunya kita tak boleh sembarangan memilih karena itu akan berpengaruh pada kariermu di masa depan. 

Alasan memilih jurusan Teknik Informatika

Pilihlah jurusan yang kiranya cocok dengan passionmu dan berkemungkinan memiliki prospek kerja yang baik kedepannya. Dengan begitu maka kamu bisa bekerja dengan senang hati dan tak merasa terbebani. 

Karena sejatinya pekerjaan yang paling baik itu adalah hobi yang dibayar. Ketika kamu senang melakukan pekerjaanmu maka tentu saja kamu akan dapat bekerja secara maksimal. 

Pada umumnya terdapat banyak jurusan yang tersedia di berbagai universitas. Namun disini saya akan  menyarankan kamu untuk mengambil jurusan teknik informatika. Mengapa demikian? berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan teknik informatika dibandingkan jurusan lain.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika

1. Prospek Kerja yang Bagus

Berbicara tentang prospek kerja teknik informatika, tentu saja sebagian besar orang sudah tahu bahwa jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik. 

Teknologi yang semakin berkembang pesat serta tenaga TI di Indonesia yang minim membuat semakin besarnya kebutuhan akan tenaga lulusan teknik informatika. Belum lagi gaji yang ditawarkan untuk lulusan teknik informatika juga tak sedikit.

Mengingat saat ini penggunaan internet semakin banyak, juga bermunculan ragam inovasi teknologi, kian berkembangnya bisnis digital, serta persiapan menghadapi revolusi industri 4.0.

Bukan hanya perusahaan-perusahaan di Indonesia saja. Perusahaan asing yang ada di luar negeri pun banyak yang membutuhkan tenaga IT.

Itulah alasan utama mengapa kamu perlu mempertimbangkan masuk ke jurusan Ini. Selain prospeknya yang bagus, juga menjanjikan gaji tinggi. Namun tentu saja itu juga sejalan dengan seberapa mumpuni tingkat skill yang kamu miliki.

Bagi kamu yang masih penasaran dengan prospek kerja teknik informatika, kamu bisa membaca pejelasan lengkapnya di artikel Lulusan S1 dan D3 Teknik informatika Bisa Kerja Dimana?

2. Bisa Menciptakan Pekerjaanmu Sendiri

Dengan bekal kemampuan yang kamu pelajari di lingkungan kampus, kamu bisa membangun perusahaan atau produk berbasis IT-mu sendiri. Baik itu berupa software, produk grafis, video, dan sejenisnya. Pokoknya kamu bisa mengeksplorasi sendiri kemampuanmu menjadi sebuah produk yang menjanjikan

Jadi, bisa dikatakan bahwa jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang tak suka diatur-atur dan diperintah oleh orang lain. Disini kamu juga bisa membangun usaha atau perusahaanmu sendiri dari nol.

Aplikasi-aplikasi menarik yang kamu buat mungkin saja akan banyak diminati oleh orang-orang Indonesia yang kebanyakan masih minim pengetahuannya akan IT.

3. Menciptakan Lapangan Kerja Untuk Orang Lain

Selain membangun usahamu sendiri, alasan lain yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan teknik informatika ini adalah kamu bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Kamu akan membantu menekan angka pengangguran di tempat tinggalmu karena telah mempekerjakan mereka. Atau dengan kata lain kamu telah menolong mereka dari jurang pengangguran.

Dalam hal ini kamu bisa mempekerjakan mereka atau bahkan memberikan mereka pelatihan khusus IT agar bisa meningkatkan taraf hidup, apalagi yang gaptek sama sekali. Kemudian selanjutnya tinggal kamu yang mengatur kedepannya apakah pelatihan itu akan kamu buat gratis atau berbayar.

Dengan begitu, selain kamu membantu orang di sekitarmu, kamu juga akan dapat bayaran jika pelatihan tersebut kamu buat berbayar misal menyelenggarakan seminar atau workshop 

4. Tidak terlalu banyak Hafalan

Dalam jurusan teknik informatika, kamu tak harus dipusingkan untuk menghafal banyak rumus atau konsep ilmiah yang ribet. Karena disini kamu dituntut untuk memahami bukannya sekedar menghafal. Dengan memahami sesuatu tentunya akan jauh lebih mudah bagimu untuk mempelajari sesuatu daripada menghafal.

Hal utama yang wajib kamu asah dalam jurusan ini adalah kemampuan berlogika. Karena nantinya  akan kamu butuhkan dalam melakukan pemrograman dan membangun sebuah software atau hal menarik lainnya dalam bidang IT.

5. Lulusannya memiliki banyak peluang untuk bekerja freelance

Mengambil jurusan teknik informatika akan memberikan kamu banyak peluang mendapatkan pekerjaan sampingan yang berhubungan dengan IT. Apalagi jika skill yang kamu miliki sudah cukup banyak dan terbilang bagus. 

Tentunya kadang akan banyak tawaran proyek dari orang luar untuk dibuatkan sesuatu. Entah itu aplikasi, desain grafis, editing video, web development, membuat animasi, jadi konsultan IT dan masih banyak lagi. Tinggal menyesuaikan dengan skill apa saja yang kamu miliki.

Tawaran ini biasanya akan banyak berdatangan jika orang lain tahu bahwa kamu adalah lulusan teknik informatika. Bahkan tak jarang saat kamu masih kuliah pun ada saja tawaran proyek seperti demikian.

6. Kamu akan dianggap keren 

Sebagian orang menganggap sarjana lulusan teknik informatika itu keren karena bisa mengerjakan sesuatu yang rumit dan berhubungan dengan komputer.

Ketika kamu menyandang gelar sebagai programmer pro maka kamu akan jadi bahan rebutan perusahaan-perusahaan besar. Dalam hal ini kamu akan sangat dihormati dan dianggap hebat oleh orang di sekitarmu.

Apalagi jika kamu jago desain dan mengedit video, itu adalah kemampuan yang kadang bikin lawan jenis jatuh hati dan bisa jadi sumber penghasilan tambahan bagi kamu.

7. Kamu bisa langsung memperbaiki laptop atau komputermu sendiri

Di dalam jurusan ini kamu juga akan diajari tentang hal-hal teknis dalam perakitan komputer. Baik itu perakitan maupun memperbaiki komputer. Bahkan tak jarang kamu juga akan diajari memperbaiki laptop rusak.

Dengan masuk dalam jurusan ini maka kamu tentunya bisa menghemat biaya perbaikan laptop atau komputermu sendiri. Kalau ada laptop atau komputer yang rusak kamu tak perlu lagi membawanya ke tempat service, karena kamu sendiri sudah bisa menanganinya.

Atau jika memungkinkan kamu juga bisa membuka usaha perbaikan laptop atau komputer di daerahmu. Tentunya dengan catatan bahwa kamu memang menguasai kemampuan tersebut.

8. Bisa diterima di berbagai kantor dinas

Untuk kamu yang memang ingin bekerja kantoran, jurusan ini bisa kamu pertimbangkan. Karena memang lulusan teknik informatika itu dibutuhkan hampir di semua kantor dinas dan kementerian. 

Sebab semua kantor saat ini pastinya memiliki minimal satu komputer. Dan disinilah peran kamu dibutuhkan, entah itu sebagai operator, teknisi, atau perpaduan dari keduanya.

Jadi bisa dikatakan bahwa jurusan teknik informatika ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau terlalu dipusingkan dengan urusan mencari kerja.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait beberapa alasan memilih jurusan teknik informatika dibandingkan jurusan yang lain. Bagi kamu yang memutuskan ingin masuk ke jurusan teknik informatika, kamu bisa membaca atau sekedar melihat-lihat artikel tentang 32 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar