Skip to main content

4 Cara mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang

Selamat Datang di Blog Orang IT. Semakin berkembangnya teknologi selalu di iringi dengan perubahan cara seseorang dalam berkomunikasi. Jika dulunya aktivitas berkomunikasi harus dilakukan melalui tatap muka secara langsung, saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi karena teknologi membuat manusia dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka atau bertemu

Seperti telepon, video call, chatting dsb

Salahsatu hal yang dibutuhkan dalam berkomunikasi pada saat ini yaitu kontak yang pastinya berbentuk kode unik (username) atau deretan angka atau huruf yang bisa berkaitan dengan identitas seseorang. Misalnya jika anda ingin menghubungi saya lewat instagram cukup mengetahui user akun saya saja @helmykediri

Namun terkadang masalah demi masalah timbul dalam bidang teknologi, semua itu merupakan hal yang biasa terjadi pada produk buatan manusia yang kedepannya kekurangan ini akan menjadi penyempurnaan untuk membuat produk tersebut menjadi lebih baik .

Beberapa kekurangan sebenarnya sudah diantisipasi oleh pengembang teknologi, mungkin karena kurangnya sosialisasi membuat para pengguna perangkat teknologi sebagian masih gaptek

Salah satu masalah sepele yang mendebarkan yaitu hilangnya kontak secara tiba-tiba ataupun terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti hpnya ngebootlop sehingga terpaksa harus di reset semua datanya.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari cara untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang, kamu berkunjung ke blog yang tepat! silahkan lanjut membaca...

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus atau Hilang

Saat ini sudah ada banyak sekali cara yang dibahas di internet mengenai tips meminimalisir terjadinya kesalahan personal yang mengakibatkan kontak handphone hilang entah karena sengaja dihapus ataupun kesalahan yang tidak disengaja.

Nah, bagi kamu yang sudah terlanjur kehilangan kontak dan ingin mengembalikannya seperti semula sebenarnya terdapat beberapa opsi cara yang bisa kamu lakukan. Langsung saja cek dibawah ini untuk mengetahuinya.

- Cek settingan kontak

Bagi kamu yang merasa kehilangan kontak secara tiba-tiba padahal kamu tidak melakukan penghapusan kontak, maka kamu bisa mencoba menggunakan cara yang satu ini karena kemungkinan terjadi kesalahan settingan.

Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi kontak

Sistem smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi kontak didalamnya. Nah, kamu tinggal membuka aplikasi kontak tersebut pada hp yang bermasalah tadi.

2. Masuk ke settingan kontak

Setiap hp terkadang terdapat perbedaan menu kontak, secara umum biasanya terletak di pojok kanan atas atau anda bisa menemukannya di ikon menu

3. Ganti settingan yang bermasalah

Nah, langkah selanjutnya yaitu kamu tinggal mengubah setting pada aplikasi kontaknya. Seperti , apakah kamu menonaktifkan tampilan kontak SIM1 atau SIM2 dan lain sebagainya terutama jika semua daftar kontak ternyata disimpan kedalam SIM1 (utama) pastinya anda tidak akan melihat kontak tersebut apabila pengaturan kontak hanya menampilkan daftar nomor dari memori penyimpanan telepon

atur sumber kontak

- Menggunakan situs live.com

Bagi kamu pengguna hp atau smartphone dengan sistem operasi windows phone, maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mencoba mengembalikan kontak yang tiba-tiba hilang terutama jika memang benar terhapus.

Caranya yaitu :

1. Buka web live.com

Kamu tinggal masuk ke website live dengan url www.live.com lewat browser yang kamu pakai, atau kamu juga bisa menggunakan perangkat teknologi lain seperti komputer, laptop, dan sebagainya

2. Kemudian login ke situs tersebut

Jika kamu menggunakan windows phone pastinya kamu juga akan memiliki akun tardaftar atau disuruh membuat akun sedari awal. Nah, kamu login saja kedalam akun yang telah kamu buat sebelumnya di hpmu melalui situs tersebut.

3. Melakukan pengembalian kontak

Setelah masuk, kamu buka saja menu manage. Kemudian pilih yang bertuliskan restore deleted contacts. Jika kamu mengaktifkan sinkronisasi sebelumnya dan tidak merubah settingannya, pastinya akan muncul daftar kontak pada hp yang ada pada akunmu

Apabila kamu sudah menemukan kontak yang hilang, kamu hanya tinggal memilih kontak yang ingin kamu restore atau apabila kamu ingin mengembalikan semuanya maka kamu tinggal klik select all.

- Menggunakan bantuan google

Bagi kamu pengguna android atau yang hpnya tersinkronisasi dengan akun google, kamu bisa melakukan cara yang satu ini untuk mengatasi permasalahan hilangnya kontak akibat terhapus ataupun yang lain.

Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke gmail

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan masuk ke akun gmail dengan menggunakan akun gmail yang sama/pernah digunakan untuk login ke hp yang kontaknya hilang tadi.

Namun, pastikan akunnya pernah disinkronisasi sebelum kontak tersebut hilang dan pastinya sinkronisasi hp kamu dalam keadaan aktif juga

Cek disini > https://contacts.google.com 

penyimpanan google contact

Apakah anda menemukan daftar kontak? jika iya, mari kita lanjutkan proses import

Buka menu setting > akun > sinkron > lainnya > google > pilih alamat email anda (kalau alamat email dulu sudah pernah dilog-out masuk kembali dengan mengklik tombol +tambah akun > setelah itu pilih email misal helmykediri@gmail.com  

2. Buka contacts

Nah, setelah masuk ke akun gmail, kamu akan melihat tombol lanjutan pada bagian kiri atas yang bertuliskan gmail yang berwarna merah. Kamu klik atau tekan saja tombol tersebut dan nantinya akan muncul dropdown baru.

Pilih saja yang bertuliskan contacts supaya bisa masuk ke bagian selanjutnya > lakukan sinkronasi kontak terlebih dahulu

sinkronisasi kontak

3. Tekan tombol eksport

Setelah kamu buka tombol contacts tadi, nantinya akan muncul tampilan baru yaitu google contacts. Kamu scroll saja kebawah dan klik pada menu yang bertuliskan more atau jika settingannya berbahasa indonesia maka bertuliskan lainnya.

Setelah itu akan muncul dropdown baru, pilih saja yang bertuliskan export atau ekspor. Kemudian pilih pada menu go to old version. Nantinya kontak-kontak yang dulu ada akan bermunculan kembali.

Atau buka menu kontak > setelan > import/eksport > import dari > pilih akun gmail (setiap hp memang tampilannya beda)

import kontak dari

4. Pindahkan kontak ke hp

Apabila kontak-kontaknya sudah bermunculan, langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pemindahan kontak tersebut ke hp. Namun pastikan email tersebut sudah terhubung pada hp yang kamu inginkan.

Setelah itu kamu tinggal melakukan centang pada kontak yang ingin kamu import, atau jika ingin semuanya kamu tinggal centang pada bagian paling atas dan otomatis nanti akan tercentang semuanya.

Kemudian kamu tinggal klik tombol lainnya dibagian atas dan pilih yang bertuliskan pulihkan kontak. Nantinya juga akan muncul popup yaitu waktu restore contact. Kamu masukkan waktu dimana kontak tersebut belum hilang, kemudian kamu tinggal klik restore.

Bisa juga dilakukan melalui cara sinkronisasi akun

Setelah kamu selesai melakukan pemindahan lewat google, kamu sekarang tinggal melakukan sinkronisasi pada hpmu. Kamu tinggal masuk ke setting, kemudian buka menu account dan pilih akun google yang kamu gunakan tadi.
Kemudian pilih pada bagian "sinkronisasikan sekarang". Kamu tinggal menunggu beberapa saat, nantinya kontak-kontak tadi akan muncul di hp kamu kembali.

- Menggunakan aplikasi tambahan

Sebenarnya cara diatas sudah sangat cukup untuk melakukan pengembalian kontak yang hilang. Namun, apabila tetap tidak berhasil maka, solusi lain yang mungkin ampuh untuk mengatasi masalah anda yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Caranya yaitu :

1. Install dan buka aplikasi restore contacts

Kamu bisa mendapatkan aplikasi seperti ini di playstore maupun appstore lainnya yang ada di hpmu. Aplikasinya pun bervariasi, pilih saja aplikasi yang menurutmu paling bagus. Namun disarankan menggunakan aplikasi restore contacts yang berukuran 2MB saja.

2. Buka aplikasinya

Setelah selesai di download dan kamu install, selanjutnya kamu tinggal membuka aplikasi tersebut. Apabila kamu menggunakan hp dengan sistem operasi android yang lebih baru, mungkin akan muncul tombol konfirmasi, kamu tinggal pilih setuju atau agree saja.

Nantinya akan muncul beberapa kontak yang telah terhapus di hpmu. Nah, kamu tinggal memilih saja kontak yang ingin kamu kembalikan kemudian menambahkannya kembali kedalam hpmu. Atau kamu juga bisa menekan nomor pada aplikasi tersebut, kemudian nanti muncul tombol baru dan klik tombol restore.

aplikasi restore contact

Itulah artikel mengenai cara mengembalikan kontak hp yang terhapus atau hilang. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami kesusahan karena kehilangan kontak yang ada di hp apalagi kontaknya si doi

.....http://helmykediri.com/

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar