Skip to main content

7 cara mengetahui handphone sedang disadap

Selamat Datang di Blog Orang IT. Handphone merupakan salah satu perangkat teknologi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya. Ada banyak sekali hal-hal yang bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan handphone. 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah berkomunikasi dengan orang lain, mencari beragam sumber informasi, alat untuk berbisnis, dan masih banyak hal lainnya.

7 cara mengetahui handphone sedang disadap

Berbagai hal yang bisa kalian lakukan tergantung dari kebutuan pengguna handphone masing-masing. Terkadang ada juga orang-orang yang memanfaatkan handphone untuk hal negatif. 

Kalian bisa merasakannya ketika handphone yang digunakan tiba-tiba mengalami gangguan tanpa adanya sebab yang kalian ketahui sendiri. Biasanya hal ini seringkali dilakukan oleh para penyadap handphone. 

Untuk itu, kalian harus tetap waspada dalam menggunakan smartphone milik kalian dalam sehari-harinya. Kalian harus tahu bagaimana cara mengetahui handphone kalian tengah disadap oleh orang lain atau tidak. 

Sehingga, kalian bisa melakukan pencegahan supaya tidak terjadi kendala saat menggunakan handphone anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui handphone disadap oleh orang lain!

7 Cara Mengetahui Hp di Sadap

1. Suhu Hp Anda Berubah Drastis

Pastinya kalian pernah merasakan bagaimana perubahan suhu pada smartphone milik kalian. Ketika smartphone yang digunakan terlalu sering untuk menjalankan berbagai aktivitas layanan yang ada di smartphone. 

Beberapa hal yang bisa membuat suhu smartphone kalian terasa panas seperti bermain game secara berlebihan, menjalankan aplikasi sambil di charger, dan lain-lain.

Naiknya suhu pada smartphone kalian bukan hanya disebabkan oleh hal seperti itu saja. Kemungkinan terkena sadap juga bisa saja karena Hp yang tidak digunakan untuk hal semestinya tiba-tiba mengalami kenaikan suhu. 

Hal ini tentu akan membuat kalian khawatir ya kan! Si penyadap bekerja secara terus menerus mengirimkan file berbahaya ke dalam smartphone anda atau sebaliknya mereka mendownload file rahasia dihandphone anda. Sehingga akan terjadi perubahan suhu yang cepat panas.

2. Muncul Suara Dengan Sendirinya

Salah satu fungsi smartphone yaitu bisa dijadikan sebagai alat hiburan, seperti halnya mendengarkan musik. Dengan adanya musik, kalian akan terhibur dan merasa nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. 

Musik bisa menghasilkan suara yang sangat merdu dan nyaman ketika didengarkan. Nada-nada yang ada di dalamnya tidak akan membuat telinga kalian penging pastinya.

Nah, dari suara yang tiba-tiba keluar di handphone kalian juga menjadi salah satu sinyal berbahaya yang bisa membuat handphone kalian rusak. Biasanya suara yang muncul tiba-tiba menggunakan nada-nada yang kurang nyaman didengar. 

Pernah mendengar nada ketika ponsel mengaktifkan fitur debug, aksesbilitas , root .. pasti terdengar aneh kan?

Hal seperti ini harus segera kalian cermati supaya tidak terjadi suatu hal yang berbahaya pada smartphone anda. 

Siapa tau sihacker tengah melakukan aksi root dari jarak jauh. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara mematikan smartphone secara total atau mencopot semua baterai dan kartu yang ada di dalamnya.

3. Pesan Tidak Terduga

Di dalam handphone kalian terdapat sebuah fitur yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Dalam keadaan normal, kalian bisa mengirimkan pesan yang telah ditulis kepada penerima yang dituju seperti pada umumnya. Pesan yang dikirimkan bisa berupa apa saja seperti tulisan, berbagi file dan lain-lain.

Akan tetapi, ada sebuah pesan tidak terduga yang tiba-tiba masuk atau kalian mengirimkan pesan secara otomatis tanpa melakukannya sendiri. Hal ini adalah tanda-tanda yang terjadi pada smartphone kalian yang bisa disebabkan oleh peretas atau orang yang menyadap smartphone milik kalian. Bila muncul tanda seperti ini, kalian harus segera mengatasinya secara cepat.

Misal, tiba-tiba anda menerima sms kode token dari salah satu situs ecommerce terkemuka di indonesia

4. Penggunaan Data Tidak Wajar

Salah satu hal yang bisa kalian lakukan dengan menggunakan handphone adalah mencari sumber informasi melalui internet. Supaya bisa menjalankannya, yang harus kalian penuhi adalah memiliki paket data sebagai biaya untuk mengakses internet di hp anda. 

Dengan adanya data yang sudah kalian beli, kalian bisa melakukannya sesuai dengan jumlah paket data yang dibeli.

Ketika kalian sedang menggunakan handphone untuk menjalankan internet atau hal lainnya, tiba-tiba paket data milik kalian terkuras habis dengan seketika. Terkadang kendala yang terjadi tidak kita sadari dan tau-tau kuota internet sudah habis. 

Penggunaan data yang tidak wajar menjadi salah satu penyebab terjadinya penyadapan yang terjadi pada handphone anda. Bila mengalami hal seperti ini, kalian bisa menanyakan ke pihak yang ahli untuk mengatasinya. Bisa-bisa, paket data yang selalu kalian beli akan terus habis tanpa digunakan secara wajar 

5. Handphone Mati Sendiri

Handphone pada umumnya akan mati ketika baterai sudah habis atau dimatikan sendiri dengan tombol yang sudah tersedia di setiap merk hp. Akan tetapi, biasanya ada beberapa hp yang tiba-tiba mati tanpa dilakukan dengan sengaja. 

Hal ini kemungkinan terjadi karena serangan dari penyadap handphone yang dapat mengganggu kinerja dalam pengoperasian smartphone kalian.

Orang-orang yang melakukannya biasanya menginginkan data penting yang ada di dalam smartphone kalian. Mereka mematikan hp kalian terlebih dahulu supaya lebih mudah dalam mendownload data penting yang menjadi tujuannya. 

Dengan begitu, hp kalian akan rusak seketika setelah terjadi kendala seperti hal itu. Akan tetapi, setiap smartphone memiliki sistem keamanan yang sangat kuat. Biasanya hal ini sering terjadi pada handphone yang berada dalam keadaan unroot

6. Menerima Pesan Teks Aneh

Pastinya kalian pernah melihat beberapa jenis serangan para hacker dengan menggunakan bahasa seperti alien. Kalian mungkin saja menerima sebuah pesan seperti itu. 

Disini kalian harus waspada terhadap pesan aneh yang muncul di smartphone kalian. Apabila melihat seperti itu, sesegera mungkin lakukan tindakan untuk mencegahnya

Ketika kalian menerima pesan aneh dari sumber yang tidak dikenal, kalian bisa mematikan smartphone untuk sementara waktu. Akan lebih baik lagi jika kalian mencopot baterai yang ada di dalamnya beserta kartu memori dan sim card. 

Tunggu hingga beberapa menit, kemudian nyalakan kembali smartphone. Apabila masih belum ada perubahan, langsung saja datang ke konter atau minta bantuan ke orang yang sudah mahir mengatasi hal seperti itu. 

7. Proses Shutdown Berlangsung Sangat Lama

Ketika smartphone kalian ingin dicas, akan lebih efektif dimatikan terlebih dahulu supaya tidak cepat panas. Mematikan smartphone akan membuat pengisian daya menjadi lebih cepat. Kalian harus meluangkan waktu sebentar untuk tidak memainkan smartphone. Dengan begitu, keawetan dari smartphone milik kalian menjadi lebih lama.

Waktu untuk mematikan smartphone biasanya berlangsung tidak terlalu lama, biasanya waktu yang dibutuhkan hanya beberapa detik saja. Ketika smartphone kalian sangat lama dimatikan, berarti ada seseorang yang berusaha untuk menyadap smartphone anda (tengah terjadi proses pemberhentian service secara paksa)

Biasanya hal ini seringkali terjadi dengan ditandainya smartphone sulit dimatikan dalam waktu yang sangat lama. Hal seperti ini harus segera mungkin diatas supaya tidak terjadi kendala yang lebih parah nantinya.

Baca juga : 7 cara hackback akun facebook yang dibajak

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengetahui handphone yang disadap oleh seseorang. Jika hal ini terjadi pada anda, segera mungkin lakukan tindakan untuk mengatasi kendala tersebut sebelum terjadi kerusakan parah pada smartphone milik kalian. Dengan begitu, handphone anda akan tetap aman-aman saja.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar