Skip to main content

17 Aplikasi Perekam Layar Smartphone Android Terbaik

Selamat Datang di Blog-Orang-IT.  Ada beragam aplikasi yang terinstall di smartphone Android. Salah satu aplikasi yang wajib di install adalah aplikasi perekam layar video Android. Aplikasi ini memiliki kelebihan saat merekam aktivitas layar smartphone dalam bentuk video serta berbagai tambahan efek agar hasilnya terlihat keren

Saat Anda mengaktifkan aplikasi ini dan Anda melakukan aktivitas apapun di smartphone maka secara otomatis akan terekam dalam format video. Bahkan saat Anda menonton video di youtube dan Anda menghidupkan aplikasi perekam layar maka Anda akan mendapatkan rekaman video tersebut. Pada postingan berikut akan kami bahas daftar aplikasi perekam layar android paling populer dan rekomendasi untuk digunakan

Daftar Aplikasi Perekam Layar Video Android Berkualitas yang Direkomendasikan

1. DU Recorder – Screen Recorder

Salah satu aplikasi perekam video yang terkenal di kalangan pengguna Android adalah DU Recorder. Berdasarkan catatan Google Play Store, aplikasi ini telah di unduh sebanyak 10 juta lebih. Aktivitas apapun yang Anda lakukan dapat Anda rekam dan edit secara langsung video tersebut karena di dalam aplikasi ini juga disediakan fitur editor di dalamnya.

DU Recorder – Screen Recorder

Untuk waktu perekaman tidak ada batasnya hanya menyesuaikan dengan kapasitas memori yang tersisa pada handphone Anda. Keunggulan yang lain adalah DU Recorder tidak memerlukan akses root. Hanya saja jika Anda menggunakan aplikasi ini maka pada rekaman video Anda akan terdapat watermark DU Recorder.

DU Recorder adalah aplikasi yang memungkinkan Anda merekam video apa pun yang terjadi di layar Android Anda. Bagian terbaiknya adalah setelah Anda merekam video, Anda juga dapat mengeditnya menggunakan alat pengeditan yang telah disertakan dalam aplikasi.

Dalam pengaturan aplikasi Anda dapat menyesuaikan opsi kualitas video seperti jumlah frame per detik (hingga 60 FPS) output video (hingga 1080p), dan kualitas video (hingga 12Mbps). Juga, Anda tidak perlu melakukan root untuk merekam.

Setelah Anda menyesuaikan semua opsi dan merekam video Anda, saatnya untuk mengeditnya. Anda dapat memotong dan menautkan fragmen bersama, menambahkan musik di latar belakang, dan menyesuaikan volume video. Setelah selesai, yang harus dilakukan adalah menyimpan video di memori smartphone Anda atau membagikannya langsung melalui jejaring sosial

DU Recorder adalah alat perekaman video yang canggih yang memungkinkan Anda merekam segala sesuatu dan apa pun yang dapat Anda lakukan di layar ponsel Anda.  

2. AZ Screen Recorder

Aplikasi perekam video yang terkenal selanjutnya adalah AZ Screen Recorder dengan lebih dari 1 juta unduhan di Google Play Store. Aplikasi ini termasuk dalam super easy to use atau mudah digunakan. Meskipun sederhana namun aplikasi ini akan menghasilkan video dengan kualitas yang tinggi dan tampak seperti video professional.

AZ Screen Recorder

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak memerlukan root dan tidak terdapat watermark pada video rekaman Android Anda. Selain itu, untuk menyimpan video tersebut Anda bisa memilih resolusi HD hingga Full HD sehingga dikenal sebagai high quality video recording application.

Fitur yang disediakan oleh aplikasi sangat beragam mulai dari pengatur resolusi, frame rate, bit rate, timer stop dan pause, dan orientasi layar. Dan terdapat aplikasi tambahan seperti penghapus iklan, hitung waktu mundur, dan juga membagikan hasil video sebagai tautan link ke media sosial Anda.

AZ Screen Recorder adalah aplikasi untuk merekam semua yang terjadi di layar perangkat Android Anda tanpa harus memiliki perangkat yang di-root. Anda akan membutuhkan Android 5.0 (Lollipop) atau lebih tinggi, atau Anda tidak dapat menggunakan aplikasi.

Antarmuka Perekam Layar AZ sederhana dan elegan. Ketika Anda memulainya, Anda akan menemukan empat ikon di tengah layar: untuk mulai merekam, untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi, untuk mengakses folder dengan video yang direkam, dan untuk keluar. Dari pengaturannya, Anda dapat memilih kualitas output video atau melihat interaksi dengan layar yang dilakukan selama perekaman.

Setelah mulai merekam, titik merah di sudut kanan bawah layar akan mulai berkedip. Ketuk lagi dan Anda dapat menjeda, dan jika Anda menahan dan menariknya, Anda dapat memindahkan titik merah di mana saja di layar.

AZ Screen Recorder adalah alat yang bagus untuk merekam video di perangkat Android Anda. Kualitas output video bagus: tidak ada watermark, tidak ada bingkai, tidak ada batas waktu. Alternatif yang sangat baik untuk merekam permainan dan aplikasi.

3. Screen Recorder (Free No Ads)

Aplikasi Screen Recorder (No Ads) bisa Anda miliki hanya dengan mendownload dan tanpa membayar untuk aplikasi ini. Jika dilihat dari namanya, aplikasi ini tergolong dalam aplikasi no ads yaitu aplikasi tanpa iklan. Aplikasi ini bebas dari akses root sehingga termasuk ke dalam aplikasi yang ringan. 

Fitur yang disediakan tergolong lengkap , pengguna dapat leluasa mengatur resolusi berbeda, frekuensi gambar yang beragam, bit rate, dan Anda bisa menambahkan teks/logo pada video rekaman Anda. Untuk fitur tambahannya Anda bisa merekam dengan tambahan audio eksternal, facecam pada saat rekaman, cut video, dan masih banyak fitur yang lainnya.

4. Super Screen Recorder (No Root REC & Screenshot)

Aplikasi perekam video yang user friendly salah satunya adalah Super Screen Recorder dengan fitur edit dan perekaman video yang mengesankan. Aplikasi Super Screen Recorder bebas dari root sertai keunggulannya adalah aplikasi ini bisa merekam dengan waktu tak terbatas. Namun, iklan tetap ada di aplikasi Super Screen Recorder.

Rekaman video dengan resolusi dan frekuensi gambar yang tinggi bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini. Fitur yang disediakan juga sangat beragam seperti jeda dan lanjut merekam, facecam, brush tool, GIF maker, dan efek beauty. Anda bisa menggunakan watermark atau bisa menghilangkannya.

Perekaman Layar Full HD:
  • Kualitas Tertinggi disediakan: 1080P, 12Mbps, 60FPS
  • Banyak resolusi, frame rate, dan bit rate yang tersedia
  • Jeda / lanjutkan perekaman layar melalui jendela mengambang atau bilah notifikasi
  • Goyangkan ponsel untuk berhenti merekam dan menyembunyikan jendela mengambang
  • Rekam video lama dengan kartu SD (Memori Eksternal)
  • Perekam Facecam, memungkinkan kamera depan untuk menangkap reaksi Anda saat merekam layar, sangat berguna untuk perekam game
  • Mendukung potret, lansekap, dan mode rekam layar otomatis
  • Perlihatkan sentuhan: operasi klik-klik dalam perekaman layar
  • Tanda air: tunjukkan merek Anda, default tidak aktif

Sama halnya dengan aplikasi screen recorder sebelumnya dengan berbagai macam keunggulan mulai dari facecam, audio, editing video, dan resolusi tinggi. Kelebihan lain yang terdapat pada aplikasi ini adalah fitur screenshot. Anda bisa menggunakannya screenshot untuk mengambil gambar saat Anda merekam video pada layar Android Anda.

Screen Recorder with Audio, Facecam, dan Screenshot

Dengan REC aplikasi kita, semuanya akan menjadi mungkin. Sekarang, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan satu sentuhan. Selain itu, Anda akan memiliki rekaman video yang akan merekam saat Anda sedang bermain game dengan kamera wajah. Di sisi lain, ini adalah kamera yang dapat merekam wajah dan layar Anda

Untuk mulai merekam di layar melalui aplikasi REC, buka kamera yang dapat merekam wajah dan layar Anda dan menggunakan bilah melayang di layar beranda. Tombol yang mengontrol perekaman Anda tidak akan muncul saat merekam video layar. Anda juga dapat mengatur penghitung waktu mundur dengan perekam kamera layar.

Dengan REC: Perekam Layar pro sederhana dan intuitif untuk melakukan perekaman layar permainan dan perekaman layar dengan suara pada saat yang sama. Apalagi dengan satu sentuhan, Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat.

6. Aplikasi ADV Screen Recorder

Aplikasi ADV Screen Recorder

Jika Anda membutuhkan fitur yang penting maka aplikasi ADV Screen Recorder sangat pas untuk Anda. Fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah dua engine yang berbeda pada saat proses perekaman. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengatur resolusi, frekuensi gambar, menggambar, dan menulis pada hasil rekaman video Anda.

Kelebihan lainnya perekamannya bisa ditambah dengan hasil rekaman dari kamera depan atau belakang Anda. Aplikasi yang gratis ini mudah digunakan namun tidak memberikan watermark dan tidak perlu root.

ADV Screen Recorder memungkinkan Anda:
  • Merekam dengan 2 mesin (Default dan Advanced)
  • Pause Recording (Membutuhkan Engine Lanjutan)
  • Menggambar dengan cepat dengan warna favorit Anda
  • Gunakan Kamera Depan atau Belakang saat merekam
  • Atur Teks Anda dengan kustomisasi penuh
  • Set Spanduk Anda dengan kustomisasi penuh
  • Trim Video
  • Dan masih banyak lagi! ...

7. Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder

Aplikasi perekam video yang direkomendasikan selanjutnya adalah mobizen screen recorder karena memiliki beberapa fitur lengkap seperti record, capture, dan edit. Resolusinya tidak perlu Anda ragukan karena disediakan kualitas tinggi yang bisa diintegrasikan dengan fitur Facecam. Aplikasi ini  menyediakan clean recording mode untuk menghapus watermark nama aplikasi secara gratis.

Mobizen adalah perekam layar paling mudah digunakan dan nyaman yang memungkinkan Anda untuk merekam, menangkap, dan mengedit.

Setiap orang dapat menggunakan fitur gratis 100% untuk membuat video terbaik!

Dari daftar aplikasi perekam video android, aplikasi yang dikhususkan untuk game mobile ini juga menyediakan fitur perekam video untuk layar built-in. Fitur tersebut dapat berfungsi dengan baik untuk merekam permainan yang dilakukan. Selain itu, perekam tersebut juga dapat merekam aktivitas di layar handphone Anda selain game.

Google Play Games

Resolusi video yang ditawarkan hingga 720p namun memerlukan root untuk penggunaannya. Meskipun aplikasi ini gratis dan tidak terdapat iklan pada aplikasinya. Sayangnya, fitur tersebut tidak berfungsi di banyak negara salah satunya adalah Indonesia.

FITUR UTAMA
  • Putar instan: Tidak diperlukan instalasi - cari tombol "Putar instan" untuk langsung memainkan game penuh.
  • Game Google bawaan: Mainkan Solitaire, Minesweeper, Snake, PAC-MAN, Cricket, dan Whirlybird - bahkan saat Anda offline.
  • Simpan kemajuan Anda: Kemajuan Anda secara otomatis disimpan ke cloud ketika Anda melihat "Kemajuan disimpan oleh Play Game."
  • Profil gamer: Membuat ID gamer khusus, membuka kunci prestasi, mendapatkan XP, dan naik level.
  • Rekaman gameplay: Mudah merekam dan berbagi momen gameplay terbaik Anda.
Untuk para gamers, Anda bisa menggunakan aplikasi perekam video ini untuk merekam game di hp Android Anda. Fitur yang disediakan aplikasi Game Screen Recorder cukup menarik salah satunya mampu mendeteksi game apa yang terinstall di Android Anda. Selain itu bisa juga untuk editor pembukaan video dan pllay/pause saat merekam video.

Game Screen Recorder

Aplikasi ini tidak memerlukan proses akses root saat penggunaannya. Dengan rating 4.5 pada Google Play membuktikan pada aplikasi ini sangat recommended untuk di coba.

Game Screen Recorder adalah aplikasi perekam premium untuk permainan dan layar. Anda dapat merekam video game Anda tanpa root dan mudah dibagikan ke teman Anda.

Fitur:

1. Secara otomatis mengidentifikasi permainan di ponsel Anda tanpa batas kapan saja!

2. TIDAK memerlukan akses root pada Lollipop Anda!

3. Editor Prolog: Anda dapat mengedit prolog dan menambahkannya ke video Anda.

4. Opsi Tombol Rekam: Anda dapat mengatur transparansi tombol rekam dalam perekaman, Anda bahkan dapat mengunggah gambar Anda sendiri untuk menyesuaikan Tombol Rekam, Lebih menarik, bukan?

5. Berhenti oleh bilah pemberitahuan: jika Anda tidak ingin menampilkan Tombol Rekam, matikan saja "Stop oleh Tombol Rekam".

6.Anda dapat menjeda dan melanjutkan perekaman kapan saja Anda mau. (Butuh Mesin Lanjutan)

7. Perekam layar kami sepenuhnya GRATIS!

10. Background Video Recorder

Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa merekam dengan jadwal yang diinginkan dan memiliki berbagai macam jenis bahasa. Namun, hanya memiliki batas perekaman selama 30 menit dan kurang smooth hasil rekaman videonya.

11. REC Screen Recorder HD

Untuk mendapatkan kualitas video terbaik gunakan REC Screen Recorder HD. Durasi yang bisa Anda rekam dengan aplikasi ini maksimal selama 1 jam. Keunggulannya adalah kemudahan dalam penggunaannya seperti dengan menggoyangkan atau mematikan layar maka perekaman Anda akan terhenti. Selain itu, user interface pada aplikasi ini mudah dipahami.

12. Ez Screen Recorder

Ez Screen Recorder

Ez Perekam Layar membantu Anda merekam dengan lebih mudah dari sebelumnya. Anda bisa merekam layar permainan , live chat, live streaming, siaran langsung, dan segala sesuatu yang Anda suka dengan hanya satu kali klik. Yang paling penting, semua fungsi yang disediakan benar-benar gratis dan tanpa iklan.

★ butuh root
★ gratis dan tanpa iklan
★ dukungan android 6.0
★ ukuran ringan

Fitur utama:

➤ Mic Recording
  Merekam pembicaraan Anda secara realtime

➤ High Quality Recording / Screenshot
  Rekam dengan kualitas HD (720p, 1080P), beberapa bit rate dan fps yang didukung

➤ Instant Start / Stop
  Kontrol rekaman Anda dengan pemberitahuan drop-down dengan hanya satu klik sederhana

➤ Pengelola Video
  Mampu mengelola semua video klip Anda, memutar dan mengeditnya dengan fitur yang sederhana

➤ Potong Video
  Trim video yang Anda rekam dengan aplikasi ini

➤ Instant Sharing
  Berbagi klip Anda langsung ke platform lain seperti Youtube, twitter, dan whatsapp

13. Apowersoft Screen Recorder

Apowersoft Screen Recorder

Apowersoft Screen Recorder adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda merekam aktivitas layar tanpa gangguan dan menyimpannya sebagai video HD. Selain dari layar perekaman, itu juga dapat merekam audio dari mic dan sinkronisasi dengan video screencast.

Memanfaatkan itu, Anda dapat dengan mudah membuat video tutorial dan merekam gameplays, pertunjukan langsung, panggilan video, dll. Setelah merekam, ini memberi Anda akses cepat untuk memotong video atau bahkan berbagi melalui Email, YouTube, Google Drive, dll.

14. GO Recorder - Perekam Layar, Penyunting Video

GO Recorder

GO Recorder adalah perekam layar HD gratis terbaik untuk gameplay, video, pertunjukan langsung, obrolan video, dan aplikasi. Dengan berbagai fitur seperti panel kontrol perekaman cepat pada bilah pemberitahuan & di jendela melayang, tangkapan layar dalam satu ketuk, tidak memerlukan root, serta alat penyuntingan video yang pintar, membuat perekaman menjadi mudah!

Tangkap video ajaib Anda dengan perekam layar. Membuat perekam tangkapan menjadi perekam layar yang sempurna untuk menangkap kehidupan Anda yang mengagumkan.

Kelebihan:

  • TIDAK memerlukan root
  • TIDAK ADA batas waktu perekaman
  • Perekaman dalam satu ketuk
  • Video HD PENUH: 1080p
  • Sediakan lebih dari 20 Bahasa


15. Background Video Recorder

Background Video Recorder

Background Video Recorder adalah kamera aplikasi yang biasanya membantu Anda merekam video dan mengambil gambar di latar belakang dengan opsi memungkinkan mengaktifkan / menonaktifkan suara kamera dan pratinjau kamera.

Dengan banyak fungsi berguna untuk melanjutkan perekaman saat layar mati atau jadwal untuk merekam. Aplikasi yang mudah digunakan dengan satu klik pintasan Perekam Video (Rekaman Cepat) atau satu klik Widget.

Fitur utama:
★ Rekaman video dalam jumlah tak terbatas
★ Tidak ada pratinjau.
★ Dukungan menyimpan video pada kartu SD
★ Satu sentuhan untuk mulai merekam
★ Satu sentuhan untuk berhenti merekam
★ Mendukung orientasi video
★ Dapat merekam selama panggilan telepon
★ Mendukung kamera depan dan belakang
★ perekaman video Full HD (1920x1080)
★ Durasi, kamera, dan kualitas video mudah dikonfigurasikan

16. GameDuck

GameDuck

Ayo bergabung dengan GameDuck! Platform media sosial untuk gamer seluler dan mengunggah konten, bersosialisasi, dan berbagi saran.

Baik Anda suka membuat dunia Anda sendiri di Minecraft, menantang pengguna lain di Clash Royale atau menjelajahi dunia AR di Pokemon GO, GameDuck akan memiliki komunitas yang tepat untuk Anda! Di GameDuck, ada beberapa komunitas game seperti Daily Life, MEME, dan banyak lagi untuk menyiarkan diri Anda .

Ada juga fitur-fitur keren seperti merekam gameplay, berbagi konten di timeline Anda dan bersosialisasi dengan pengguna lain. Jika Anda mengikuti YouTube, Anda juga dapat menonton video Youtube di Gameduck.

Dan itu belum semuanya! Anda dan teman Anda dapat membuat tim untuk secara diam-diam berbagi kiat, trik, dan acara game. Ingin menjadi youtuber besar berikutnya? Bantu komunitas dengan membagikan konten dan saran untuk mendapatkan pengikut!

Sudahkah kita menyebutkan bahwa ada juga fitur FaceCam ? DAN rooting itu tidak diperlukan ? Anda dapat merekam gim Anda dan diri Anda melakukan komentar pada SAAT YANG SAMA! Jika Anda Android 5.0 atau lebih baru, cobalah segera dan, jika Anda 4.4 maka Anda mungkin perlu kakak perempuan kami, Mobizen, untuk melakukan perekaman layar. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa menikmati semua fitur lain di GameDuck.

17. AirShou Screen Recorder

AirShou Screen Recorder

Anda memerlukan perangkat Android 5.0+ (Lollipop, Marshmallow, N) atau ROOT perangkat Android 4.1+ (Jelly Bean, KitKat) Anda untuk merekam layar Anda.

AirShou TIDAK memerlukan akses root untuk Android 5.0+, tanpa batas waktu, tanpa watermark, bebas iklan dan sangat mudah digunakan dengan satu tindakan untuk memulai dan menghentikan rekaman.

AirShou memungkinkan Anda merekam layar Anda ke video HD dan FullHD tanpa memengaruhi kinerja perangkat Anda.

Anda dapat merekam wajah dan emosi Anda dalam jendela overlay kecil, yang dapat diseret dengan bebas ke posisi mana pun di layar dan disesuaikan dengan ukuran dan opacity apa pun.

Anda juga dapat merekam audio dari mic dan secara otomatis dicampur ke dalam video screencast. Itu membuatnya sangat mudah untuk membuat tutorial, video promosi, komentar tentang game dan gameplay Anda atau merekam obrolan video.

Dari beberapa rekomendasi di atas, Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mempelajari masing-masing kekurangan dan kelebihan aplikasi perekam layar smartphone android untuk pertimbangan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar