Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya

Selamat Datang di Blog Orang IT. Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak dikunjungi hari ini. Tercatat di alexa rank indonesia menunjukkan bahwa tribunnews menempati peringkat ke tiga dibawah google.com dan diatas youtube.com sebagai situs yang paling populer di negara indonesia raya.

Sayangnya situs tribunnews ini terlalu kontroversial dalam menyampaikan berita. Seperti halnya beberapa waktu lalu ketika tribun memposting berita  “5 Artis Ini Ditolak Deddy Corbuzier Tampil di Hitam Putih, Termasuk Perempuan Ini”, postingan ini langsung ditanggapi deddy corbuzer melalui akun facebook pribadinya seperti ini :

Ini kenapa saya tidak pernah di Infotainment, atau media online atau menerima wawancara wartawan belakangan ini.. Apalagi media yang tidak pernah wawancara lalu ambil berita sana sini dan di kompile, kasih judul provokatif..
Makanya buat kita yang pintar-pintar jangan kebanyakan baca media online ini lah… Uya kuya, Ivan Gunawan, Chika jessica, ayu tingting, lucinta luna..
Sejak kapan gue blacklist dari acara gue ya? YES KALAU tidak sesuai dengan konsep acara gue memang sampai Goblok juga gak akan gue undang. Jangankan mereka.. Justin Bieber ke Indo juga gak gue undang kalau gak sesuai dengan konsep acara gue di episode itu.
Tapi kok gue gak ingat ya ada wawancara sama mereka di tanya beginian…
Selama mereka punya karya… Tukang becak juga gue undang..
But that’s not the point.. I did mention Lucinta luna.. Kalau tidak tepat dengan konsep acara saya kalau saat itu di undang saat lagi heboh gosip dia operasi dll.. But that’s it.. gue gak ingat ada nyebut nama orang lain..
So u.. Media…. Mostly u yang nulis ini… Kurang berita? Or takut karena sekarang sosmed para artis sudah lebih tinggi traffic nya di banding kalian.. So we don’t really need u?… That’s… A question of life… Tribune style.

Karena postingan klarifikasi yang dibuat deddy corbuzier viral, tribunnews dan beberapa situs agregatornya langsung menghapus postingan berita tersebut.

Beberapa waktu lalu tribun juga disemprot oleh ari lasso gara-gara memuat berita "Gara-gara salah paham , maia estianty curhat pernah disiram istri ari lasso" lewat status instagramnya yang berbunyi

"Cuma modal ngutip doang dari Instagram masih salah juga. Dasar BODOH dan Goblok!!" tulis Ari di Insatgram pada Kamis (19/12). "Silakan gaesss di tag itu koran (emoji tertawa hingga menangis). Media jaman sekarang payahh."

Itu karena portal berita tribun menyalah artikan obrolan antara ari lasso dengan maia estiyanti disalah satu foto yang diunggah ari lasso kedalam status instagram

ari lasso vs tribunnews

Rupanya, dalam komunitas blogger ataupun wordpress indonesia juga sama saja. Tribunnews seolah menjadi momok menakutkan yang merajai hampir setiap kata kunci.

Hampir semua niche populer telah diambil tribun termasuk travelling , konten video , kuliner , chord gitar, lirik lagu , spoiler anime , tips blogging , bisnis , kesehatan , download lagu mp3/video dan lainnya yang umumnya niche ini diambil oleh web/blog personal

blogger takut tribun
unggahan facebook
Para blogger selalu mengeluhkan konten-konten tribun yang mendominasi halaman pertama google untuk setiap kata kunci tertentu. Ungkapan kekecewaan , makian , ketakutan hingga kesedihan dilemparkan oleh para blogger kepada tribun karena dianggap merebut potensi visitor organik mereka. Beberapa blogger mengalami penurunan trafik hingga penurunan pendapatan akibat kalah berkompetisi dengan tribunnews

Wajar saja mereka marah, tribunnews yang dulunya berisi seputar media berita politik, sosial telah melebarkan sayapnya hingga pada niche spoiler anime , lirik lagu, chord kunci gitar , tips seo blogging dsb yang biasanya niche ini diambil oleh blog-blog personal

Banyak blogger yang mulai hengkang dan menjajali profesi lain seperti vlog, trading dsb karena hampir semua niche sudah disikat habis oleh tribunnews yang tersisa hanyalah microniche yang sulit untuk ditemukan.

Tribunnews tidak hanya menargetkan visitor secara organik dari search engine, berbagai layanan iklan mulai dari googleads, facebookads , iklan televisi , sponsor acara , berafilasi dengan google news dan lain sebagainya tidak luput dari pasar marketing tribun

Tribunnews juga memiliki banyak subdomain lokal yang menyajikan informasi berita lokal seperti kediri.tribun , medan.tribun , madura.tribun dll sehingga membuat otoritas domain utamanya semakin kuat dan hampir seluruh domain utama dan subdomain mendominasi halaman pertama google sampai batas tertentu

Kebanyakan orang awam ketika membaca berita di internet tidak membedakan apakah itu situs tribunnews atau detik.com , selama berita tersebut muncul dihalaman pertam google sudah pasti itulah yang akan dibuka pertamakali oleh pengguna

Dirangkum dari group blogger indonesia, inilah yang membuat tribun dibenci :

  • Satu berita dipecah menjadi beberapa halaman yang banyak sehingga membuat pembaca merasa malas
  • Iklan yang ada disitus tribun sangat banyak meskipun pengguna menyalakan adblock termasuk iklan video autoplay yang menguras kuota
  • Halaman tribun sangat lambat untuk dimuat baik diperangkat seluler maupun dekstop, terkadang menyebabkan web browser hang
  • Judul beritanya clickbait atau terkesan dilebih-lebihkan
  • Terkadang antara judul dengan isinya berbeda sama sekali
  • Untuk berita pendek, tribun menggabungkannya dengan berita lain agar jumlah halamannya terlihat banyak padahal isinya sudah keluar dari judul utama
  • Niche tribun semakin luas termasuk membagikan lagu mp3 meski diarahkan ke joox atau membagikan film meski nantinya diarahkan ke netflix untuk berlangganan. Namun karena keyword mereka merajai halaman pertama google tak heran kalau banyak web wapka download mp3 tersingkir atau web download/streaming film bajakan terlempar ke halaman terbawah (bagus juga sih sebenarnya membasmi blog/web ilegal)
  • Isi berita tribun kurang bisa dipercayai seperti beberapa contoh kasus dengan para artis yang saya sebutkan diatas
  • Jika tribun mengcopas artikel dari blog, mereka mencantumkan sumber url bukan dalam bentuk tautan link aktif (ini yang membuat blogger kecewa karena tidak mendapatkan backlink)
  • Judul beritanya terkesan sadis , "Segini Harga Harley yang Tabrak Nenek di Bogor..."

Sejarah berdirinya tribunnews

Diambil dari wikipedia :

Tribunnews.com adalah situs berita online Indonesia yang dipublikasikan oleh PT. Indopersda Primamedia. Situs berita online dengan tagline “Berita Terkini Indonesia” ini, berkantor pusat di Gedung Group of Regional Newspaper Kompas, Jl. Palmerah Selatan No.3, Jakarta Pusat. 

Merupakan suatu divisi koran daerah Kompas, Tribunnews didukung oleh reporter yang bertempat di Jakarta. Situs berita ini, menyediakan berbagai macam berita yang terjadi baik itu berita lokal, nasional, hingga internasional secara aktual dan cepat. Tribunnews menyediakan wadah bagi masyarakat untuk ikut serta dalam berbagi informasi ataupun menyampaikan gagasan dan pengalaman empiris yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa melalui dua rubrik Tribunnews, yaitu Tribuners dan Citizen Reporter. 

Selain sebagai situs berita online yang menyediakan electronic paper (epaper) sebagai replika dari koran edisi cetak, Tribunnews juga menyediakan berita dalam bentuk digital paper, yaitu koran yang terbit secara online dalam format digital. Tribunnews juga mengelola forum diskusi serta beberapa komunitas online, seperti melalui Facebook, Twitter, dan Google+. 

Sesuai dengan perkembangan zaman, Tribunnews juga menyediakan Tribunnews mobile dengan alamat m.tribunnews.com, sehingga memudahkan para pembaca dan memungkinkan untuk memperoleh berita dimanapun dan kapanpun.

Di ulang tahunnya yang ke-4 pada tanggal 21 Maret 2014, Portal Berita Tribunnews menurut Alexa menempati posisi tiga besar setelah Detik.com dan Kompas.com (sekarang peringkat 3 besar -2019). Portal Berita ini didukung oleh 500 wartawan dari 22 surat kabar Lokal di 19 kota

Tribun Network adalah kelompok surat kabar daerah yang dimiliki oleh Kompas Gramedia. Saat ini, kelompok ini telah menerbitkan 29 surat kabar daerah, yang tersebar di 24 kota dan kabupaten di Indonesia. Tidak heran jika kalian mendapatkan koran koran Tribun dengan  nama nama: Tribun Batam, Tribun Bandung, Tribun Palembang dst..dst.

Pada tahun 1987, Kompas Gramedia mengambil alih kepemilikan harian Sriwijaya Post di Palembang, Sumatra Selatan. Pada masa itu, ada imbauan dari Menteri Penerangan RI agar koran-koran besar membantu koran-koran daerah yang terhambat permasalahan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers).

Pada akhir 1987 didirikan unit usaha Kelompok Pers Daerah (Persda) dengan nama usaha PT Indopersda Prima Media yang tugas awalnya adalah membantu koran-koran daerah yang membutuhkan pertolongan. 

Pada tahun 1988, Kompas Gramedia mengambil alih Mingguan Mimbar Swadaya yang namanya diubah menjadi Serambi Indonesia di Banda Aceh, serta surat kabar mingguan Surya di Surabaya (yang didirikan oleh harian Pos Kota pada tahun 1986) yang kemudian diubah waktu terbitnya menjadi harian. 

Tahun 1992, Kompas Gramedia mengambil alih harian Pos Kupang, dan pada tahun 1994 mengambil alih harian Banjarmasin Post.

Pada perkembangan selanjutnya, Persda memperkuat bisnisnya dengan mendirikan sendiri koran daerah di hampir seluruh provinsi dengan merek Tribun. Diawali dengan Tribun Kaltim pada tahun 2003, lalu diikuti dengan Tribun Timur, Tribun Jabar, dan surat kabar bermerek Tribun lainnya.

Pada tanggal 22 Maret 2010, Persda berganti nama menjadi Tribun Network. Hal ini bertujuan sebagai "transformasi dari kesan daerah yang mencolok menjadi berwarna nasional".

Tribun merupakan jaringan sindikat berita terbesar

Karena induknya tribun sebesar kompas gramedia, maka tak heran kalau tribun memiliki sumber dana dan keuangan yang kuat untuk mempromosikan pengaruhnya melalui semua saluran berita milik mereka sendiri atau melalui jasa media besar lainnya seperti google , facebook , twitter , instagram dsb

Di komunitas blogger indonesa, tribun selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat dan sekaligus menjadi topik diskusi yang paling menarik. Tribun adalah situs yang besar dan terkenal, semakin dibicarakan maka pengaruhnya akan semakin kuat. Ini memancing orang-orang untuk membuka situs tribunnews sekedar mencari kesalahan untuk bahan hujatan atau ingin tau seberapa buruknya halaman tribun

Kebiasaan pengguna membuka halaman tribun akan disimpan kedalam preferensi akun google dan pengguna justru akan lebih sering melihat iklan berita atau hasil pencarian dari tribun 

Di media sosial seperti facebook kita juga sering melihat berita tribun , apalagi kalau kita sampai berkomentar atau menanggapi kiriman dimasa depan berita tribun akan semakin memenuhi halaman beranda facebook kita 

Karena pengaruhnya yang kuat , tribun bisa melakukan apa saja... termasuk mewawancarai presiden , mewawancarai tokoh-tokoh terkenal baik dari generasi pengusaha , pebisnis online , pengrajin , seniman , pejabat atau siapapun karena tribun memiliki kapasitas untuk melakukan itu

Kapasitas itu termasuk merek brand yang terkenal, legalitas badan usaha dimata hukum , tersedianya biaya, SDM yang mencukupi , pengaruhnya yang besar..

Para Blogger tidak akan bisa bersaing dengan tribun

Maksudnya disini bukan dari segi peringkat. Tentu saja jika para blogger mau berusaha lebih keras, mereka pasti menemukan kompetisi yang bisa mereka menangkan

Namun para blogger memang tidak bisa bersaing dengan tribun dalam banyak hal. Konten-konten tribun hampir sebagian besar mendominasi halaman pertama google baik untuk pencarian web , berita ataupun video. Itu adalah hal yang wajar mereka dapatkan karena mereka membayar mahal untuk seluruh sumber daya yang mereka miliki

Mereka berbasis badan usaha , karyawannya di isi oleh penulis ahli , tim IT profesional , pemasar bersertifikat , serta orang-orang yang menguasai keahlian khusus

Mereka juga membayar untuk iklan baik online maupun offline , mereka mewawancarai para tokoh utama , memperluas kantor cabangnya dikota-kota dan banyak hal lain yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh personal blogger

Tribun adalah sindikat badan usaha yang memang tujuannya untuk berbisnis. Berbeda dengan blog karena diawal kemunculannya dulu sekitar tahun 2012 kebawah kala itu blog hanya dianggap sebagai diary online. Barulah pada tahun 2013 adsense mendukung indonesia dan para blogger memonetisasi blognya dengan jaringan periklanan adsense untuk menghasilkan uang

Hingga hari ini, orang-orang mulai membuat blog di blogger atau wordpress untuk menghasilkan uang baik secara personal maupun berkelompok. Jika mereka menargetkan lalu lintas organik maka mereka harus bersaing dengan situs-situs yang memiliki badan usaha dan kuat dari sisi modal seperti tribunnews

Jangankan bersaing dengan situs tribun, bersaing dengan sesama blogger saja sudah sulit apalagi dengan situs berbadan usaha lainnya seperti detik, merdeka , okezone , tempo, mnc news dst

Hari ini, menjadi blogger memang bisa menghasilkan uang. Berbeda dengan 10 tahun lalu dimana kegiatan blogging hanya dianggap sebagai sarana menulis buku diary online.

Jumlah blogger terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun belum lagi fenomena vlogger (video blogger) yang populer membuat para blogger semakin terjepit , fakta lainnya menurut survey PISA: minat membaca masyarakat indonesia yang rendah menempati peringkat 62 dari 70 negara yang disurvey membuat konten berbasis teks mulai kurang diminati

Baca juga: Ngeblog adalah pekerjaan jadul!!

Menariknya, hal ini mungkin menjadi perbincangan yang ramai di indonesia. Blogger luar negeri memiliki kesadaran yang tinggi dan berpikir 2x sebelum melawan situs lain yang berbadan usaha

Blogger indonesia bisanya cuma menghujat , mengeluh , mengkritik dan menyalahkan tribun tanpa ada usaha lebih untuk menolong blog mereka yang kian terpuruk. Tentu saja para spesialis SEO tribun akan menargetkan tempat-tempat yang strategis untuk menjangkau audiens. Sementara para blogger indonesia hanya nyepam digroup 😂 

Apakah pekerjaan freelance sebagai blogger masih tetap eksis ditahun 2020?

Tentu saja, meskipun banyak orang yang mengatakan niche blogging tidak menguntungkan atau jarang ada yang klik iklan karena pengunjungnya juga para blogger sendiri , kenyataanya saya masih bisa gajian dari adsense.

Ini adalah sedikit tips untuk menolong blog anda yang trafiknya terpuruk oleh kompetitor-kompetitor yang terus bermunculan :

> Jika niche blog anda fokus pada niche tertentu maka lakukan branding , seperti halnya mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama kedalam suatu wadah (komunitas, group , halaman ...)

> promosi , ada banyak sekali tempat yang potensial untuk mendatangkan trafik selain dari mesin pencari. Jika ingin melakukan promosi berbayar sebaiknya pelajari dulu teknik dasarnya agar tidak merugi kedepannya. Saya rasa ebook panduan beriklan fbads atau googleads bisa anda dapatkan secara gratis di internet

> buatlah konten original yang selalu dicari , sudah gak jamannya lagi curhat diblog dapat bayaran. Menulis artikel dengan potensi pencarian kurang dari 100 dan mengharapkan penghasilan adalah sia-sia

> action, sudah khatam membaca ebook kitab SEO, kitab adsense , kitab blogger, kitab wordpress.. sekarang saatnya praktek!

> manfaatkan balik situs media masa online seperti tribun dengan menulis berita di kanal tribunner atau tribun citizen untuk mempromosikan blog anda. Media portal berita lain yang bisa anda manfaatkan seperti citizen liputan6, kompasiana , kumparan , babe , soloensis dll

Sekarang ini sedang menjamur metode fbads to adsense, pinterest to adsense , twitter to adsense, youtube to adsense, googleads to adsense dsb karena disana dianggap sebagai sumber trafik yang lebih menguntungkan daripada search engine

Berdasarkan pengalaman pribadi, lebih mudah mengarahkan 1000 visitor direct dari sosial media lewat jaringan periklanan, pada akhirnya visitor direct tersebut akan membantu menaikkan peringkat konten anda dihalaman serp *win-win

Apakah blog saya tergusur oleh tribun? mungkin saja tetapi coba lihat di usia domain yang genap menginjak 1 tahun pertama , helmykediri.com memiliki peringkat alexa global yang bagus yaitu 190.000

alexarank helmykediri
Alexa adalah layanan pemasaran dan bisnis milik perusahaan amazon , meski tidak berafilasi langsung dengan google tetapi peringkat alexa ranks menjadi metrik yang populer untuk menentukan peringkat situs dan mempengaruhi harga jualnya hehe

Cara menghilangkan tribunnews dari pencarian google

Bagi anda yang tidak ingin membaca berita dari situs tribunnews.com dengan berbagai alasan coba gunakan cara ini

A) Menggunakan operator pencarian

- Silahkan buka web browser apapun itu (chrome , mozilla, baidu , uc browser dll)

- Buka mesin pencari google lalu kita gunakan operator untuk mengecualikan hasil pencarian

- Ketik kata kunci berita atau apapun yang ingin anda baca digoogle , tambahkan tanda strip - situs yang ingin di kecualikan misal "pembunuhan -tribun" lalu tekan enter

- Hasil pencarian yang mengarahkan pada situs tribunnews.com akan disembunyikan atau dihilangkan karena fungsi operator tersebut adalah untuk menghilangkan halaman khusus yang terkait dengan kata kunci tribun

browsing tanpan melihat tribun

B) Blokir tribunnews dari pengaturan pencarian google

- Silahkan buka tools > advanced search > pada none this keyword masukkan tribun dan lainnya yang ingin anda sembunyikan

- Lalu klik simpan dan anda akan di arahkan kembali kehalaman pencarian google

menyembunyikan situs tribun

Demikian postingan mengenai alasan situs tribunnews dibenci oleh sebagian besar blogger indonesia. semoga bermanfaat. Isi artikel berupa opini dan pendapat pribadi , apabila ada yang tidak sesuai silahkan disampaikan melalui kolom komentar dibawah agar saya sunting
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya"