Skip to main content

Linda Ikeji: Blogger wanita yang sukses jadi milyader

Selamat Datang di Blog Orang IT. Siapa saja sih nama blogger indonesia yang anda tau ? mas sugeng , mas darmawan , mas eka lesmana , mas timon , mas raditya dika , mas helmy kurniawan 😂dll kebanyakan yang dikenal publik adalah blogger pria.

Blogger wanita yang populer juga ada lho seperti mbak indri , mbak igniel , mbak arlina dan satu lagi blogger wanita pertama yang sukses meraup penghasilan 1.4 milyar/bulan dari blog gratisan yaitu mbak linda ikeji

Memang kebanyakan naman blogger yang kita kenal itu laki-laki sehingga para wanita merasa minder dan menganggap ngeblog itu sulit. Kalau sudah putus asa begini maka anda harus mencari inspirasi dan salah satu blogger wanita sukses yang saya kagumi adalah mbak linda ikeji

Ketika pertama kali mengenal blogging dulu sekitar tahun 2014 saya takjub melihat blog mbak linda  ikeji masih menggunakan platform blogspot gratisan namun sudah dinobatkan menjadi salah satu blogger sukses berpenghasilan milyaran/bulan hanya dengan blog www.lindaikeji.blogspot.com

Kala itu desain blognya menurut saya jelek, headernya besar dan tidak responsive diperangkat seluler . Dalam sehari ada sekitar 20-30 artikel terbaru yang diterbitkan dengan tema selebritis , politik , budaya , entertainment dsb (lebih ke berita)


Melalui kerja kerasnya selama bertahun-tahun kini blog mbak linda ikeji telah membuahkan hasil yang dapat dinikmati dalam jangka panjang

Linda ikeji sangat terkenal sebagai blogger milyader wanita pertama yang sukses menghasilkan uang dari blog yang dibuatnya sendiri, dia telah diundang menjadi narasumber diberbagai acara dan menjadi salah satu inspirasi bagi blogger wanita seperti saya. 

Yaa mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini saya segera menyusul kesuksesanya mbak linda ikeji ....amiien

Awal mula mbak linda ikeji ngeblog

linda ikeji
Linda Ikeji

Linda Ikeji adalah seorang model dan aktifis sosial yang berasal dari Nigeria, yang lahir pada tanggal 19 September 1980.

Ikeji lahir dan dibesarkan dalam keluarga Katolik dari Nkwerre , Negara Bagian Imo . Dia adalah anak kedua. Dia mulai menulis pada usia 10 tahun. Dia menyelesaikan sekolah menengah pada usia 17 dan pada usia 18, mendaftar di Universitas Lagos , di mana dia belajar bahasa Inggris.

Untuk membantu keluarganya dan membiayai sekolahnya sendiri, ia memilih pekerjaan paruh waktu sebagai pelayan, model dan penulis. Ikeji lulus dari Universitas pada tahun 2004. Sejak tahun 2003 sudah menulis blog namun pada tahun 2006, ia mulai menulis dengan serius. Pada saat itu, internet tidak begitu menonjol di Nigeria dan dia harus membuat posting di warnet .

Memulai dunia blogging meski tidak mengerti IT

Kisah sukses Linda Ikeji pertama kali memulai karir bloggernya pada tahun 2003. Saat itu ia masih sangat gaptek dengan dunia IT. Ini terlihat dari tampilan blognya yang masih sangat sederhana

Bahkan salah satu blogger tersukses di dunia tersebut menggunakan jenis blog gratisan yang disediakan oleh Google, yaitu http://lindaikeji.blogspot.com.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Linda Ikeji adalah kemampuan menulis dan bahasa inggrisnya yang di atas rata – rata karena dirinya merupakan lulusan Jurnalistik.

Dengan kemampuan yang dimilikinya ini Linda terus menerus secara konsisten mengelola blognya dengan menulis artikel rata – rata 25 artikel per harinya.

Konten – konten dalam artikelnya ia dapatkan dari beberapa website terkenal baik dari negaranya atau web internasional kemudian ia tulis ulang untuk diposting di blognya. Tema dari blog Linda Ikeji sendiri adalah tentang Fashion dan Entertaiment.

Pada awalnya Linda mengaku tujuan membuat blog tersebut hanya iseng – iseng saja. Dia hanya ingin membagikan informasi yang digemarinya kepada publik tanpa terbesit di dalam pikirannya tentang mendapatkan uang dari sana.

Menjadi Blogger gratisan tanpa dibayar selama 4 tahun

Meskipun Linda mulai membuat blog pada tahun 2003, ia tak semata – mata langsung mendapatkan penghasilan pada tahun tersebut. Linda terus menulis tanpa kenal lelah selama 4 tahun tanpa di bayar.

Ada yang menjadi rintangan terbesar dibalik kisah sukses Linda Ikeji yaitu keterbatasan pengetahuan tentang dunia IT. Walaupun begitu, dengan hanya berbekal kemampuan menulis, menguasai bahasa Inggris, dan semangat pantang menyerah, Linda terus menerus secara konsisten memposting konten di blognya.

Beberapa website besar seperti theguardian, dailymail, bbc pun tak luput dari bidikan Linda Ikeji untuk dijadikan sumber dari setiap konten yang dia posting.

Setelah mengelola blog selama 4 tahun secara konsisten seorang diri tanpa dibantu siapapun dan tanpa dibayar sepeser pun, pada tahun 2007 Linda mendapatkan sebuah email dari seseorang yang ingin memasang iklan di blognya yang saat itu sudah mulai ramai dikunjungi para netizen.

Permintaan iklan pertama tersebut sempat membuatnya kebingungan. Linda yang saat itu belum berpengalaman memasang iklan di blog tidak tahu harus memasang tarif berapa untuk space iklan di blognya. Dari situ juga Linda mulai banyak bertanya terkait tarif iklan kepada para senior blogger yang ia kenal sebelumnya.

Mulai saat itu Linda mulai berani mendaftarkan blognya ke Google Adsense. Selain itu tawaran – tawaran iklan juga perlahan mulai berdatangan dengan nilai kontrak yang cukup tinggi.

Menurut informasi, kini tarif iklan yang dipasang pada blog Linda Ikeji dapat mencapai 100 juta rupiah per iklan untuk pemasangan dari pengiklan langsung. Penghasilan ini belum ditambah dari iklan Google Adsense yang dapat mencapai 500 juta setiap bulannya.

Sebenarnya tidak ada berita yang pasti mengenai penghasilan Linda Ikeji dari blognya tersebut. Namun beberapa ahli dari Amerika Serikat pernah memperkirakan seberapa besar penghasilan Linda Ikeji berdasarkan pada peringkat Alexa blognya.

Berdasarkan perkiraan itu disebutkan bahwa Linda Ikeji bisa mengantongi lebih dari USD$100.000 per bulan. Itu berarti jika dirupiahkan Linda bisa mendapatkan kurang lebih 1,2 Miliar rupiah tiap bulan dari blognya. Itu hanya perkiraan saja, sangat mungkin penghasilan Linda lebih besar. Penghasilan yang sangat fantastis untuk blog gratisan.

Perjuangan yang telah membuahkan hasil, kini Linda menjadi salah satu blogger tersukses di dunia

Bersakit – sakit dahulu, bersenang – senang kemudian. Hal itu lah yang dialami oleh Linda Ikeji. Dari yang dulunya tidak mengerti IT, menulis secara cuma – Cuma selama 4 tahun, dan pernah di banned, kini Linda berhasil masuk sebagai 10 besar blogger tersukses di dunia.

Uniknya, dari kesepuluh nama blogger tersebut, Linda Ikeji adalah satu – satunya blogger yang menggunakan platform gratisan yang disediakan oleh Google. Kisah sukses linda ikeji ini sekarang menjadi motivasi dan inspirasi bagi para blogger di Indonesia

Mbak linda ikeji memiliki jiwa sosial yang tinggi

Dari penghasilan besarnya ini, sekarang Linda Ikeji sudah mampu membeli rumah, mobil, dan berbagai barang yang ia inginkan. Selain itu jiwa sosial wanita berusia 36 tahun ini juga tak pernah padam. Ia tak pernah lupa untuk menyisihkan sedikit penghasilannya untuk dibagikan kepada mereka yang kurang beruntung khususnya di wilayah Afrika.

Selain menjadi model profesional, Linda Ikeji juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Terbukti dia sering terlibat dalam banyak aktivitas sosial di Nigeria dan Benua Afrika. Sudah banyak riwayat sosial yang telah dilakukan oleh Linda Ikeji yang patut diacungi jempol.

Diantaranya ia pernah terjun bersama dengan para aktivis sosial untuk menangani berbagai kasus pembunuhan yang terjadi di negaranya yang hingga saat ini masih belum terungkap.

Tahun lalu Linda Ikeji juga tercatat turut menyumbangkan sejumlah dana untuk membantu para penderita ebola yang saat ini marak menimpa para penduduk Afrika khususnya Nigeria.

Seringnya dia terlibat dalam urusan sosial membuatnya dianugerahi beberapa penghargaan bergengsi. Pada tahun 2012 Linda mendapatkan penghargaan untuk kategori Young Personality of the Year.

Lalu dua tahun setelahnya dia kembali memperoleh penghargaan dan kali ini dia mendapatkan penghargaan Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip and Gist Blog at the Media Broad Awards. Penghargaan ini menjadi salah satu saksi dari kisah sukses Linda Ikeji.

Beberapa postingan mbak linda ikeji diblognya juga mengangkat topik sosial seperti kisah seorang gadis remaja nigeria yang ditahan dalam sebuah penjara dengan sistem keamanan maksimal selama 4 tahun tanpa melalui sebuah proses peradilan karena mencuri sebuah ponsel pada tahun 2011. Kisah ini menarik perhatian netizen diseluruh dunia kala itu

Dengan dukungan dari beberapa netizen dan pengikut setia blognya mbak linda akhirnya gadis muda itu kini akhirnya bisa dibebaskan dari penjara dan kembali kepelukan orang tuanya

Cara blog mbak linda ikeji menghasilkan uang

1. Menyediakan slot iklan swasta

Sama seperti blog-blog yang membuka slot iklan mandiri begitupun blognya mbak linda ikeji , beberapa perusahaan besar seperti airtel (perusahaan telekomunikasi terbesar dinigeria) , HP (perusahaan raksasa merek komputer yang terkenal didunia) dan Naturessence (produk perawatan rambut yang cukup populer) telah memasang iklanya disana

2. Iklan PPC

Berbeda dengan iklan swasta yang membayar tarif sewa setiap bulan , iklan PPC seperti adsense akan membayar publisher untuk setiap klik iklan dan setiap seribu tayangan. Selain itu mbak linda juga mamasang iklan ads dynamo. Dengan total visitor jutaan dalam sebulan tak heran kalau blog mbak linda ikeji sangat sukses menghasilkan uang

3. Endorse

Setelah membangun pengunjung setia dalam jumlah besar yang menyebar di seluruh dunia, Linda Ikeji telah mencapai status selebriti untuk dirinya sendiri. Bisnis biasanya sangat tertarik untuk mengeksploitasi kekuatan konektor dan simbol selebriti dalam masyarakat.

Ini sama persis dengan bintang sepak bola, aktor selebriti, yang menjadi duta untuk beberapa produk dan merek bisnis. Pada bulan Mei 2013, Linda mendukung ponsel Nokia Asha yang menampilkan aplikasi seluler nya. 

Hingga 17 Februari 2015, perkiraan harga slot iklan di blog Linda sebagai berikut;

  • Iklan di bagian header (ukuran 728x90) selama satu bulan dihargai N950.000 atau Rp61 juta. 
  • Sidebar kanan kiri, bagian atas (ukuran 200x300 dan 160x600) selama satu bulan seharga N500.000 atau Rp32 juta.
  • Sidebar kanan kiri bagian bawah (ukuran 200x300 dan 160x600) selama satu bulan seharga N400.000 atau Rp25 juta. 
  • Iklan dalam bentuk postingan atau review dihargai N50.000 atau Rp3,2 juta untuk satu postingan. 
  • Sementara untuk iklan background yang paling mahal. Untuk pemasangan satu minggu dihargai N550.000 atau Rp35 juta dan pemasangan satu bulan seharga N1,6 juta atau Rp102 juta. 

Sumber penghasilan lain mbak linda ikeji

Blogging 

Blog Linda Ikeji tampaknya adalah usaha terbesarnya. Setelah lulus, Ikeji mulai menulis blog pada tahun 2006. Ia menjadi blogger aktif pada tahun 2007 menggunakan sub-domain blogger lindaikeji.blogspot.com dan kemudian membeli domainnya sendiri www.lindaikejisblog.com pada 2009 dan sekarang beralih ke self hosted 

Jaringan TV 

Pada 22 Agustus 2016, di blognya, ia mengumumkan pembuatan jaringan TV online-nya, Linda Ikeji TV bersama merek-merek lain yang ia dirikan. Linda Ikeji TV menampilkan berbagai program mulai dari talk show, reality show, serial TV hingga Film. Jaringan ini memproduksi beberapa program tayangan sendiri dan juga membeli konten TV. 

Stasiun Radio Online 

Linda Ikejis juga berkelana ke siaran radio online. Stasiun ini dioperasikan dari Linda Ikeji Media Office. Beberapa programnya disiarkan langsung di Linda Ikeji TV. 

Media Sosial 

Linda Ikeji meluncurkan platform jejaring sosial bernama Linda Ikeji Social dengan nama domain LindaIkejiSocial.com.

Penghargaan yang diterima mbak linda ikeji

Pada Agustus 2012, Forbes Afrika mendedikasikan dirinya untuk merayakan daftar wanita Afrika paling berpengaruh edisi bulan itu. Dalam edisi itu, Forbes membuat profil 20 Wanita Terkemuka di Afrika dan edisi ini menampilkan profil dua wanita muda Nigeria: Linda Ikeji, dan juga Chibundu Onuzo . 

Linda Ikeji menjadi trend Pencarian Google terbesar di Nigeria pada 2014. Nama Linda Ikeji adalah item yang paling dicari oleh pengguna Google di Nigeria  

Ikeji diwawancarai oleh BBC pada program Focus on Africa . Wawancara ditayangkan pada 25 September 2012.  

Pada 8 Agustus 2018, Linda Ikeji ada di antara tokoh-tokoh terkemuka yang diambil dari berbagai negara di berbagai disiplin ilmu yang dianugerahkan dengan Gelar Doktor Kehormatan dari Trinity International University di Georgia untuk pekerjaannya yang luar biasa dalam Bisnis dan Media di Afrika.

Yang dianugerahkan lainnya termasuk Steve Egboro , pembuat film Nigeria dan manajer acara, Ketua Daily Times Newspaper, Dr. Fidelis Anosike, Dr. Obeahon Ohiwerei, GMD / CEO Keystone Bank Limited , pengacara terkenal Mike Ozekhome dan beberapa lainnya.

Krisis perkawinan mbak linda ikeji

Blogger kontroversial, Linda Ikeji mengatakan dia dan bayinya, dengan suaminya (Sholaye Jeremi) tidak cocok lagi. Blogger berusia 37 tahun itu menulis diblognya bahwa hubunganya dengan ayah putranya tidak berjalan seperti yang diharapkanya pada desember 2015

Kontroversial postingan blog mbak linda ikeji

Ikeji telah berurusan dengan postingan kontroversial terkait Kampanye #SaveMayowa dan juga tentang selebriti seperti Funke Akindele , Richard Mofe Damijo , Djimon Honsou , Wizkid dan Tonto Dikeh . Ia juga membuat publikasi kontroversial tentang politisi Doyin Okupe yang menggambarkan publikasi tersebut sebagai fitnah. 

Blog linda ikeji dihapus google

Sesukses apa pun Linda Ikeji, dia juga masih manusia biasa. Blog ikeji juga pernah melakukan kesalahan yang membuat karirnya sempat mengalami penurunan. Tepatnya pada tahun 2013.

Pada saat itu, blog Linda Ikeji dianggap oleh Google melanggar peraturan tentang hak cipta konten pada sebuah blog. Akibatnya blog Linda Ikeji dibanned dan dinonaktifkan.

Kola Ogunlade, koresponden Google, mengatakan: "Kami menanggapi pelanggaran kebijakan dengan sangat serius karena aktivitas semacam itu mengurangi pengalaman bagi pengguna kami. Ketika kami diberitahu tentang keberadaan konten yang mungkin melanggar Ketentuan Layanan kami, kami bertindak cepat untuk meninjaunya dan menentukan apakah itu benar-benar melanggar kebijakan kami. Jika kami memutuskan itu benar, kami segera menghapusnya.

Dari kejadian itu Linda mencoba mendapatkan kembali blognya dengan melakukan banding kepada Google. Meskipun banding yang diajukan Linda berkali – kali gagal. Namun ia tidak menyerah dengan terus memohon kepada Google agar blognya dibebaskan dari banned.

** berarti bener ya tahun 2014 lalu saya lihat blognya masih pakai blogspot

Hingga pada akhirnya setahun setelahnya pada tahun 2014 awal Google menerima permohonan Linda dan kembali mengaktifkan blog wanita Nigeria tersebut dengan syarat Linda harus menghapus artikel atau konten yang terindikasi melanggar hak cipta dan fitnah

Akun Google Adsense miliknya juga dibanned pada tahun 2013 silam. Namun pada awal 2014, pihak Google Adsense mengaktifkan kembali akun Adsense tersebut. 

Semenjak itu Linda Ikeji selalu berhati-hati setiap kali memposting artikel dan hingga saat ini Linda Ikeji masih aktif memposting setiap artikel yang dibuatnya. ia pun terus memperhatikan soal keaslian konten dan sumber yang jelas. Hingga akhirnya, kini blog Linda tetap bercokol di urutan ke 13 dari rangking Alexa untuk negaranya dan urutan 2.320 secara global.

Penghargaan lain mbak lindak ikeji

Nigeria Blog Awards NBA 2013 -Blog Hiburan Terbaik  
Penghargaan Broadcasters Nigeria 2013 Situs web / blog terbaik tahun ini

Hikmah :

- Mbak linda ikeji dulu pertama ngeblognya juga diwarnet karena saat itu internet di nigeria belum begitu populer seperti sekarang ini

- Pertama ngeblog gaptek dengan teknologi apalagi programming . Desain blog sangat sederhana , kemampuan yang diandalkan hanya keterampilan menulis , berbahasa ingris diatas rata-rata serta tekad untuk posting 25-30 artikel/day sendirian diwarnet

- Pertama membuat blog sejak 2003 , selama 4 tahun rajin nulis artikel tanpa mendapat gaji sepersenpun dari blog . Baru sekitar tahun 2007 dihubungi seseorang melalui email yang ingin memasang iklan mandiri diblognya serta ditahun itu blog mbak linda ikeji baru didaftarkan adsense

- Blognya pernah dihapus pada 2013 karena masalah hak cipta, berkali-kali mengajukan banding selalu dimentahkan hingga pada 2014 tim google bersedia mengaktifkan kembali dengan syarat menghapus seluruh postingan yang melanggar hak cipta dan mengganggu privasi

- Akun google adsense juga pernah dibanned , setelah berkali-kali mengajukan banding pada tahun 2014 awal akun adsensenya diaktifkan kembali

- Setelah blognya dipulihkan dari banned, blog linda ikeji langsung di migrasi ke self hosted wordpress
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar