Skip to main content

8 Cara membuat gambar diwebsite anda menjadi SEO

Selamat Datang di Blog Orang IT. SEO pada gambar merupakan salah satu strategi SEO on-page yang sering diabaikan tetapi sebenarnya sangat bermanfaat.

Coba cari tahu apa saja yang Anda lewatkan saat mencoba mengoptimalkan gambar dengan maksud menambah nilai SEO, dan pelajari bagaimana membuat gambar yang SEO friendly untuk halaman dan postingan blog Anda.

Apa itu SEO Gambar?

SEO gambar mengacu pada optimalisasi gambar pada sebuah situs web untuk membuat halaman yang lebih bernilai bagi robot perayap mesin pencari dan menarik bagi pengunjung. SEO gambar memberikan informasi tambahan berupa title yang membantu pembaca memahami konten anda, dan secara khusus meningkatkan peringkat serta visibilitas halaman dipencarian. 

Itu juga dapat menyebabkan gambar anda muncul di pencarian khusus gambar diGoogle :

pencarian khusus gambar

Pencarian gambar menjadi strategi penting dalam beberapa tahun terakhir. . Pada bulan Februari 2018, Google menghapus tombol "lihat gambar" di hasil pencarian gambarnya, yang membuat lebih banyak orang masuk ke situs web terlebih dahulu untuk melihat gambar.

Dengan perubahan kecil ini, situs web mulai mengalami peningkatan lalu lintas sebesar 37% dari visitor yang datang melalui pencarian gambar. 

SEO gambar dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda melalui pencarian gambar dan membantu peringkat halaman Anda. Jadi, bagaimana Anda memberi nama gambar untuk SEO dan mengoptimalkan grafik Anda untuk sekarang itu penting

8 cara mengoptimalkan gambar agar SEO

Ikuti langkah-langkah ini untuk mempelajari bagaimana membuat gambar diwebsite anda menjadi ramah terhadap SEO :

1) Tambahkan setidaknya satu gambar

Sebagai praktik terbaik dalam SEO , setidaknya sertakan satu gambar atau grafik pada halaman. Gambar menunjukkan kepada mesin pencari bahwa halaman tersebut berharga dan menarik juga karenanya, akan berguna bagi pencari. Selain itu, gambar bermanfaat bagi pembaca karena membuat konten lebih mudah untuk dipahami

2) Gunakan gambar berkualitas tinggi

Gambar akan lebih menarik bagi audiens Anda jika kualitasnya tinggi. Jika memungkinkan, buat grafik khusus yang unik untuk halaman Anda. Ini akan membantu Anda terlihat menonjol dalam pencarian gambar.

Jangan lupa:  Lebih banyak pengguna mengklik gambar yang mereka temukan dalam pencarian untuk melihat gambar di halaman web. Jadi, mempublikasikan konten SEO dengan gambar unik dan dioptimalkan dapat menghasilkan lalu lintas situs web yang lebih tinggi untuk situs Anda.

contoh gambar berkualitas tinggi

Jika Anda tidak dapat membuat grafik khusus, sertakan grafik yang tidak terlihat seperti stok foto yang telah direproduksi di banyak situs. Pastikan untuk menggunakan gambar yang telah Anda beli dan / atau memiliki lisensi untuk digunakan demi menghindari pelanggaran hak cipta.

3) Pilih jenis file terbaik

Jenis file gambar (webp , jpeg , png) dapat mempengaruhi performa gambar saat dimuat atau muncul di halaman web. Jadi ketika Anda menambahkan grafik, pilih jenis file terbaik untuk penggunaan yang dimaksudkan.

Saran jenis file terbaik yang digunakan untuk gambar:
  • JPG untuk foto
  • PNG untuk sebagian besar grafik, tangkapan layar, dan logo khusus (file PNG memiliki latar belakang transparan.)
  • SVG untuk grafik atau logo khusus yang akan dilihat dalam berbagai ukuran (file SVG skala ke berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas.)
  • GIF untuk animasi atau gambar bergerak

4) Gunakan ukuran file gambar yang sesuai

Gambar yang berukuran terlalu besar dapat membuat halaman anda menjadi lambat. Waktu muat yang lambat memberikan pengalaman buruk bagi pengguna dan untuk SEO jangka panjang . Jadi gunakan ukuran gambar SEO terbaik yang tetap menjaga kualitas gambar. 

Ubah ukuran file gambar (bukan hanya ukuran gambar , tampilan juga) ke potret tampilan yang lebih fokus, dan kompres file besar sebelum Anda mengunggahnya ke website

5) Tambahkan dan optimalkan tag alt gambar

Apakah tag alt gambar dapat membantu SEO? Jawabannya iya. Bot perayap dapat membaca dan memahami kata-kata, tetapi mereka tidak dapat melihat gambar. Alt tag, atau dikenal sebagai "atribut alt" dan "deskripsi alt" membantu mereka memproses gambar tanpa melihatnya dengan memberi tahu mesin pencari nama gambar itu (mentega/keju/tahu kuning?)

Selain membantu SEO, tag alt gambar juga membantu pengguna internet. Beberapa orang menonaktifkan tampilan gambar, peramban mereka tidak dapat memuat gambar karena koneksi web yang lambat, atau mereka menggunakan pembaca layar karena gangguan penglihatan. 

Dalam kasus ini, tag alt gambar memberi tahu pembaca mengenai apa gambar itu. Jadi menambahkan tag alt gambar dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan perayap pencarian.

Tambahkan dan optimalkan tag alt gambar

Tips Menulis Teks Alt Gambar ramah untuk SEO :

  • Sertakan kata kunci target halaman di setidaknya satu tag alt gambar.
  • Buat teks alt Anda singkat.
  • Bedakan alt teks pada setiap gambar di halaman Anda.
  • Buat alt teks dengan mengingat pembaca Anda, bukan hanya untuk robot

6) Tambahkan kata kunci ke judul gambar

Cara lain untuk membuat gambar SEO-friendly adalah dengan memasukkan kata kunci target dalam judul gambar. Judul gambar adalah tag lain yang mengidentifikasi dan menjelaskan grafik. Ini tidak sepenting tag alt, tetapi masih relevan dan harus digunakan. Untuk praktik terbaik SEO gambar, gunakan frasa yang sama untuk tag alt gambar dan judul gambar Anda .

7) Tambahkan kata kunci sebagai nama file gambar

Nama file adalah tag atau label lain yang terhubung ke suatu gambar. Ini adalah nama file gambar sebelum diunggah ke situs web. Label ini juga harus menyertakan kata kunci target halaman dan cocok dengan format tag alt gambar untuk membantu dengan optimasi kata kunci .

Umumnya, nama file gambar yang diambil dengan kamera ponsel akan terlihat seperti ini : HJ87sdGHjd12.JPEG

8) Tambahkan data terstruktur gambar

Data terstruktur, juga disebut sebagai markup skema, adalah cara lain untuk menambahkan detail backend ke gambar untuk membantu mesin pencari memahaminya. Data terstruktur juga meningkatkan kemungkinan gambar dapat ditampilkan sebagai cuplikan kaya/snippet pada SERP, jadi tambahkan ke gambar supaya lebih power full

schema markup pada gambar


Optimalkan Gambar Anda secara SEO dan Tingkatkan Kinerja Pencarian

SEO gambar hanyalah salah satu bagian dari SEO-Onpage. SEO gambar, optimasi kata kunci, dan praktik terbaik copywriting SEO lainnya harus bekerja bersamaan untuk hasil yang optimal.

Untuk mengetahui apakah suatu halaman sepenuhnya dioptimalkan, gunakan Pemeriksa SEO On-Page Alexa . Ini memeriksa seluruh elemen SEO gambar seperti alt-tag dan nama file, dan mengidentifikasi peluang SEO lain di halaman yang dapat membantu Anda meningkatkan SEO Onpage

Setelah Anda yakin SEO di halaman dan gambar dalam kondisi baik . Pastikan situs Anda dioptimalkan untuk semua jenis SEO lainnya untuk mencapai hasil terbaik dari pencarian. Gunakan Audit Situs Alexa dan alat SEO lainnya untuk memastikan halaman Anda mengikuti praktik terbaik untuk SEO on-page, off-page, dan teknis.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar