Ciri-ciri baterai iphone rusak dan harus diganti

by

helmy

Seperti yang telah kalian ketahui baterai adalah salah satu komponen penting pada perangkat smartphone, terutama iPhone. Tanpa baterai, smartphone tentu tidak akan bisa menyala dan bekerja senormalnya perangkat gadget pada umumnya.

Ciri-ciri baterai iphone rusak

Namun, seiring pemakaian smartphone pasti tidak bisa selamanya dalam kondisi 100% baik seperti halnya pertama kali memakainya. Karena kita membahas Iphone, maka sama halnya seperti Android pasti diperlukan baterai sumber energi utama didalamnya. 

Seperti yang saya singgung diatas, ada kalanya baterai iPhone itu terasa tidak normal ketika digunakan, muncul masalah-masalah ganjil ketika dipakai, contoh; ketika persentase baterai iphone
berkurang padahal tidak dipakai,, baterai iphone bertambah sendiri, baterai tiba-tiba habis namun ketika dicas kembali penuh

Hal-hal seperti inilah tanda ketidak normalan baterai, solusinya diperlukan langkah untuk memperbaikinya salah satunya seperti service iphone atau membeli baterai baru yang budgetnya mungkin agak mahal.

Ada akibat pasti ada sebab, maka dari itu sebagai pengguna iPhone kita harus bijak-bijak dalam menjaga keawetan baterai smartphone agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Ciri-Ciri Baterai iPhone yang Rusak dan Harus di ganti

Mungkin kalian binggung kapan harus mengganti baterai iphone, pasti ada ciri-ciri baterai iphone tidak ori atau rusak yang bisa menjadi acuan  sebelum menggantinya.

1. Kapasitas atau persentase yang tidak normal

Baterai smartphone yang habis bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, terutama dari segi penggunaan yang intensif maka hal ini pasti akan menguras banyak dayanya.

Tetapi pernahkah kamu merasakan kalau persentase yang ada pada kapasitas baterai itu berubah secara tidak normal, Misalnya saja dalam satu menit baterai berjalan habis 1 persen 1 persen, atau habis 10 persen hanya dalam kurun waktu 5 menit, ini sudah dipastikan baterai iphone kamu sudah AUS dan perlu diganti.

Mungkin kalau kamu membaca-baca di internet ada yang merekomendasikan untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone, Iya bisa tetapi hal ini hanya meningkatkan akurasi pembacaan baterai saja bukan memperbaiki baterai, ada pula yang menyarankan untuk memasukkan Iphone ke freezer, udahlah ganti saja dengan yang baru.

2. Sering di Charge

Saat ini banyak smartphone yang menggunakan kapasitas baterai besar dan tahan lama, salah satunya adalah iPhone. selain dibekali dengan chipset yang tangguh, perangkat ini juga dibekali dengan kemampuan efesiensi daya yang oke, maka dari itu sudah sewajarnya ketika menggunakan iphone bisa hemat berjam-jam tanpa harus bolak-balik charge, umumnya iPhone untuk daily use seperti Sosmed, Chattingan, Scrolling paling hanya memerlukan 1 – 2 kali pengecasan.

Tapi apa jadinya kalau iPhone malah sering dicharge atau sering kehabisan baterai, seperti misal ketika baru digunakan beberapa jam baterai langsung habis dan frekuensi charging juga lebih sering, maka hal ini bisa jadi baterai kamu mengalami kebocoran dan sudah waktunya diganti.

Walau ketika kamu melihat Battery Health masih menunjukkan angka 80%, jangan bergantung pada indikator itu saja. Intinya lakukan analisis dulu seberapa sering kamu mengecas iPhone, kalau misal kamu sering cape melakukan pengisian ulang maka tidak usah menunggu-nunggu kamu bisa langsung melakukan penggantian baterai.

Baca juga: Mengatasi HP sering restart sendiri

3. Baterai gendut atau Menggembung

Kalau ini terjadi bisa saya pastikan kalau baterai iPhone kamu sudah rusak dan harus diganti sebelum meledak, yakni saat menggembungnya ukuran baterai yang tidak normal. Jika benar hal ini terjadi, bisa saja baterai akan meledak dan membuat perangkat iPhone kamu hancur, dan tentunya ini membahayakan keselamatan orang-orang yang tidak bersalah disekitar kamu

Lalu bagaimana cara melihat kalau baterai iPhone kita menggembung, nah salah satu cara yang sering dilakukan pastinya dengan membongkar iPhone terlebih dahulu, atau bisa juga melihatnya lewat tanda tanda layar LCD yang terlihat terangkat dan melebihi bezel sampingnya.

4. Voltase Baterai dan Arus Listrik

Berikutnya bisa jadi masalah terdapat pada arus listrik serta voltase baterai itu sendiri, kedua hal ini harusnya normal namun jika ada masalah bisa saja menjadi penyebab baterai rusak.

Voltasi baterai iPhone yang normal itu ada di tegangan listrik sekitar 4 Volt hingga 5 Volt. lalu baterai iPhone yang rusak tegangannya berapa? nah pastinya lebih rendah dari biasanya. Apalagi jika iphone tegangannya lebih dari 5V, sudah pasti baterai Iphone akan rusak dan harus diganti.

5. iPhone sering Mati sendiri

Jika iPhone yang kamu pakai sering mati sendiri padahal kapasitas baterai masih banyak atau penuh, maka sudah dipastikan iphone kamu mengalami kebocoran baterai yang parah dan harus segera diganti agar hal-hal lebih buruk tidak terjadi, seperti menyebabkan kerusakan fatal pada komponen iphone lainnya.

Solusi lain yang mungkin bisa kmau coba adalah melakukan kalibrasi baterai Iphone, hal ini sepertri apa yang kita singgung sebelumnya. Jadi cara kalibrasi ini bisa meningkatkan tingkat akurasi pembacaan baterai Iphone, kalau ingin memperbaiki dan ingin fix 100% maka langkah untuk mengganti itu sangat disarankan.

6. Melakukan check Battery Throttling

Cara ini bisa kamu ikuti jika iPhone yang kamu gunakan sekarang adalah Iphone 6 atau generasi setelahnya. Nah jika saat ini kamu belum tahu, ada satu masalah yang disebut Battery Throttling atau Batterygate yang sudah ada sejak iOS 11 dimana hal ini menjadi fokus pada pengguna.

Battery Throttling adalah kondisi dimana kesehataan baterai iPhone menurun dan iOS akan menurunkan secara otomatis performa iPhone, beda halnya jika perfroma iPhone tidak diturunkan maka pengguna bisa mengalami masalah mati mendadak atau restart ulang.

Nah untuk mengecek kondisi baterai pada Iphone kamu tentu mudah saja, pertama silahkan kamu masuk ke Settings > Battery > Battery Life, lihat pada bagian Peak Performace Capability yang harus kamu amati apa peringatan yang dikeluarkan.

7. Suhu iPhone Overheat atau Panas

Ini juga bisa menjadi pertimbangan, iphone itu terkenal dengan smartphonenya yang dibekali chipset bawaan super oke dipasar prosessor, jadi iphone ini sudah yang paling terbaik lah dari sana nya. Tetapi masalah akan muncul bila smartphone itu terasa overheating terasa dan berdampak pada baterai yang habis dengan cepat.

Ketika arus listrik pada baterai itu sudah tidak stabil, maka daya yang masuk bisa menjadi naik turun secara drastis. Nah andaikan kamu masih tetap menggunakannya dan terus memaksanya untuk bekerja alhasil suhu akan cepat naik dan terasa panas akan sangat berdampak pada kinerja dari iPhone itu juga.

Bagaimana dan dimana mengganti baterai iPhone?

Kali ini saya beritahu cara paling aman dan paling mudahnya untuk mengganti baterai Iphone yang sudah rusak kamu bisa merujuk ke halaman Apple Support langsung. Proses ganti baterai ini secara resmi bisa dilakukan di gerai Apple Store atau Apple Authorized Service Provider.

Berapa biaya ganti baterai
iphone? harga baterai iphone 6 dan iphone 7 bermacam-macam, setiap seri Iphone memiliki harga yang berbeda seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR kamu harus mengeluarkan sekitar $69 sedangkan untuk iPhone SE, iPhone 6 series, 7 series, 8 series, dan model lainnya dihargai sekitar $49.

Selain layanan resmi dari Apple, sebenarnya kamu juga tidak perlu repot-repot dan sejauh ini penggantian baterai Iphone juga bisa dilakukan melalui layanan servis handphone yang ada disekitar daerah kamu.

www,helmykediricom

Related Post