Skip to main content

10 Cara mempercepat koneksi internet terbukti work

Selamat Datang Di Blog Orang IT,

Dalam dunia teknologi yang terus mengalami perkembangan hingga saat ini, internet yang cepat telah menjadi kebutuhan yang vital dalam kehidupan setiap orang. Namun terkadang, waktu berharga yang kita miliki terbuang sia-sia karena koneksi internet yang lambat . Dan itulah sebabnya mengapa beberapa tugas penting membutuhkan lebih banyak waktu untuk diselesaikan. 

Apakah Anda juga menghadapi masalah yang sama dan sedang mencari solusi? Jika Anda mendapatkan kecepatan internet yang lambat pada Windows 7 atau Windows 10 , maka ini adalah beberapa metode yang berguna untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda. 

Metode yang saya jelaskan di bawah ini tidak hanya berlaku untuk perangkat Windows tetapi juga bekerja pada perangkat PS4 Anda. Jadi, ikuti panduan ini agar mendapatkan koneksi internet yang cepat.

Ini adalah 10 cara sederhana untuk mempercepat Koneksi Internet 

Memindai virus atau infeksi Malware

Jika Anda berpikir untuk mempercepat koneksi Internet di Windows 10 , maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa keberadaan virus didalam komputer. Kehadiran virus dan program malware berbahaya mungkin menjadi alasan mengapa koneksi internet anda lambat 

Jadi, lakukan pemindaian melalui program antivirus pada komputer anda secara berkala, jika ada program atau aplikasi berbahaya yang ditemukan didalam komputer silahkan hapus semuanya . 

Setelah melakukan hal ini, Anda akan menyadari bahwa kecepatan internet Anda telah meningkat dibandingkan sebelumnya

Periksa layanan internet Anda

Jika tidak ada program atau aplikasi jahat yang ditemukan di komputer Anda, dan Anda masih menghadapi masalah koneksi internet yang lambat , cobalah untuk memeriksa paket layanan internet anda. 

Beberapa layanan internet biasanya memiliki batasan kecepatan dan FUP , periksa seberapa cepat koneksi internet yang diberikan oleh layanan anda melalui situs-situs seperti www.speedtest.net  , dan dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kecepatan maksimal yang diberikan oleh penyedia internet .

Periksa layanan internet

Jika angkanya cocok, maka OK. Jika nilainya berbeda maka Anda bisa mengadu ke penyedia layanan karena memberikan kualitas bandwidth yang tidak sesuai dengan paket data

Periksa Modem atau Router Anda

Periksa Modem atau Router Anda yang mungkin bisa menjadi penyebab utama koneksi internet Anda lambat. Cara paling sederhana untuk mempercepat koneksi internet Windows 7 adalah memeriksa modem atau perangkat router . Jika Anda menemukan kesalahan di router atau Modem , maka perbaikilah.

Anda harus membeli router atau Modem yang memiliki spesifikasi jangkauan nirkabel yang kuat sehingga koneksi internet Anda semakin cepat. Pastikan Modem Anda sangat cocok dengan paket berlangganan internet sebelum membeli yang baru.

Periksa Gangguan Sistem

Terkadang, internet Anda lambat karena gangguan yang disebabkan oleh program Antivirus atau pada program lain yang di install ke dalam sistem operasi Anda. 

Anda dapat dengan mudah menyingkirkan masalah ini, yang harus Anda lakukan adalah mematikan program satu per satu dan melakukan tes kecepatan setiap kali Anda mematikan program.

Lihat daftar program mana saja yang mengkonsumsi sumber daya internet paling banyak melalui task manager (ctrl+alt+del) , buka tab process > lihat pada kolom network

Anda hanya perlu mematikan program-program yang membuat masalah untuk Anda. Dan dengan cara ini, Anda dapat mempercepat Internet di sistem Windows 

Anda tidak akan tau kalau program antivirus melakukan update database dibalik layar , atau program lain seperti javaruntime dan antimalware yang mencoba terhubung ke internet. Periksa menggunakan task manager untuk melihat program yang sedang mengkonsumsi bandwidth internet

Memperbaiki sinyal WIFI

Menggunakan koneksi nirkabel untuk Internet adalah cara yang luar biasa tetapi bisa jadi masalah ketika menunjukkan kesalahan konfigurasi yang membuat Internet Lambat dll. Jika router bekerja dengan baik tetapi Anda masih mengalami masalah dengan kecepatan internet , maka pasti ada beberapa masalah dengan sinyal nirkabel. 

Anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah ini dengan mengubah pengaturan atau meningkatkan kualitas jaringan router Anda . Tempatkan router Anda di tempat yang lebih baik di mana sinyal kekuatan menunjukkan level maksimal

Selain itu, Anda dapat meningkatkan jangkauan router Anda dengan trik DIY  

Gunakan command prompt

Banyak orang bertanya apakah ada cara untuk mempercepat koneksi Internet menggunakan bantuan cmd ? Jawabannya adalah "Ya ada", Anda bisa melakukan ini, ketik perintah yang saya berikan di bawah ini pada jendela command prompt dan masalahnya selesai.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini:

Langkah 1.

Buka CMD di sistem Anda sebagai Admin. Gunakan shorcut Ctrl+F lalu ketikkan CMD klik kanan run as administrator

Langkah 2.

Sekarang ketik perintah ini Netshint top show global dan tekan Enter.

Langkah 3.

Sekarang ketik Netshinttp set chimney=enabled, tekan Enter.

Langkah 4.

Sekarang ketik  Netshinttcp set global autotuninglevel=normal dan Tekan Enter.

Langkah 5.

Sekarang ketik  Netshint set global congestionprovider = ctcp dan Tekan enter.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tutup command prompt dan periksa kecepatan Internet Anda sekarang, saya yakin itu akan meningkat.

Cara Mempercepat Internet di Windows melalui (Ping Command)

Solusi sederhana lain adalah menggunaan perintah Ping. Anda harus melakukan perintah ini melalui cmd yang akan terus melakukan ping pada koneksi jaringan Anda sehingga speed internet menjadi stabil

Buka command prompt pada sistem Anda, Jalankan sebagai Admin.

Ketik ipconfig untuk menemukan konfigurasi jaringan komputer Anda.

Sekarang Anda dapat melihat alamat gateway default jaringan Anda.

Sekarang ketik ping - t, yang merupakan alamat gateway default (ping -t (192.168.42.129))

Minimize command prompt dan jalankan internet seperti biasa. Saat Anda sedang browsing, internet terus-menerus membalas koneksi ping dengan cara ini membuat koneksi anda menjadi stabil

Coba server DNS baru

Jika internet Anda lambat, masalahnya mungkin dibagian Server DNS . Server DNS mengubah alamat situs web menjadi alamat IP, sehingga membuatnya dapat dibaca oleh komputer. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mencoba server DNS baru . Anda harus mencobanya karena, dalam sebagian besar kasus internet lemot, masalahnya disebabkan terutama karena DNS.

Selengkapnya > 10 server DNS tercepat 

Ubah Saluran Anda

Jika Anda menggunakan internet bersama banyak orang dan semuanya menggunakan saluran jaringan yang sama, maka ini bisa menjadi alasan mengapa internet Anda terasa lambat . Ganti saluran Anda, dan dengan cara ini, Anda dapat mempercepat koneksi internet 

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda mengganti Saluran. Contohnya WifiAnalyzer, WifiinfoView adalah beberapa aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk tujuan ini. 

Jika Anda menggunakan router baru maka reboot router Anda . Secara otomatis sistem akan memilih saluran yang lalu lintas datanya tidak terlalu padat

Gunakan adaptor jaringan Powerline

adaptor jaringan Powerline

Anda dapat mengubah Router lama menjadi Wifi-Repeater baru untuk mempercepat internet di Windows 10 . Untuk mengubah router Anda menjadi Wifi Repeater dapat dilakukan dengan menggunakan adaptor Powerline. 

Adaptor Powerline akan meningkatkan jangkauan jaringan nirkabel. Dan dalam hal ini, Anda dapat memaksimalkan kecepatan koneksi internet Anda. 

Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah ini jika Anda ingin tahu cara mempercepat internet di ponsel android atau perangkat lain.

Jadi, ini adalah metode untuk mempercepat internet di perangkat Windows atau perangkat Android. Saya cukup yakin bahwa metode ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kecepatan internet 

..... https://helmykediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar