Perbedaan processor CPU intel core i3 vs i5 vs i7 vs i9

by

helmy

Meskipun mereka sudah ada lebih dari satu dekade sekarang, jajaran Intel Core, Core i7, Core i5, dan prosesor Core i3, masih terasa relatif muda. Di sini, kami akan mengulas tentang prosesor, menjelaskan teknologi yang mereka gunakan, memperlihatkan filosofi Intel, dan membantu Anda memutuskan prosesor mana yang akan dibeli.
Daripada mengambil rute perbandingan prosesor tradisional dengan menunjukkan kepada Anda sejumlah tolak ukur, spesifikasi kinerja dengan game, dll., Ulasan ini akan lebih berfokus pada menjelaskan “core” dari setiap tipe CPU Intel, yang juga mencakup versi terbaru yakni Core i9  
Meskipun orang menggunakan alat seperti bencmark game hardcore, mereka cukup berguna untuk pengguna komputer rata-rata. Panduan ini akan membantu Anda memilih komputer, dengan prosesor yang baik untuk kebutuhan Anda, tanpa harus tahu apa ” 3DMark ” itu.
Perbedaan processor CPU intel
Hal pertama yang Anda mungkin bertanya-tanya adalah apakah sekarang saat yang tepat untuk membeli PC dengan prosesor Intel Core? Agak mengecewakan bagi siapa pun untuk membeli sesuatu dan mencari tahu pada hari berikutnya bahwa perusahaan baru saja merilis model yang lebih baik.
Sekarang akan menjadi saat yang tepat untuk mendapatkan komputer dengan prosesor seri Core. Prosesor dan Intel memiliki sejarah mempertahankan lini produk selama beberapa tahun. Lihat saja jajaran Core 2 Duo mereka sebagai contoh.
Prosesor Core 2 Duo pertama kali melakukan debut pada pertengahan 2006. Prosesor tersebut masih diproduksi oleh pabrik dalam sistem baru sampai 2010. Core i7, Core i5, dan Core i3 prosesor telah ada sejak 2008 dan tidak ke mana-mana. Selain itu, pada 2016 Intel telah beralih dari siklus pembaruan tradisional menjadi proses tiga langkah, arsitektur, dan optimization cycle yang jauh lebih lambat.
Sebelumnya, setiap tock akan memberikan peningkatan besar dalam hal kecepatan, efisiensi dan manufaktur. Namun, itu terbukti terlalu sulit sekarang. Siklus baru menambahkan peningkatan dan hanya setiap beberapa tahun kita akan melihat peningkatan besar seperti dari 14nm ke 10nm chip, dll.
Intel memberikan setiap pembaruan baru pada arsitektur mikroprosesornya sebuah nama kode. Anda mungkin pernah mendengar nama-nama seperti Broadwell, Haswell, Skylake, Skylake-X, Kaby Lake, Coffee Lake dan Cannon Lake. Wikipedia memiliki tabel yang bagus di sini dengan semua nama kode dan tanggal rilis . Pada dasarnya, bagi konsumen, jangan khawatir tentang chip generasi berikutnya karena seharusnya tidak sebesar upgrade dari yang saat ini ada di pasar.
Jadi, prosesor mana yang harus Anda beli? Skylake-X i9-7980XE terbaru dengan 18 core dan 36 thread atau Coffee Lake i3-8350K sederhana dengan 4 core dan sepersepuluh biaya i9? Ya, itu semua tergantung kebutuhan dan anggaran Anda. Pertama, mari kita lihat masing-masing merek prosesor.

Core i3

Kami akan mulai dari bawah dan seterusnya. Core i3 adalah prosesor terbaru Intel. Meskipun Core i3 adalah yang terendah di antara banyak core, itu masih prosesor yang sangat baik yang telah menerima ulasan positif hingga luar biasa dari mayoritas ahli dan pelanggan.
Teknologi di balik prosesor Core i3 termasuk basis dual core, dukungan hyper threading, dan virtualisasi. Prosesor Core i3 mendukung Windows versi 64-bit. Dengan memanfaatkan chipset baru Intel dan teknologi 14nm, Core i3 berkinerja sangat baik untuk sebagian besar tugas komputasi saat ini.
Selain itu, tahun ini adalah tahun pertama bahwa prosesor Core i3 (Coffee Lake) akan memiliki 4 core, bukan 2. Setiap core pada dasarnya seperti prosesor sendiri dan semakin banyak core yang Anda miliki, semakin banyak tugas yang dapat dilakukan komputer secara bersamaan.
Perbedaan besar lainnya antara Core i3 dan versi yang lebih tinggi adalah bahwa Core i3 tidak mendukung turbo boost. Turbo boost adalah kemampuan untuk overclock prosesor melampaui kecepatan clock dasarnya. Juga, prosesor Coffee Lake i3 terbaru telah menjatuhkan hyper-threading.
Jika Anda membeli komputer dengan prosesor Core i3? 
Tergantung. Jika Anda menggunakan komputer untuk tugas-tugas dasar seperti pengolah kata, email, menjelajahi web, menonton video, dll., Prosesor quad-core i3 lebih dari cukup untuk menangani semua itu dengan mudah. Prosesor Core i3 adalah pilihan yang solid dan terjangkau bagi kebanyakan orang.

Core i5

Core i5 adalah prosesor “mid-range” terbaru dari Intel. Pengembangan dari Core i3, prosesor i5 akan memberi Anda perbedaan kecepatan yang nyata, tergantung pada jenis aplikasi yang Anda jalankan. Jika Anda bermain solitaire, Anda tidak akan dapat membedakan antara prosesor Core i3 dan Core i5. Jika Anda mengedit banyak file dalam Adobe Photoshop, Anda akan melihat Core i5 dapat menyelesaikan tugas lebih cepat.
Secara teknis, prosesor Core i5 yang dipasarkan sedikit berbeda. Ada tiga jenis utama Core i5 Processors: dual core, quad core dan sekarang enam core. Prosesor dual core i5 memiliki teknologi 32nm dan 22nm, dukungan hyper threading, dukungan virtualisasi, dan teknologi Turbo Boost. Prosesor quad core i5 memiliki teknologi 45nm, 22nm atau 14nm, dukungan virtualisasi dan teknologi Turbo Boost, tetapi tidak memiliki dukungan hyper threading.
Chip Coffee Lake i5 terbaru tidak mendukung hyper threading juga, tetapi telah melewati hingga enam core, bukan empat.
Apakah ketiga jenis prosesor Core i5 menawarkan kinerja yang serupa? 
Untuk aplikasi single-threaded, inti enam akan mengalahkan inti ganda, tetapi tidak akan membuat perbedaan besar dibandingkan dengan inti quad. Namun, untuk aplikasi multi-threaded, enam inti terbaru akan memiliki keunggulan signifikan dibandingkan versi dual dan quad core. Saat membeli i5, berhati-hatilah untuk mencatat berapa core yang ada di prosesor.
Jadi , apakah Anda membeli komputer dengan prosesor Core i5? 
Dalam sebagian besar situasi, Core i5 adalah pilihan yang terbaik jika Anda ingin menghabiskan uang ekstra. Core i5 menawarkan kinerja yang cukup untuk melakukan hal-hal seperti mengedit video dan bermain game, dan lebih dari core i3 untuk melakukan hal-hal dasar seperti pengolah kata, selancar internet, dan email. Prosesor Core i5 adalah prosesor dengan kisaran harga menengah yang bagus untuk orang yang sering menggunakan komputer dan sering melakukan banyak tugas.

Core i7

Selanjutnya, kami memiliki jajaran prosesor Intel Core i7. Core i7 adalah chip top-of-the-line saat ini, dari semua prosesor seri Core. Itu sampai Core i9 dan Core X series chips. Namun, seri Core i7 masih cukup mahal. Core i7 juga hadir dalam beberapa varietas berbeda. Perbedaannya ada pada chipset.
Sebelum Coffee Lake, seri i7 memiliki kinerja quad core, dukungan virtualisasi, hyper-threading, dan Teknologi Turbo Boost. Dengan Coffee Lake, kami mendapatkan dukungan yang bagus untuk enam inti, sama seperti i5, tetapi i7 mendukung hyper threading, jadi kami mendapatkan total 12 thread
Penggunaan utama untuk prosesor Core i7 adalah multi-tasking utama, tugas multimedia berat, gaming papan atas, dan tugas komputasi berat. Anda akan melihat manfaat dari i7 saat menjalankan beberapa mesin virtual atau saat mengedit video 4K atau lebih tinggi di Premiere.
Prosesor i7 juga memiliki cache on-board yang lebih besar, yang memungkinkannya melakukan tugas berulang lebih efisien. Cache yang lebih besar juga berarti kinerja multitasking yang lebih baik.
Jadi, Anda berniat membeli komputer dengan prosesor i7? 
Bagi sebagian besar orang, itu berlebihan. Akan jauh lebih pintar untuk menggunakan sesuatu seperti i5-8600K dan menghabiskan penghematan pada kartu grafis yang lebih baik atau lebih banyak RAM atau bahkan hard drive SSD yang lebih cepat.
Namun, jika Anda sesekali melakukan tugas-tugas intensif CPU atau melakukan game 2K atau 4K, seri i7 adalah pilihan yang sangat baik.

Core i9

Terakhir, namun yang tidak kalah penting, kami memiliki seri chip Core i9 baru, yang merupakan perubahan besar dari sisa lineup. Pertama, semua chip i9 menggunakan soket LG 2066 baru, yang membutuhkan motherboard chipset Intel X299.
Seri chip i9 juga merupakan rangkaian prosesor paling kuat yang telah dirilis Intel sejauh ini. Yang termurah memiliki 10 core, cache L3 yang besar dan harganya sekitar satu grand sekarang. End tertinggi i9 memiliki 18 core (36 thread) yang membingungkan
Semua prosesor i9 juga merupakan bagian dari seri prosesor Core-X. Ada juga versi Core-X dari prosesor Core i7 dan Core i5, meskipun prosesor i9 benar-benar menghancurkan versi i7 dan i5 di benchmark.
Jika Anda akan membeli komputer dengan prosesor i9? 
Ya, jika Anda menginginkan komputer paling keren, tercepat, dan paling terbaru yang Anda miliki. Bersiaplah untuk mengeluarkan anggaran uang yang tidak sedikit. Juga, ketika Anda mendapatkan prosesor dengan spesifikasi tinggi seperti itu, masuk akal apabila semua komponen lain juga high-end (saya berbicara mengenai uang yang harus anda keluarkan), jadi i9 secara harfiah cocok untuk animasi 3D, perhitungan ilmiah, dll.

Baca juga : Memperbaiki laptop sering mati sendiri

Kesimpulan dan Saran

Tidak masalah prosesor mana yang Anda pilih untuk dibeli, Anda akan mendapatkan prosesor berkualitas yang akan bertahan lama. Namun, setiap pembelian harus memperhatikan keseimbangan antara biaya dan kinerja. Rekomendasi saya adalah menggunakan situs seperti CPUBenchmark untuk mendapatkan detail tentang setiap prosesor yang Anda pertimbangkan.
Sebagai contoh, bagian atas Core i9-7980XE memiliki skor nilai CPU yang hebat karena biayanya yang tinggi:
Perbedaan processor CPU intel core i3 vs i5 vs i7 vs i9
Gunakan alat ini bersama dengan anggaran Anda dan kebutuhan untuk menentukan prosesor terbaik yang akan dibeli. Bahkan jika Anda tidak berencana membeli CPU, mudah-mudahan ini memberi Anda informasi yang bermanfaat tentang perbedaan antara prosesor Core i3, i5, i7 dan i9 dari Intel. 

Related Post