Mengenal Dasar-dasar SEO untuk pemula

by

helmy

Blog Orang IT – Sebelum kita membahas teknik dan aspek spesifik tentang SEO, mari kita bahas definisi dasar, istilah, dan pertanyaan umum, melingkupi;

1. Apa itu SEO?
2. Singkatnya SEO
3. Istilah SEO
4. Alat SEO

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization kalau diterjemahkan berarti Optimasi Mesin Pencari, adalah suatu proses pengoptimalan situs atau blog dengan tujuan meningkatkan peringkatnya di hasil pencarian (google, bing, etc..) dan hal ini menjadikan situs ramai dengan visitor organik.

Sejarah SEO berasal sejak tahun 1990 ketika mesin pencari muncul untuk pertama kalinya. Dan saat ini, SEO menjadi strategi pemasaran yang penting dan sebagai industri online yang terus berkembang.

Optimasi mesin pencari hanya berfokus pada hasil pencarian organik dan tidak termasuk optimasi PPC (Paid Per Click alias iklan). Baik SEO dan PPC adalah bagian dari Pemasaran Mesin Pencari.

Tampilan Gambar Organik VS PPC
Mesin Pencari biasa digunakan oleh pengguna internet untuk mencari sesuatu. Dan Anda sebagai pemilik situs/blog yang menyajikan jawaban dari sesuatu itu. Bukan persoalan apakah Anda menjual produk atau layanan, menulis blog, atau lainnya. Namun menerapkan optimasi mesin pencari adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik situs.
 
Untuk membuatnya terlihat sederhana:
SEO adalah semua tindakan yang Anda lakukan untuk membuat mesin pencari menganggap keberadaan situs Anda sebagai sumber berkualitas dan memberi peringkat lebih tinggi untuk kata kunci penelusuran yang Anda inginkan.
Singkatnya SEO (faktor);
Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari tahu semua faktor dan algoritma yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat situs. Tetapi,  Anda perlu memahami komponen kunci SEO.
Untuk memahami komponen yang saya maksud, cukup dengan membayangkan segelas susu, yang berisi 3 faktor penting; Gelas, air dan bubuk (kopi/gula/susu/aren).

Tiga faktor penting dari SEO
1. Teknis
Gelas sebagai wadah mewakili semua aspek yang perlu Anda lakukan, ini sering disebut sebagai SEO On-Page. Tanpa gelas yang tepat, tidak akan ada yang menampung air dan susu.
2. Konten

Air mewakili konten situs, ini bagian terpenting.. Konten yang berkualitas rendah, plagiat, tidak mendapat peringkat! Cukup sederhana bukan?
3. Backlink/ Tautan Balik

Susu mewakili tautan balik, ini dapat meningkatkan otoritas situs. Mungkin sebuah situs dioptimalkan dengan sempurna dan memiliki konten berkualitas tinggi, tetapi pada akhirnya situs tersebut perlu mendapatkan sinyal otoritas dengan membangun backlink berkualitas. Ini adalah bagian terakhir untuk membuat sebuah situs tampil sempurna.

Istilah SEO penting yang perlu di ingat

Setelah Anda mulai memahami kunci SEO, Anda akan menemui beberapa istilah umum yang mengkategorikan aspek atau pendekatannya. Yaitu;

– SEO On-Page & SEO Off-Page

White Hat SEO/SEO Topi Putih & Black Hat SEO/SEO Topi Hitam
Lebih lanjut kita jabarkan pengertian keduanya;

SEO ON-Page vs SEO Off-Page

SEO On-Page adalah segala sesuatu yang dapat Anda lakukan dari dalam website, mulai dari optimasi penulisan konten hingga aspek teknis (sumber daya server) meliputi;
Riset kata kunci judul 
Pengoptimalan konten artikel
Pengoptimalan tag
Pengoptimalan kinerja halaman situs
Tautan internal antar halaman
 
Tujuannya, untuk menyediakan konten yang sempurna bagi visitor sambil menunjukkan kepada mesin pencari bagaimana performa halaman tersebut saat di crawl oleh googlebot.
Istilah SEO On-page dan Teknis SEO didalamnya terkadang digunakan secara bergantian untuk membedakan pengoptimalan terhadap penulisan konten dan kinerja situs. Misalnya, judul halaman untuk SEO on-page dan pengoptimalan berorientasi teknis SEO misalnya jenis hosting: shared, dedicate, vps, cloud
SEO OFF-Page disebut optimasi SEO diluar situs. Ini tentang mendapatkan backlink berkualitas untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs tersebut memiliki rujukan otoritas dan kepercayaan dari situs lain. Ini termasuk postingan tamu, tautan halaman profile, postingan medsos
SEO OFF-page   juga   terkait   erat dengan area   pemasaran   online   lainnya   yang berdampak tidak langsung dalam membangun kepercayaan dan otoritas situs seperti kampanye iklan maupun blogroll sponsor
INGAT!!
Strategi SEO yang sukses terdiri dari kombinasi optimasi SEO On-Page dan SEO Off-Page

White Hat SEO vs Black Hat SEO

White Hat dan Black Hat berasal dari film-film barat, keduanya mewakili masing-masing untuk peran jahat dan peran baik.
Dalam dunia SEO, istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan dua kelompok perilaku SEO, antara mereka yang mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pedoman webmaster Google dan mereka yang tidak.
Untuk memahami perbedaan keduanya, perhatikan tabel berikut;
 

Whitehat vs Blackhat SEO

Black Hat SEO / SEO Topi Hitam

Ini merupakan serangkaian praktik yang tidak etis (biasanya berisi spam, mengganggu dan bertujuan manipulatif) untuk meningkatkan peringkat website. Teknik-teknik ini dapat membawa Anda ke puncak hasil pencarian dalam waktu singkat, namun juga berisiko tinggi, cepat atau lambat situs Anda akan dihukum oleh mesin pencari, Ini juga dikenal sebagai pinalti/sanksi tidak terlihat oleh Google

White Hat SEO / SEO Topi Putih

Ini mengacu pada semua teknik SEO reguler yang berpegang teguh pada pedoman webmaster dan aturan Google. Ini adalah strategi jangka panjang dimana peringkat yang baik adalah hasil dari pengoptimalan yang baik, konten berkualitas, dan pendekatan berorientasi kepada pengalaman pengguna. Pakar SEO garis lurus mengatakan bahwa ‘Whitehat’ adalah cara yang harus ditempuh. Bahkan ada perbedaan pendapat tentang berbagai teknik pembuatan backlink maupun pembelian backlink.
Pertanyaan yang sering diajukan;
Bisakah saya melakukan SEO sendiri?
SEO itu tidak mudah tetapi juga bukan ilmu tingkat tinggi. Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda terapkan dan ternyata itu sangat membantu, mungkin kalau dilakukan sendirian membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha. Jadi, ya, Anda bisa melakukan SEO sendirian
Bagaimana saya memulai pelajaran SEO?
Untuk belajar SEO ada beberapa hal yang harus Anda lakukan;
• Ikuti panduan yang disediakan google
https://developers.google.com/search/docs/beginner/seo-starter-guide?hl=id
• Praktekkan langsung ke situs Anda dan amati perkembangannya
• Jangan takut bereksprimen dan keluar modal
• Miliki banyak kesabaran dan luangkan waktu lebih banyak
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar SEO?
Meskipun memahami dasar-dasarnya tidak memakan waktu lebih dari beberapa minggu, penguasaan sepenuhnya bergantung pada hasil praktiknya, yang mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Percalah bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.
SEO berkembang sepanjang waktu, Anda harus terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru, eksperimen, dan temuan.
 
Apakah saya memerlukan alat SEO?
Anda bisa memilih berjalan kaki ke kantor dibandingkan mengendarai mobil tetapi percayalah bahwa dengan mengendarai mobil berarti anda telah menghemat banyak waktu dan usaha
Jika Anda serius tentang SEO, data analisis yang disediakan berbagai alat SEO sangatlah berguna. Alat SEO memberikan sederet keunggulan dan menghemat banyak waktu.
Berikut alat-alat SEO yang penting untuk digunakan;
• Google Search Console 
• Google Analytics 
• Ahrefs
• SEMRush
• SEOBility
• MOZ
• WooRAnk
• LinkMiner
• SERPWatcher
• Dan masih banyak lagi
Apakah SEO akan MATI?

Ketika orang mencari tau ‘SEO sudah mati’, itu artinya ‘upaya spam untuk memanipulasi algoritma Google tahun-tahun yang lalu sudah mati’. Sementara optimasi mesin pencari adalah strategi pemasaran yang penting dan terus berkembang.
Sampai disini seharusnya anda sudah bisa menjawab pertanyaan;
1. Apa itu SEO?
2. Apa saja Istilah SEO?
3. Sebutkan 3 faktor penting SEO!
4. Apa yang dimaksud dengan istilah SEO Off-Page?
5. Apa yang dimaksud dengan istilah Black Hat SEO?
……helmykediri.com

Related Post