Skip to main content

Perubahan kebijakan adsense terkait pembatasan penayangan iklan

Selamat Datang di Blog Orang IT. Beberapa bulan belakangan ini saya melihat beberapa publisher iklan adsense yang mengeluh iklannya tidak tayang didalam blognya. Bukan hanya beberapa orang saja yang mengalami hal ini , pada saat membuka forum bantuan adsense saya melihat ribuan publisher iklan yang menanyakan alasan mengapa iklan adsense diblog mereka tiba-tiba blank

Blog terbaru yang saya miliki juga mengalami hal serupa , tiba-tiba iklannya blank sehingga membuat potensi pendapatan saya turun hingga 90%. Pada dashboard adsense tertera jumlah tayangan halaman 3.500 namun jumlah tayangan iklan hanya 20-30 berarti iklan adsense jarang muncul diblog saya

Namun setelah menerapkan beberapa cara akhirnya iklan adsense diblog saya kembali tayang setelah 3 minggu ngeblank , permasalahannya terletak pada kualitas trafik dimana adsense menganggap kualitas trafik di blog saya terlalu rendah dan tidak dapat di validasi yang berakibat pada penurunan lelang inventaris terhadap blog saya ( efek fbads to adsense)

Setelah saya meningkatkan update intensitas artikel dan berhasilkan menaikkan jumlah visitor organik sebesar 60% akhirnya iklan adsense yang semula blank mendadak muncul kembali di semua halaman artikel blog saya

Meski demikian , penyebab iklan adsense jarang muncul diblog dan dibatasi penayangan iklannya cukup banyak lho.. maka dari itu saya sarankan anda untuk membaca artikel berikut

Selengkapnya : 31 cara mengatasi iklan adsense ngeblank

Beberapa minggu setelahnya, saya menerima email dari adsense terkait perubahan kebijakan penayangan iklan google pada semua produk yang akan mempengaruhi akun adsense anda

Perubahan kebijakan adsense terkait pembatasan penayangan iklan

Pada bulan September 2019, google akan menerapkan perubahan pada sebagian kebijakan konten di seluruh produk penayang iklan google (AdSense, AdMob, dan Ad Manager). Meskipun Anda sekarang tidak perlu melakukan tindakan apa pun karena perubahan ini tidak akan memengaruhi penayang mana pun saat ini, pastikan Anda membaca email ini dengan saksama guna memahami perubahan yang akan terjadi bulan depan.

Alasan perubahan kebijakan:

Salah satu permintaan terbanyak yang google terima dari penayang adalah mereka ingin adsense menyederhanakan dan merampingkan kebijakan.

Google tahu bahwa banyak dari Anda menggunakan beberapa produk penayang google dan google ingin memberikan cara yang jelas dan mudah untuk dipahami terkait bagaimana cara berinteraksi dengan kebijakan serta pengaruhnya terhadap Anda, terlepas dari produk yang Anda gunakan.

Berikut adalah hal yang berubah dari kebijakan adsense mulai september 2019:

• Kebijakan Penayang Google, yang menguraikan jenis konten yang tidak akan google monetisasi melalui semua produk penayang adsense.

Ini mencakup: Konten Ilegal, Materi Pelecehan Seksual terhadap Anak & Pedofilia, Konten Seksual Vulgar, Tema Dewasa dalam Konten Keluarga, Penyalahgunaan Kekayaan Intelektual, Spesies Langka atau Terancam Punah, Konten yang Berbahaya atau Menghina, Memfasilitasi Pelanggaran Hukum, Konten yang Menyesatkan, Software Berbahaya atau Tidak Di inginkan, dan Pengantin Pesanan.

Adsense semakin memperketat kebijakannya , website yang mengandung salah satu dari konten terlarang di atas tidak akan diterima untuk menjadi penayang adsense dan ditolak untuk tujuan monetisasi melalui semua produk yang bekerja sama dengan program adsense

Apabila penayang adsense mencoba memonetisasi konten yang melanggar kebijakan di atas maka adsense akan langsung menutup akun anda, tentunya berlaku untuk pelanggaran berulang

• Pembatasan Penayang Iklan Google, yang menguraikan jenis konten apa saja yang sumber iklannya  dibatasi.

Ini mencakup: Konten Seksual, Konten yang Mengerikan, Bahan Peledak, Senjata Api, Komponen Senjata Api, & Produk Terkait, Jenis Senjata Lainnya, Tembakau, Narkoba, Penjualan dan Penyalahgunaan Alkohol, Perjudian Online, Obat Resep, dan Obat dan Suplemen yang Tidak Berizin Resmi.

Google Ads (sebelumnya AdWords) tetap tidak akan menayangkan semua konten yang dibatasi tersebut; konten yang dibatasi hanya akan menerima iklan dari produk iklan lainnya atau melalui penggunaan penawaran langsung antara penayang dan pengiklan.

Biasanya kalau kita menerbitkan konten yang melanggar kebijakan adsense misal seputar ketelanjangan atau badwords kita langsung mendapatkan email notifikasi pelanggaran melalui pesan masuk gmail atau bisa anda lihat pada menu pusat kebijakan mengenai halaman mana yang terkena pembatasan penayangan iklan adsense

Setelah ini, adsense secara otomatis akan membatasi penayangan iklan pada konten yang di anggap melanggar kebijakan secara langsung tanpa melalui notifikasi sebelumnya melalui halaman pusat kebijakan, jadi pengguna harus memastikan bahwa situsnya telah mematuhi kebijakan konten adsense secara manual

• Penyelarasan di seluruh produk penayang, yang menghadirkan kesederhanaan, konsistensi, dan pemahaman yang mudah, terlepas dari produk yang Anda pilih untuk digunakan.

Artinya bagi Anda sebagai penayang AdSense:

Memonetisasi konten yang termasuk dalam kriteria Pembatasan Penayang Google tidak akan menjadi pelanggaran kebijakan lagi; sebagai gantinya, adsense akan langsung membatasi iklan pada konten tersebut secara sesuai, berdasarkan preferensi setiap produk iklan dan/atau preferensi individual pengiklan.

Dalam kasus tertentu, hal ini berarti bahwa tidak ada sumber iklan yang mengajukan bidding pada inventaris Anda dan tidak ada iklan yang akan muncul di konten yang dibatasi ini.

Jadi, meskipun dapat memilih untuk memonetisasi konten yang tercakup oleh Pembatasan Penayang Google, dengan melakukannya berarti Anda kemungkinan akan menerima lebih sedikit iklan pada konten yang dibatasi ini dibandingkan yang akan Anda terima pada konten lain yang tidak dibatasi.

Konten yang termasuk dalam Kebijakan Penayang Google tidak di izinkan untuk dimonetisasi dan Anda tidak boleh menempatkan iklan pada konten tersebut. Sama seperti kebijakan google saat ini, mencoba memonetisasi konten yang melanggar kebijakan dapat mengakibatkan akun Anda ditangguhkan atau dihentikan.

Perhatikan bahwa kebijakan dan pembatasan ini akan berlaku di samping kebijakan lain yang mengatur penggunaan produk penayang Google oleh Anda.

Yang perlu Anda lakukan:

Tidak ada untuk saat ini. Pusat Bantuan dan Pusat Kebijakan akan diperbarui pada bulan September 2019 saat perubahan ini berlaku dengan perincian kebijakan dan pembatasan selengkapnya. Pada waktu tersebut, tinjau kebijakan dan pembatasan yang diperbarui serta pastikan bahwa konten Anda mematuhinya.

Perhatikan bahwa ke depannya, Google akan mengumumkan perubahan terhadap kebijakan dan pembatasan untuk AdSense pada log perubahan ini. Penayang harus terus mengikuti perubahan terhadap kebijakan dan selalu mematuhinya.

Update ..

Pada bulan Agustus, admanager telah menginformasikan penayang tentang rencana perubahan pada kebijakan penayang Google melalui email dan log perubahan kami. Mulai hari ini, perubahan kebijakan tersebut berlaku untuk semua produk penayang admanager (AdSense, AdMob, dan Ad Manager). Untuk saat ini, Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun selain meninjau email ini, Pusat Bantuan Ad Manager, dan Pusat Kebijakan Ad Manager guna memastikan konten Anda mematuhi kebijakan.

Perubahan yang terjadi:

Mulai hari ini, admanager telah menyederhanakan cara penyajian kebijakan konten penayang dengan menguraikan jenis konten yang tidak diizinkan untuk menampilkan iklan dan jenis konten yang dibatasi monetisasinya:

Kebijakan Penayang Google, yang menguraikan jenis konten yang tidak diizinkan untuk menampilkan iklan melalui semua produk penayang admanager

Pembatasan Penayang Google, yang menguraikan jenis konten yang dibatasi monetisasinya.

Artinya bagi Anda sebagai penayang Ad Manager:

Semua transaksi, termasuk penawaran langsung, yang dilayani melalui Ad Manager diwajibkan untuk mematuhi kebijakan di Kebijakan Penayang Google; konten yang termasuk dalam kebijakan tersebut tidak diizinkan untuk dimonetisasi melalui Ad Manager. Mencoba memonetisasi konten yang melanggar kebijakan dapat mengakibatkan akun Anda ditangguhkan atau dihentikan.

Memonetisasi konten yang termasuk dalam Pembatasan Penayang Google tidak lagi dianggap sebagai pelanggaran kebijakan; sebagai gantinya, kami akan membatasi iklan pada konten tersebut sebagaimana mestinya, berdasarkan preferensi setiap produk iklan dan/atau preferensi masing-masing pengiklan. Dalam kasus tertentu, hal ini akan berarti bahwa tidak ada sumber iklan yang mengajukan bid untuk inventaris Anda dan tidak ada iklan yang akan muncul di konten ini. Oleh karena itu, meskipun Anda dapat memilih untuk memonetisasi konten yang tercakup oleh Pembatasan Penayang Google ini, Anda kemungkinan akan menerima lebih sedikit iklan di konten yang dibatasi ini dibandingkan konten lain yang tidak dibatasi.

Sepertinya sebelumnya, Pusat Kebijakan Ad Manager memberikan informasi mendetail tentang masalah yang dapat membatasi iklan muncul di halaman, situs, dan aplikasi Anda, serta cara menyelesaikan masalah pada penayangan iklan dan meminta peninjauan.

Perhatikan bahwa kebijakan dan pembatasan ini berlaku bersama kebijakan lain yang mengatur penggunaan produk penayang Google oleh Anda.

Yang harus Anda lakukan:

Pusat Bantuan dan Pusat Kebijakan Ad Manager telah diperbarui dengan rincian lengkap kebijakan dan pembatasan. Tinjau rincian lengkap ini untuk lebih memahami perubahan yang terjadi, serta untuk memastikan konten Anda tetap mematuhi kebijakan.

Perhatikan bahwa ke depannya, Google akan mengumumkan perubahan pada kebijakan dan pembatasan untuk Ad Manager di log perubahan ini. Penayang harus terus mengikuti perubahan terhadap kebijakan dan selalu mematuhinya.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar