Skip to main content

Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit

Selamat Datang di Blog Orang IT - Dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi komputer (IPTEK) yang sekarang ini terus berkembang, Windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digemari. Bahkan dipasaran, komputer dan laptop kini sebagian besar menggunakan OS Windows ketimbang OS yang lain. Selain mudah di operasikan, sistem navigasi Windows ini pun mudah dipahami. Hal itulah yang membuat  orang lebih suka memakai sistem operasi windows ketimbang yang lain

Sebagai pengguna komputer , pengguna tentu pernah melihat spesifikasi sistem operasi Windows berbasis 32-bit dan 64-bit. Terutama saat akan meng-install program software baru kedalam komputer / laptop. Karena seringkali software atau program selalu menyertakan spesifikasi komputer yang sesuai program tersebut. 
Pasti terbesit pertanyaan dalam benak kamu, apa maksud dari angka-angka 32-bit dan 64-bit itu ?

32-bit dan 64-bit ialah satuan angka yang mengacu pada keterampilan Prossesor PC atau CPU guna menangani sekian banyak  bit informasi yang terdapat di dalam komputer. Semakin tinggi angka Bit yang tercantum pada spesifikasi komputer, semakin besar pula keterampilan prossesor itu menangani suatu sistem operasi.

Sistem operasi 32-bit dan 64-bit mempunyai hubungan erat dengan prosesor yang sedang digunakan oleh komputer. Saat memilih sistem operasi yang inginan digunakan, sesuaikan versinya dengan prosesor yang telah tertanam pada PC kamu. Misalnya, prossesor kamu menggunakan sistem 64 bit, maka kamu dianjurkan untuk memakai operating sistem 64 bit , walaupun sebetulnya juga dapat di aplikasikan pada operating sistem 32 bit. 
Tetapi andai prossesor kamu menggunakan sistem 32 bit, kamu tidak dapat memasang sistem operasi 64 bit. Karena prossesor 64 bit tidak kompatibel dengan sistem operasi 32 bit. Supaya kamu lebih mengetahui perbedaan atara 32bit dan 64bit , silahkan simak penjelasan berikut secara seksama :

1. Jumlah RAM yang digunakan

Perbedaan yang lumayan mencolok diantara sistem 32 bit dengan 62 bit pada sistem operasi Windows ialah maksimal RAM yang bisa digunakan. Hal ini tentunya hanya sedikit diketahui oleh semua pemakai komputer. 
Setiap sistem mempunyai batasan yang berbeda-beda. Bagi sistem operasi Windows berbasis 32 bit memiliki batasan RAM yang tidak sebanyak bila dibandingkan dengan sistem 64 bit. Windows 32 bit mempunyai batas maksimal pemakaian RAM sebesar 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan bekerja maksimal saat menggunakan RAM 1 GB atau 2 GB. 
Sedangkan Windows 64 bit sendiri dapat memakai  RAM lebih dari 4 GB. Bila windows 32 dipasangkan RAM 4GB maka hanya 3GB saja yang akan terbaca. Hal ini disebabkan perbedaan arsitektur prosesor antar Windows 32 bit dengan 64 bit.


2. Peforma sistem windows

Perbedaan lain dapat kamu lihat pada performa prossesornya. Bila dibandingkan, pasti teknologi prossesor 64 bit lebih modern bila dikomparasikan dengan teknologi 32 bit. Windows 32 bit dengan prossesor 32 bit memiliki keterampilan dibawah 64 bit. 
Sehingga kombinasi prossesor dan Windows ini mampu mengerjakan tugas yang ringan saja. Di samping itu, prossesor 32 bit tidak dapat dipakai untuk membuka software yang berat. Sedangkan Windows 64 dengan prossesor 64 bit bisa dipakai untuk mengerjakan tugas berat seperti desain, video editing dan multimedia lainnya.


3. Kemampuan dalam memproses data

Selanjutnya dalam urusan pemrosesan data pada komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 yang tertera sebetulnya mewakili jumlah data yang bisa diproses dalam sekali putaran. Bagi windows 32 bit saat sedang mengerjakan satu kali proses, data yang bisa dimuat ialah sebesar 32 bit. Sedangkan windows 64 bit memproses data sebesar 64 bit lebih cepat dan maksimal dalam satu kali putaran.


4. Segi Kompatibilitas Software

Perbedaan yang kelihatan sekali dan lumayan berpengaruh ialah kompatibilitas aplikasi yang dapat dipakai pada sistem operasi windows. Bagi Windows 32 bit, sistem ini tidak bisa menjalankan aplikasi 64 bit. Namun sebaliknya, Windows 64 bit bisa dengan leluasa menjalankan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.

Dari perbedaan-perbedaan yang telah dibahas maka, kamu dapat melihat dari sekian banyak  kekurangan dan keunggulan yang dimiliki sistem windows 32 bit maupun sistem windows 64 bit.

Kelebihan dan kelemahan sistem operasi 32-bit dan 64-bit

Jika diperhatikan secara sekilas sistem operasi Windows 64-bit memiliki sedikit keunggulan daripada sistem operasi Windows 32-bit, tetapi kedua sistem ini tetap memiliki kelemahan masing-masing.

Kelebihan sistem operasi Windows 32 bit
  • Kompatibel dengan banyak software lama dan sesuai untuk pemakai PC atau laptop jadul
  • Kompatibel dengan driver komputer lama
  • Mampu bekerja optimal meskipun mempunyai RAM 2 GB
Kekurangan sistem operasi Windows 32 bit
  • Tidak dapat menggunakan RAM lebih dari 4 GB
  • Tidak dapat menjalankan aplikasi berat
  • Tidak banyak software terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi ini contohnya camstasia terbaru yang dikhususkan untuk pengguna 64 bit
  • Tidak dapat menjalankan aktivitas – aktivitas berat seperti mengedit video dan menciptakan animasi 3 dimensi

Kelebihan sistem operasi Windows 64 bit

  • Mampu memaksimalkan kinerja prosesor menjadi lebih cepat dan optimal
  • Dapat menjalankan seluruh software yang kompatibel dengan sistem operasi 32 bit
  • Cocok dengan semua software terbaru
  • Lebih cepat den efisien
  • Mampu melakukan pekerjaan berat seperti mengedit video, bermain game berat, sampai menciptakan animasi 3 dimensi
Kekurangan sistem operasi Windows 64 bit

  • Tidak kompatibel dengan sekian banyak  software lawas yang lazimnya masih tidak sedikit digunakan seperti dubalang
  • Tidak sesuai untuk komputer lawas sebab kebanyakan aplikasi dan drivernya tidak akan kompatibel

Cara mengetahui windows kamu 32 bit atau 64 bit

Ada sejumlah cara memeriksa versi sistem operasi pada komputer. Beberapa diantaranya ialah dengan mengecek langsung di properties windows. Berikut tips mengecek versi sistem operasi pada komputer.

Melihat informasi pada system properties

1. Langkah berikut ini biasa diterapkan pada Windows 7 atau Vista.
  • Pertama cari icon Computer pada Windows eksplorer, Start Menu, atau Dekstop, setelah terbuka klik kanan kemudian pilih Properties.
  • Setelah itu muncul tampilan jendela View basic information about your computer.
  • Pada bilah sebelah kanan akan terlihat sejumlah informasi seperti Windows edition, System, Computer name, dan Windows activation. Pada unsur System, coba perhatikan mengenai informasi Windows yang dipakai pada komputer, apakah memakai 32 bit atau 64 bit.

Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit

2. Langkah berikut ini merupakan cara yang dipakai pada Windows XP.
  • Klik Start Menu.
  • Lalu klik kanan pada my computer dan klik Properties.
  • Bila kamu tidak menemukan keterangan "x64 edition" maka sistem windows yang kamu gunakan ialah sistem windows 32 bit windows XP.
  • Jika kamu menemukan "x64 edition" di bawah sistem maka kamu saat ini sedang memakai sistem windows 64 bit pada komputer 
Demikian postingan mengenai perbedaan windows 32 bit dan 64 bit. Sangat penting memahami versi sistem operasi yang kamu gunakan karena kedepannya sangat mempengaruhi kinerja prosesor dan konsumsi RAM. 
Apa pun pilihan versi windows kamu pastikan sistem itu kompatibel dan dapat bekerja secara optimal di komputer. Sesuaikan dengan penggunaan komputer apakah untuk pekerjaan berat atau sekedar melakukan pekerjaan kantoran
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar