Peran media sosial dalam membantu SEO website anda

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Media sosial telah menjadi bagian integral dari cara kita menggunakan Internet. Konten penting tidak hanya ditautkan, tetapi juga dibagikan, disukai, tweet, dan disematkan. Bagaimana cara orang menggunakan Internet telah berubah secara drastis, dan ini tidak luput dari perhatian Googleplex. 
Banyak penelitian independen pada algoritma peringkat Google menunjukkan korelasi besar dengan halaman berperingkat tinggi yang memiliki aktivitas media sosial yang kuat.
Peran media sosial dalam membantu SEO website anda
Sementara konfirmasi resmi dari Google adalah bahwa mereka tidak secara langsung menggunakan sinyal sosialmedia dalam algoritme mereka, komunitas SEO cukup setuju dan menganggap itu merupakan salah satu faktor dalam mencapai peringkat. 
Banyak perdebatan namun, saya dapat mengatakan dari pengalaman saya sendiri bahwa situs web dengan pengikut sosialmedia yang besar secara konsisten mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang relatif pendek.
Anda tidak hanya dapat menggunakan media sosial untuk membangun aktivitas sosial demi meningkatkan kekuatan SEO Anda secara keseluruhan, tetapi Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk secara teratur membuat backlink secara gratis dan mudah  
Ini akan meningkatkan lalu lintas tautan balik ke situs Anda dengan melibatkan pelanggan sebelumnya. Sebagai aturan, media sosial harus menjadi bagian dari setiap proyek SEO atau bahkan setiap proyek pemasaran.

Facebook dan SEO

Facebook adalah jejaring sosial paling populer di dunia. Apa yang populer dari Facebook pada dasarnya adalah potret opini publik, dan Google telah mencatat ini dengan menjadikan aktivitas Facebook sebagai faktor yang sangat kuat dalam algoritmanya. 
Anda harus mempertimbangkan menggunakan Facebook untuk setiap proyek SEO. Jika Anda hanya memiliki waktu atau anggaran untuk menggunakan satu jejaring sosial dalam strategi SEO Anda, gunakanlah Facebook.
Untuk meningkatkan aktivitas sosial Facebook situs Anda, bagikan konten dari situs Anda kehalaman Facebook secara teratur. Setiap kali Anda melakukan ini, Anda menerima lebih banyak engagement dari basis penggemar Anda, dan Anda juga dapat membangun aktivitas sosial di sekitar konten situs Anda. 
Berhati-hatilah untuk mencampurkan konten bisnis dengan konten non-bisnis yang relevan dan menarik untuk basis pengikut Anda, sehingga Anda tidak mematikannya dan mempertahankan tingkat keterlibatan yang tinggi. Contohnya termasuk infografis, kutipan inspirasional, foto inspirasional, dan sebagainya.
Bangun pemirsa Anda dengan menambahkan tombol Follow via Facebook di situs Anda, mengikuti hanya dengan memasukkan email, dan ucapkan terima kasih untuk setiap pencapaian yang anda terima
Jika Anda ingin membangun audiens Anda dengan cepat, Anda dapat menggunakan iklan Facebook untuk membangun audiens yang relevan dari pelanggan lokal. Ini adalah strategi yang baik jika pesaing Anda saat ini memiliki pengikut yang lebih besar dan Anda ingin mengalahkan mereka. 
Anda juga dapat menggunakan iklan Facebook untuk meningkatkan jangkauan posting Anda atau bahkan menjalankan kampanye iklan untuk penawaran promosi. Iklan Facebook dianggap sebagai cara terbaik untuk membangun audiens, aktivitas sosial, dan merujuk penjualan untuk proyek-proyek dengan anggaran terbatas.

Twitter dan SEO

Twitter dipenuhi dengan diskusi tentang berita trending dan acara terbaru diseluruh dunia. Dalam banyak kasus, berita baru diluncurkan ke Twitter sebelum menjadi outlet berita utama dunia. 
Kematian Osama Bin Laden adalah contoh sempurna untuk kasus ini- awalnya itu dibocorkan di Twitter oleh mantan kepala staf kepada Menteri Pertahanan AS dan dalam beberapa menit semuanya telah dijadikan berita oleh berbagai situs media
Google telah mengenali ini dan menggunakan aktivitas Twitter dalam algoritmanya. Meskipun mungkin tidak sekuat jejaring sosial lainnya, Anda dapat menggunakan Twitter untuk membangun kekuatan SEO Anda secara keseluruhan. 
Twitter adalah jejaring sosial yang hebat untuk mengembangkan strategi SEO Anda karena Anda dapat menjadwalkan banyak tweet tanpa dianggap sebagai tindakan spam 
Jadwalkan tweet ke halaman Anda dengan menggunakan layanan Hootsuite (https://hootsuite.com/id/) dan mulailah membangun jumlah tweet Anda di halaman secara otomatis. Kombinasikan ini dengan tweet yang relevan dan informatif tentang industri Anda. Anda harus membidik maksimal 12 tweet per hari.
12 Tweet per-hari secara kasar adalah batas yang dapat Anda kirim tanpa mengganggu pengikut Anda. Jika Anda malas seperti saya, Anda dapat menjadwalkan semua tweet Anda menggunakan layanan otomatis seperti hootsuite. 
Jika Anda ingin mendorong pengunjung situs untuk men-tweet konten Anda , sertakan keterangan “tweet this page” di setiap halaman atau posting blog di situs web Anda.
TweetDeck adalah perangkat lunak manajemen Twitter lainnya yang gratis dan mudah. Anda dapat menginstalnya di komputer dan mengelola seluruh akun Twitter Anda dari dalam program. 
Fitur populer termasuk mengelola beberapa akun, menjadwalkan tweet, dan mengatur feed sehingga Anda hanya melihat pembaruan dari sesama pengguna Twitter yang Anda ikuti
Lebih canggih dari Tweetdeck, Anda dapat menggunakan Hootsuite untuk menjadwalkan tweet, menganalisis lalu lintas media sosial, mengelola beberapa akun, membuat laporan media sosial untuk memantau kesuksesan strategi Anda, dan banyak lagi.  

Jejaring Sosial Lainnya

Mari kita melihat kebiasaan masyarakat sekarang ini, kita semua senang bermain-main di jejaring sosial sepanjang hari, tetapi kita tidak punya waktu luang untuk selalu mencari ide-ide hebat dan membaginya tanpa henti di akun media sosial.
Jika Anda memiliki sumber daya yang terbatas, fokuslah hanya pada Facebook dan Twitter.
Jika Anda berniat mencari sosial signal tambahan, melakukan SEO untuk perusahaan besar, atau mungkin Anda memiliki tim yang solid sedang menunggu perintah Anda, Anda dapat memperoleh peningkatan signifikan dengan memperluas aktivitas sosial Anda ke beberapa situs sosial media lainnya
Buat akun di jejaring sosial berikut ini, terbitkan kiriman di akun pribadi yang paling relevan dengan bisnis Anda:

LinkedIn

LinkedIn adalah Facebook untuk para profesional. LinkedIn merupakan media yang luar biasa jika Anda berada dalam industri bisnis-ke-bisnis dan ingin membangun merk pribadi Anda atau merek situs Anda. 
Jika Anda ingin meningkatkan efektivitas Anda di Linkedin, bergabunglah dengan grup dan ikut serta dalam diskusi, posting pembaruan yang relevan tentang industri Anda dan posting konten di feed berita.

Pinterest

Pinterest telah menjadi salah satu jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat dalam kurun waktu yang sangat singkat. Basis pengguna Pinterest yang tumbuh cepat terutama terdiri dari wanita. Situs ini telah secara efektif berubah menjadi daftar belanja besar barang-barang yang masuk dalam daftar keinginan. Jika audiens target Anda adalah wanita, Anda harus berada di Pinterest.

Instagram

Awalnya, instagram adalah aplikasi seluler untuk membantu pengguna membuat foto mereka terlihat cantik, Instagram telah melejit dari aplikasi seluler yang masih baru dan bersaing dengan jejaring sosial utama hanya dalam beberapa tahun. 
Instagram membatasi jumlah tautan yang dapat Anda posting, yang pada dasarnya berarti tautan dari profil Anda di Instagram jauh lebih kuat. Jika Anda mempromosikan bisnis menggunakan media visual maka, instagram adalah jejaring sosial yang cocok untuk menguatkan SEO anda

Baca juga: Cara mendapatkan trafik blog bagi pemula

Related Post