Cara memeriksa kinerja situsweb diperangkat seluler

by

helmy

Selamat Datang di Blog- Orang IT. Setelah Google Mengonfirmasi Update Mobile-First indexing, structured data, images, and your site pada Juli 2018 mengenai faktor index dan kecepatan memuat situs web Anda, terutama diperangkat seluler telah menjadi pertimbangan penting lebih dari sebelumnya sebagai salah satu faktor penentu peringkat dalam SEO. 
Jumlah pengguna internet seluler telah melampaui pengguna desktop sejak 2017, dan jumlah mereka terus bertambah banyak. Memiliki situs web yang ramah pengguna seluler kini menjadi keharusan.
Google menyediakan beberapa alat gratis yang dapat anda gunakan untuk menguji dan meningkatkan kinerja situs web di perangkat seluler. Mari kita lihat lebih dekat:

1.  Google mobile-friendly test

Cukup masukkan URL Anda dan tekan tombol “Uji”. Jika Anda lulus, Anda akan mendapatkan pesan hijau yang mengatakan “Luar biasa! Halaman ini ramah seluler! “.
 Google mobile-friendly test
Jika Anda mendapatkan kesalahan “Halaman tidak mobile friendly”, maka Anda akan melihat daftar masalah teknis yang dapat diperbaiki, serta rekomendasi tentang cara melakukannya. Tes ini  melaporkan masalah terkait situs seperti:
  • Plugin tidak kompatibel
  • Viewport tidak disetel
  • Viewport tidak diatur ke “lebar perangkat”
  • Konten lebih luas dari layar
  • Teks terlalu kecil untuk dibaca
  • Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan

2.  Google page speed insights

Alat ini dapat menguji kecepatan website Anda di perangkat ponsel dan desktop. Sama seperti sebelumnya, cukup masukkan URL Anda dan klik tombol “Uji”. Anda akan melihat skor kecepatan dimasing-masing perangkat:
developers.google.com
Hasilnya harus ditafsirkan dengan hati-hati. WP Rocket dan TurboWeb sama-sama terintegrasi dengan layanan ini, meski demikian skor ini bukan cerminan kenyataan kecepatan situs anda yang sebenarnya. Tujuan utama alat ini adalah membantu pengembang mendeteksi dan memperbaiki masalah yang mungkin memperlambat situs web. 
Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa googlepagespeedinsight adalah alat yang hebat untuk tujuan itu. Tetapi skor yang ditunjukkannya seringkali tidak berarti dalam menilai kinerja situs web Anda. Anda harus lebih khawatir tentang memperbaiki masalah yang terdeteksi oleh alat ini, daripada sibuk dengan skor yang tinggi
Masalah-masalah tersebut mungkin termasuk:
  • Menghindari pengalihan halaman 
  • Mengaktifkan kompresi
  • Meningkatkan waktu respons server
  • Memanfaatkan caching browser
  • Meminimalkan sumber daya
  • Mengoptimalkan gambar
  • Mengoptimalkan Pengiriman CSS
  • Memprioritaskan konten yang terlihat
  • Menghapus JavaScript yang memblokir render

Alat penting lainnya untuk menguji kinerja situs web Anda :

WebPageTest – Alat ini juga dikembangkan oleh Google, tetapi dimaksudkan terutama bagi para profesional, sehingga pengguna amatir mungkin merasa sedikit sulit untuk memahami hasil analisinya. Itu menjadi satu-satunya alat yang benar-benar mengukur kecepatan website bagi pengguna nyata. Yang lainnya hanyalah alat “pengujian terbaik”. Oleh karena itu, layanan webpagetest adalah alat untuk menilai kinerja web Anda yang sebenarnya.
Pingdom.com – Alat hebat lainnya, Pantau kinerja situs web Anda secara gratis dengan Pingdom dan selalu menjadi yang pertama tahu kapan situs web Anda sedang down. Tidak diperlukan instalasi karena layanan ini akan mengirimkan Ping secara periodik untuk mengetahui respond website anda setiap saat
GTMetrix.com – Sama seperti Pingdom dan Google Page Speed ​​Insights, ini adalah alat “praktik terbaik” lain yang dimaksudkan untuk mendeteksi masalah, bukan untuk mengukur kecepatan pemuatan situs secara akurat. Kecepatan sebenarnya situs web Anda untuk pengguna nyata hanya dapat diukur dengan WebPageTest.

Kesimpulan

Dengan bantuan alat-alat canggih ini, Anda akan dapat mendiagnosis masalah yang membuat situs web Anda lambat dan mendeteksi apapun yang menghambat kinerja situs. Ini akan menunjukkan daftar kesalahan yang harus segera diperbaiki sebelum menimbulkan kerugian jangka panjang karena pemuatan situs yang lambat dapat membut anda kehilangan 11% lalu lintas dan 7% konversi untuk setiap detik yang berharga

Related Post