Skip to main content

8 virus yang justru bermanfaat bagi komputer


Selamat Datang di Blog Orang IT. Mendengar kata virus pasti identik dengan program jahat yang merusak komputer dan mencuri data korban , kebanyakan virus yang dibuat memang untuk menyebarkan teror dan ketakutan agar orang semakin waspada dengan hacker. Kenyataanya tidak semua virus yang dibuat itu bertujuan untuk merugikan

virus yang justru bermanfaat

Ada beberapa virus yang justru bermanfaat bagi korban. Beberapa varian virus yang bermanfaat sempat menjadi perbincangan dalam dunia maya karena dianggap aneh

Mengapa script yang bermanfaat harus dikamuflasekan sebagai virus? mengapa tidak membuat pengguna komputer untuk mengunduhnya secara terang-terangan? begitulah pertanyaan orang-orang terkait virus yang tidak merugikan

Saat melihat antivirus mendeteksi beberapa virus didalam drive komputer terkadang membuat pengguna panik dan takut kalau data yang disimpan dalam drive tersebut corrupt atau rusak. Tapi keberadaan beberapa virus yang justru bermanfaat tidak akan merubah persepsi orang tentang virus

Yang mereka tau virus itu berbahaya , bahkan tak segan-segan pengguna komputer membeli layanan antivirus komputer berbayar dan melakukan enskripsi pada hardrive


Mengenal virus

Virus komputer merupakan program komputer yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi dan menyebar (malicious software / malware) hingga merusak tatanan sistem. Virus mampu menyebarkan dirinya ke komputer lain dengan cepat melalui berbagai perantara (port , jaringan , storage)

Cara kerja virus sendiri adalah menempelkan dirinya pada file program tertentu , dimana ketika file tersebut di eksekusi oleh korban otomatis virus akan aktif dan mulai melakukan penyerangan sesuai kode yang tertanam didalamnya

Virus dapat mencuri data berharga , merusak sistem , memperlambat komputer dan lainnya

Apakah semua virus berbahaya?

Kebanyakan virus yang beredar di internet masuk kedalam kategori berbahaya , sebagian lagi dibuat hanya untuk prank/jahil dan sisanya bermanfaat (katanya)

Apa saja jenis virus yang bermanfaat ? seberapa besar menfaatnya bagi komputer sehingga membuat korban bukannya mengutuk tetapi berterimakasih ?

Simak pembahasan berikut :

1. Creeper

Virus Creeper diciptakan oleh salah satu pekerja biofuel (Bolt, Beranek dan Newman), Bob Thomas, pada tahun 1971. Virus itu kemudian disebut virus komputer pertama di dunia.

Penciptaan virus ini sebenarnya tidak disengaja. Faktanya, Creeper pada awalnya tidak disebut virus sampai klasifikasi virus dan malware ditemukan kemudian.

Creeper bereplikasi dan tidak berbahaya sama sekali karena virus ini hanya menampilkan pesan: "I M A CREEPER: Tangkap saya jika Anda bisa."

Bahkan virus ini hanya menyerang printer yang terhubung ke komputer DEC PDP-10 menggunakan sistem operasi TENEX.

Padahal sebenarnya virus ini cukup mengganggu karena menampilkan pesan melalui printer beberapa kali (berhenti mencetak pesan).

2. Cruncher

Dianggap sebagai virus berguna pertama yang dibuat oleh Masud Khafir untuk komputer, Crunchers sebenarnya dapat menghemat penyimpanan di hard drive komputer.

Karena virus akan mengcompress semua data yang tersimpan atau menguranginya untuk membuat ruang penyimpanan hard disk lebih luas.

Meskipun sisi negatif dari virus ini masih ada. Bayangkan bahwa semua file Anda telah dimodifikasi dalam format zip tanpa perbedaan? Jangan coba unzip file Anda satu per satu?

3. Morris Worm

Morris Worm adalah salah satu virus historis yang selalu ada karena kesalahan pabrikan. Ini adalah virus pertama yang telah menyebar melalui Internet dan telah mengungkapkan kelemahan sistem operasi UNIX.

Awalnya, Morris Worms dirancang agar tidak berbahaya, terutama untuk mengumpulkan informasi di Internet.

Seiring waktu, virus ini menjadi masalah karena metode penyebarannya, yang menginfeksi kembali setiap 1 dari 7 komputer yang terinfeksi.

4. Koh

Diciptakan oleh Mark Ludwig, Koh dikembangkan pada tahun 1993. Virus ini menggunakan cipher IDEA untuk mengenkripsi disk dan meminta pengguna untuk memasukkan kata sandi.

Virus ini akan bekerja ketika Anda memulai PC atau laptop Anda.

Tujuannya adalah untuk melindungi pengguna atau data pengguna. Sayangnya, saat ini ada banyak varian virus Koh yang justru merusak 

5. Cheese

Virus Cheese benar-benar memperkuat keamanan sistem komputer Anda, lho!

Cheese akan bertindak sebagai penutup celah keamanan yang menghapus program backdoor yang di instal terhadap serangan virus sebelumnya.

Virus ini populer pada tahun 2001 di sistem operasi Linux.

6. Goodtimes

Virus Goodtimes adalah virus komputer yang dibuat hanya untuk menakut-nakuti (hoax). Virus ini menyebar pada tahun 1994 ketika Internet baru muncul melalui email.

Goodtimes atau Good Times akan memberikan peringatan untuk menghapus email yang belum dibaca. Pada 1997, sekelompok peretas, Cult of the Dead Cow, mengumumkan bahwa ia bertanggung jawab atas penipuan virus ini.

Mereka mengakui bahwa penyebaran virus Good Times hanyalah pelatihan untuk membuktikan kebohongan para pakar di Internet.

7. Stuxnet

Virus ini memang berkontribusi terhadap keamanan global. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ya, karena virus yang diciptakan oleh tim senjata cyber AS dan Israel telah berhasil menyabotase program nuklir Iran.

Beberapa mengatakan bahwa Stuxnet berkontribusi pada keamanan global dan perang melawan ancaman nuklir yang menyelamatkan miliaran jiwa.

Namun, banyak yang percaya bahwa serangan virus Stuxnet di Iran adalah misi khusus yang dipimpin oleh Israel dan Amerika Serikat.

8. Brain

Virus Brain dibuat pada tahun 1986. Virus ini dibuat untuk mencegah peretasan pada komputer menggunakan floppy disk.

Virus Brain akan memindai floppy disk, kemudian memeriksa apakah disk tersebut memiliki salinan / program ilegal dari komputer lain

Ketika dirilis, pembuat virus Basit dan Amjad Farooq Alvi hanyalah pemilik toko komputer di Lahore, Pakistan.

Ketika mereka menemukan bahwa pelanggan mereka memiliki perangkat lunak ilegal yang mereka buat, mereka berdua ingin membalas dendam dengan membuat virus Brain.

Virus ini adalah upaya Basit dan Amjad untuk menakuti para pembajak, tidak pernah dimaksudkan untuk kejahatan.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2011, Basit dan Amjad mengatakan, "Brain adalah virus ramah yang dibuat untuk tidak menghancurkan data.

Nah itulah dia 8 virus yang diklaim tidak berbahaya dan justru bermanfaat bagi komputer, apakah anda pernah terserang salah satunya ? jangan lupa untuk membagikan pengalaman dikolom komentar

....https://helmykediri.com

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar