Skip to main content

Perbedaan antara domain dan webhosting lengkap

Selamat Datang di Blog Orang IT. Ingin tahu perbedaan antara domain name dan web hosting? Untuk pemula, domain dan hosting web bisa menjadi istilah yang kurang dimengerti. Namun, Anda harus memiliki domain dan hosting untuk membuat situs web.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang domain dan web hosting secara lengkap

Apa itu domainnya?

Domain adalah alamat web Anda di Internet, seperti Google.com atau Helmykediri.com. Inilah yang diketikkan pengunjung Anda di browser mereka untuk mengakses situs Anda.

Untuk dapat membuat situs web, hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli domain dan web hosting. Setelah mendaftarkan nama domain yang keren, Anda memiliki hak menggunakan nama itu untuk situs Anda selama satu tahun kedepan. 


Anda harus memperbarui pendaftaran domain Anda jika Anda ingin terus menggunakanya untuk nama website. Minimal pendaftaran domain untuk 1 tahun dan maksimal 12 tahun. Dan, jika Anda telah kehilangan minat pada nama domain, Anda bisa membiarkannya berakhir sehingga orang lain dapat membelinya (expired domain)


Nama domain biasanya memiliki harga berkisar antara $0.5 hingga $100 per tahun. Kalau ekstensi domain yang saya miliki helmykediri.com harganya 140k/tahun murahkan ?

Apa itu web hosting?

Web hosting adalah tempat orang menyimpan konten dan file di situs web mereka.

Ketika pengunjung mencoba mengakses situs web Anda dengan memasukkan alamat web (nama domain), mereka akan mendownload semua file web (gambar , css , html , video , teks , banner , logo dll ) semua yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman website yang disimpan pada server hosting 

Seringkali, istilah web hosting merujuk pada perusahaan besar yang menyewa komputer / server mereka untuk meng-host situs Anda dan menyediakan konektivitas Internet sehingga situs web Anda selalu tersedia secara online.

Akun hosting web biasanya berharga sekitar $ 7,99 per bulan. Lebih murah kalau membeli domain + hosting sekaligus

Hubungan antara domain dan web hosting

Cara yang baik untuk memahami perbedaan antara keduanya adalah dengan membuat analogi seperti ini: 

jika nama domain di ibaratkan seperti alamat rumah Anda maka web hosting  adalah rumah yang ditunjuk oleh alamat itu.

Bahkan, nama domain seperti layanan IP address. Ketika orang menulis alamat web yang ingin mereka kunjungi, itu menunjuk ke alamat IP yang berisi situs web anda. Alamat IP adalah serangkaian angka, seperti 216.239.38.21. Alamat IP ini kemudian menunjuk ke lokasi di server yang berisi file situs Anda.

Nama domain lebih mudah di ingat daripada serangkaian angka yang panjang.

mengetahui ip domain
IP Address
Singkatnya, domain Anda menunjuk ke alamat IP, yang, pada gilirannya, menunjuk ke situs web Anda. Dengan begitu, pengguna di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses situs web Anda hanya dengan mengetikkan nama domain di browser web mereka

Ada beberapa jenis hosting web yang dapat anda pilih, seperti shared, VPS, hosting WordPress, server khusus, dll. banyak ahli menyarankan memilih shared hosting atau WordPress hosting karena mereka menyediakan pengaturan yang mudah untuk pemula sekalipun
Baca juga : Cara memilih hosting terbaik
Jika Anda secara khusus ingin membuat situs diWordPress, saya sarankan Anda memilih layanan hosting WordPress. Dalam kebanyakan kasus, biaya shared hosting dan WordPress hampir sama. 

Satu-satunya perbedaan penting adalah bahwa hosting WordPress sudah di instal sebelumnya dengan WordPress di akun hosting Anda. Ini menawarkan kenyamanan luar biasa, sehingga Anda tidak perlu menginstal WordPress secara manual ke akun hosting web Anda.

Saya akan menunjukkan kepada Anda cara membeli nama domain dan hosting web, langkah demi langkah secara lengkap

Cara membeli domain dan web hosting

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat situs web atau blog adalah membeli nama domain dan hosting web.

Ketika Anda ingin memulai situs web baru, biaya gabungan dari domain dan hosting bisa sangat mahal

Itu sebabnya saya merekomendasikan IDCloudHost untuk membeli domain dan hosting dengan banyak diskon yang tersedia tahun ini. Rumahweb juga bagus sih , intinya kalau mau murah cari penyedia layanan yang sedang promo

Klik di sini untuk mliht penawaran IDCloudHost  » https://idcloudhost.com/

Mari kita lihat panduan langkah demi langkah tentang cara membeli hosting bersama dengan domain di IDCloudHost.

Untuk memulai blog WordPress Anda, buka situs web IDCloudHost resmi dan klik tombol Cloud Hosting.

memulai blog WordPres

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih paket. Ketika Anda baru memulai, Anda dapat memilih paket dasar. Anda selalu dapat mengupgrade paket akun saat situs Anda mulai berkembang

Pilih paket IDCloudHost untuk memulai situs web

Pada langkah ini, setelah Anda memilih paket, klik tombol Pesan Sekarang.

memilih paket

Sekarang, pilih menu Registrasi untuk mendaftarkan nama domain Anda, lalu klik tombol Cari.

Domain Pencarian IDCloudHost

Langkah selanjutnya, jika nama domain Anda tersedia klik Tambah Domain.

Tambah Domain

Di bagian Choose byling cycles, pilih jangka waktu hosting pesanan yang Anda inginkan. Inilah beberapa opsi:

Monthly : Order Bulanan
Quarterly : Order setiap 3 Bulanan
Semi-Annually : Order setiap 6 Bulan (1/2 Tahun)
Annually : Order setiap 12 Bulan (1 Tahun)
Biennially : Order setiap 24 Bulan (2 Tahun)
Triennially : Order setiap 36 Bulan (3 Tahun)

Selanjutnya, di bagian Lokasi Server, pilih lokasi server yang Anda inginkan. Jika itu semua sudah, klik Langkah Berikutnya.

lokasi server

Di bagian Konfigurasi Domain, silakan periksa opsi yang Anda inginkan, lalu klik Langkah Berikutnya.

Konfigurasi Domain

Di halaman selanjutnya. Jika Anda belum pernah mendaftarkan akun di IDCloudHost, Anda dapat mengisi informasi lengkap untuk layanan pemesanan di IDcloudHost. Jika Anda sudah mendaftarkan akun di IDCloudHost, Anda dapat mengklik menu Pengguna yang Ada.

Di halaman Pengguna yang Ada. Masukkan alamat email dan kata sandi akun Anda, isi informasi lainnya dan pilih metode pembayaran yang Anda gunakan. Kemudian klik Lengkap Pesanan.

pilih metode pembayaran

Halaman berikutnya akan menampilkan faktur pesanan layanan yang Anda buat, pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan, kemudian transfer nominal sesuai dengan apa yang dicetak pada faktur dengan kode unik di belakangnya.

Sekarang, Anda juga dapat melihat status pembayaran di halaman my.idcloudhost.com

Selesai hanya begitu saja!

Anda telah berhasil berlangganan paket hosting. Setelah itu, Anda akan menerima email berisi perincian tentang cara masuk ke panel kontrol hosting web (cPanel) tempat Anda dapat mengatur semuanya, dari hosting file hingga email dan dukungan.

Cara mendaftarkan nama domain secara terpisah

Tidak perlu membeli nama domain dan hosting web bersama. Alih-alih membelinya bersamaan, Anda dapat memperoleh nama domain terlebih dahulu dari situs pendaftar domain. Dan setelah membeli akun hosting , Anda dapat mengarahkan nama domain Anda ke hosting web Anda dengan mengedit pengaturan DNS dan nameserver Anda.

Sebaliknya, ketika Anda membeli domain dan hosting dari perusahaan yang sama, Anda tidak perlu mengubah pengaturan DNS. Selain itu, ini juga memberi Anda kenyamanan tingkat tinggi karena Anda dapat mengelola dan memperbarui kedua layanan di akun yang sama.

Jika Anda lebih suka membeli nama domain secara terpisah, berikut adalah beberapa pendaftar nama domain populer untuk patut dipertimbangkan:

Godaddy - Pro paling banyak digunakan
NameCheap - Murah

Cara mentransfer nama domain

Di mana pun Anda mendaftarkan nama domain, Anda dapat mentransfernya ke tempat registart lain kapan saja.

Pengguna biasanya mentransfer nama domain mereka jika mereka tidak puas dengan layanan yang ditawarkan oleh pendaftar nama domain mereka saat ini.

Apa pun alasan transfer Anda, untuk memulai transfer, saya selalu menyarankan Anda untuk menunggu setidaknya 45 hari setelah pendaftaran atau perpanjangan. ICANN, organisasi internasional yang memantau nama domain, membutuhkan pembaruan satu tahun setiap kali transfer domain dilakukan. 

Dengan mentransfer nama domain Anda sebelum periode itu, Anda akan kehilangan biaya ekstensi untuk tahun itu.

Bagaimana cara migrasi webhosting  

Dalam beberapa kasus, berpindah hosting web lebih mudah daripada mentransfer nama domain Anda ke registrar lain. Itu karena sebagian besar penyedia hosting menawarkan transfer situs web secara gratis. 

Jika Anda berencana untuk mentransfer situs web ke penyedia hosting lain, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bertanya kepada penyedia hosting baru Anda apakah mereka menawarkan transfer situs web 

Jika demikian, Anda dapat mengirim kredensial masuk yang diperlukan ke layanan pelanggan untuk melakukan transfer gratis di situs web. Secara umum, penyedia hosting hanya menawarkan transfer cPanel gratis ke cPanel. Jika penyedia hosting web Anda saat ini tidak menggunakan cPanel, Anda mungkin tidak dapat mentransfernya sendiri.

Misalnya, jika Anda menjalankan situs WordPress gratis di WordPress.com dan kemudian memutuskan untuk beralih ke platform WordPress.org berbayar, penyedia hosting Anda mungkin tidak menawarkan transfer gratis.

Saya harap panduan ini membantu Anda memahami perbedaan antara nama domain dan hosting web. Jika Anda menikmati artikel ini, Anda juga dapat membaca postingan saya yang lain silahkan jelajahi label blog

............ https://helmykediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar