Skip to main content

Cara mengaktifkan password hint diwindows 7, 8,10

   
Cara Mengaktifkan Password Di Windows 7 Dan 10 Lengkap Dengan Gambarnya

Selamat Datang di Blog Orang IT. PC Komputer atau Laptop yang kita gunakan biasanya menjadi tempat kita melakukan pekerjaan untuk menyimpan data atau file penting. Terlebih bagi anda yang memiliki pekerjaan yang berfokus dalam dunia digital, menjaga dan mencegah hal-hal yang tidak di inginkan perlu anda lakukan. 

Dalam hal ini anda bisa menjaga rahasia data dan file penting tersebut dengan membuat sebuah password. Sehingga hanya anda dan orang-orang terdekat anda saja yang dapat mengakses PC Komputer atau Laptop anda.

Pada dasarnya masih banyak cara lain yang mungkin lebih aman dalam menjaga kerahasiaan data dan file di dalam laptop. Walaupun begitu setidaknya anda sudah melakukan langkah awal yaitu membuat password dalam menjaga kerahasiaan data dan file penting. 


Nah bagi anda yang mungkin masih bingung bagaimana cara mengaktifkan password di Windows, anda tidak perlu khawatir. Simak saja ulasan dan tutorial membuat password di Windows berikut ini.

Cara Membuat Password Pada Windows 7

Cara Memberikan password pada Windows 7 sebenarnya sudah ditawarkan pada saat proses instalasi Windows 7, namun terkadang kita lupa untuk mengaktifkan password tersebut. 

Nah bagi anda yang menggunakan Windows 7 dan ingin membuat password, silakan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

• Pertama-tama, silakan anda nyalakan PC Komputer atau Laptop anda.

• Setelah itu klik Start Menu, lalu pilih Control Panel.


• Setelah itu akan muncul tampilan Control Panel, untuk memudahkan anda dalam mencari Perintah User Account. 

Silakan anda ubah pengaturan pada View by: menjadi Small Icon, setelah itu baru pilih User Account.


• Kemudian anda akan diarahkan pada menu untuk membuat password, dalam hal ini silakan anda pilih “Create a password for your account”


• Selanjutnya masukan password apa yang ingin anda buat sebanyak 2 kali, kami sarankan agar anda membuat password yang memang mudah untuk di ingat. 

Selain itu jangan lupa untuk membuat sebuah hint, dimana hal ini akan membantu anda jika nanti lupa password. Jika sudah klik tombol “Create password”


• Jika password yang anda buat berhasil, maka di dalam profil anda akan muncul tulisan “Passwordprotected”. Hal ini menandakan bahwa akun anda sudah terpasang dan terproteksi password.


• Untuk mencobanya silakan anda restart PC Komputer atau Laptop anda, maka sebelum masuk ke dalam menu dekstop. Anda akan diminta untuk memasukan password.

Cara Membuat Password Pada Windows 10

Untuk membuat password pada Windows 10 pada dasarnya hampir mirip dengan cara membuat password pada Windows 7. 

Namun di Windows 10 sendiri memiliki tingkat keamanan yang lebih komplek lagi. Berikut ini beberapa cara mengaktifkan password pada Windows 10.

1. Menambahkan Kata Sandi Pada Pengguna Akun Lokal

Yang kami maksud disini bukan akun Microsoft, melainkan metode ini bisa digunakan oleh pengguna yang menggunakan akun lokal untuk sign in ke dalam Windows 10. 

Berikut ini langkah-langkahnya:

• Pertama-tama, silakan anda buka menu Setting. Cara masuknya yaitu dengan cara klik Icon Setting yang terdapat pada menu Start, lalu tekan tombol Windows+I secara bersamaan. 

Maka nda akan diarahkan masuk ke dalam menu Accounts, setelah itu pilih Sign in options.


• Pada tampilan menu password, silakan anda klik tombol Add. Jika akun pengguna anda tidak dikunci menggunakan kata sandi, maka secara otomatis Windows 10 akan menampilkan sebuah pesan.

• Pada kotak New password, silakan anda masukan password sesuai dengan apa yang anda inginkan. Pastikan bahwa password yang anda gunakan adalah password yang kuat dan tidak mudah ditebak orang lain, selain itu pastikan bahwa anda mudah mengingatnya. 


Jika sudah masukan kembali password tadi, lalu untuk melanjutkannya klik Next.

• Selanjutnya klik Finish untuk menambahkan kata sandi pada akun pengguna lokal milik anda.


• Untuk membuktikan bahwa hal tersebut sudah berhasil, anda bisa merestart PC Komputer atau Laptop anda. maka sebelum masuk ke dalam menu dekstop, anda diminta untuk memasukan password seperti yang sudah anda lakukan tadi.

2. Menambahkan Kata Sandi Pada Pengguna Akun Microsoft

Metode ini dikhususkan bagi anda  yang menggunakan akun Microsoft untuk bisa sign in ke dalam PC Windwos 10. Nah berikut ini langkah-langkah membuatnya.

• Pertama-tama, silakan anda pilih menu Setting yang ada di bagian Start Menu. Lalu pilih Accounst dan pilih Your Info


• Jika sudah klk tautan Sign in with a Microsoft Account Instead

• Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan alamat email akun microsoft beserta dengan kata sandi yang anda gunakan. Jika sudah klik tombol Next untuk melanjutkan prosesnya.


• Ketika anda menggunakan two-step verification pada akun Microsoft anda, maka anda perlu memasukan code security atau kode keamanan yang sudah dikirimkan ke dalam ponsel atau email milik anda.

• Kemudian apabila anda diminta untuk memasukan katas sandi yang digunakan pada akun pengguna lokal, maka ketikkan kata sandi yang anda buat. Dan untuk melanjutnya klik tombol Next kembali.

• Jika sudah klik tombol Finish untuk menyelesaikan pengaturan pada akun Micorosoft anda.

• Selesai, PC atau Laptop anda sudah berhasil diamankan dengan kata sandi.

• Untuk membuktikan bahwa hal tersebut sudah berhasil, anda bisa merestart PC Komputer atau Laptop anda. maka sebelum masuk ke dalam menu dekstop, anda diminta untuk memasukan password seperti yang sudah anda lakukan tadi.

Untuk keamanan yang lebih baik lagi, pastikan bahwa anda sudah mengubah pengaturan agar sistem meminta anda untuk memasukan password setelah bangun dari Sleep Mode. Cara membuat password di Windows 10 yaitu sebagai berikut ini.

• Pertama-tama, silakan anda klik Start Menu lalu pilih menu Setting. Setelah terbuka pilih Accounts lalu pilih Sign in options.

• Pada tampilan yang muncul, silakan anda pilih opsi When PC Wakess up from sleep yang terdapat pada pilihan dropdown. Silakan lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


• Setelah itu jangan lupa lupa untuk mengaktifkan opsi yang meminta kata sandi setelah keluar dari Screensaver.

• Caranya sangat mudah, dimana anda tinggal membuka menu Setting, lalu pilih Personalization

• Kemudian pilih menu Lock Screen, lalu pilih kembali menu Screen saver setting.

• Berilah tanda centang pada kotak On Resume, dimana hal ini berfungsi untuk meminta password setelah proses screen saver. Jika sudah klik tombol Apply untuk menyetujui pengaturan tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengaktifkan password di Windows yang bisa anda gunakan untuk mengamankan perangkat PC atau Laptop anda dari orang lain. Walaupun memang masih banyak cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengamankan data, tetap saja mengaktifkan password di Windows merupakan langkah dasar yang tidak boleh anda lupakan. 

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda. selamat mencobanya!

https://helmy kediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jika ingin menyalin artikel sertakan sumber atau situs anda akan berhadapan dengan DMCA baik blogger ataupun wordpress; resiko halaman disembunyikan dari SERP dan ditandai sebagai webspam
Buka Komentar
Tutup Komentar