Skip to main content

25 ide membuat konten video youtube yang original

Yang ingin saya share disini adalah video apa sih yang bisa kita upload ke youtube dan bisa dimonetasi (dipasangi iklan)?

Ada 2 kategori video yang biasanya di upload ke youtube.

1. Video reupload

2. Video original

Untuk video reupload tidak saya bahas disini karena saya juga tidak tau bagaimana caranya reupload video tapi bisa dimonetasi.

Saya dulu pernah coba reupload video, diedit-edit tapi selalu gagal. Sekalinya berhasil, gak bertahan lama. Entah apa rahasia para mastah reupload, sehingga dollarnya bisa ijo dan bertahan lama. Hanya Tuhan dan mereka saja yang tau..  

Nah, daripada saya berkutat disitu-situ ajah. Ngabisin waktu buat goreng-goreng video (edit-edit video) yang rendernya juga ngabisin waktu buat pc saya (maklum, pc spek rendah), saya belajar lagi ajah yaitu dengan cara baca ebook-ebook gratisan di group dan juga berselancar di youtube nyari-nyari ide dan inspirasi. Dan akhirnya saya terjun ke video original.

Kelebihan dan kekurangan video original (menurut saya) :


Kelebihan :

1. Gampang dimonetasi (gampang ijo)

2. Video cenderung awet, gak kena strike (setrika kalo kata para mastah mah) Tapi ada juga sih video ori yg kena strike. Namun hanya beberapa saja.

3. Kalo video awet, otomatis video itu bisa jadi sumber passive income yang terus “mengalir bagaikan air” 

4. Video ori banyak jenisnya, jadi tinggal pilih mana yang kita mampu buat (nanti saya jelaskan di bawah)

Kekurangan video ori (masih menurut saya juga) :

1. Lama & ribet bikinnya kalo untuk video yang shoot professional.. Butuh budget yang lumayan besar juga.. Semisal kaya Bayu Skak, Edho Zell, Eka Gustiwana, Sacha Stevenson, om Ince Syahrul Anam, dkk.. 

Tapi hasilnya -> videonya bagus, gampang dapet like & subscribe, bahkan banyak yang share di sosmed. Efek sampingnya : bisa nongol di tv, dapet side job jadi presenter atau narasumber, dll.

2. Untuk seorang introvert seperti saya (malu kalo harus kelihatan muka di videonya), bikin video kaya Bayu Skak dkk itu, susahnya minta ampun. Gak pede..Gagu

3. Kalo bikin video ori semisal slideshow, lambat dapet view-nya dan yang nonton suka pelit ngasih Like-nya. Dan kenapa Like itu penting, nanti kita bahas di bawah.

Itu menurut pendapat saya loh ya.. Mungkin temen-temen ada yg mau menambahkan atau mengkoreksi tentang plus minus video original, silahkan di komentari. Okey, kita lanjut.

Gimana sih caranya kalo mau bikin video ori?

Buka Youtube, cari video-video unik / video yang view dan subscribernya lumayan, kemudian ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Berikut ini adalah ide-ide membuat video original :

1. Video tutorial / How-to Video

Bisa tutorial apa saja. Misalnya : tutorial MS Word, cara membuat daftar isi di MS Word 2016, cara membuat emil eh email, cara mengganti background foto di paint brush. Kalo gak jago komputer, buat saja cara membuat sesuatu yang simpel, misalnya cara memakai dasi, cara memakai sarung, cara sholat yang benar, tutorial cara mengawinkan kenari misalnya, tutorial membedakan uang asli dan uang palsu, cara membedakan batu akik asli dan permen fox, cara membedakan buah semangka yang sudah matang dan yang belum, cara menanak nasi yang benar, tutorial resep masakan, tutorial menggambar kartun, tutorial memakai jilbab, tutorial memecahkan soal matematika, tutorial bahasa inggris/jepang/mandarin/perancis, tutorial memancing, tutorial sepak bola, tutorial main gitar/piano/biola/drum dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan tutorial cara membuat pesawat dari kertas pun banyak pemirsanya.

Video tutorial / How-to Video

2. Video hewan peliharaan lucu

Punya peliharaan lucu? Kucing/Anjing/Burung/apa saja, rekam saja tingkah lucu dan menggemaskan mereka, kemudian upload ke youtube.

Video hewan peliharaan lucu

3. Challenge Video

Contoh : Challenge video - Keripik Ma Icih level 10 tanpa minum, misalnya. Kalo kemaren-kemaren ada “Ice bucket challenge”, sekarang coba deh bikin video “100% Hot Water Bucket Challenge” pasti rame tuh banyak yg nonton.. Ini contoh challenge video :

Challenge Video

4. Komedi

Contohnya seperti Bayu Skak, Duo Harbatah, Mega Gumelar dan lain-lain. Yang ini gak usah dijelaskan yah? Tonton dan tiru saja Bayu Skak & Youtuber-Youtuber yang lain. Atau bisa juga berbentuk video sketsa komedi seperti Tawa Sutra, OVJ, dll. Stand Up Comedy juga bisa.

5. Video Parodi

Parodi iklan atau parodi film seperti SMOSH yang bikin serial video Pokemon in real life. Atau ada juga yang lain, Spongebob in real life, dll. Coba bikin si unyil in real life atau upin ipin in real life, boboy boi in real life. Pasti banyak yang nonton tuh.

Video Parodi

6. Hidden Camera

Hidden camera, melabrak orang yang melanggar aturan, bagaimana reaksinya. Atau bisa juga kaya reality show TOLONG yang pernah tayang di televisi. Bisa juga video prank / ngerjain orang. Contohnya Jancuk Tv. Tapi ati-ati ye, jangan sampe kena damprat.

Hidden Camera

7. Stop Motion Video

Cari saja contohnya di youtube “Stop Motion Video”. Modalnya cuma kamera foto professional ditambah sedikit kreatifitas dan hasilnya bisa WOW Keren..

Stop Motion Video

8. Short Movies/Film

Contohnya cari saja di youtube : “Istri paruh waktu” Atau seperti iklan-iklan Thailand yang mengharukan dan menginspirasi.

Bikin video kaya gini juga memerlukan budget yang lumayan. Tapi sekalinya jadi, pas di upload dan dishare di facebook/twitter, jegeerr.. pasti meledak viewnya. Karena viral.. Dishare berulang-ulang secara sukarela.. Dan kemungkinan besar ditonton sampai akhir.. Itu berarti persentase estimated minutes watched-nya tinggi dan artinya -> earning’nya gede..

Contohnya seperti berikut :

Short Movies/Film

9. Story Telling

Rekam suaramu sendiri dan bercerita tentang kisah yang menarik. Meskipun videonya cuma slideshow gambar, tapi jika disajikan secara menarik, pasti bakal disukai banyak orang.

10. Movie Review

Jika temen-temen hobi menonton film, film-film bioskop misalnya, berikan review terhadap film yang pernah kalian tonton dan sajikan secara ringkas tetapi tetap menarik. Contohnya banyak di youtube. Silahkan cari saja.

11. Product Review

Video review atau ulasan tentang suatu produk. Misalnya produk elektronik seperti smartphone, iphone, ipad, laptop, dll

12. Unboxing Video

Video tentang membuka suatu barang yang baru dibeli, masih dibungkus dan masih disegel. Ini juga lumayan banyak pemirsanya loh.

13. Beatbox, sound effect

Ini butuh skill/keahlian atau keterampilan. Jika temen-temen bisa beatbox atau bikin sound effect suara senjata atau suara hewan misalnya, coba buat saja videonya. Saingannya gak terlalu banyak.

14. Cover Song

Temen-temen meng-cover lagu seseorang tapi menurut versi temen-temen sendiri. Lagu underground tapi dimainkan pake rebana misalnya. Hanya saja, ini pembagian earning-nya dibagi sama yang punya lagu originalnya.

15. Point of View Video

Banyak loh yang nyari-nyari video jalan-jalan di suatu tempat. Jika temen-temen hobi travelling, rekam saja saat jalan-jalan di suatu tempat yang unik dan eksotis. Misalnya saja, saya suka nonton video yang Walkthrough in Paris atau Walkthrough in Akihabara. 

Buat temen-temen yang domisilinya dekat dengan objek wisata, bisa banget tuh bikin video kaya gini. Contohnya yang dekat dengan Wakatobi. Temen-temen beli camera yang waterproof kemudian silahkan diving dan rekam semua yang ada di bawah air Wakatobi.

Video seperti ini juga lumayan banyak pemirsanya. Dan rata-rata ditonton sampai menit akhir.

16. Trik Sulap

Gak usah dijelaskan secara rinci ya. Pastinya udah pada tau ini mah.

17. News & Recent Events Video

Video tentang apa yang sedang terjadi di dunia atau di sekitar Anda. Video amatir tentang suatu bencana atau kecelakaan, biasanya view-nya gampang melejit. Atau video Festival Jepang yang baru saja selesai misalnya.

18. Gameplay Video

Saat bermain game, direkam dan diupload ke youtube. Video jenis ini juga banyak pemirsanya. Piwdiepie juga suka bikin gameplay video tapi ditambah people reaction atau reaksi dia saat bermain game tersebut.

19. Timelapse Video

Jika temen-temen punya kamera professional / DSLR, coba deh bikin video timelapse. Misalnya, merekam 24 jam apa saja yang terjadi di TPA Tanah Kusir misalnya atau timelapse jalanan dari pagi sampai meriahnya lampu malam di Jakarta, dan sebagainya.

20. Slow Motion Video

Rekam saat seseorang terjatuh atau saat seseorang bereaksi kaget dan ketakutan kemudian dibuat slow motion video. Pasti lucu.

21. Slideshow Video

Jika ada yang bertanya saya suka bikin video apa? Jawabannya ini. Slideshow video. Buat slideshow tentang sesuatu kemudian dijadikan video dengan MS Powerpoint 2010 juga bisa. Contohnya ya seperti slideshow presentasi di kampus-kampus atau slideshow presentasi MLM dan sebagainya. Atau bisa juga membuat seperti On The Spot atau Spotlite, misalnya video : 10 destinasi wisata paling populer Eropa tapi dalam bentuk slideshow dan diberi teks keterangan.

22. Video Animasi

Ini juga membutuhkan skill/keahlian. Misalnya membuat animasi kartun 2D atau animasi 3D. Seperti Transformer Bajay misalnya. Video animasi pendek, karya anak bangsa tapi bagus kualitasnya.

23. Special Effect

Membutuhkan skill/keahlian juga dalam membuat special effect video. Misalnya efek mengeluarkan api dari mulut, efek petir, efek terbang, dsb. Bisa juga dibuat video tutorialnya seperti Channelnya mas Tara di Tara Art Network.

24. Dance Video

Contohnya gangnam style, harlem shake, goyang dribble :3 dll. Jika temen-temen suka dance yang aneh-aneh atau unik, ya rekam saja kemudian upload tapi musiknya jangan yang ber-copyright alias punya orang.

25. Music

Jika temen-temen bisa menciptakan lagu, dan senang bermain musik, baik itu solo atau pun semarang eh group band, coba saja direkam semenarik mungkin dan upload ke youtube. Siapa tahu ada yang mengontrak band temen-temen. Tapi lagu ciptaan sendiri ya.

Tips :

Hal yang harus diperhatikan dalam bermain youtube adsense : 
(ini juga masih menurut saya)

1. Taatilah rules/peraturan yang sudah ditetapkan oleh Youtube agar video Anda awet.

2. Buat video yang menarik (enak ditonton) bisa berupa video yang menghibur atau video yang bermanfaat.

Contoh video yang menghibur -> video lucu, komedi, short movie, dll.

Contoh video yang bermanfaat -> video tutorial / how-to video, news, dll.

Jangan sampe, si penonton youtube bilang : “Video apaan sih nih? Gak jelas banget.”

3. Estimated Minutes Watched lebih penting daripada view-nya itu sendiri. So, buatlah video yang menarik untuk ditonton dari awal sampai akhir.

4. Jika ingin masuk page 1 youtube, View, Like, Comment & Subscribe sangat diperlukan oleh video Anda.

5. Jangan bangga dulu ketika video yang baru saja Anda upload, sudah nangkring di page 1 youtube dengan keyword yang Anda tembak. Biasanya video baru suka diberi label [NEW] oleh pihak youtube selama beberapa hari. Itu adalah kebijakan Youtube supaya video baru, bisa mendapatkan view dan mudah ditemukan (video masuk masa promosi oleh Youtube).

Jika dalam beberapa hari, video baru Anda tidak mendapatkan respon yang baik (View sedikit, tidak ada Like, Comment apalagi Subscribe) rangking video Anda akan merosot dan bisa jadi terlempar dari page 1 youtube. Tapi sebaliknya, jika dalam masa promosi tersebut (ketika diberi label NEW oleh Youtube) sudah mendapat respon yang cukup bagus maka akan dipertahankan oleh Youtube.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada salah-salah kata.

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaaatuh

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar