Komponen-komponen printer dan penjelasan lengkap

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat barang elektronik yang dulunya terkesan mewah sekarang menjadi biasa saja. Dulu jaman saya masih SMP harga satu lembar print saja 1.000 rupiah kalau sekarang turun menjadi 200-300 tergantung jenis kertasnya
Printer yang dulunya dianggap sebagai perangkat canggih dan mahal, sekarang hampir seluruh rumah memilikinya, bukan hanya itu saja tetapi jenis printer juga berkembang dari yang awalnya cuma bisa melakukan print/cetak sekarang memiliki banyak fungsi (multifunction printer) seperti scanner plus hingga peningkatan dari segi kualitas hasil print out
Berkembang dari jenis printer berkualitas rendah seperti dot matrix hingga sekarang berevolusi ke jenis tertetinggi
Semakin familiarnya printer dalam kehidupan sehari-hari , apa salahnya mempelajari bagian-bagian printer serta penjelasannya. Apa saja komponen yang digunakan dalam printer?

Pengetahuan dasar terkait printer cukup penting mana kala pengguna mengalami masalah seperti diharuskan mengganti catridge tetapi tidak tau bagaimana caranya, alhasil mereka memanggil teknisi printer untuk melakukan pekerjaan sepele dengan biaya cukup mahal antara 50-80K
Komponen-komponen printer dan penjelasan lengkap
Dengan mengenal bagian-bagian printer lebih dalam kita jadi mengetahui mana saja yang dianggap penting dan mana yang hanya sebagai pendukung, kedepannya jika atasan menyuruh untuk membeli komponen tertentu anda tidak akan bingung lagi
Harga printer juga tidak terlalu mahal , saya beli Canon IP770 cuma 800 ribu , Epson 305 cuma 1.8jt nah kalau sudah punya printer pribadi dirumah tinggal belajar mengenal bagian-bagiannya

Bagian-bagian printer dan penjelasannya lengkap :

1. Printer: perangkat keras atau peralatan yang berfungsi untuk mencetak data elektronik dari komputer (PC) menjadi media cetak dengan menggunakan tinta, toner, atau kertas pemanas.
2. Cartridge: Komponen penting dari printer yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan, mengatur, dan menempatkan proses emisi tinta sehingga karakter dapat dibentuk dalam proses pencetakan.
3. Enklosur Cartridg (Carrying Unit): Tempat Cartridge untuk menghubungkan chip Cartridge ke chip dalam wadah Cartridge
4. Head: Bagian dari lapisan atau pelat Cartridge mediator tempat tinta atau toner dilepaskan dari wadah Cartridge ke target media cetak
5. Chip Catridge: Sebagian dari cartridge yang digunakan untuk menghubungkan cartridge ke printer motherboard, memungkinkan proses pencetakan untuk bekerja sesuai dengan perintah yang diterima oleh motherboard untuk terus menggunakan cartridge.
6. Tabung/Ink tinta: Bagian dari printer yang berfungsi sebagai penyimpanan tinta sementara sebelum keluar dan diproses ke kepala Cartridge. Tangki Tinta menawarkan dua jenis pilihan yang terpasang di dalam Catridge dan terletak di luar perangkat cetak.
7. Selang: Tentu saja, nama ini tidak begitu asing bagi kebanyakan orang, di mana pipa ini adalah bagian tambahan yang biasa digunakan dalam jenis printer yang telah dimodifikasi menjadi sistem infus. Utilitas dapat diverifikasi sebagai saluran aliran tinta dari tabung tinta tambahan yang umumnya berada di luar printer sampai tinta disimpan dalam Cartridge
Selang juga berfungsi sebagai pembuangan sisa tinta dalam Catridge ke wadah dibagian belakang printer
8. Infus printer: salah satu model printer yang dimodifikasi yang menggunakan tabung IV untuk menyimpan tinta ekstra. Infus memfasilitasi proses pengisian atau pengisian tinta dan tidak memerlukan proses pengisian tinta dengan langsung menyuntikkan isi ke dalam Catridge.
9. Tinta: Ini adalah bahan baku printer, dalam bentuk cairan berwarna, yang digunakan untuk memfasilitasi proses pencetakan karakter atau gambar pada media. Tinta printer terdiri dari 4 kombinasi warna: cyan, magenta, kuning, dan hitam; Ada juga 6 kombinasi warna: cyan, cyan muda, cyan, magenta, magenta muda, kuning dan hitam.
10. Baki Kertas/Paper Tray: Tempat untuk menyimpan atau meletakkan kertas sebagai media cetak pada printer. Baki kertas dibagi menjadi 2: Baki untuk kertas sebelum dicetak disebut baki masukan dan baki untuk kertas setelah proses pencetakan disebut baki keluaran.
11. Roll: Komponen printer berupa roda berlapis karet untuk menahan kertas, tarik dan dorong kertas dari baki masukan kertas kedalam baki selama proses pencetakan.
12. Sensor Kertas: Sebagian printer dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi kertas di baki, serta untuk mendeteksi kertas yang akan memasuki lokasi cetak.
13. Mainboard: Komponen ini adalah bagian dari printer yang menjadi otak printer. Dalam komponen ini, pertukaran data digital dari komputer ke printer kemudian ditransmisikan ke bagian lain dari printer, seperti sensor cartridge dan lain-lain, sehingga dapat menciptakan proses untuk pencetakan.
14. Lampu/Indikator (Led): Di beberapa bagian printer, bagian ini memiliki fungsi indikator aktif dan indikator normalitas perangkat cetak. LED printer biasanya memiliki dua jenis: LED daya dan LED reset.
15. Tombol Daya: Tombol ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan printer.
16. Tombol Stop: Tombol ini menghentikan proses pencetakan ketika printer memiliki masalah.
17. Tombol Copy: tombol ini digunakan untuk memberikan perintah kepada printer untuk memproses fotokopi file yang terdapat dalam pemindai. Tombol ini memiliki 2 tombol: tombol putih untuk menyalin dengan cetakan hitam dan putih dan tombol hijau untuk mencetak salinan dengan cetakan warna.
18. Scanner: Ini adalah salah satu bagian tambahan dari printer, dilengkapi dengan fungsi untuk memindai atau membaca gambar dan dokumen yang dilampirkan ke area pemindaian, apakah disimpan dalam dokumen digital atau dicetak ulang.
19. CISS (Continuous Ink Supply System): Sistem infus printer yang dapat memudahkan pengguna printer yang memiliki persyaratan cetak tinggi dan ingin dapat dengan mudah mengisi isi ulang tinta. printer.
20. Timing belt: Bagian dari komponen printer yang memindahkan kartrid dan pemindai ke kanan dan kiri saat proses pencetakan dan proses pemindaian berlangsung.
21. Pembuangan Tinta: Sisa tinta atau kelebihan tinta kotor akan terbuang sia-sia pada saat ini setelah proses pencetakan selesai.
22. Driver: Bagian ini adalah bagian yang sama pentingnya dari komponen printer yang ada, yaitu perangkat lunak (yang diberikan oleh produsen printer) yang digunakan untuk mengatur dan menghubungkan komputer dan printer.
Bagian-bagian yang saya jelaskan diatas sepenuhnya masih berupa dasar dan tidak secara lengkap menunjukkan fungsi setiap bagian sepenuhnya, namun bagian diatas sering di omongkan terkait masalah printer hingga penyelesaian
Bagian-bagian yang saya sebutkan diatas menjadi cukup vital karena menyangkut bagaimana printer bekerja, setiap merek printer memiliki kelebihan dan kekurangan amsing-masing seperti halnya printer canon (printer sejuta umat ) yang bisa di isi tinta apa saja
Sementara printer epson yang harus menggunakan tinta langsung dari epson kalau diberikan vicasia langsung catridge nya rusak. Oleh sebab itu penjelasan terhadap setiap komponen secara mendetail cukup terbatas pada komponen yang cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari
Nah itu dia penjelasan mengenai bagian-bagian serta komponen printer yang cukup penting untuk diketahui oleh pengguna awam khususnya yang punya printer sendiri dirumah. Sedikit demi sedikit belajar tentang printer dan masalah troubleshoot
Masa iya masalah tinta kering saja harus panggil teknisi padahal dikerjain sendiri satu jam langsung selesai tanpa harus keluar uang. Jika anda ingin menambahkan terkait bagian printer beserta penjelasan silahkan berikan pendapat dikolom komentar yang tersedia. Sekian dan terimakasih

Related Post