Skip to main content

Cara Menulis Artikel Blog yang Ramah SEO

Selamat Datang di Blog Orang IT. Dalam posting ini Anda akan menemukan tips SEO blog untuk membantu Anda meningkatkan peluang peringkat situs web Anda lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Ini mengajarkan Anda cara menulis posting blog SEO friendly, sehingga setiap halaman yang Anda terbitkan membantu menarik bagi pembaca dan mesin pencari.

Posting ini juga termasuk daftar periksa penulisan blog yang dapat Anda cetak dan infografis yang dapat Anda rujuk setiap kali Anda bersiap untuk menerbitkan publikasi pada posting terbaru Anda.

3 Fase Menulis Blog untuk SEO

Fase Satu: Pilih Kata Kunci Anda

Pekerjaan Anda untuk membuat posting blog yang ramah SEO dimulai sebelum Anda mulai menulis. Pertama, Anda harus memilih kata kunci terbaik untuk setiap halaman.

1) Identifikasi satu kata kunci utama.

Untuk mengoptimalkan konten untuk SEO blog, mulailah dengan melakukan penelitian dan mengidentifikasi satu kata kunci utama yang:
  • Berhubungan erat dengan posting blog Anda . Cari frasa yang menangkap tema utama konten Anda dan secara alami terkait dengan topik Anda.
  • Populer di kalangan pengguna . Pilih variasi frasa yang sering digunakan oleh pencarian. (Misalnya, jika topik Anda adalah "kalender editorial," Anda mungkin menemukan bahwa lebih banyak orang mencari "kalender konten." Karena itu, "kalender konten" mungkin menjadi kata kunci utama yang lebih baik untuk posting Anda daripada "kalender editorial.")
  • Memiliki tingkat kompetisi yang rendah . Temukan variasi kata kunci yang memiliki tingkat penyelesaian yang dapat Anda lawan. Untuk dapat bersaing dalam suatu istilah, frasa tersebut harus memiliki sejumlah merek yang bersaing untuk istilah tersebut dan / atau situs web Anda harus memiliki otoritas yang cukup tinggi untuk bersaing dalam suatu istilah. Untuk peluang sukses yang lebih tinggi, pilih kata kunci persaingan rendah yang berada dalam jangkauan Anda.

Untuk menemukan kata kunci yang sesuai dengan kriteria ini, gunakan Alat Kesulitan Kata Kunci Alexa . Alat penemuan kata kunci menghasilkan:
  • Laporan kata kunci teratas yang terkait dengan topik atau tema Anda.
  • Skor popularitas setiap kata kunci , yang menunjukkan seberapa sering pengguna mencari istilah tersebut.
  • Skor persaingan setiap kata kunci , yang menunjukkan betapa sulitnya menentukan peringkat untuk istilah tersebut. Ini juga mempertimbangkan otoritas situs web Anda, sehingga Anda dapat melihat apakah Anda dapat bersaing untuk jangka waktu tersebut.
  • kata kunci utama blog seo

riset keyword

Gunakan informasi ini untuk memilih kata kunci utama untuk posting Anda.

2) Identifikasi beberapa kata kunci sekunder.

Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci utama, pilih dua hingga empat kata kunci sekunder yang juga digunakan dalam posting Anda.


Kata kunci sekunder, yang juga dapat disebut sebagai kata kunci Pengindeksan Laten Semantik (kata kunci LSI), adalah kata kunci terkait yang terkait erat dengan kata kunci utama Anda. Dengan memasukkan beberapa kata kunci sekunder dalam sebuah posting, Anda membantu mesin pencari memahami dan memberi peringkat yang tepat pada posting blog SEO Anda.

Untuk menemukan kata kunci terkait :
  • Masukkan kata kunci utama Anda dalam pencarian Google.
  • Lihatlah daftar pencarian terkait.
  • Pilih dua hingga tiga frasa pencarian yang terkait dengan kata kunci utama Anda.

kata kunci sekunder blog seo

Sekarang Anda memiliki satu kata kunci utama dan beberapa kata kunci sekunder, mulailah menulis posting Anda untuk blog SEO.

Fase Dua: Tulis Konten Anda

Konten blog yang hebat praktis dan bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari. Gunakan tips SEO blog ini untuk mempelajari cara mengoptimalkan posting untuk pencarian sambil tetap mengingat pembaca.

3) Menulis untuk pembaca, bukan mesin pencari.

Saat Anda menulis, ingatlah bahwa saat Anda menulis untuk mesin pencari,  copywriting SEO  benar-benar untuk manusia. Sebagai praktik terbaik, jangan pernah membuat konten secara eksklusif untuk menarik mesin pencari. Selalu ingat pembaca Anda, dan saat Anda membuat posting, jangan membuat perubahan jika mereka akan meningkatkan SEO tetapi mengurangi pengalaman pengguna.

4) Tulis lebih dari 300 kata.

Meskipun tidak ada jumlah kata ajaib untuk posting blog, ada jumlah kata minimum yang dapat Anda gunakan sebagai patokan. Menulis 300 atau lebih kata memberikan informasi yang cukup untuk membantu mesin pencari memahami halaman dan memberi peringkat lebih baik. 

Ada banyak pendapat berbeda tentang jumlah kata yang terbaik untuk SEO blog, tetapi sebagai praktik terbaik, tulis sebanyak yang Anda butuhkan untuk membahas topik Anda saat menulis antara 500 dan 2.500 kata. Jika Anda menulis lebih dari itu, mungkin ide yang bagus untuk memecah teks menjadi beberapa halaman yang terhubung.

5) Gunakan kata kunci utama secara alami di seluruh teks.

Menggunakan kata kunci utama di seluruh teks membantu mesin pencari memahami dan mengelompokkan halaman. Kepadatan kata kunci yang baik adalah sekitar 2%, jadi gunakan kata kunci secara alami sekitar satu hingga dua kali untuk setiap 100 kata.

TIPS PRO SEO : Daripada menulis dengan kata kunci dalam pikiran, konsep teks Anda dan kemudian kembali dan tambahkan kata kunci di tempat yang cocok secara alami.

6) Gunakan kata kunci sekunder satu kali sepanjang teks.

Kata kunci sekunder memberikan konteks tambahan untuk konten Anda, yang membantu mesin pencari mengategorikan teks lebih jauh. Gunakan dua hingga empat kata kunci sekunder Anda setidaknya sekali dalam posting.

7) Gunakan kata kunci utama pada paragraf pertama.

Sertakan kata kunci utama Anda di dekat bagian atas halaman dan di paragraf pertama jika memungkinkan.

8) Gunakan kata kunci utama dalam subjudul.

Subpos adalah teks yang menciptakan jeda di halaman dan diformat dengan H2, H3, H4, dll. Konten SEO yang hebat menggunakan subpos untuk memecah blok teks yang besar. Ini memudahkan pembaca web untuk memindai konten dan mesin pencari untuk memahami salinannya. Manfaatkan subpos dan gunakan kata kunci utama di setidaknya satu dari subpos Anda.

9) Gunakan kata kunci di bagian akhir halaman.

Akhiri posting Anda dengan kesimpulan yang menyertakan kata kunci utama. Bookends ini memposting dengan sinyal yang menentukan halaman.

10) Tulis konten asli.

Mesin pencari tidak suka konten duplikat (konten identik digunakan pada banyak halaman web). Jangan menyalin konten dari halaman lain di situs web Anda atau halaman di situs web lain. Sebagai gantinya, tulis konten asli yang tidak dipublikasikan di mana pun di internet untuk meningkatkan kekuatan SEO situs web Anda.

TIPS PRO SEO : Meskipun tidak akan membantu konten Anda menjadi SEO friendly, Anda dapat mempublikasikan ulang atau mensindikasikan konten untuk memperluas jangkauan merek Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan kembali konten, Anda harus mengikuti praktik terbaik untuk mempublikasikan ulang konten , sehingga Anda tidak menerima hukuman duplikat konten dari mesin pencari.

11) Tulis konten yang benar secara tata bahasa tanpa kesalahan pengejaan.

Bukan hanya pembaca yang menghargai konten berkualitas tinggi dan ditulis dengan baik. Mesin pencari juga memeringkat halaman menggunakan sinyal dari tata bahasa, sintaksis, dan ejaannya. Periksa dengan hati-hati salinan Anda sebelum diposting untuk memastikan tidak ada kesalahan, kesalahan ketik, atau kesalahan.

12) Menulis untuk tingkat membaca kelas delapan.

Posting blog terbaik mudah dibaca dan ditulis untuk konsumsi mudah. Baik pembaca dan mesin pencari menghargai ini, jadi gunakan kalimat pendek dan paragraf dan hindari istilah yang panjang dan rumit.

TIP PRO : Anda dapat menemukan Level Grade Flesch-Kincaid Anda dan tips untuk meningkatkan konten Anda dengan menggunakan Skor Keterbacaan > https://readability-score.com/text/

keterbacaan blog seo

13) Tambahkan tautan masuk.

Tautan masuk adalah hyperlink ke pos atau halaman yang ada di situs web Anda. Hyperlink membantu mesin pencari memahami halaman dan memandu pengguna ke informasi yang mereka butuhkan. Jadi sertakan hyperlink dalam konten Anda jika relevan. Juga, ketika Anda menambahkan tautan ke halaman masuk, gunakan teks jangkar yang terkait erat dengan kata kunci halaman yang Anda tautkan.

14) Tambahkan tautan keluar.

Tautan keluar adalah hyperlink ke pos atau halaman yang ada di situs web lain. Jenis tautan ini harus digunakan untuk sumber informasi dalam konten Anda dan membimbing pembaca yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu topik. Gunakan tautan ini secara alami di konten Anda ketika Anda mereferensikan konten atau ide dari situs web lain.

TIPS PRO SEO : Tetapkan tautan keluar Anda untuk membuka ke halaman baru sehingga halaman web Anda tetap terbuka bahkan jika pengguna pindah ke situs web lain.

Fase Tiga: Optimalkan Posting Anda

Setelah Anda menulis salinan Anda, tingkatkan SEO blog Anda dengan mengoptimalkan elemen halaman berikut.

15) Gunakan kata kunci utama dalam judul halaman.

Judul halaman adalah nama sebenarnya dari halaman yang dapat dilihat oleh pembaca di halaman tersebut. Buat judul untuk halaman yang menggunakan kata kunci utama. Jika memungkinkan, coba letakkan kata kunci di bagian awal judul.

Untuk informasi tambahan tentang penulisan berita utama yang menarik, baca posting kami:  12 Tips untuk Menulis Berita Utama yang Pembaca (dan Mesin Pencari) Tidak Dapat Menolak

16) Gunakan kata kunci utama di permalink.

Permalink adalah bagian dari URL yang unik untuk setiap halaman web dan posting; itu teks yang muncul setelah domain atau subdomain utama. Untuk membuat URL yang SEO-friendly, sertakan kata kunci utama dan batasi teks lain yang termasuk dalam bagian URL ini.

https://www.helmykediri.com/2019/01/kelebihan-akun-adsense-bisnis.html

17) Gunakan kata kunci utama dalam judul SEO.

Tidak seperti judul halaman, yang dapat dilihat pengguna saat melihat posting blog, judul SEO adalah judul sekunder untuk halaman yang digunakan sebagai deskripsi backend halaman. Itu terlihat di halaman hasil mesin pencari dan membantu crawler mesin pencari memahami apa yang ada di halaman. 

Judul SEO ini harus memasukkan kata kunci utama Anda dan tidak melebihi 55 karakter, karena itu adalah batas untuk karakter judul SEO untuk ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari.

18) Gunakan kata kunci utama dalam deskripsi meta.

Uraian meta adalah uraian yang menjelaskan laman web. Seperti judul SEO, deskripsi meta SEO menambahkan informasi backend yang menginformasikan crawler mesin pencari. Teks juga biasanya terlihat di halaman hasil mesin pencari, yang dapat membantu pengguna membuat keputusan tentang hasil mana yang akan dipilih. 

Tulis deskripsi meta untuk halaman blog Anda yang menyertakan kata kunci utama dan tidak melebihi 155 karakter, sehingga teks lengkap dapat muncul di halaman hasil mesin pencari.

19) Tetapkan kategori dan tag yang sesuai.

Tag dan kategori adalah sistem taksonomi yang digunakan untuk mengatur posting blog di situs web. Anda dapat menetapkan kategori dan tag pada setiap halaman untuk menghubungkannya dengan topik dan tema tertentu. 

Sistem taksonomi yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan SEO situs. Siapkan sistem yang kuat dengan menetapkan satu atau dua kategori untuk setiap posting dan menggunakan tag yang secara akurat menggambarkan posting tersebut.

20) Gunakan kata kunci utama dalam tag alt gambar.

Menambahkan gambar ke posting blog membuatnya terlihat andal dan bermanfaat bagi mesin pencari dan pembaca. Jadi sertakan setidaknya satu gambar dalam konten Anda. Saat Anda memasukkan gambar, gunakan kata kunci utama dalam gambar "tag alt," yang merupakan deskripsi teks dari gambar yang terlihat oleh crawler mesin pencari tetapi tidak untuk pengguna.