Skip to main content

Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3 Dengan Mudah


Selamat Datang di Blog Orang IT,

Musik merupakan salah satu seni yang sangat populer, dari dulu hingga sekarang penggemar musik tidaklah pernah habis. Terlebih dengan adanya kemajuan zaman dan teknologi seperti sekarang ini yang membuat penggemar musik menjadi lebih leluasa lagi dalam mendengarkan lagu secara online. 

Kegiatan atau hal yang paling sering dilakukan oleh penggemar musik yaitu memotong dan menggabungkan lagu MP3, karena memang format MP3 memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis file musik lainnya.

Lantas bagaimana cara memotong dan menggabungkan lagu MP3? Anda tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sebuah cara memotong dan menggabungkan lagu MP3 pada android. 

Tidak perlu diragukan lagi jika saat ini banyak aplikasi gratis editing lagu yang bisa anda manfaatkan untuk keperluan editing. Penasaran? Langsung simak saja ulasan yang akan kami sampaikan dibawah ini.


Cara Memotong dan Menggabungkan Lagu MP3 Menggunakan MP3 Cutter

Aplikasi pertama yang wajib untuk anda coba dalam melakukan editing lagu yaitu menggunakan MP3 Cutter. Dimana di dalam aplikasi ini menyediakan banyak sekali  menu untuk melakukan editing lagu. 

Yang paling umum dan paling sering digunakan yaitu memotong dan menggabungkan lagu MP3. Nah berikut ini cara memotong lagu menggunakan MP3 Cutter:

• Pertama-tama, silakan anda unduh terlebih dahulu aplikasi MP3 Cutter pada layanan aplikasi Playstore atau app lainnya.

> https://apkpure.com/id/mp3-cutter-merger/igost.music.mp3cutter/versions

Disini saya menggunakan aplikasi mp3 cutter dari igost

• Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. pilih Mp3 Cutter untuk proses pemotongan lagu. 

Cara Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3

• Setelah anda masuk ke dalam menu aplikasi, silakan anda pilih lagu apa yang ingin anda potong.

Cara Memotong mp3

• Selanjutnya hal yang perlu anda lakukan adalah memasukan waktu awal dan akhir lagu yang ingin anda potong. Setelah selesai menentukan waktu awal dan akhir pemotongan anda bisa memutar hasil potongan lagu tersebut dengan cara Tap Play Cut.

mp3

• Ketika anda merasa bahwa potongan lagu tersebut sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka anda bisa memilih untuk melakukan Start Cut.

• Setelah itu anda akan diminta untuk memasukan nama hasil potongan lagu, jika merasa yakin pilih Save untuk menyimpannya.

• Selanjutnya pilih Open File untuk membuka lagu yang sudah kita potong tadi.

• Pilih Open File kembali, karena open file yang pertama tadi hanya berfungsi untuk memindahkan audio ke tempat penyimpanan saja. Sedangkan open file yang kedua berfungsi untuk memutar lagu hasil potongan tadi.

Menggabungkan Lagu MP3

• Selesai, lagu yang anda masukan sudah berhasil untuk di potong.

Menggabungkan Lagu Menggunakan MP3 Merger

Ketika sudah melakukan pemotongan lagu, biasanya hal yang tidak ketinggalan dalam proses editing lagu adalah menggabungkan hasil potongan lagu tersebut dengan lagu lain. Kebanyakan orang melakukan hal ini untuk dijadikan sebagai nada dering atau keperluan lainnya, seperti Content Creator. 

Maka dari itu kami akan memberikan cara menggabungkan lagu MP3 dengan MP3 Merger seperti berikut ini:

• Pertama jalankan kembali aplikasi MP3 Cutter yang sudah anda unduh tadi, lalu pilih Merge MP3. Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Menggabungkan Lagu MP3 Dengan Mudah

• Setelah itu maka akan muncul tampilan yang menampilkan list lagu yang ingin anda gabungkan. Dalam hal ini anda bisa menambahkan sebuah lagu baru dengan memilih Add Song, lalu untuk menghilangkan semua lagu MP3 yang ingin digabungkan bisa memilih Clear List. 

MP3 yang ingin digabungkan

Perlu di ingat juga bahwa sebelum menambahkan lagu, pastikan bahwa anda sudah mengurutkan hasil potongan lagu mana yang ingin diletakan diawal, ditengah dan diakhir.

• Pilih Open File kembali, karena open file yang pertama tadi hanya berfungsi untuk memindahkan audio ke tempat penyimpanan saja. Sedangkan open file yang kedua berfungsi untuk memutar lagu hasil potongan tadi.

memutar lagu

• Selesai.

Cara Memotong dan Menggabungkan Lagu MP3 Menggunakan Split and Join Audio

Aplikasi editing music yang tidak kalah populer dengan aplikasi MP3 Cutter & Merger yaitu Split and Join Audio. Pada dasarnya fungsi dan menu yang ada di dalam aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan apa yang ada di aplikasi sebelumnya, yang membedakan hanyalah tampilan kedua aplikasi ini. 

Dengan kata lain masing-masing orang memiliki pandangan tersendiri. Jika anda merasa nyaman dengan aplikasi ini, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Memotong Lagu MP3 Menggunakan Split and Join Audio

Untuk memotong lagu MP3 menggunakan Split and Join Audio sangatlah mudah, berikut ini cara memotong lagu MP3 di android secara lengkapnya beserta dengan gambar.

• Pertama-tama, silakan anda unduh aplikasi Split and Join Audio pada smartphone milik anda di Playstore atau aplikasi toko lainnya.

> https://www.apkmonk.com/app/com.vth.app.ringcutter/

• Jika sudah install dan jalankan aplikasi tersebut, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Pada tampilan gambar dibawah, silakan anda pilih lagu MP3 yang ingin di potong dan di edit.

MP3 yang ingin di potong

• Setelah itu anda akan di minta ntuk memasukan waktu awal dan akhir potongan lagu yang di inginkan. 

potongan lagu

• Dengarkan hasil potongan lagu tersebut sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan apa belum, jika anda merasa yakin dengan hasil potongan tadi silakan pilih icon Save. 

Tapi akan lebih baik jika anda memilih Save as Music dan beri nama yang berbeda dengan lagu aslinya, hal ini akan memudahkan anda nantinya pada saat menggabungkan lagu.

Save as Music


• Selesai, lagu anda berhasil di potong

Menggabungkan Lagu MP3 Menggunakan Split and Join Audio

Menggabungkan lagu adalah sesuatu hal yang paling sering dilakukan dalam editing lagu setelah proses pemotongan lagu selesai. Nah berikut ini akan kami berikan cara menggabungkan lagu MP3 di android.

• Pertama-tama, silakan anda jalankan kembali aplikasi Split and Join Audio yang sudah di instal tadi.

• Setelah anda masuk ke dalam menu aplikasinya, silahkan pilih setidaknya 2 lagu yang sudah terpotong dan ingin anda gabungkan. Untuk lebih jelas dan detailnya anda bisa mengikuti perintah yang sudah saya tandai dalam gambar dibawah ini.

Memotong Dan Menggabungkan Lagu MP3

• Namun perlu diperhatikan juga untuk memastikan bawah pilihan pertama yang kita pilih merupakan potongan lagu yang akan ditempatkan diawal.

• Setelah anda merasa yakin dengan pilihan tersebut, silakan pilih icon Save

• Lalu simpan file Save as Music dan beri nama sesuai dengan apa yang ingin anda gunakan. Lalu tap tombol Save kembali.

• Untuk melihat hasil penggabungan lagu tadi, anda bisa mengeceknya pada file manager atau memori telepon anda.

• Selesai

Bagaimana cukup mudah bukan? Mulai saat ini anda bisa menyalurkan hobi bermusik anda melalui android. Karena kini anda sudah mengetahui cara memotong dan menggabungkan lagu MP3 di android. Semoga bermanfaat dan selamat untuk mencobanya!

.....https://helmykediri.com

Comments