Skip to main content

53 Tips ampuh meningkatkan visitor blog terbukti!!

Setiap web atau blog pasti menginginkan traffic atau tingkat kunjungan yang tinggi, karena dari traffic inilah sebuah blog akan diperhitungkan sebagai blog ‘hebat’ dalam blogsphere, serta akan mendapatkan ranking yang bagus dalam mesin pencari.

53 Tips ampuh meningkatkan visitor blog terbukti!!

Karena tujuan untuk dapat meningkatkan traffic itu pulalah banyak orang yang kemudian tekun mempelajari SEO (Search Engine Optimization), sebagai salah satu upaya  untuk  dapat menaikkan  traffic  blog. Khususnya  lagi jika blog tersebut  juga digunakan  untuk  berbisnis,  maka  traffic  benar-benar  menjadi  sesuatu  yang  amat penting.

Nah, jika Anda juga menginginkan blog traffic Anda naik atau meningkat dengan cara yang mudah namun efektif, berikut ini adalah lima puluh tiga cara yang dapat Anda gunakan. Jika Anda serius melakukan tips-tips di bawah ini, traffic blog Anda akan meningkat secara signifikan.


1. Posting yang Baik dan Berkualitas

Tulislah isi atau content yang baik dan berkualitas.  Ingat selalu bahwa nyawa blog adalah isi atau content.  Jika setiap isi/content  yang diposting  selalu baik dan berkualitas, orang akan selalu datang dan datang lagi. Begitu pun dengan pengunjung baru. Begitu mereka menemukan blog Anda, dan mendapatkan content posting yang  menarik,  mereka  akan  mengingat  blog Anda  untuk  kemudian  datang  lagi,  dengan tujuan untuk dapat menikmati posting Anda lagi.

Content  yang baik dan berkualitas,  serta yang diposting  secara kontinyu  akan menjaga pengunjung untuk tetap setia pada blog Anda, sehingga mereka akan terus mengunjungi blog Anda, sekaligus akan mendatangkan pengunjung baru.

Sebaliknya, jika Anda jarang membuat posting, atau isi posting Anda termasuk di bawah standar, maka pengunjung lama akan cepat bosan, dan pengunjung baru pun tidak akan ingin datang lagi. Jadi, kunci pertama adalah posting. Semakin baik dan semakin rajin Anda melakukan posting, semakin tinggi pula traffic blog Anda.

2. Segera Lakukan Editing Sewaktu-waktu

Ada kalanya kita telah menulis posting yang baik dan berkualitas, namun bisa saja terjadi kita mengalami kekeliruan dalam penulisan atas suatu data tertentu. Ketika hal semacam  ini disadari,  segera  lakukan  editing  atau  pembetulan  atas  kekeliruan pada posting itu. Ingat, semakin bagus dan semakin berkualitas posting Anda, maka semakin tinggi kemungkinan posting itu akan di-link oleh blog lain. Karenanya,  jika  posting  Anda  terkesan  kacau  dan  berantakan,  serta  banyak terdapat kesalahan di dalamnya, maka orang lain (blog lain) akan malas memberikan link  ke  posting  tersebut.  Sebaliknya,  jika  posting  Anda  berkualitas,  serta  dapat dijadikan rujukan yang sahih, maka orang akan merasa bangga jika memberikan link ke posting Anda tersebut. Dengan adanya link, berarti blog Anda akan mendapatkan traffic pengunjung baru. 

3. Segera Respon Email dan Komentar

Kebanyakan blog menyediakan ruang untuk komentar bagi para pengunjungnya, sehingga  pengunjung  dapat menuliskan  kesan atau pendapatnya  atas suatu posting yang baru saja dibacanya. Selain itu, melalui kolom komentar ini pulalah biasanya terjalin hubungan antara blogger dengan para pembacanya, sekaligus pembaca dengan pembaca lainnya.

Nah, kebanyakan orang suka jika komentarnya segera dibalas atau direspon oleh pemilik blog, sehingga  timbul kesan bahwa si pemilik benar-benar  memperhatikan komentar yang masuk. Karenanya,  jika Anda menyediakan  kolom komentar dalam blog  Anda,  segeralah  beri  respon  atau  balasan  dan  jawaban  sekadarnya  untuk komentar tersebut, untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli pada para pembaca Anda.

Selain itu, jika Anda tidak menyediakan kolom komentar, maka para pengunjung biasanya  akan mengirim  email, khususnya  jika memang  sangat butuh menanyakan sesuatu kepada Anda. Email ini pun seharusnya  dibalas atau direspon  segera, agar timbul kesan bahwa Anda memang mempedulikan pembaca Anda.

Jika Anda termasuk blogger yang interaktif, dalam arti cepat merespon komentar dan email yang masuk dari pembaca,  maka pembaca  akan memberikan  nilai yang positif untuk Anda dan blog Anda, dan mereka pun tidak akan keberatan untuk memberikan link ke blog Anda.

4. Tulis Posting untuk Blog Lain

Jika Anda memiliki kawan yang sesama blogger, dan kawan tersebut membuka kesempatan bagi  Anda   untuk   menulis   di   blognya,   jangan   ragu-ragu   untuk memanfaatkan kesempatan itu. Banyak blog yang memang terbuka memberikan kesempatan kepada orang lain (baik blogger maupun bukan blogger) untuk menyumbangkan tulisan (posting) di blog tersebut.

Nah, jika Anda seorang blogger, dan Anda mendapatkan tawaran untuk menulis post di blog lain, segera penuhi permintaan atau tawaran tersebut. Tuliskan sebuah post untuk blog tersebut, kemudian cari post lain di blog Anda yang relevan dengan post tersebut. Kemudian, berikan link ke post yang ada di blog Anda dari post yang akan dimuat di blog lain. Dengan cara ini, maka akan ada link yang menuju ke blog Anda dari posting tersebut. 

Semakin  banyak  Anda membuat  posting  untuk blog lain dengan  cara di atas, maka akan semakin banyak pula link yang akan menuju ke blog Anda. Karenanya, jika memungkinkan, Anda bisa menawarkan untuk menulis posting di blog lain, tanpa harus menunggu blog tersebut menawarkannya terlebih dulu kepada Anda.

5. Perhatikan dan Pelajari Statistik Anda

Buatlah account di Google Analytic untuk mempelajari statistik atas blog Anda. Melalui Google Analytic,  Anda akan dapat mempelajari  kata kunci (keyword)  apa yang digunakan pengunjung hingga menemukan blog Anda. Dengan cara ini, maka Anda akan tahu kata kunci apa yang populer di blog Anda, sehingga nantinya Anda akan dapat menulis posting-posting lain dengan kata kunci yang populer.

Selain itu, dengan mempelajari statistik, Anda juga akan mengetahui artikel apa yang disukai atau yang tidak disukai para pembaca  Anda. Hal ini akan membantu Anda   dalam   membuat   posting-posting   selanjutnya,   sehingga   tingkat   kesukaan pembaca akan meningkat terhadap posting-posting di blog Anda.

6. Bertanyalah pada Pembaca Anda

Jika Anda menginginkan banyak komentar untuk posting-posting Anda, ada cara yang cukup mudah sekaligus  efektif, yakni dengan bertanya  pada pembaca.  Setiap kali Anda menulis  post untuk  blog Anda,  akhirilah  posting  itu dengan  pertanyaan yang  akan  memancing  pendapat,  komentar,  atau  jawaban  dari  pembaca.  Pembaca biasanya senang jika pendapat mereka dianggap penting, sehingga mereka tidak akan ragu untuk menuliskan komentar di blog Anda.

Nah, semakin banyak orang yang menuliskan komentar di blog Anda, maka biasanya akan semakin menarik pengunjung lain untuk juga menuliskan komentarnya. Dari  situ,  para  pengunjung  baru  akan  melihat  bahwa  blog  Anda  termasuk  ramai, sehingga dia pun tidak akan segan untuk ikut ‘nimbrung’  dan menjadi pengunjung tetap blog Anda.

Selain itu, adanya kesempatan  untuk menyatakan  pendapat di kolom komentar semacam itu akan menarik pengunjung untuk datang lagi dan datang lagi.

7. Tinggalkan Komentar di Blog Lain

Ketika   Anda   melakukan   blogwalking   (mengunjungi   blog-blog   lain), dan menjumpai kolom untuk berkomentar, maka hampir bisa dipastikan Anda akan mendapati kolom untuk mengisikan alamat URL Anda. Karenanya, jika Anda meninggalkan komentar di blog lain, maka secara otomatis akan tercipta link di blog itu  berdasarkan  komentar  Anda.  Ketika  para  pengunjung  lain  membaca  komentar Anda,  mereka  akan  tertarik  untuk  mengklik  link  yang  ada  di situ,  sehingga  akan sampai di blog Anda.

Karena itu, tulislah komentar yang unik, menarik, dan tinggalkan komentar di banyak blog lain. Semakin banyak komentar yang Anda tinggalkan di berbagai blog, maka semakin tinggi pula kenaikan tingkat pengunjung baru ke blog Anda.

Salah satu cara menjadikan blog cepat populer memang blogwalking seperti di atas,  dan  cara  itu  pula  yang  selama  ini  banyak  dilakukan  oleh  para  blogger  di Indonesia. Anda pun bisa mengikutinya untuk menaikkan traffic ke blog Anda. 

Banyak  blog  yang  mendapatkan  traffic  yang  berasal  dari  search  engine  atau mesin pencari. Ketika pengunjung internet memasukkan suatu kata kunci pada search engine, dan kata kunci tersebut terdapat  di blog Anda, maka blog Anda pun akan mendapatkan  limpahan  traffic.  Karenanya,  segera  daftarkan  blog  Anda  ke  search engine agar blog Anda terindeks dalam daftar mereka.

Tetapi mendaftarkan blog saja tidak cukup. Setelah blog Anda terdaftar dan terindeks di Google, misalnya, maka Anda tetap harus rajin menulis post baru untuk blog Anda, sehingga search engine akan terus mengindeks Anda. Tanpa posting, blog yang telah didaftarkan pun sia-sia saja, karena intinya tetap pada posting.

Ingat selalu, search engine mengarahkan orang ke blog Anda karena sebuah kata kunci.  Dan  kata  kunci  itu  harus  ada  di  dalam  posting  di  blog  Anda.  Karenanya, semakin rajin Anda membuat posting, semakin sering pula orang akan menemukan blog Anda.

8. Lakukan Link Internal pada Post Lain

Ketika Anda menulis post baru, selalu usahakan agar posting tersebut memiliki link ke posting Anda yang lain atau yang sebelumnya.  Karenanya, selalu upayakan untuk membuat posting yang saling berhubungan  atau satu tema, sehingga masing- masing post yang Anda tulis akan terus memiliki jalinan keterhubungan. 

Ketika Anda melakukan link ke post Anda lainnya di blog, maka link internal semacam itu akan menaikkan ranking Anda di mesin pencari (search engine), serta akan menaikkan traffic. Selain itu, ketika orang berkunjung ke blog Anda, dan mereka mendapati link dalam posting yang mereka baca, maka mereka akan terus meng-klik link tersebut untuk terus berada di blog Anda.

Tetapi jika mereka tidak mendapati hal lain yang bisa mereka lihat lagi, karena Anda  tidak  menaruh  link  pada  posting  Anda,  maka  pengunjung  pun  akan  segera berlalu dari blog Anda dan tidak akan berlama-lama lagi.

9. Saling Tukar Link dengan Blog Lain

Hal ini sudah umum dilakukan para blogger, dan aktivitas saling tukar link ini memang terbukti dapat meningkatkan traffic blog. Tukar-menukar link bisa dilakukan dengan  sesama  blogger,  dan  link  tersebut  bisa  diletakkan  di  side  bar  (halaman samping), di dalam halaman posting, ataupun lainnya.

Jika  Anda  saling  menukar  link  dengan  blog  yang  memiliki  keterhubungan content  dengan  blog  Anda,  maka  kemungkinannya  akan  sangat  bagus  dalam  hal traffic, karena pengunjung di blog orang tersebut memang membutuhkan content yang serupa dengan content yang disediakan di blog Anda.

Akan lebih bagus lagi jika blog lain yang saling tukar link dengan Anda tersebut adalah  blog  yang  tergolong  terkenal  atau  besar,  memiliki  banyak  pengunjung, sehingga link Anda yang ada di blog tersebut akan cepat mendatangkan pengunjung baru. Tetapi meski tidak begitu pun, saling tukar link dengan blog lain selalu bisa menaikkan traffic. Jika sewaktu-waktu  blog lain itu semakin besar, blog Anda akan semakin mendapatkan limpahan traffic yang juga semakin besar. 

Seperti yang telah dinyatakan di atas, tukar link akan lebih efektif lagi dalam hal mendatangkan traffic jika link Anda ada di blog yang tergolong besar atau terkenal. Karenanya,  Anda  bisa  mengusahakan  hal  ini  dengan  cara  membangun  hubungan dengan blog yang besar tersebut, sehingga blog itu tidak akan keberatan untuk memberikan link ke blog Anda.

Selain itu, pastikan Anda memberikan link terlebih dulu untuk blog mereka, sebelum Anda meminta mereka memberikan link ke blog Anda.

Dengan adanya link di blog lain, Anda tidak hanya akan mendapatkan limpahan traffic, tetapi juga akan menaikkan page rank blog Anda. Karenanya, semakin banyak Anda melakukan tukar link dengan blog lain, maka semakin tinggi pula page rank blog Anda.

10. Jalin Kerjasama dengan Blogger Lain

Meninggalkan  komentar di blog lain dan mendapatkan  link dari blog lain saja tidak cukup. Untuk mendapatkan  limpahan traffic yang cukup besar ke blog Anda, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan membangun kerjasama dengan blog-blog lain, khususnya yang isi blognya berhubungan dengan isi blog Anda.

Ketika  Anda  menemukan  blog  yang  isinya  berhubungan  dengan  blog  Anda, jalinlah hubungan dengan pemilik blog tersebut. Caranya cukup mudah. Anda bisa meninggalkan  komentar di blognya, menanyakan  sesuatu atas isi suatu postingnya, dan kemudian memberikan tanggapan untuknya.

Selain itu, Anda bisa memberikan link ke postingnya ketika Anda menulis post di blog Anda, karena isi posting dari blognya maupun blog Anda memang saling berhubungan.  Dengan cara ini, maka akan terjadi hubungan  dan komunikasi.  Pada akhirnya, blogger lain itu pun akan melakukan hal yang sama, yakni memberikan link untuk posting Anda ketika dia menulis post untuk blognya.

11. Lakukan Link ke Posting Blog Lain

Ini tak jauh beda dengan  yang di atas, hanya saja lebih simpel.  Ketika  Anda menulis sebuah post di blog Anda, dan kemudian Anda memberikan link ke posting di blog lain, maka hal itu akan menciptakan trackback, atau pingback. Dan jika blog lain yang  Anda  link  tersebut  memiliki  trackback  yang  diaktifkan,  maka  Anda  akan menerima sebuah linkback, yang biasanya terdapat di bagian komentar pada posting tempat Anda menaruh link.

Karenanya,  semakin banyak hal tersebut terjadi, maka secara otomatis link ke blog Anda pun akan semakin banyak pula.

12. Buatlah List Posting di Blog Anda

Banyak orang yang menyukai post berisi list atas suatu daftar tertentu. Misalnya ‘Daftar 100 Blog Paling Keren’, atau ‘Daftar 100 Tipe Ponsel Paling Disukai’, dan semacamnya. List dalam posting semacam itu biasanya memiliki link yang terhubung dengan banyak post lainnya, sehingga pengunjung akan tertarik dan penasaran untuk melihatnya.

Selain itu, judul-judul  post semacam itu juga biasanya akan langsung menarik pengunjung   untuk  membacanya,   serta   juga   akan   menjadi   kata   kunci   yang kemungkinan banyak dicari. Blog lain pun biasanya akan tertarik untuk memberi link ke posting-posting semacam itu. Karenanya, Anda bisa membuat post yang berisi list seperti itu, dengan harapan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

13. Tulislah Post tentang Artis dan Selebriti

Berita tentang artis dan selebriti adalah berita yang selalu dicari banyak orang. Mereka selalu ingin tahu bagaimana kabar artis atau selebriti terkenal, khususnya lagi yang  disukainya.  Mereka  mencari  informasi  itu  melalui  berbagai  cara,  termasuk dengan menggunakan search engine atau mesin pencari.

Karenanya, jika Anda rajin menulis post tentang artis dan selebriti di blog Anda, maka kemungkinan besar Anda juga akan sering mendapatkan pengunjung baru. Lalu bagaimana kalau isi blog Anda sama sekali tidak berhubungan dengan artis dan  selebriti?  Tidak  perlu  khawatir.  Anda  masih  bisa  menulis  tentang  artis  dan selebriti, meski isi atau content Anda sama sekali bukan blog gosip. Misalnya, blog Anda membahas tentang buku. Maka Anda bisa menulis tentang buku-buku tertentu yang dibaca oleh artis-artis tertentu.

Di sini, yang paling berperan adalah kreativitas Anda, dan tidak semata-mata isi atau content blog Anda. Berbagai  hal yang berhubungan  dengan artis dan selebriti selalu  bisa  diangkat  dan  ditulis,  entah  acara  perkawinannya,  kelahiran  anaknya, masalah hukum dan keluarga, dan lain-lain.

14. Gunakan Feedburner untuk Subscribe

Jika blog Anda dilengkapi dengan Feedburner, maka pengunjung yang tertarik dapat berlangganan posting Anda dengan cara subscribe atau memesannya lewat RSS untuk mendapatkan berita update blog Anda. Karenanya, jika Anda membuat posting baru atau meng-update  blog Anda, orang-orang  yang telah melakukan  subscibe itu akan mendapatkan pemberitahuan di email, sehingga mereka akan melihat berita atau posting terbaru Anda.

Hal  ini akan  menjaga  para  pengunjung  Anda  untuk  selalu  mengunjungi  blog Anda,  sehingga  mereka  terus  berkunjung  secara  kontinyu.  Semakin  banyak  orang yang  melakukan  subscribe  via RSS,  maka  semakin  tinggi  pula  traffic  blog Anda. Selain  itu,  dengan  adanya  Feedburner  di  blog,  Anda  pun  akan  dapat  memantau sebanyak apa pengunjung blog Anda yang aktif.

15. Tulislah Pilar Post di Blog Anda

Pilar post adalah post yang panjang, dan biasanya merupakan sebuah post yang menjadi inti sebuah blog. Jika Anda membuat pilar post di blog Anda, maka Anda akan dapat merujuk post itu dengan membuat link yang banyak ke post tersebut.

Membuat pilar post memang memerlukan  waktu yang cukup lama, khususnya lagi kalau Anda belum terbiasa menulis. Namun, dengan adanya pilar post ini, maka 
kemungkinan  blog  Anda  mendapatkan  link  akan  sangat  besar,  karena  pilar  post biasanya dijadikan rujukan.

Ciri-ciri pilar post adalah panjang, autoritatif, dan instruksional. Jika Anda telah memiliki pilar post di blog, lakukan link sebanyak-banyaknya  ke post tersebut, dan pastikan   pilar   post   mendapatkan   perhatian   paling   banyak.   Ketika   pilar   post mendapatkan banyak link, maka blog Anda pun akan mendatangkan pengunjung lebih banyak.

16. Manfaatkan Moment Hari Besar

Ketika hari-hari besar tiba, semisal Lebaran, Natal, Tahun Baru, Valentine, dan lain-lain,  maka  orang-orang  biasanya  akan  mencari  info-infonya  atau  berita-berita yang   berhubungan   dengannya.   Nah,   Anda   bisa   memanfaatkan   hal   ini   untuk mendapatkan banyak pengunjung baru ke blog Anda.

Satu bulan sebelum hari besar itu tiba, tulislah tentang hari besar tersebut di blog Anda, sehingga isinya akan terindeks oleh mesin pencari. Nantinya, ketika hari besar itu tiba dan pengunjung internet mencari informasi yang berkaitan dengannya, maka blog Anda akan disuguhkan di mesin pencari, sehingga pengunjung dapat mendatangi blog Anda.

Begitu pula hari-hari besar lain, semisal Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan, Hari Buku Nasional, dan lain-lain.  Semuanya  dapat digunakan untuk menulis post yang berkaitan dengannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan traffic blog Anda.

17. Gunakan Gambar untuk Posting Anda 

Ketika membuat suatu post di blog, alangkah lebih baik jika Anda melengkapi posting  itu  dengan  sebuah  gambar.  Posting  yang  hanya  berupa  tulisan  biasanya kurang menarik. Keberadaan gambar akan dapat menjadikan posting terlihat lebih menawan dan lebih menarik untuk dibaca.

Selain itu, keberadaan gambar dalam posting juga berguna untuk search engine optimization  (SEO), jika ada orang yang mencari gambar di mesin pencari. Hanya saja, lebih baik Anda menggunakan satu gambar untuk satu posting. Terlalu banyak gambar dalam posting malah akan menjadikan posting Anda terlihat semrawut serta akan dapat menyebabkan kesimpangsiuran di search engine.

18. Anjurkan Pembaca Melakukan Digg

Usahakan agar pembaca melakukan Digg atas artikel Anda. Digg adalah sebuah site yang mengumpulkan  vote pada suatu artikel. Dengan kata lain, pembaca akan memberikan pendapatnya, entah suka atau tidak, pada suatu artikel.

Agar  pembaca  dapat  mudah  melakukan  hal itu, tambahkan  saja  tombol  Digg pada bagian bawah semua posting Anda di blog, sehingga pmbaca yang tertarik memberikan pendapatnya akan langsung dapat meng-klik tombol tersebut.

Pastikan  artikel-artikel   terbaik  Anda  mendapatkan   Digg.  Dan  jika  posting tersebut memang cukup baik, maka blog Anda akan mendapatkan banyak pengunjung setiap hari.

19. Dapatkan Plugin ke Social Bookmarking Site

Jika Anda mendapatkan plugin ke berbagai situs social bookmarking, maka Anda bisa menempatkan barisan tombol di bawah setiap post Anda, dan tombol-tombol itu dapat digunakan para pembaca atau pengunjung untuk men-submit artikel tersebut ke berbagai macam situs social bookmarking, semisal Digg, Netscape, Reddit, atau yang lainnya.

Dengan  cara  tersebut,  maka  posting-posting  Anda  akan  ter-submit  ke banyak situs  social  bookmarking,  sehingga  akan  mendatangkan  pengunjung  yang  lebih banyak.

Untuk mengetahui  situs-situs apa saja yang menyediakan  plugin ini, di bagian akhir buku ini telah disediakan daftar 140 alamat situs social bookmarking yang dapat Anda kunjungi.

20. Ciptakan Blog Senyaman Mungkin

Jika kita memasuki sebuah toko, kita pasti akan merasa tidak kerasan atau tidak betah berada lama-lama  di dalamnya jika toko tersebut tidak membuat kita merasa nyaman. Sebaliknya, ketika kita merasa nyaman ketika berada di dalamnya, kita pun jadi merasa betah melihat-lihat barang yang ada di toko tersebut.

Nah,  begitu  pula  dengan  blog.  Ketika  pengunjung  blog  kita  merasa  nyaman ketika mengunjungi blog kita, maka mereka pun akan betah dan berlama-lama di blog kita dengan membuka-buka  posting yang ada. Sebaliknya,  jika pengunjung  merasa tidak nyaman, maka secepatnya mereka akan pergi meninggalkan blog kita. Karenanya,  buatlah  blog yang senyaman  mungkin,  agar pengunjung  blog jadi betah berlama-lama  di blog Anda. Bagaimana  cara agar pengunjung  jadi nyaman? Biasakan  untuk  menulis  kata-kata  yang sopan  dan menyenangkan,  hindari  ucapan kasar atau sarkastis, dan kalau Anda menjawab atau merespon komentar yang masuk, jawablah dengan baik.

Jika kita bisa berkomunikasi  (tertulis)  secara sopan dan menyenangkan,  maka pengunjung pun akan merasa nyaman ketika berada di blog kita, dan mereka akan kembali lagi mengunjungi blog kita.

21. Upayakan untuk Terus Meningkatkan Kualitas

Akan sangat bagus jika dari waktu ke waktu Anda terus berupaya meningkatkan kualitas  posting-posting  Anda  di  blog.  Dengan  peningkatan  kualitas  yang  terus- menerus, pengunjung blog Anda pun akan tahu bahwa blog Anda terus berkembang, khususnya dalam hal posting. Setelah mereka percaya hal itu, maka mereka pun tidak akan meninggalkan blog Anda.

Sebaliknya, jika posting Anda hari demi hari justu makin menurun kualitasnya, maka  pengunjung  akan  menjadi  bosan  meski  perlahan-lahan.   Bahkan  umpama kualitas posting Anda terus stabil (tidak ada peningkatan  kualitas) pengunjung pun bisa jadi bosan dan perlahan-lahan mereka akan mulai meninggalkan serta melupakan blog Anda. 

22. Tulislah tentang Blog atau Blogger Lain

Cara mudah sekaligus efektif yang juga akan mendatangkan traffic ke blog Anda adalah jika Anda menulis posting tentang blog lain, atau tentang blogger lain. Caranya tidak  terlalu  sulit.  Anda  bisa  mencari  blog  mana  yang  Anda  sukai,  misalnya, kemudian menuliskan ulasan Anda mengenai kekaguman Anda pada blog tersebut.

Atau Anda juga bisa mewawancarai blogger yang Anda kagumi, kemudian hasil wawancara itu Anda tuliskan dalam posting di blog Anda.

Nantinya, blogger yang diwawancarai atau yang blognya diulas di blog Anda itu akan berupaya menunjukkannya  kepada para pembacanya  dengan cara memberikan link ke posting Anda. Dari situ, limpahan traffic pun berdatangan ke blog Anda.

23. Buatlah Review atas Suatu Produk

Review  atas suatu  produk  atau layanan  tertentu  biasanya  disukai  orang,  karena review tersebut akan menjadi semacam pertimbangan orang lain dalam menggunakan suatu produk tertentu. Karenanya, salah satu cara untuk meningkatkan traffic di blog adalah  dengan  sering-sering  menulis  review  Anda  terhadap  suatu  produk  tertentu. Karena Anda tidak dibayar untuk menuliskan review ini, maka tentunya Anda bebas mengutarakan pendapat Anda atas produk tersebut.

Akan   lebih   bagus   lagi   kalau   Anda   mereview   produk-produk   yang   sedang digandrungi banyak orang, sehingga tingkat ketertarikan akan lebih besar, yang sama artinya akan meningkatkan traffic blog Anda. 

24. Perhatikan Event yang Berhubungan

Jika  blog  Anda  membahas  tentang  dunia  komputer,  dan  bulan  depan  akan diadakan pameran komputer terbesar di Jakarta, misalnya, Anda bisa memanfaatkan event itu untuk meningkatkan traffic blog Anda.

Caranya, satu bulan sebelum event itu diadakan, tulislah mengenai event itu di blog Anda. Kemudian biarkan search engine mengindeks posting tersebut. Nantinya, ketika event itu muncul pada hari H-nya, dan banyak orang yang mulai mencari informasi mengenai event itu, search engine pun akan mengantarkan mereka ke blog Anda.

Begitu pula kalau blog Anda membahas  tentang dunia fashion, misalnya, atau tentang musik. Perhatikanlah event-event apa yang dalam waktu dekat akan diadakan, kemudian tulislah dan gunakan hal itu untuk menaikkan traffic blog Anda.

25. Jadilah Blogger yang Manusiawi

Mungkin Anda pernah atau sering mendapati blog-blog yang kesannya tidak manusiawi. Kita tahu bahwa blog itu dibuat dan dimiliki oleh manusia, dan posting- postingnya juga ditulis oleh manusia. Tetapi isinya sama sekali tidak manusiawi.

Blog yang tidak manusiawi  itu kadang berupa blog yang terus-menerus  hanya bicara   bisnis, menawarkan   dagangan,   dan   hal-hal   lain   semacamnya, sehingga pengunjung blog pun langsung menyadari bahwa blog ini dibuat dan ditujukan untuk bisnis. Maka mereka pun jadi malas mengunjunginya lagi.

Sebaliknya, ada pula blog yang tidak berbicara bisnis, melainkan membicarakan si pemilik blognya,  tetapi si pemilik blog mengesankan  kalau ia orang yang serba sempurna,  tidak  pernah  bersalah,  tak pernah  gagal,  tak pernah  kecewa,  dan  hebat dalam  segala  hal.  Kita  pun  jadi  malas  mengunjungi  blog  semacam  ini,  karena kesannya sangat tidak manusiawi.

Karenanya,  jika Anda ingin blog Anda dikunjungi  banyak orang, usahakanlah untuk manusiawi. Tunjukkanlah bahwa Anda juga manusia biasa, sama seperti pengunjung blog Anda, sehingga para pengunjung pun jadi merasa menemukan orang yang sama, sehingga merasa nyaman saat mengunjungi blog Anda.

26. Buatlah Post-post yang Lucu

Salah satu resep yang juga akan membuat blog Anda digemari orang adalah jika Anda  mampu  menulis  post-post  yang  lucu,  yang  mampu  membuat  pengunjung tertawa. Sejak   zaman  dahulu,   orang   selalu   menyukai   blog-blog   yang  mampu memberikan  hiburan  semacam  itu. Bahkan,  mereka  pun tidak  segan  mengabarkan pada teman yang lain jika menemukan blog baru yang semacam itu.

Karenanya,  jika Anda mampu menulis post-post yang lucu, maka hampir bisa dipastikan  blog Anda akan mendapatkan  limpahan  banyak pengunjung  baru dalam waktu yang tak terlalu lama. Para pengunjung lama akan tetap setia mengunjungi blog Anda, dan mereka akan menarik para pengunjung baru lainnya. 

27. Manfaatkan Account di Youtube atau Facebook

menarik pengunjung ke blog Anda dengan memanfaatkan account Anda di Youtube atau Facebook. Jika Anda memiliki account di Youtube, Anda dapat memasukkan alamat blog Anda  pada  profile  Anda.  Setelah  itu Anda  dapat  mulai  membuat  video  untuk  di- upload  ke  Youtube.  Nantinya,jika  ada  orang  yang  membuka  profile  Anda,  maka mereka pun akan mendapati alamat blog Anda.

Begitu pula dengan account di Facebook. Pada halaman profile, Anda bisa memasukkan  alamat  blog  Anda,  sehingga  jaringan  Anda  atau  para  pengunjung Facebook yang lain akan dapat menemukan alamat blog Anda untuk kemudian meng- kliknya.

Selain Youtube dan Facebook, Anda tentunya juga bisa memanfaatkan account Anda di tempat lain, semisal Friendster, MySpace, atau yang lainnya.

28. Buatlah Kontes Berhadiah di Blog

Cara ini sering digunakan  untuk mendatangkan  banyak  pengunjung  baru. Jika blog Anda sudah memiliki jumlah pengunjung yang tetap dan relatif banyak, Anda bisa  menggunakan  cara  ini,  dan  dijamin  blog  Anda  akan  mendapatkan  tambahan banyak pengunjung dalam waktu singkat.

Bentuk kontesnya bisa bermacam-macam, dan Anda bisa mengkreasinya sendiri sesuai  dengan  isi  blog  Anda.  Yang  paling  mudah,  sebagai  contoh,  Anda  bisa mengadakan  kontes  berupa  reviu  atas  blog Anda,  yang nantinya  akan dinilai,  dan yang   terbaik   akan   mendapatkan   hadiah.   Di  dalam   reviu   tersebut,   Anda   bisa mengajukan syarat agar setiap reviu menyertakan link ke blog Anda.

Dengan  cara  yang mudah  ini, Anda  akan  langsung  mendapatkan  banyak  link dalam waktu bersamaan di banyak blog sekaligus, sehingga traffic blog Anda akan langsung naik dalam waktu singkat.

Untuk  hal  ini,  yang  perlu  diingat  adalah,  semakin  bagus  hadiah  yang  Anda janjikan, maka biasanya akan semakin banyak peminatnya. 

29. Ciptakan Voting atau Polling

Orang  suka  dengan  hal-hal  yang  berhubungan  dengan  pernyataan  pendapat, meski dalam bentuknya yang sederhana, semisal polling atau voting atas suatu hal. Karenanya, jika Anda menginginkan traffic blog Anda meningkat, Anda bisa menggunakan cara ini.

Buatlah suatu voting atau polling atas sesuatu, dan kemudian biarkan para pengunjung blog Anda memberikan pendapatnya untuk polling itu. Nantinya, mereka akan terus berkunjung ke blog Anda, karena ingin tahu hasil dari polling atau voting tersebut. Dalam hal ini, polling atau voting akan mendatangkan traffic.

30. Bantulah Blogger Pemula

Jika sewaktu-waktu Anda menemukan komentar di blog dari blogger lain yang membutuhkan bantuan Anda atas suatu hal menyangkut blog, jangan segan-segan mengulurkan bantuan Anda, kalau memang Anda mampu. Biasanya, blogger pemula memang  senang  jika  bertanya  pada  blogger  lain  yang  telah  dianggap  senior,  dan mereka pun tidak jarang menanyakan hal-hal menyangkut blog.

Bantulah mereka sebisa Anda. Siapa tahu blogger pemula itu kelak akan menjadi blogger terkenal, dan mereka pun tentunya tidak akan melupakan jasa baik Anda. Jika mereka memiliki blog sendiri, mereka pun pastinya tidak akan segan mencantumkan link ke blog Anda. 

31. Jawablah Pertanyaan dengan Posting

Jika Anda mendapati  suatu pertanyaan,  entah di kolom komentar  atau dikirim melalui email, dan Anda pikir jawabannya bisa panjang, sebaiknya tidak perlu membuang-buang  waktu  untuk  menjawab  pertanyaan  itu secara  langsung.  Berikan saja link yang terhubung dengan sebuah posting di blog Anda, agar si penanya akan dapat langsung membuka dan membacanya.

Kalau ternyata posting yang berisi jawaban atas pertanyaan itu belum ada di blog Anda, maka buatlah posting yang berisi jawaban atas pertanyaan itu. Kemudian tampilkan di blog, dan berikan link-nya kepada si penanya.

32. Buatlah Blog Baru

Jika Anda merasa mampu melakukannya, baik dalam hal waktu maupun kemampuan, Anda bisa membuat blog baru khususnya jika Anda baru memiliki satu buah blog. Dengan adanya blog baru, atau blog lain, maka kedua blog milik Anda tersebut akan dapat saling melakukan link.

Dalam hal ini, yang perlu diingat, blog baru Anda yang lebih kecil, harus sering di-link   oleh   blog  Anda   yang   lebih   besar.   Jika   Anda   bisa   sama-sama   aktif menghidupkan  kedua blog tersebut dengan posting-posting  yang rutin, maka kedua blog tersebut akan saling menghidupkan.  Para pengunjung yang mendatangi blog A akan dikenalkan dengan blog B, dan begitu sebaliknya.

Memiliki lebih dari satu blog adalah salah satu cara yang sangat efektif dalam hal mendatangkan dan memperbanyak pengunjung ke blog Anda. 

33. Kerjakan Search Engine Optimization

Ini  pelajaran  ‘klasik’  dalam  hal  meningkatkan  traffic  blog,  yakni  SEO  alias Search Engine Optimization. Meskipun kita melakukan banyak cara selain SEO untuk dapat meningkatkan traffik blog, namun tetap saja (kalau bisa) kita juga belajar SEO untuk bisa menaikkan ranking blog kita.

Dalam  SEO,  semakin  baik  ranking  blog  Anda  di  search  engine,  maka  akan semakin banyak pula pengunjung atau visitor yang akan datang ke blog Anda. SEO memang secara khusus mengurusi upaya menaikkan ranking di search engine.

34. Tulislah Posting dengan Titel Menarik

Lebih  lengkapnya  lagi,  tulislah  posting  dengan  titel  yang  menarik,  gampang diingat, dan mengandung keyword alias kata kunci.

Posting dengan titel yang menarik serta gampang diingat biasanya akan mendapatkan  traffic  yang  lebih  banyak,  apalagi  jika  mengandung  keyword.  Jika posting Anda memenuhi prasyarat itu, blog Anda akan mendapatkan ranking di search engine.

Dan  jika  seseorang  memberikan  link untuk  artikel  atau  posting  Anda  dengan keywords tersebut, maka Anda akan mendapatkan rangking yang lebih baik, dan akan mendapatkan  traffic lebih banyak dari mesin pencari semisal Google, Yahoo!, atau yang lainnya.

35. Buatlah Blog Theme 

Jika Anda memiliki kemampuan  untuk hal ini, buatlah theme untuk blog, baik untuk Wordpress ataupun blogspot, atau yang lainnya. Di dalam theme yang Anda buat itu, sisipkan link blog Anda di dalamnya. Kemudian sediakan secara gratis untuk digunakan orang lain dalam blog mereka.

Orang  selalu  suka  dengan  hal-hal  semacam  itu.  Jika  theme  yang  Anda  buat terkesan unik dan menarik, orang akan menggunakannya. Dan begitu theme itu digunakan  pada  blog  mereka,  secara  otomatis  terdapat  link  ke  alamat  blog Anda. Semakin  banyak  theme  yang  Anda  buat,  semakin  banyak  orang  yang menggunakannya, semakin banyak pula link yang akan Anda dapatkan.

36. Buatlah Gambar dengan Sisipan Link

Jika Anda merasa membuat theme terasa berat, Anda bisa membuat gambar atau ilustrasi-ilustrasi  yang kemudian  bisa Anda sediakan secara gratis untuk digunakan orang lain di blognya.Pada gambar-gambar  tersebut,  Anda bisa menyisipkan  atau menuliskan link blog Anda.

Jika gambar atau ilustrasi buatan Anda memang bagus, pasti akan banyak orang yang  akan  menggunakannya,   dan  link  blog  Anda  pun  tersebar  kemana-mana. Gambar-gambar  itu  secara  tak langsung  akan  memperkenalkan  blog Anda  kepada orang-orang dalam jangkauan yang tak terbatas.

37. Buatlah Animasi untuk Social Networking 

Selain  membuat  gambar  dan  ilustrasi  untuk  blog,  Anda  juga  bisa  membuat gambar-gambar animasi yang ditujukan untuk penggunaan di situs-situs social networking. Seperti yang Anda tahu, orang-orang yang aktif di Facebook,IG dan YT, selalu menyukai gambar, entah gambar animasi, gambar berkedip, atau yang lainnya.

Anda bisa membuat dan menyediakan gambar-gambar semacam itu untuk digunakan orang-orang di situs-situs social networking, dan Anda bisa menyisipkan alamat  blog  Anda  pada  gambar-gambar  tersebut.  Nantinya,  link  blog  Anda  akan tersebar kemana-mana, menjangkau orang-orang tanpa batasan wilayah.

38. Buat dan Bagikan Award untuk Blogger

Di kalangan blogger banyak sekali aktivitas semacam ini, yaitu pemberian award untuk blogger-blogger yang aktif mengunjungi suatu situs tertentu, atau yang lainnya. Award ini biasanya berupa banner atau gambar tertentu yang nantinya akan dipasang di blog penerimanya.

Nah,  Anda  dapat  menggunakan  banner  semacam  ini untuk  menyebarkan  link blog Anda.  Buatlah  sebuah  award  yang Anda  tujukan  untuk  blogger  tertentu,  dan sisipkan link blog Anda ke dalamnya. Jika award itu kemudian dipasang di blog orang yang menerimanya, maka secara otomatis link Anda akan tercantum di sana. Semakin banyak  blogger  yang menerima  award  dari Anda,  semakin  banyak  pula  link  blog Anda akan tersebar. 

39. Berbagilah Rahasia dengan Pembaca Anda

Jika Anda mau membagikan  rahasia Anda dengan para pembaca,  hampir bisa dipastikan para pembaca blog Anda akan menyukainya.  Rahasia yang dimaksud di sini tentu saja rahasia yang memang layak untuk dibagikan. Misalnya, Anda seorang pengusaha, dan Anda membagikan  rahasia sukses Anda sebagai pengusaha  di blog Anda, maka hal itu pasti akan membuat pengunjung  blog menaruh simpati kepada Anda.

Banyak  orang  yang  menutup-nutupi  rahasia  suksesnya,  dengan  tujuan  tidak tersaingi  orang  lain.  Karenanya,  orang-orang  pasti  langsung  menyukai  Anda  jika Anda mau berbagi rahasia yang baik untuk mereka.

Banyak hal yang bisa dibagikan bagi pembaca Anda, semisal rahasia belajar yang sukses  (khususnya  kalau  Anda  seorang  dosen  atau  mahasiswa  teladan),  rahasia tentang kecantikan, dan lain-lain.

40. Jadilah Unik dan Lain dari yang Lain

Ada semacam kecenderungan umum namun keliru dalam dunia blog. Ketika ada satu blog yang terlihat  ramai atau terkenal  karena  mengangkat  satu tema tertentu, maka ramai-ramai  orang lain akan membuat blog dengan isi atau content semacam itu. Sebenarnya, itu jalan yang keliru, khususnya jika si peniru bukanlah orang yang ahli dalam bidang itu.

Ketika  kita  membuat  blog dengan  content  yang meniru  blog lain yang sudah terkenal, orang-orang akan lebih suka mengunjungi blog yang sudah terkenal daripada mengunjungi  blog  kita  yang  belum  dikenal.  Karenanya,  membuat  blog  dengan mencontoh isi blog terkenal sama saja bunuh diri karena sulit berkembang.

Jauh lebih baik jika Anda menjadi diri sendiri, dengan membuat blog yang benar- benar mewakili diri Anda apa adanya, dengan segala keunikan serta keahlian yang Anda miliki. Percayalah bahwa Anda memiliki suatu hal yang tidak dimiliki orang lain, dan tunjukkan hal itu melalui blog Anda. Semakin unik Anda menampilkan diri Anda, orang akan semakin mudah mengingat Anda.

41. Terus Kembangkan Blog Anda

Selain posting yang makin hari makin berkualitas,  Anda juga perlu mengembangkan  isi  blog  Anda  secara  keseluruhan.  Misalnya,  jika  pada  mulanya Anda  hanya  fokus  membahas  satu  hal  secara  spesifik,  perlahan-lahan  Anda  bisa memulai  merambah  tema-tema  lain  yang  sebelumnya  belum  pernah  Anda  bahas, meski tema itu masih tetap berhubungan dengan isi blog Anda secara keseluruhan.

Para pembaca akan selalu berkunjung ke blog Anda jika mereka melihat bahwa blog Anda terus berkembang dan semakin maju, serta semakin memberikan wawasan. Selain itu, perkembangan  materi di blog juga akan dapat menjadi semacam kejutan menyenangkan  buat  pembaca,  sehingga  mereka  pun  jadi  penasaran  untuk  terus mengikuti blog Anda.

42. Bergabunglah dengan Forum / Komunitas 

Di internet, ada banyak sekali forum atau komunitas tertentu yang berisi orang- orang dengan suatu kecenderungan  yang sama. Jika Anda menemukan  suatu forum atau komunitas yang sesuai dengan isi blog Anda, bergabunglah dengan forum atau komunitas tersebut. Selain dapat menambah kenalan, Anda juga bisa memperkenalkan blog Anda pada mereka.

Di forum-forum semacam itu biasanya para anggotanya dibebaskan untuk memposting  tulisan. Anda bisa membuat posting di sana, dengan menyisipkan  link blog Anda di dalamnya. Nantinya, jika posting Anda dibaca anggota forum tersebut dan tertarik, mereka pun akan mengunjungi blog Anda.

43. Gunakan Link Blog sebagai Signature

Ketika   Anda   menulis,   mengirim   dan   menjawab   email,   Anda   juga   bisa menggunakan link blog Anda sebagai signature. Caranya sangat mudah sekali. Anda tinggal  membubuhkan  alamat  blog  Anda  di  setiap  email  yang  Anda  kirimkan. Nantinya, si penerima email akan melihat alamat blog itu, dan jika dia tertarik maka dia akan tinggal meng-klik untuk mengunjungi blog Anda.

Dalam  hal  ini,  tentu  saja  semakin  sering  Anda  beraktivitas  mengirim  dan menerima email, maka akan semakin sering pula alamat blog Anda terlihat oleh orang lain yang membaca email Anda.

44. Gunakan Nama Domain Sendiri 

Kebanyakan blogger menggunakan hosting gratisan, semisal Blogspot atau Wordpress, sehingga nama URL mereka pun jadi lebih panjang, karena harus mengikutsertakan nama hosting tempat mereka bernaung. Karenanya, jika Anda menginginkan  pengunjung  Anda mudah mengingat  nama domain Anda, khususnya lagi jika Anda mulai menggunakan blog Anda untuk berbisnis, sebaiknya Anda menggunakan nama domain sendiri.

Dengan menggunakan nama domain sendiri, nama serta alamat URL blog Anda akan  lebih  mudah  diingat  orang,  sekaligus  juga  akan  terkesan  lebih  profesional. Dengan begitu, ketika orang ingin kembali ke blog Anda, mereka tidak akan kesasar karena lupa nama blog milik Anda.

45. Jangan Tergoda Bisnis saat Masih Pemula

Jika Anda masih tergolong baru atau pemula dalam aktivitas nge-blog, sebaiknya jangan tergoda dulu dengan tawaran memiliki  bisnis di internet atau menghasilkan uang melalui blog. Seperti yang Anda tahu, banyak sekali cara untuk mendapatkan uang melalui blog dengan cara yang katanya mudah. Tetapi, jika Anda masih pemula, dan  blog  Anda  belum  memiliki  pengunjung  tetap  dalam  jumlah  yang  banyak, sebaiknya tidak usah tergoda dulu dengan hal-hal semacam itu.

Mengapa?  Karena  yang  lebih  penting  untuk  Anda  fokuskan  adalah mendatangkan  pengunjung  terlebih  dulu  sebanyak-banyaknya  ke  blog  Anda.  Jika Anda   langsung   tergiur   dengan  tawaran  menghasilkan   duit   sebagaimana   yang disebutkan  di atas, fokus perhatian  serta waktu Anda  akan habis untuk mengurusi bisnis itu, dan Anda akan melalaikan blog Anda. Akibatnya, blog Anda miskin pengunjung, dan bisnis Anda juga tidak akan jalan.

Sebaiknya, fokuslah dulu membangun blog Anda dengan banyak-banyak menulis post yang baik dan berkualitas, untuk mendatangkan traffic ke blog Anda. Nantinya, ketika pengunjung  blog Anda sudah bagus dalam jumlah, dan Anda sudah merasa nyaman nge-blog dengan jumlah pengunjung  yang stabil, barulah Anda bisa mulai menggunakan blog Anda untuk menghasilkan uang. Pada waktu itu, fokus perhatian Anda tidak akan terpecah, dan Anda akan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

46. Iklankan Blog di Google Adwords

nda juga dapat memasang iklan di Google Adwords.  Dengan  kredibilitasnya  yang  telah  diakui  oleh  para  pengguna  internet, Google akan menyebarkan  informasi mengenai blog Anda dalam bentuk iklan, dan orang-orang yang tertarik akan dapat meng-klik untuk mengunjungi blog Anda.

Banyak  orang  yang  mempercayai  kekuatan  iklan  Google  Adwords,  karena reputasi Google.  Karenanya,  jika Anda tertarik ingin meningkatkan  traffic ke blog Anda, Google Adwords bisa Anda coba. 

47. Jadilah Diri Anda Sendiri

Ini resep paling akhir, namun merupakan resep yang paling penting. Dalam beraktivitas dengan blog, usahakanlah untuk menjadi diri Anda sendiri, dan bukannya menyamar  atau menjadi  orang lain. Internet  memang  tempat yang paling kondusif untuk digunakan menyamar atau menyembunyikan  identitas, karena  orang lain tak akan melihat Anda secara langsung. Tetapi jika itu yang Anda lakukan, maka orang akan   menganggap   blog   Anda   sebagai   ‘main-main’,   karena   Anda   tidak   mau menunjukkan diri.

Jika Anda menjadi diri sendiri dan menunjukkan identitas sebagaimana adanya, orang akan merasa akrab, dan mereka pun tidak akan segan untuk menyapa, meninggalkan komentar, atau berkirim email kepada Anda, untuk kemudian menjalin komunikasi.

48. Tulislah mengenai celebrity. 

Tidak perduli tentang apa blog anda, anda akan dapat cara untuk menyesuaikan dengan topik blog anda tentang celebriti. Sebagai contoh, 6 Lessons Britney Spears Can Teach You About Blogging. Orang akan mencari info tentang celebriti setiap waktu dan menyukai gossip tentang mereka.

Ketika anda mendapatkan sebuah gosip tentang celebriti setelah sesuatu yang terjadi pada celebriti tersebut. Sebagai contoh, misalnya tentang pencukuran rambut mereka, hari ulang tahun anak mereka, perkawinan mereka atau tentang kematian mereka.

49. Tulislah sebuah post pilar. Pilar post tidak hanya merupakan list post. 

Pilar post merupaka inti dari blog anda. Potingan ini biasanya panjang, authoritative, & instructional. Pilar post membutuhkan waktu yang lama untuk menulisnya. Anda harus melink ke pilar post sebanyak mungkin dalam blog anda & pastikan pilar post mendapatkan perhatian terbanyak. Pilar post akan mendapatkan banyak link & mendatangkan banyak traffic.

50. Buat pengunjung blog anda merasa seperti dirumah. 

Jika anda seseorang yang tidak sopan, jangan pernah memberikan apapun kepada pembaca blog anda, jangan menjawab komentar atau email, jangan menolong blogger lain, atau selalu sinis dan tidak membuat para pembaca blog anda merasa seperti dirumah mereka sendiri, maka besar kemungkinan mereka akan berhenti untuk mengunjungi blog anda. Tapi jika anda membuat mereka seperti dirumah sendiri anda akan mendapatkan banyak traffic.

51. Buatlan sebuah serial award/penghargaan.

Luangkan waktu anda untuk membuat sebuah trophy atau banner untuk sebuah award atau penghargaan. Pastikan award itu memiliki tema atau nama, misalnya, “Tropy Penghargaan Untuk Blogger Terbaik”. Lalu linkkan banner tersebut ke 5 blogger lain yang menurut anda terbaik. Buat peraturan bahwa kelima blogger tersebut juga melakukan hal yang sama dengan banner tersebut, link dengan lima blogger lain yang menurut mereka terbaik.

Pastikan di dalam banner tersebut terdapat link anda sebagai pembuat banner. Jika ini berjalan maka akan ada banyak linkback kepada blog anda & anda akan menerima banyak traffic.

52. Tulis sebuah post dengan title yang menarik, gampang diingat & mengandung keyword. 

Postingan dengan title yang menarik & gampang diingat biasanya akan mendapatkan traffic yang lebih banyak, apalagi jika mengandung keyword. Anda akan mendapatkan rangking di search engine, dan jika seseorang melink artikel anda dengan keywords tersebut anda akan mendapatkan rangking yang lebih baik dan akan mendapatkan traffic lebih dari google, yahoo, atau yang lainnya.

53. Jadilah lain dari yang lain. 

Bangunlah citra dan lakukan sesuatu yang berbeda yang orang lain belum pernah melakukannya. Anda akan mendapatkan ucapan terima kasih karena pembaca anda mendapatkan sesuatu yang baru. Nama anda akan diingat dalam waktu yang lama, tapi bukan selamanya. Muncullah dengan konsep baru yang orang lain belum pernah melakukannya.

Baca >  tips blogging dan seo lainnya
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar