Skip to main content

Sejarah dan perkembangan microsoft office

Perangkat Lunak Microsoft Office

 Microsoft Office adalah perangkat lunak (software) yang berisi beberapa aplikasi untuk keperluan perkantoran. Perusahaan Microsoft telah merancang perangkat lunak Microsoft Office untuk dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan Mac Os X. Microsoft Office memiliki dukungan tampilan yang user friendly sehingga memudahkan para pengguna dalam pengoperasian dan memiliki fitur-fitur yang selalu berkembang di setiap versinya.   

perkembangan microsoft office

 Beberapa aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Office meliputi Word (pengolah kata), Access (program pangkalan data relasional), Excel (program lembar bentang), PowerPoint (program presentasi), Sharepoint, Publisher (perangkat lunak penerbitan desktop), dan Outlook (perangkat lunak kolaboratif, sering digunakan bersama Exchange Server) serta aplikasi - aplikasi tambahan yaitu Visio, Project, MapPoint, InfoPath dan OneNote.

Sejarah Microsoft Office

 Pada tahun 1984, Microsoft mengembangkan Sistem Operasi baru bersama IBM dan berhasil meluncurkan sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS yaitu Microsoft Windows. Pada tanggal 26 Februari 1986, Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond dan di tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum. Kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri. Karena kemitraannya dengan IBM, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft dikarenakan adanya kemungkinan kolusi. Masa itu menandakan awal dari satu dasawarsa penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat. 

 Pada tahun 1987, Microsoft mengumumkan peluncuran versi OS/2-nya kepada pembuat peralatan asli (OEM). Pada tahun 1990, perusahaan Microsoft mulai merancang dan menggunakan tiga aplikasi Microsoft Office pada sistem operasi Windows untuk Microsoft Windows 3.0 yaitu Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0, dan Microsoft Excel untuk Windows 2.0. 

 Setelah perangkat lunak Microsoft Office menjadi populer, kemudian pada tahun 1995 perusahaan Microsoft meluncurkan kembali perkembangan aplikasi perkantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi untuk Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup ini dirombak total oleh Microsoft. Perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi komputer pada saat itu.

 Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, perangkat lunak Microsoft Office sendiri juga terus mengalami perkembangan pesat dan semakin terus popular digunakan oleh sebagian besar masyarakat pengguna komputer di seluruh dunia. Perubahan yang cukup signifikan sekali dalam sejarah sistem operasi komputer. 

 Sampai pada tahun 2000-an, perusahaan Microsoft sudah meluncurkan beberapa perkembangan versi dari perangkat lunak Microsoft Office dan sampai saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menggunakan Microsoft Office sebagai aplikasi andalan. Beberapa versi Microsoft Office yang sering digunakan untuk saat ini antara lain Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013 dan Microsoft Office 2016.

microsoft office

Perangkat lunak Microsoft Office milik Microsoft ini berkembang begitu pesat dan dalam proses perkembangannya, para ahli yang dalam bidangnya akan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitasnya. Adapun perkembangan Microsoft Office sejak awal dirilis sebagai berikut :

1. Microsoft Office 3.0

  Microsoft Office ini dirilis pada Agustus 1992, berisi Word 2.0, Excel 4.0, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini merupakan versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.

2. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2

  Untuk beberapa Microsoft Office versi ini berisi Word 6.0, Excel 4.0, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Untuk Word 6.0 sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5. Kemudian untuk Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh.

3. Microsoft Office 4.3

  Microsoft Office 4.3 adalah salah satu Microsoft Office milik Microsoft yang merupakan seri terakhir 16-bit dan seri terakhir juga untuk mendukung Windows 3.X, Windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5.

4. Microsoft Office 95

  Microsoft Office 95 adalah versi Microsoft Office yang dirilis pada Agustus 1995. Nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket. Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit dan sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Microsoft Office 95 tersedia dalam dua macam edisi yaitu Microsoft Office 95 Standard dan Microsoft Office 95 Professional.

  Untuk edisi standard terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, PowerPoint 7.0, dan Schedule 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Untuk edisi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM juga termasuk Bookshelf.

5. Microsoft Office 97

  Microsoft Office 97 adalah versi yang dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, ini merupakan sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Microsoft Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.

6. Microsoft Office 2000

  Microsoft Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95 dan pada versi ini tidak ada Product Activation. Pada versi ini juga banyak opsi – opsi yang disembunyikan. opsi yang disembunyikan tersebut tentu saja bersifat penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam.

  Namun Jika ingin digunakan, opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya opsi ini adalah Macro. Opsi-opsi banyak disembunyikan pada Microsoft Office 2000 karena alasan keamanan, yaitu dapat menyebabkan tersebarnya virus macro.

7. Microsoft Office XP (2002)

  Microsoft Office XP adalah versi yang dirilis pada tahun 2002 bersamaan dengan Windows XP. Program Microsoft Office XP ini merupakan sebuah upgrade yang besar dengan berbagai macam perangkat fitur tambahan dan perubahan atas Microsoft Office 2000. Microsoft Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal.

  Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi, memperbaiki dan memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Microsoft Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk dan tidak diprogram. Tag kustom pintar bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel. 

  Microsoft Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama yang membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan yang menarik kontroversi luas.

8. Microsoft Office 2003

  Microsoft Office 2003 adalah versi aplikasi Microsoft Office yang dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru serta dua aplikasi baru yaitu Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan.

  Microsoft Office 2003 ini merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.

9. Microsoft Office 2007

  Microsoft Office 2007 adalah versi Microsoft Office selanjutnya yang dirilis pada tahun 2007 dengan fitur terbaru yaitu grafis antarmuka pengguna atau disebut dengan Fluent User Interface. Menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Office sejak awal. Menggunakan toolbar tab yang dikenal sebagai Pita dengan format file berbasis XML yang disebut Open Office XML. Masuknya Groove dan juga aplikasi perangkat lunak kolaboratif.

10. Microsoft Office 2010

  Microsoft Office 2010 adalah versi Microsoft Office yang diselesaikan pada tanggal 15 April 2010 dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Microsoft Office 2010 sendiri diberi nomor versi 14.0 untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. 

  Fitur utama dari Microsoft Office 2010 termasuk menu file, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan dan panel navigasi. Untuk logo Microsoft Office 2010 mirip dengan logo Microsoft Office 2007 dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.

11. Microsoft Office 2013

  Microsoft Office 2013 adalah aplikasi Microsoft yang mampu digunakan di perangkat mobile, komputer awan, dan sosial media. Perangkat lunak ini merupakan aplikasi produktivitas terpopuler di dunia dengan miliyaran pengguna dan Microsoft Office 2013 ini sepenuhnya dioperasikan dengan layar sentuh. Sama halnya dengan salah satu operasi sistem milik Microsoft yaitu Windows 8.

12. Microsoft Office 2016

  Microsoft Office 2016 adalah aplikasi Microsoft yang dirilis pada tanggal 22 September 2015. Perangkat lunak ini difokuskan pada perangkat mobile dan layanan komputasi awan cloud atau disebut dengan mobile first cloud first. Fitur utama perangkat ini yaitu fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk mengedit satu pekerjaan dalam satu waktu namun di tempat yang berbeda secara real-time dan juga dilengkapi dengan layanan Skype For Business.

13. Microsoft Office 2019

  Microsoft Office 2019 adalah versi teranyar yang akan dirilis oleh Microsoft pada tahun 2018. Microsoft Office 2019 akan hadir dengan deretan aplikasi seperti biasanya meliputi Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Exhange, SharePoint, dan Skype for Business. 

  Para pengguna Microsoft Office 2019 akan diberikan opsi untuk tidak menyimpan data dan aplikasinya di dalam cloud. Microsoft Office 2019 akan hadir dengan lebih banyak fitur baru dan pembaruan server untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan keamanan. Adapun fitur lain yang hadir di Excel seperti pembaruan formula dan chart, sedangkan PowerPoint akan menghadirkan sejumlah animasi terbaru.

  Semua aplikasi Microsoft Office 2019 dilengkapi dengan kemampuan layar sentuh yang lebih responsif khusus untuk versi perangkat mobile, seperti sensitivitas tekanan, ink replay dan efek tilt. Masih banyak lagi yang belum dibeberkan oleh Microsoft terkait fitur teranyar Microsoft Office 2019.

Thanks to galih sanjou  

Comments