Skip to main content

Penyebab situs baru sulit bersaing digoogle

GOOGLE SANDBOX : APAKAH GOOGLE MEMBENCI SITUS BARU ?


Alasan situs baru memiliki peringkat rendah

Selamat Datang di Blog Orang IT . Kebanyakan ecourse yang mengajari bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog menggunakan beberapa metode dalam pemilihan domain nya , pertama untuk teknik paid traffik biasanya tidak terlalu memperdulikan kualitas domain termasuk url domain ( biasanya menggunakan domain baru dengan nama yang dimiripkan dengan merek ternama  ) karena fokus lalu lintas nya bersumber dari kampanye iklan dibandingkan search engine mereka lebih fokus untuk membuat konten yang memiliki potensi viral guna menarik perhatian pengunjung

Berbeda dengan teknik SEO yang katanya mengajarkan jumlah konten sedikit namun penghasilan adsensenya maksimal , mereka biasanya merekomendasikan penggunaan expired domain ( domain yang sudah mati karena tidak diperpanjang atau disuspend namun tersedia kembali untuk didaftarkan  ) mengapa tidak menggunakan fresh domain ? jawaban nya sudah jelas karena expired domain sudah memiliki otoritas sebelumnya digoogle sementara fresh domain harus dibangun dari dasar

Disini muncul pertanyaan lain apakah google membenci situs dengan alamat domain baru ? mengapa situs baru seperti dianak tirikan dari hasil pencarian google ? mengapa konten susah diranking meski artikelnya berkualitas ? mengapa suntikan sedikit backlink langsung membuat turun SERP sampai deindex ? apakah situs baru memang susah dikembangkan ?

Jawaban nya : Mungkin saja


Mengapa demikian ? mari kita bahas secara bertahap

Anda pernah mendengar istilah google sandbox ? google sandbox diartikan sebagai  hukuman bagi sebuah website yang mencegah website tersebut mendapatkan peringkat teratas dihasil pencarian google . Untuk website baru lebih tepatnya bukan menghukum tapi masih dalam masa percobaan . Bahkan jika situs anda benar-benar berkualitas dalam segala hal , anda tidak akan merasa dihargai sepenuhnya oleh google

Google sandbox memang belum secara resmi dikonfirmasi oleh google , ini adalah istilah yang beredar dikalangan SEO webmaster untuk menyebut hukuman lain dari google seperti peletakan sebuah bendera yang menekan keterlihatan website dihasil pencarian

Seperti namanya google sandbox atau kotak pasir , diartikan seperti ini karena mereka melihat efek dimana sebuah website seperti tenggelam meskipun sudah dioptimasi secara maksimal

Bagaimana SEO setelah era core update ? apakah google sandbox masih ada ditahun 2018 ? bagaimana cara membantu situs kesayangan anda melewati masa percobaan sandbox ?

Untuk menjawab pertanyaan ini saya akan menyebutkan tanggapan dari para praktisi terkenal mengenai google sandbox , berdasarkan pengalaman mereka dengan situs baru

Terima kasih banyak untuk narasumber ini:

- Bill Sebald, pemilik agensi pemasaran digital Greenlane

- Edward Sturm, Direktur Pemasaran @ World of Ether, sebelumnya spesialis SEO di iProspect

- Eric Sachs, pakar SEO dan CEO Sachs Marketing Group

- Andy Crestodina, salah satu pendiri Orbit Media (Andy sangat tertarik dengan topik ini. Dia telah mengerjakan 1000+ proyek situs web lebih dari 18 tahun dan memiliki banyak hal untuk dibagikan).

Sejarah singkat google sandbox

Kembali pada tahun 2014, webmaster dan profesional SEO menyadari bahwa situs web mereka yang baru diluncurkan tidak memiliki peringkat yang baik di Google selama beberapa bulan pertama, meskipun upaya SEO sudah mereka lakukan.

Situs web baru telah di indeks oleh Google, tetapi mereka tidak mendapati peringkat bahkan untuk kata kunci dan frasa persaingan yang relatif rendah. Tapi situs mereka mendapatkan peringkat baik di search engine lain, seperti Bing dan Yahoo.

Efek "sandbox" ini terjadi selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung kondisi bagaimana anda bisa membuat google percaya dengan situs anda.

Perlu di ingat bahwa Google ingin menyajikan konten yang relevans dan berkualitas tinggi kepada penggunanya dan mungkin tidak mempercayai situs web baru, ( alasan yang cukup masuk akal )
Rand Fishkin, misalnya, percaya bahwa SEOmoz telah di-sandbox selama 9 bulan, meskipun memiliki profil backlink yang sangat alami.

SEOmoz akhirnya bebas sandbox untuk pertama kalinya sejak kami pindah ke domain ini 9 bulan yang lalu. Kami juga tidak sendirian. Banyak orang yang memiliki situs yang melarikan diri, dan saya senang untuk semuanya. Sepertinya 12.000+ tautan alami kami (tidak pernah terhubung dengan tautan untuk situs ini, hanya tautan-umpan) akhirnya terbayar.

Rand Fishkin, Co-founder Moz
Bahkan ada sebuah teori yang mengatakan bahwa Google sandbox mendorong orang untuk menghabiskan uang di PPC ( kampanye iklan ) pada situs barunya

Pada tahun 2014 google sandbox telah menjadi perbincangan yang cukup ramai dibeberapa forum diskusi SEO seperti blackhatSEO dan forum lain nya . Digrub lokal pun demikian, banyak orang menyalahkan google sandbox karena websitenya sulit diranking digoogle

Apakah ada periode google sandbox ditahun 2018 ? bagaimana tanggapan SEO expert ?

Saya dan anda pasti sering melihat beberapa webmaster memamerkan peringkat situs meskipun website mereka baru berumur kurang dari 3 bulan , dimata newbie hal seperti itu terlihat hebat dan pintar . 

Dimata SEO berpengalaman yang sudah bergelut dengan ratusan website baru hanya untuk melakukan case study mereka percaya adanya suatu hal yang menghalangi peringkat situs baru , apakah benar itu sandbox periode percobaan ?

Kita tau menurut data site explorer ada sekitar 1.8 juta website baru bermunculan setiap 24 jam dan jumlah yang sama untuk index halaman setiap menitnya artinya ada milyaran halaman baru terindeks dalam database google setiap . Berdasarkan penelitian ahrefs hanya 0.3% saja situs yang sukses mendapatkan visitor organik sisanya gagal disearch engine

situs baru sulit bersaing

Oleh karena itu di tahun 2019 ini SEO bukanlah segalanya , branding juga penting untuk meningkatkan lalu lintas visitor salah satunya dengan paid traffic

Dalam hal mencari penghasilan online semua itu dikembalikan kepada sipemilik situs , mau mengambil metode yang seperti apa , membuat blog yang ramai visitor kah atau visitor cukup sedikit yang penting HPK nya tinggi

Mari kita ajukan 2 pertanyaan kepada para expert SEO :

1. Dalam pekerjaan Anda, apakah Anda merasakan dampak Google Sandbox (atau apa pun yang mirip dengan itu) di situs web baru?

2. Berapa lama biasanya untuk keluar dari kotak pasir?

Answer :

1. Saya tidak pernah berpikir itu adalah spesifik "menemukan situs baru; mari kita menekannya sampai kita tahu itu bukan filter jenis “situs oleh-oleh-malam”. Tapi ya, situs baru, baik itu start-up atau microsite untuk domain yang sudah mapan, berjuang untuk mendapatkan visibilitas sampai itu membuktikan pentingnya Google.

2. Jika keluar dari kotak pasir berarti memberi peringkat pada halaman pertama, jawabannya tergantung pada waktu yang dimasukkan ke dalam meningkatkan sinyal vs daya saing situs yang ada. Bisa jadi hari, bulan, atau tahun. Anda mendapatkan apa yang Anda masukkan. Tetapi jika keluar dari kotak pasir berarti mendapatkan indeksasi, itu tidak boleh lebih dari beberapa hari (kecuali ada sesuatu yang salah).

Bill Sebald, Owner Greenlane

1. Meskipun saya setuju tidak ada Sandbox, tentu ada algoritma mirip kotak pasir untuk memastikan hanya kualitas dan / atau webmaster khusus yang diberikan cakupan SERP yang mereka butuhkan.

2. Saya percaya pada "aturan 13 bulan" untuk situs baru yang tidak menerima banyak sebutan. Untuk situs ini, setelah algos melihat bahwa situs tersebut sudah ada lebih dari 1 tahun (webmaster yang tidak berdedikasi tidak akan membayar biaya hosting setelah 1 tahun), hasilnya cenderung meningkat.
Edward Sturm, Director of Marketing World of Ether

1. Ya tentu saja. Saya sepenuhnya percaya bahwa semua domain baru mengalami "periode pembuktian" sebelum mereka memiliki bidikan pada keterlihatan organik di SERPS Google.

2. Itu tergantung pada banyak faktor yang berbeda. Ini jelas tidak bisa menjadi pendekatan "atur dan lupakan". Semakin banyak pengembangan yang dilakukan (konten, tautan, konten, direktori, Search Console, konten, sinyal sosial, konten, direktori lokal, konten, kutipan lokal, dll.) Semakin baik. Sebagai aturan umum, saya akan mengambil risiko dan mengatakan 4–6 minggu.

Eric Sachs, CEO Sachs Marketing Group

1. Cara kerja pencarian, domain baru memiliki kerugian besar. Mereka tidak memiliki Peringkat Domain yang cukup tinggi untuk bersaing dalam banyak hal. Mereka mungkin diindeks dan diberi peringkat untuk merek tersebut, tetapi itu tentang hal itu pada awalnya.

Sama seperti bayi yang baru lahir bukan seseorang yang Anda ikuti saran, situs web baru bukanlah sesuatu yang dianggap Google kredibel, bahkan jika tidak ada "kotak pasir" yang sebenarnya yang dibangun ke dalam algoritme.

2. Situs web baru mudah diindeks tetapi sulit untuk diberi peringkat. Kita semua harus menetapkan harapan kita dengan hati-hati.

Crawled:  Siapkan Alat Webmaster dan "Ambil" dan Anda seharusnya dirayapi dalam beberapa jam

Indexed: Cari URL Anda di Google dan Anda akan melihat diri Anda muncul dalam indeks dalam satu atau dua hari

Ranking for the Brand: Kecuali nama merek Anda umum untuk banyak bisnis lain, Anda harus melihat peringkat situs Anda untuk keyphrase bermerek dalam seminggu atau lebih

Ranking for ultra-low competition: Terutama jika mereka adalah judul dan header untuk halaman rinci yang bagus, ini harus mulai bekerja dalam waktu satu bulan

Ranking for high-competition, high-volume phrases: Jika Anda bekerja keras dan bekerja cerdas, Anda akan sampai di sana hanya dalam waktu 3-5 tahun. Jangan menyerah! Itu sepadan.

Andy Crestodina, Co-founder Orbit Media

Mengapa Teori Sandbox yang digunakan untuk menjelaskan peringkat situs baru ?

Jawabannya sederhana:

Algoritma google menahan situs web baru dari peringkat terbaik guna memberikan waktu lebih banyak bagi google untuk mengevaluasi kualitas situs web dan menghindari web jenis spam

Situs web baru yang berumur seminggu mampu mendapatkan peringkat terbaik untuk kata kunci yang cukup kompetitif padahal web lama yang sudah diberikan peringkat dihalaman itu selama bertahun-tahun mengalami pergeseran peringkat , cukup menarikkan untuk dicermati ?

Selain itu para expert SEO masih percaya bahwa backlink merupakan salah satu faktor terpenting dari 205+ faktor yang digunakan google untuk mengevaluasi peringkat , situs baru tidak memiliki backlink profile yang cukup untuk bersaing dengan situs lama yang sudah cukup mapan dengan backlink berkualitasnya

Selain itu, banyak praktisi SEO sangat percaya bahwa Google mempertimbangkan perilaku pengguna dalam algoritma peringkat mereka melalui rasio klik-tayang, waktu tinggal, dan metrik lainnya, yang dapat mereka kumpulkan dan analisis secara potensial.

Jadi webmaster tidak hanya berfokus pada satu hal saja , tapi mereka juga berfokus pada banyak hal , misalnya ketika peringkat situs bagus karena dorongan backlink berkualitas namun interaksi pengunjung cukup singkat sudah cukup memberikan signal pada google bahwa halaman tersebut tidak relevans

Begitu pula jika waktu kunjungan lama hasil paid traffic ( traffic exchange biasanya ) namun berasal dari user agen yang mencurigakan ( trafik robot ) mungkin google juga menyadari praktek semacam ini

Yang terakhir untuk menggambarkan peringkat terbaik yang didapat oleh website baru mungkin disebabkan oleh efek honeymoon

Baca juga : Pengertian google honeymoon
Terlihat bahwa Google dapat membuat peringkat konten baru yang lebih tinggi dalam hasil pencarian untuk waktu yang singkat untuk memahami jika itu memenuhi kebutuhan pengguna dengan melihat perilaku pengunjung.

Secara nyata kita melihat bahwa bagian konten taratas dari hasil result biasanya ditempati oleh fresh konten dan dibawahnya ada website dengan otoritas bagus , sisanya hanya konten buatan lama

Inilah jawaban John Mueller atas pertanyaan tentang efek kotak pasir dari Hangout Webmaster baru-baru ini, diberikan pada 23 Februari 2018.
Sehubungan dengan kotak pasir, kami tidak benar-benar memiliki kotak pasir tradisional yang biasanya digunakan oleh banyak SEO di tahun-tahun sebelumnya. Kami memiliki sejumlah algoritme yang mungkin terlihat serupa, tetapi pada dasarnya ini hanyalah algoritme yang mencoba memahami cara situs web cocok dengan situs web lainnya yang mencoba memberi peringkat untuk kueri tersebut. [...] Selalu sulit pada awalnya ketika kami memiliki situs web baru dan kami tidak tahu di mana kami harus meletakkannya.

John Mueller, Analis Tren Webmaster di Google
Adapun pentingnya usia domain untuk peringkat, inilah yang dikatakan Matt Cutts pada 2010.
Jawaban saya adalah jangan terlalu khawatir. Perbedaan antara domain yang berusia enam bulan versus satu tahun benar-benar tidak sebesar itu. Jadi, selama Anda sudah ada selama setidaknya beberapa bulan, Anda harus dapat memastikan bahwa Anda dapat muncul di hasil penelusuran.

Matt Cutts, Mantan Kepala Webspam Google

Apa yang menghalangi situs web baru dari peringkat?

Keahlian, Kekuasaan, dan Kepercayaan (E-A-T) suatu situs web adalah salah satu karakteristik kualitas yang paling penting untuk Google. Di atas itu, ada backlink dan banyak faktor lainnya. Sangat tidak mungkin bahwa situs web baru dapat memperoleh kepercayaan Google hanya dalam waktu satu atau tiga bulan.

Berikut ini daftar faktor yang mungkin mencegah situs web baru dari peringkat terbaik :


1. Kekurangan konten

Google mungkin tidak melihat cukup halaman di situs web Anda untuk memahami relevansi topiknya. Mereka mungkin membutuhkan lebih banyak data untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan situs web Anda dan apa kata kunci (topik) miliknya.


2. Kurangnya sinyal pengguna

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, banyak pakar SEO yakin bahwa RKPT, rasio pentalan, dan waktu tinggal adalah salah satu faktor peringkat. Hingga Google memproses lebih banyak data perilaku untuk situs web Anda dan membandingkannya dengan situs lain


3. Kurangnya backlink berkualitas

Tautan balik (berasal dari dalam konten dan RankBrain) adalah salah satu dari 3 faktor peringkat teratas untuk Google.  Mengapa Google memberi peringkat di atas situs lain dengan backlink yang kuat?

Anda dapat bekerja membuat beberapa tautan balik hanya dalam satu bulan, tetapi jika tidak berkualitas tinggi, Google akan mengabaikannya. Dalam kebanyakan kasus justru tautan link buruk merusak reputasi SEO secara keseluruhan
Jika saya mau tinggal merunning GSA backlink semalaman untuk mendapatkan 1 juta tautan link dari berbagai sumber dan berkriteria baik 30+ dengan mengabaikan relevansi konten , namun percepatan pertumbuhan backlink membuat website anda mendapatkan hukuman pinalti



4. Industri dan jumlah persaingan

Ini adalah pertanyaan lain bagi para pakar SEO:

Apakah tingkat persaingan, jenis konten mempengaruhi peringkat ?

Benar. Google menempatkan berbagai vertikal dan industri dengan sinyal yang berbeda. Ini bukan jenis algoritma peringkat "satu-ukuran-cocok-semua". Ini berdasarkan desain.

Bill Sebald, Pemilik Greenlane

Efek seperti kotak pasir ini, bagaimanapun, jelas berbeda di berbagai vertikal. Situs web medis dan hukum, misalnya, cenderung membutuhkan lebih banyak waktu dan backlink berkualitas untuk mendapatkan SERP traksi. Ini masuk akal ketika Anda mempertimbangkan bahwa informasi di situs web ini memiliki kekuatan besar atas kehidupan para pencari; konten mereka harus dianggap serius.

Edward Sturm, Direktur Pemasaran Dunia Eter
Selalu, ya. Dan saya akan menambahkan geografi ke daftar ini. Berikut cara memahami ceruk dan lingkungan dalam penelusuran:

“Setiap keyphrase adalah kompetisi dan setiap halaman adalah pesaing”

Jadi beberapa frasa berada dalam satu set kompetitif di mana ada banyak persaingan. Ini mungkin merupakan topik kecil atau serangkaian frase dengan halaman yang relevan jauh lebih sedikit ("tip kesehatan bayi") ... atau di tempat yang sangat spesifik ("klinik hewan peliharaan eksotis di Wichita Kansas") ... atau frasa yang menarik sepenuhnya set fitur SERP yang berbeda

Anda mungkin mendapat peringkat hampir seketika dan selama bertahun-tahun tergantung pada faktor-faktor ini: topik yang lebih sempit, ceruk yang lebih kecil, bisnis di area tersebut, format konten yang lebih sedikit, dll.

Andy Crestodina, Co-founder Orbit Media

Bagaimana Cara Menghindari dan keluar dari Periode Sandbox ?

Dan pertanyaan terakhir untuk para ahli adalah:
 
Dapatkah Anda menghindari "masa tunggu" ini dengan konten yang luar biasa dan pembuatan tautan white-hat berkualitas?

Answer :

Menurut pengalaman saya, ya. Lihatlah Sparktoro.com sebagai contoh.

Bill Sebald, Pemilik Greenlane

Mari kita benar-benar melihat Sparktoro, oke?

Berikut screenshot dari Ahrefs Site Explorer yang menunjukkan profil backlink-nya:



Ahrefs Site Explorer



Dan inilah jumlah kata kunci organik, dan lalu lintas pencarian:



Ahrefs Site Explorerc

Terlihat sangat mengesankan!

Tetapi pada tampilan yang lebih dekat, Sparktoro tidak memberi peringkat untuk kata kunci bervolume tinggi dalam 10 teratas (tidak termasuk kata kunci merek).



Ahrefs Site Explorercc

Akhirnya, saya tahu bahwa ada kemungkinan untuk menghindari efek kotak pasir ini. Jika situs bahkan menjadi viral dan mendapatkan beberapa ratus hingga beberapa ribu kunjungan unik setiap hari, beberapa media sosial menyebutkan setiap hari, dan tautan balik nyata, situs tersebut akan segera dianggap serius oleh algoritme Google. Saya telah melihat ini terjadi dua kali sejauh ini dengan situs web baru, akhirnya peringkat # 1 untuk kata kunci teratas mereka.

Edward Sturm, Direktur Pemasaran Dunia Eter

Saya tidak percaya Anda dapat sepenuhnya menghindarinya tetapi saya yakin Anda BISA mempercepat proses (lihat jawaban saya sebelumnya tentang durasi kotak pasir)

Eric Sachs, CEO Sachs Marketing Group
Bahkan, meluncurkan merek baru dan situs web baru adalah peluang untuk melakukan PR dan membangun tautan yang hebat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat terjadi pada "Hari Peluncuran" untuk memicu tautan, berbagi, berlangganan, dan peluang peringkat yang lebih cepat ...

- Publikasikan satu set artikel di blog terkait.
- Wawancara influencer yang relevan dan buat posting pertama di blog Anda.
- Minta teman-teman dengan program pemasaran email untuk menambahkan situs Anda ke bagian bawah email mereka minggu itu dalam "kampanye PS"
- Menyelenggarakan acara dan mengundang pemberi pengaruh lokal untuk menonton video media sosial langsung singkat.
- Publikasikan bagian baru dari penelitian asli di situs baru, lalu hubungi podcasters untuk menanyakan apakah mereka ingin Anda membicarakannya di acara mereka.
- Buat donasi pro bono untuk nirlaba yang mulai menerima aplikasi hari itu. Biarkan media tahu.

Kumpulan kiat terakhir pada daftar periksa peluncuran situs web kami mencakup beberapa gagasan lain. Ada sejuta cara untuk mengubah kelahiran situs web baru Anda menjadi sedikit berita, perhatian, tautan, dan lalu lintas.

Andy Crestodina, Co-founder Orbit Media

Penutup

Postingan ini memiliki pendapat ahli dari Bill Sebald, Edward Sturm, Eric Sachs, dan Andy Crestodina. Ini menyoroti pengambilan Google pada situs web baru. Tetapi apa yang benar-benar kurang adalah pengalaman pembaca kami dengan situs web baru.

Akan sangat luar biasa jika Anda dapat berbagi pemikiran dan pengalaman Anda dengan google sandbox di komentar di bawah ini!
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar