Skip to main content

Cara menghapus virus .dotmap ransomware dengan mudah


Apa itu ransomware .dotmap ? Apa itu file .dotmap ? Bagaimana cara menghapus ransomware .dotmap ? Bagaimana cara mencoba dan mengembalikan file yang berubah menjadi .dotmap?

.dotmap ransomware virus adalah jenis ransomware, yang tujuan utamanya adalah untuk menyerang komputer dan mengenkripsi file Anda, sehingga Anda tidak bisa lagi membukanya.

Tujuan utama ransomware adalah membuat pengguna membayar uang tebusan untuk mendapatkan filenya kembali, meski cara ini tidak direkomendasikan. Jika komputer Anda telah terinfeksi oleh virus ransomware .dotmap ini, maka saya sarankan Anda membaca artikel ini.

Analisis ransomware .dotmap :

Nama : .dotmap Ransomware

Jenis : Ransomware, Cryptovirus

Deskripsi Singkat : Bertujuan untuk mengenkripsi file di komputer Anda dan memeras Anda agar membayar tebusan untuk dapat membukanya kembali.

Gejala : Fileyang dienkripsi, memiliki ekstensi file .dotmap . Notifikasi permintaan tebusan akan muncul.

Metode Penyebaran : Email Spam, Lampiran Email, File yang dapat dieksekusi

Alat Pemulihan Data : Pemulihan Data Windows melalui Stellar Phoenix

Notice! Produk ini memindai sektor drive Anda untuk memulihkan file yang hilang dan mungkin tidak memulihkan 100% file yang dienkripsi, tetapi hanya beberapa di antaranya, tergantung pada situasinya dan apakah Anda telah memformat ulang drive Anda atau tidak.

Mulai menyebar pada Mei 2019

Kabar baiknya bagi semua korban ransomware STOP .dotmap adalah peneliti keamanan Michael Gillespie memecahkan kode varian ini dan merilis versi terbaru untuk mendeskripsi ransomware STOP-nya.

Jadi apabila Anda ingin menghapus semua file dan objek berbahaya dari sistem yang terinfeksi, Anda dapat mengikuti panduan pemulihan data yang saya rekomendasikan di mana Anda nantinya dapat menemukan tautan unduhan untuk alat dekripsi .dotmap gratis dan belajar bagaimana melanjutkan proses dekripsi.

Dekripsi File yang Dienkripsi oleh STOP Ransomware

Perlu di ingat bahwa alat ini dirancang untuk mendukung ID luring spesifik, sehingga mungkin tidak efektif untuk semua file yang telah ter-infeksi varian .dotmap ransomware.



Link download stop decrypter :
https://download.bleepingcomputer.com/demonslay335/STOPDecrypter.zip

Mendukung OFFLINE ID:

6se9RaIxXF9m70zWmx7nL3bVRp691w4SNY8UCir0
Ekstensi :. shadow

QP5YonPPBgUP0qNuS7DV82bMzke5YFYqXbRlobt1
Ekstensi :. fordan

PTWLJBvUTDlF6G52Fs8Fmm7egqpfWrghp1m2Bot1
Ekstensi :. codnat

BvxonHH8kgX9meHfJweaV5ONlpO6f7IRCff0XXt1
Ekstensi :. dotmap

Bagaimana Saya bisa terinfeksi ransomware .dotmap ?

Metode utama di mana Anda terinfeksi oleh ransomware .dotmap kemungkinan disebabkan saat komputer mengunduhan file dari situs web, di mana file tersebut bisa saja berpura-pura menjadi file , seperti:

- Software , crack , keygen
- Program yang portabel.
- Add program
- Program repair

Cara lain yang mungkin menyebabkan Anda terinfeksi virus .dotmap ransomware adalah ketika mengunduh file lampiran dari email yang dikirim oleh seseorang yang berisikan virus. Email semacam itu dibuat seolah-olah file yang dikirim adalah dokumen penting, seperti faktur, kwitansi atau file serupa lainnya dari jenis ini.

Ketika virus .docmap menginfeksi komputer Anda, ransomware akan segera menjalankan aktivitas berbahaya berikut:

- Mengubah user Anda.

- Membuat file log

- Mendapatkan informasi sistem dari komputer Anda.

- Memastikan bahwa komputer belum pernah terinfeksi ransomware.dotmap sebelumnya

- Mengambil alih hak akses sebagai administrator.

- Kemudian, virus dapat mulai mengenkripsi file. Enkripsi dapat dilakukan melalui algoritma enkripsi AES-256. File yang dienkripsi mungkin dari berbagai jenis file berikut:
  • Dokumen
  • Video.
  • Gambar.
  • Arsip.
  • File drive virtual.
  • Jenis file database.
  • Jenis file lain yang sering digunakan.
Setelah ter-enkripsi, ransomware .dotmap dapat mengubah ekstensi file berikut ke file .dotmap yang dienkripsi:

Cara menghapus virus .dotmap

Yang menarik adalah virus ransomware melewatkan enkripsi file dalam folder Windows penting, sehingga Anda masih dapat menggunakan komputer Anda.

Membayar untuk mendapatkan tools deskripsi tidak disarankan, karena Anda tidak bisa mempercayai penjahat cyber untuk mengembalikan file Anda dan dengan membayar sejumlah uang, tidak ada jaminan untuk mendapatkan file Anda kembali.

Hapus .dotmap Ransomware dan Memulihkan File

Untuk menghapus ransomware ini dari komputer Anda, saya sarankan Anda mengikuti langkah-langkah penghapusan di bawahnya. Panduan ini dibuat dengan ide utama yang membantu Anda menghapus ransomware .dotmap secara manual atau otomatis dari komputer Anda.

Jika penghapusan manual (langkah 1 dan 2) tampaknya tidak banyak membantu, maka saya sangat menyarankan Anda menghapus ransomware .dotmap secara otomatis dengan memindai komputer Anda, menggunakan perangkat lunak anti-malware canggih. Program semacam itu akan menjamin bahwa semua file virus dihapus dari komputer Anda.

.dotmap ransomware virus adalah jenis malware yang dapat mengenkripsi file Anda , kecuali ada decryptor a. Biasanya alat deskriptor akhirnya dirilis, jadi sambil menunggu hal itu saya menyarankan Anda untuk membuat cadangan file dan mencoba metode alternatif untuk pemulihan file Pada langkah terakhir

Untuk menghapus .dotmap Ransomware ikuti langkah-langkah ini:

1. Boot PC Anda dalam Safe Mode untuk mengisolasi dan menghapus file .dotmap Ransomware dan objek yang terkait

Penghapusan Manual Biasanya Membutuhkan Waktu dan Beresiko Merusak File Anda Jika Tidak Hati-hati

Untuk sistem Windows XP, Vista dan 7:

a. Hapus semua CD dan DVD, dan kemudian Restart PC Anda dari menu " Start ".

b. Pilih salah satu dari dua opsi yang disediakan di bawah ini:

- Untuk PC dengan sistem operasi tunggal : Tekan " F8 " berulang kali setelah layar boot pertama muncul selama restart komputer Anda. Jika logo Windows muncul di layar, Anda harus mengulangi langkah ini

- Untuk PC dengan dual sistem operasi : Tombol panah akan membantu Anda memilih sistem operasi yang Anda pilih untuk memulai dalam Safe Mode . Tekan " F8 " seperti yang dijelaskan untuk sistem operasi tunggal.

c. Ketika layar " Advanced Boot Options " muncul, pilih opsi Safe Mode yang Anda inginkan menggunakan tombol panah. Saat Anda menentukan pilihan, tekan " Enter ".

menghapus virus .dotmap

d. Masuk ke komputer Anda menggunakan akun administrator  

2. Temukan file yang dibuat oleh .dotmap Ransomware di PC Anda

Untuk Sistem Operasi Windows

Langkah 1:
Pada papan keyboard tekan windows + R dan tulis explorer.exe di kotak teks 

Langkah 2:
Ini akan membuka jendela baru dengan nama komputer adalah "My Computer" , "My PC" atau "This PC" atau apa pun yang Anda beri nama.

Langkah 3:
Arahkan ke kotak pencarian di kanan atas layar PC Anda dan ketik "fileextension:" dan setelah itu ketik ekstensi file . Jika Anda mencari executable jahat, sebuah contoh mungkin "fileextension: exe" . Setelah melakukan itu, tinggalkan spasi dan ketikkan nama file yang Anda yakini telah dibuat oleh malware. Ini adalah bagaimana ini akan muncul jika file Anda telah ditemukan:

cari file jahat

NB: Saya sarankan untuk menunggu sampai bilah pemuatan berwarna hijau di kotak navigasi sampai selesai sepenuhnya

3. Selanjutnya pindai malware dan program yang tidak di inginkan dengan SpyHunter Anti-Malware Tool

Langkah 1: Klik tombol "Unduh" untuk melanjutkan ke halaman unduhan SpyHunter

> https://www.enigmasoftware.com/products/spyhunter-stf/

Disarankan untuk menjalankan pemindaian sebelum membeli versi lengkap dari perangkat lunak ini untuk memastikan bahwa versi malware saat ini dapat dideteksi oleh SpyHunter. Klik tautan yang sesuai untuk memeriksa EULA , Kebijakan Privasi, dan Kriteria Penilaian Ancaman SpyHunter .

Langkah 2: Ikuti panduan untuk instruksi unduhan yang disediakan untuk setiap web browser.

Langkah 3: Setelah Anda menginstal SpyHunter, tunggu sampai pembaruan secara otomatis selesai.

4. Cobalah Kembalikan file yang dienkripsi oleh .dotmap Ransomware

Infeksi Ransomware dan .dotmap Ransomware bertujuan untuk mengenkripsi file Anda menggunakan algoritma enkripsi yang mungkin sangat sulit untuk didekripsi. Inilah sebabnya saya menyarankan beberapa metode alternatif yang dapat membantu Anda mencari dekriptor langsung dan mencoba mengembalikan file Anda.

Ingatlah bahwa metode ini mungkin tidak 100% efektif tetapi juga dapat membantu Anda sedikit atau banyak dalam situasi yang berbeda.

Metode 1: Memindai sektor drive Anda dengan menggunakan perangkat lunak Data Recovery.

Metode lain untuk memulihkan file Anda adalah dengan mencoba mengembalikan file Anda melalui perangkat lunak pemulihan data. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk perangkat lunak pemulihan data terbaik:

> Stellar Data Recovery Technicians License
https://sensorstechforum.com/windows-data-recovery-technicians-license-software-review/

> Stellar Windows Data Recovery
https://sensorstechforum.com/stellar-phoenix-windows-data-recovery-software-review/

> Stellar Photo Recovery
https://sensorstechforum.com/stellar-phoenix-photo-recovery-software-review/

Metode 2: Mencoba dekripsi Kaspersky dan EmsiSoft.

Jika metode pertama tidak berhasil, kami sarankan Anda menggunakan decryptors untuk virus ransomware lainnya, seandainya virus Anda adalah varian yang sudah berhasil ditemukan kode untuk mendeskripsinya. Dua pengembang utama dekripsi dari Kaspersky dan EmsiSoft bisa didownload melalui tautan yang saya berikan di bawah ini:

> Dekripsi Kaspersky
https://support.kaspersky.com/viruses/utility

> Dekripsi Emsisoft
https://www.emsisoft.com/decrypter/

Metode 3: Menggunakan Shadow Explorer

Untuk memulihkan data Anda seandainya Anda telah menyiapkan cadangan, penting untuk memeriksa Volume Shadow Copies, jika ransomware belum menghapusnya, di Windows menggunakan perangkat lunak di bawah ini:

https://www.shadowexplorer.com/downloads.html

Semacam restore point tapi biasanya dibuat otomatis oleh windows 

Comments