Skip to main content

Cara google melawan webspam agar hilang dari mesin pencari

Google selalu ingin memastikan bahwa ketika Anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi, Anda mendapatkan hasil kualitas terbaik. Namun, Google menyadari banyak aktor buruk yang mencoba memanipulasi peringkat pencarian dan mendapat keuntungan darinya, yang bertentangan dengan misi Google: untuk mengatur informasi didunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal. 

Selama bertahun-tahun, Google telah berusaha untuk memerangi penyalahgunaan dan spam di laman Penelusuran. Berikut ini adalah cara Google memerangi situs spam pada tahun 2019. 


Google menyebut berbagai jenis taktik yang melanggar pedoman webmaster sebagai tindakan "spam."  Evaluasi Google menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun, kurang dari 1 persen hasil pencarian yang dikunjungi pengguna adalah spam. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Google berhasil mengurangi lebih dari setengahnya.

Cara Google memerangi webspam di tahun 2019

Ketika Google terus memperbaharui algoritmanya, para spammer juga berevolusi. Salah satu tren pada tahun 2017 adalah peningkatan peretasan situs web — baik untuk rangking pencarian spam dan penyebaran malware. 

Ada banyak sekali saya lihat jasa backlink yang berasal dari situs pendidikan atau pemerintah yang ditanam menggunakan cara backdoor / hacking /sploit

Situs web yang diretas adalah ancaman serius bagi pengguna karena peretas dapat sepenuhnya mengendalikan situs, merusak homepage, menghapus konten yang relevan, atau memasukkan malware dan kode berbahaya. 

Mereka juga dapat merekam ketikan tombol, mencuri kredensial login untuk transaksi perbankan atau keuangan online. Di tahun 2017 Google fokus untuk mengurangi ancaman ini, mendeteksi dan menghapus web berbahaya dari hasil pencarian lebih dari 80 persen . 

Namun peretasan bukan hanya masalah spam bagi pengguna google search — hal itu juga mempengaruhi pemilik situs web. Untuk membantu pemilik menjaga situs web mereka tetap aman, Google membuat sumber daya langsung untuk membantu para webmaster memperkuat keamanan situs web mereka dan mengubah sumber daya bantuan Google untuk membantu webmaster pulih dari peretasan

Google juga mengakui pentingnya sistem manajemen konten yang tangguh (CMS). Sebagian besar situs web dijalankan di salah satu dari beberapa CMS populer, dan kemudian spammer mengeksploitasi mereka dengan mencari cara untuk menyalahgunakan ketentuan mereka untuk konten buatan pengguna, seperti memposting konten spam di bagian komentar atau forum. 

Google bekerja sama dengan banyak penyedia sistem manajemen konten populer seperti WordPress dan Joomla untuk membantu mereka memerangi spammer yang menyalahgunakan forum, bagian komentar, dan situs web mereka. 

Faktor penyalahgunaan lainnya adalah manipulasi tautan, yang merupakan salah satu fondasi pemberi peringkat sinyal untuk Pencarian ( backlinks ). 

Pada tahun 2017, Google bekerja lebih keras dalam menghapus tautan tak wajar melalui peningkatan peringkat dan tindakan manual yang skalabel. Google telah mengamati pengurangan tautan spam dari tahun ke tahun hampir setengahnya.

Bekerja dengan pengguna dan webmaster untuk web yang lebih baik

Sistem otomatis Google terus bekerja untuk mendeteksi dan memblokir spam. Namun, Google selalu menyambut kabar dari Anda ketika sesuatu tampak mencurigakan. Tahun lalu, Google dapat mengambil tindakan terhadap hampir 90.000 laporan pengguna dari spam pencarian.

Melaporkan spam, malware, dan masalah lain yang Anda temukan membantu Google melindungi pemilik situs dan pencari lainnya dari penyalahgunaan ini. Anda dapat mengajukan laporan spam, laporan phishing, atau laporan malware. Google sangat menghargai laporan-laporan ini - terima kasih banyak kepada Anda yang mengirimkannya ^_^
Google juga aktif bekerja dengan webmaster untuk menjaga kesehatan ekosistem web. Tahun lalu, Google mengirim 45 juta pesan ke pemilik situs web terdaftar melalui Search Console yang memberi tahu mereka tentang masalah yang Google identifikasi terhadap situs web mereka. 

Lebih dari 6 juta pesan ini terkait dengan tindakan manual, memberikan transparansi kepada webmaster sehingga mereka memahami mengapa situs mereka mendapat tindakan manual dan cara mengatasi masalah tersebut. 

Tahun lalu, Google merilis versi beta dari Search Console baru ke sejumlah pengguna dan setelahnya, untuk semua pengguna Search Console. Google mendengarkan apa yang paling penting bagi pengguna, dan mulai dengan fungsi populer seperti kinerja Penelusuran, Indeks Cakupan, dan lainnya. 

Ini dapat membantu webmaster mengoptimalkan keberadaan situs web mereka dengan lebih mudah. ​​Melalui perlindungan Safe Browsing yang ditingkatkan, Google terus melindungi lebih banyak pengguna dari para aktor jahat secara online. 

Pada tahun lalu, Google telah membuat peningkatan yang signifikan terhadap perlindungan penjelajahan aman Google, seperti memperluas perlindungan perangkat macOS Google, memungkinkan perlindungan phishing prediktif di Chrome, membongkar perangkat lunak yang tidak di inginkan, pengalihan seluler, dan meluncurkan peningkatan signifikan pada kemampuan Google untuk melindungi pengguna dari instalasi ekstensi Chrome yang menipu.

Google memiliki banyak saluran untuk terlibat langsung dengan webmaster. Google memiliki anggota tim khusus yang bertemu dengan webmaster secara teratur baik online maupun secara langsung. Google mengadakan lebih dari 250 jam kantor daring, acara online, dan acara offline di seluruh dunia di lebih dari 60 kota kepada pemirsa yang berjumlah lebih dari 220.000 terdiri dari pemilik situs web, webmaster, dan pemasar digital. 

Selain itu, forum dukungan resmi Google telah menjawab banyak sekali pertanyaan dalam banyak bahasa. Tahun lalu, forum itu memiliki 63.000 pertanyaan yang menghasilkan lebih dari 280.000 pos kontribusi oleh 100+ Kontributor Utama secara global. 

Terlepas dari forum, blog, dan panduan pemula SEO, saluran Google Webmaster YouTube ada saluran lain untuk menemukan lebih banyak kiat dan wawasan. Google meluncurkan seri video cuplikan SEO baru untuk membantu dengan jawaban singkat dan langsung ke pertanyaan spesifik.

Pastikan untuk berlangganan saluran! Terlepas dari semua perbaikan ini, Google tahu mereka belum selesai. Google tanpa henti dalam mengejar pengalaman pengguna tanpa penyalahgunaan, dan akan terus meningkatkan kolaborasi Google dengan ekosistem yang berlangsung untuk mewujudkannya.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar