Skip to main content

Berapa banyak jumlah blog yang ada di internet?

Selamat Datang di Blog Orang IT. Sepuluh tahun yang lalu blog dilihat sebagai buku harian pribadi - sebuah ruang virtual di mana Anda dapat berbagi pemikiran, ide, pengalaman , ilmu pengetahuan dan catatan

Tiba-tiba revolusi pun terjadi,

Aktivitas blogging bukan lagi dianggap sekedar hobi - para blogger bisa menghasilkan uang dari sekumpulan artikel bermanfaat yang ditulisnya, menjadi terkenal dikalangan otoritas tertentu, bahkan menyatukan khalayak luas dari seluruh dunia.

Ini seperti blog lindaikeji yang pernah memposting kasus seorang remaja yang dituduh mencuri HP tapi tidak mendapatkan peradilan hukum yang jelas hingga bertahun-tahun, kemudian tulisan model cantik asal nigeri tersebut mendapatkan respons yang antusias dari masyarakat diseluruh dunia untuk membantu seorang gadis remaja yang tidak mendapatkan kepastian hukum namun ditahan dalam sebuah ruangan isolasi selama berbulan-bulan


Ini menjadi titik balik dari profesi blogging yang awalnya kurang dihargai kini berubah menjadi sangat diminati. Beberapa Situs web yang ada di internet telah mempublikasikan puluhan ribu artikel setiap menit, sementara para blogger juga diperlakukan seperti selebritas, membintangi film, dan mendapatkan tawaran sponsor yang menggelikan.

Tetapi berapa banyak blog yang ada di internet tahun 2019 ini ? apakah masih ada ruang untuk berbagi popularitas ?

1,6 miliar situs web

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 1,6 miliar situs web di dunia dan lebih dari 500 juta diakui sebagai blog. Para penulis mereka telah menyumbang sekitar 2 juta postingan artikel setiap hari .

Namun, jawaban pastinya sedikit lebih rumit dari yang Anda harapkan. Situs web tidak aktif mempengaruhi keakuratan statistik, dan tidak semua platform blogging memilih untuk membagikan data mereka secara publik. 

Ada juga situs web yang tidak menggunakan alat pembuatan web otomatis seperti php , codeigniter, web 2 dan karenanya, tidak dapat dikenali sebagai laman web biasa.

Baiklah, jadi tidak apa-apa jika kita tidak tahu jumlah pasti dari blog yang ada di internet , pokoknya mereka ada banyak disetiap niche tertentu

Bisakah kita setidaknya mendapatkan perkiraan rata-rata? Dugaan dari alat site explorer ahrefs ini lebih dari 4,1 milyar webpages tetapi sebenarnya tidak jauh dari itu

jumlah blog yang ada di internet

Mari kita coba menentukan jumlah total situs web yang ada di luar sana. Penghitungan langsung, yang dikembangkan oleh Internet Live Stats , mengungkapkan bahwa ada sekitar 1,9 miliar halaman web saat ini. 

Dilihat dari tingkat pertumbuhannya, mungkin akan segera mencapai 3 miliar dalam waktu kurang dari setahun 

Tumblr, sebagai platform blogging terbesar dan tertua, melaporkan bahwa mereka memiliki lebih dari 440 juta blog .

Yang paling populer adalah CMS WordPress , mereka memiliki sekitar 60 juta situ atau lebih.

Bebeberapa alat CMS lainnya berkontribusi sekitar 2,5 juta .

Karena itu, kita dapat dengan mudah berasumsi bahwa internet adalah rumah bagi lebih dari 500 juta blog , atau seperempat dari seluruh situs web di dunia.

Itulah perkiraan jumlah total blog yang ada di internet saat ini , cukup mengesankan!

Terutama mengingat fakta bahwa aktor utama blogging dari layanan Tumblr, Blogger, tidak merilis data secara publik dan halaman web mereka tidak termasuk dalam perkiraan akhir.

1. Sejarah Blogging

Banyak yang menganggap Justin Hall sebagai pelopor blogging. Jurnal online-nya, Links.net , dibuat pada tahun 1994 dan tetap ada hingga hari ini.

Itu berarti sudah ada sejak 25 tahun yang lalu dan kontennya terus bertambah!

Bahkan justin membuat postingan peringatan selamat ulang tahun untuk mengenang blognya

Beberapa tahun kemudian, kata "weblog" dibuat, sebagai singkatan untuk login kedalam web. 

Pencetus Jenius di balik istilah keren ini adalah programmer Peter Merholz. Dia memutuskan untuk bermain-main dengan kata itu.  

Weblog! (kami blog)

Pendek dan mudah di ingat - cukup jenius. Istilah ini cepat populer, terlihat dari beberapa pertumbuhan blog yang nyata, dan pada tahun 2004, kamus Merriam-Webster menyatakannya dalam "Word of the Year".

Pada saat itu, popularitas istilah weblog menyebar seperti api. Gawker memulai revolusi dan menciptakan situs yang didedikasikan untuk gosip. Google meluncurkan layanan iklan mereka dan membuka peluang monetisasi yang sama sekali baru di eranya

Berapa persentase blogger yang menghasilkan uang?

Orang-orang awalnya membuat blog untuk bersenang-senang, fakta bahwa sebagian besar dari mereka hampir tidak menghasilkan pendapatan tidak mengejutkan. 

Saya sendiri dulunya memulai blog ditahun 2012 untuk mengisi waktu luang

Namun, jumlah orang yang membangun bisnis mandiri dari blog mereka terus bertambah setiap tahunnya.

Satu dari tiga blogger memonetisasi blognya untuk meraup keuntungan, dan sekitar 10% dari populasi blog menghasilkan lebih dari $ 10.000 per tahun . Beberapa yang lebih beruntung sekitar 0,6% , menghasilkan $ 1 juta + pendapatan tahunan.

Mereka mendapatkan satu juta dollar hanya dengan menjalankan hobi mereka.

Beberapa tahun terakhir seiring kemajuan teknologi internet telah menjadikan peran blog sebagai media utama dalam penyebaran informasi, tribun politik, dan alat sosial untuk mengantarkan pemiliknya menuju ketenaran dan kejayaan. 

Pada tahun 2016 Automattic, perusahaan di belakang WordPress.com, mengumumkan perilisan domain .blog - ini adalah domain yang paling sesuai untuk mengakui keberadaan para aktivis blog

2. Jenis Blog

Ada banyak cara untuk mengkategorikan jenis blog. Saya memilih untuk menganalisa berdasarkan kontennya

Blog pribadi

Blogger pribadi memiliki semangat blogging tradisional, Blog mereka memungkinkan penulis untuk mengekspresikan ide dan keyakinan dengan cara yang mirip dengan buku harian. Isi Konten tersebut dapat berkisar pada subjek umum atau mengungkapkan pengalaman sehari-hari  

Blog bisnis

Blog bisnis mengikuti model money oriented. Tujuan mereka adalah untuk mengumpulkan lalu lintas, meningkatkan jangkauan pasar, dan pada akhirnya - mendatangkan klien dari hasil pemasaran.

Mereka fokus pada bisnis pemasaran produk industrinya, memberikan konten promosi dan memperluas jaringan perusahaan.

Blog khusus

Blog niche adalah kategori utama ketika Anda mempertimbangkan berapa banyak blog yang ada. Mereka menargetkan satu topik dan bertujuan untuk memberikan wawasan sebanyak mungkin dalam niche tersebut.

Beberapa niche telah terbukti mendatangkan keuntungan dan telah memenangkan pengakuan internasional dari hasil menulis selama bertahun-tahun. Ini termasuk niche mode, makanan, perjalanan, gaya hidup, musik, kebugaran, dan DIY.

Jamie Oliver memberikan contoh yang baik tentang blog niche yang dikunjungi oleh ribuan orang setiap hari, yakni resep masakan mengingat dirinya berprofesi sebagai koki  

Blog profesional

Blog profesional ada untuk tujuan menghasilkan uang.

Ini gambaranya,

Setiap blogger diam-diam bermimpi menghasilkan uang. Baik itu melalui iklan, komisi afiliasi, penawaran sponsor atau berkat bakat menulis mereka semata.

Ketika Anda memikirkannya - siapa yang akan menyalahkan mereka?

Jika seseorang mengatakan kepada saya bahwa mereka dapat menghasilkan uang dari menjalankan hobi , maka saya hanya akan bertanya:

Bagaimana caranya?

Reverse blogs

Reverse blogs disebut sebagai platform yang menjadi tuan rumah dalam upaya penulisan kumulatif oleh beberapa pengguna, bukan cuma satu penulis. Mereka beroperasi lebih seperti forum web, bukan jurnal online pribadi. 

Kunci keberhasilan di sini adalah memanfaatkan tim moderator untuk memantau dan memfilter konten yang dianggap layak

Huffington Post telah membangun sebuah kerajaannya di internet dan membalikkan gagasan blogging yang identik dengan milik personal, mereka menghasilkan lebih dari $ 14 juta per bulan 

Blog media

Blogger media mengandalkan berbagai jenis rangsangan visual untuk menarik perhatian pembaca. Podcasting, foto blogging, vlogging - ini semua terdengar seperti bahasa asing yang aneh beberapa tahun yang lalu. Sekarang kata-kata ini di ucapkan oleh hampir semua orang.

PewDiePie vlogger selebriti yang menghibur lebih dari 83 juta subscribernya , telah mengumpulkan lebih dari 20 miliar tampilan .

Pertumbuhan Blogging

Saya melihat pertumbuhan blog yang eksponensial dalam beberapa tahun terakhir.  Blogger modern memiliki akses ke sejumlah besar alat canggih untuk menganalisis perilaku pengguna dan saluran yang paling tepat untuk menjangkau target audiens mereka. 

Anda mungkin bertanya-tanya:

Apa konten paling populer saat ini?

Berapa banyak posting blog per hari yang harus saya siapkan?

Angka-angka yang disediakan oleh survei Orbit Media di kalangan blogger mengungkapkan beberapa korelasi yang cukup menarik.

Hasil yang menguntungkan membutuhkan investasi waktu Anda. Dalam lima tahun terakhir, waktu rata-rata untuk menulis posting terus meningkat dari 2:24 jam menjadi 3:28 jam . Panjang posting blog untuk periode yang sama juga naik, dari rata-rata 808 menjadi 1151 kata .

Menulis artikel dengan panjang 1000 kata bukan hal yang sulit padahal dimasa lalu menulis artikel 500 kata adalah sesuatu yang hebat

Semua ini mempengaruhi frekuensi posting. Posting yang lebih panjang membutuhkan lebih banyak waktu untuk penulisan, sehingga hasil tulisan menurun dari segi kualitas. 

Full time blogger mulai membangun strategi jangka panjang, yang mencakup pendekatan yang lebih terfokus pada peningkatan analitik dan SEO.

Apa intinya?

Apa pun nichenya, pembaca lebih tertarik pada konten yang menurut mereka dapat diterima, menarik emosi  atau menambah pengetahuan  

Tren Blogging

Masa depan terlihat sangat cerah bagi blogger. Kisah-kisah sukses telah mengilhami penulis untuk menginvestasikan waktu lebih banyak dalam pembuatan konten untuk mengubah hobi menjadi profesi yang menguntungkan. 

Jadi apa yang populer saat ini?

Sebagai permulaan, layanan video telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan tampaknya kecenderungan ini akan menang. Minat membaca penduduk indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara yang disurvey itulah sebabnya beberapa bisnis mulai beralih pada konten video

Perangkat seluler terus berkembang untuk mendukung foto dan video berkualitas tinggi, sementara situs web media sosial menyediakan platform yang sempurna untuk menjangkau orang-orang dari seluruh dunia. 

Konten berkualitas tinggi memerlukan banyak sumber daya server dan perusahaan hosting harus memenuhi permintaan dengan meningkatkan layanan server yang dioptimalkan untuk media dan dukungan lanjutan untuk para calon blogger.

Bagaimana dengan kontennya sendiri?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, postingan blog semakin panjang, dan 2000+ kata cenderung mendapatkan pengakuan yang  lebih baik dari pada sebelumnya. 

Cukup menarik, penulis menghabiskan lebih banyak waktu blogging di tempat kerja dan lebih sedikit waktu melakukannya di malam hari dan pada akhir pekan 

Ini adalah temuan bukti lain tentang bagaimana penulis semakin memperlakukan blog mereka sebagai pekerjaan sampingan dan bukan hobi semata.

Blogging tidak hanya menjadi pekerjaan bagi satu orang. Sejumlah situs web seringkali bekerja sama dengan influencer atau pemimpin industri untuk membantu mereka dengan cepat mendapatkan kredibilitas dan popularitas. 

Kedengarannya mirip dengan cara kerja web berita, kan?

Prediksi Blogging

Jumlah blog semakin penuh dan sesak. 

Sejak kisah sukses blogger menyebar, semua orang berlomba-lomba untuk membuat blog pribadi mereka sendiri. 

Bertahan hidup dalam kompetisi yang sengit seperti itu membutuhkan lebih banyak waktu dan upaya daripada sebelumnya. Yang menimbulkan pertanyaan:

Apakah blogging masih relevan di 2020?

Jawabannya adalah "Ya" !

Anda hanya perlu menemukan tingkat persaingan yang tepat untuk bisa berkomunikasi dengan audiens Anda.

Saran dari saya adalah fokus mengangkat tema artikel jangka panjang atau disebut konten evergreen, yaitu konten yang memberikan informasi yang tetap relevan dan berguna selama beberapa tahun kedepan

Setiap blogger mengunjungi kembali artikel lama mereka untuk memperbarui informasi dan menyempurnakan sesuai arus informasi yang berkembang saat ini. 

Jenis konten yang selalu dicari sering dipilih oleh penulis sebagai cara yang efektif untuk mendatangkan traffic berulang dan meningkatkan SEO.

Meskipun blogger memiliki beragam alat analitik yang dapat mereka gunakan, gaya penulisan mereka harus lebih kepada model penceritaan daripada pendiktian yang akan menarik bagi algoritma pencarian.

Dalam beberapa tahun ke depan media sosial akan sangat mempengaruhi popularitas blogging. Mengingat jumlah kompetitor yang tinggi sulit rasanya mencari visitor organik hanya mengandalkan mesin pencari sebaliknya orang-orang mulai berlomba mencari visitor dari tempat lain seperti media sosial

Jutaan blogger sudah memanfaatkan platform ini sebagai alternatif untuk blog tradisional dan gratis. Dan siapa yang bisa menyalahkan mereka?

Kesimpulan

Blog memiliki peran besar dalam penyebaran informasi di internet. Mereka membawa kita semua pada berita terbaru, ide yang menginspirasi, bahkan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas orang lain

Blog adalah alat yang sangat kuat yang bahkan politisi dan selebritas menggunakannya untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat popularitas mereka

Mungkin sulit untuk menentukan secara akurat berapa banyak jumlah blog yang ada, tetapi satu hal yang pasti:

Pada akhir tahun ini, kita akan segera merayakan jumlah 1 miliar blog dalam waktu dekat

...........https://www.helmykediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar