Rahasia Lolos review site google adsense versi helmykediri

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Bermain google adsense sekarang memang tidak semudah dahulu. seiring dengan perkembangan teknologi, algoritma, dan peraturan. Dahulu jika kita sudah memiliki akun adsense, kita dengan mudah menampilkan iklan pada website manapun yang kita ingin tampilkan. 
Namun dengan peraturan yang baru, rupanya google tidak ingin iklan ditampilkan pada website yang tidak berkualitas, alhasil google melakukan review ulang pada setiap website yang ingin menampilkan iklan google adsense.
Agar lolos review site google adsense, itu gampang-gampang susah, pasalnya berdasarkan pengalaman pribadi saya, ada website saya yang tidak lolos, namun banyak juga yang lolos. Dari pengalaman-pengalaman itu saya bisa menemukan cara atau trik agar lolos review. 
Namun perlu di ingat bahwa saya tidak menjamin trik atau cara yang akan saya share disini akan selalu berhasil, karena semua kewenangan tetap ditangan google. Kita hanya bisa berusaha membuat website sesuai standar kualitas yang diterapkan oleh google dan setelah itu kita berdoa semoga lolos review.
Namun dengan trik yang saya lakukan ini setidaknya sebagian besar website yang saya ajukan, lolos untuk direview google. Namun tidak semua website selalu diterima, ada banyak faktor diluar kendali kita.

Sebenarnya agar lolos review, kita hanya perlu membuat website yang memiliki kualitas konten yang bagus, bermanfaat, dan navigasi yang bagus sehingga memudahkan user dalam menggunakan website kita.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar website/blog lolos review site:

Template

Template merupakan hal yang sangat penting dalam menyajikan tampilan dan navigasi website yang bagus. Dengan template yang bagus, maka penempatan iklan dan navigasi akan tertata dengan rapi, tidak membingungkan pengunjung. 
Selain itu sebaiknya kita menggunakan template yang responsive karena dengan template yang responsive maka akan menambah kualitas website kita dimata google.
Untuk template, kita bisa menggunakan template yang gratisan atau yang premium. tentu saja dari sisi kualitas template premium lebih unggul dari yang gratisan. Namun yang tidak kalah penting yaitu template harus bisa di load dengan cepat. 
Dengan menggunakan template yang ringan maka juga akan meningkatkan kualitas seo. Secara garis besar template yang memenuhi standar kualitas google adalah template yang :
1. SEO friendly

Sekarang google menggunakan algoritma rich snippets dimana struktur penerapan dan standarnya sudah disediakan oleh google. Dengan menambahkan fitur ini pada website kita, maka robot google lebih mudah untuk membaca dan menemukan web
2. Template responsive

Dengan template yang responsive, maka antara konten dan navigasi akan tertata dengan rapi dan enak digunakan pada device apapun.
3. Fast Loading

Template fast loading sangat disukai oleh google dan pengunjung. Jika template kita lambat, maka akan sangat susah mengambil hati pengunjung dan robot google.
4. Gunakan template dengan warna clean

Jangan terlalu banyak pernak Pernik yang justru akan mengganggu tampilan. dengan menggunakan template clean dan cerah, maka akan lebih nyaman dipandang, dan karena website direview secara manual oleh manusia, maka buat tampilan yang nyaman digunakan manusia.
5. Gunakan navigasi yang jelas dan relevan
Navigasi menu yang relevan maksudnya adalah ketika pengunjung meng klik salah satu menu, maka halaman yang ditampilkan adalah informasi sesuai dengan menu yang dipilih, misal ketika pengunjung meng-klik menu kontak, maka halaman harus benar-benar berisi data kontak yang bisa dihubungi, jangan sampai pengunjung merasa ditipu.
6. Hal yang harus ada pada navigasi adalah : kontak, kebijakan privacy atau privacy policy, kebijakan program, tentang kami atau about us. beberapa hal ini adalah standar yang diwajibkan oleh google.
7. Tempatkan recent post pada sidebar
Dengan menempatkan recent post atau daftar post pada sidebar, maka akan memudahkan pengunjung untuk memilih postingan yang ada di web kita
8. Kualitas Konten.

Konten yang berkualitas adalah konten yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Jika pengunjung menemukan informasi yang mereka cari pada website kita, maka pengunjung akan betah berada pada web kita, sebaliknya jika konten kita tidak berkualitas, maka pengunjung akan segera meninggalkan web
Hal ini akan meningkatkan bounce rate pada web kita. dan tentu saja akan berpengaruh terhadap penurunan kualitas website kita dimata google. Jadi intinya : Semakin lama pengunjung berada di situs kita maka akan semakin baik terhadap visibility-nya di mesin telusur. 
Dari sinilah kita bisa menentukan bahwa konten kita berkualitas karena bisa membuat pengunjung bertahan lama didalam situs. 
Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait template website yang harus kita persiapkan.

Konten dan Kualitas Website

Untuk urusan konten website, biasanya ada beberapa hal yang biasa saya lakukan antara lain :
1. Buat konten yang berisi tips atau how to
Dengan konten yang berisi tips, maka konten kita tak lekang ditelan waktu atau konten yang tidak akan kadaluarsa. Dan biasanya konten jenis ini sangat bermanfaat bagi pengunjung. 
Saat ini saya sedang banyak-banyaknya membuat website dengan niche resep masakan dengan Berbahasa inggris.
2. Buat minimal 10 artikel

Agar website kita tidak kosong atau kekurangan konten, maka sangat dianjurkan buat minimal 10 artikel yang bermanfaat agar lolos review website google.
3. Buat artikel dengan grammar yang bagus

Grammar yang bagus, akan sangat menentukan apakah website kita diterima atau tidak, karena manusia akan mudah memahami jika grammar yang dibuat bagus.
4. Tambahkan gambar yang relevan
Untuk mempercantik dan menunjang konten, sebaiknya gunakan sebuah gambar. namun jangan terlalu banyak. Dengan adanya gambar, akan menambah estetika website kita dan akan terlihat professional.
5. Buat logo website

Hal sepele yang biasanya diabaikan adalah logo website, meskipun bukan prioritas utama, namun keberadaan logo membuat kesan bahwa website kita dibuat dengan sungguh-sungguh.
6. Buat halaman contact yang professional, dan terpercaya

Halaman kontak mutlak harus ada agar pengunjung mudah untuk menghubungi anda. yang perlu ditampilkan pada halaman kontak adalah informasi nomor telp, email, alamat dan jika perlu buatkan form untuk kontak meskipun hanya fake form.
7. Buat halaman about dengan baik dan terpercaya

Halaman about adalah halaman yang memuat informasi tentang topik website kita. jika website kita tentang resep masakan, maka ceritakan bahwa website kita berisi tentang makanan dan resep cara membuat makanan, serta informasi-informasi lain yang berhubungan dengan masakan.
8. Buat halaman Privacy Policy, dan DMCA

Halaman Privacy Policy menyatakan bahwa Anda menghargai privasi pengunjung blog Anda. Adapun halaman DMCA adalah pernyataan bahwa blog Anda tidak melanggar hak cipta orang lain.
9. Update postingan sehari minimal 2 postingan tapi tidak lebih dari 5 postingan

Inilah salah satu strategi saya, yaitu mengupdate postingan web atau blog kita paling tidak sehari 2 postingan baru. ini saya lakukan selagi menunggu hasil keputusan apakah web kita diterima atau tidak

Umur Website

Sebenernya tidak ada patokan berapa minimal umur website yang boleh didaftarkan untuk direview di google adsense. Namun jika kalian punya banyak waktu dan mau bersabar, setidaknya tunggu sampai usia website 1-3 bulan dengan postingan rutin tiap hari. hal ini untuk membuktikan kualitas webisite dimata google.
Namun karena saya orangnya kurang sabaran, maka saya tidak pernah menunggu usia website hingga sebulan. 
Berikut langkah-langkah yang saya lakukan ketika menambahkan domain baru :
1. Install website dengan domain baru dan isi konten hingga 10 postingan
2. Masukkan website ke googlewebmastertools dan pastikan web kita terindex di google (submit sitemap)
3. Masukkan website ke adsense untuk di review
4. Selama proses review, update postingan secara rutin paling tidak 2 postingan per hari.
5. Lakukan promosi ke social media dengan niche yang sesuai dengan website kita. Biasanya saya menggunakan facebook sebagai media promosi . Gabung dengan grup yang ada di facebook yang anggotanya diatas 3 ribu, dan posting website kita di grup tersebut. 
Namun hati-hati jangan melakukan spam karena facebook juga sangat rawan banned karena niche website saya adalah resep masakan, maka sangat mudah mencari grup yang anggotanya mencapai puluhan ribu dan ratusan ribu. 
Berdasarkan pengalaman saya, halaman web yang saya share mendatangkan trafik yang lumayan dan retensi pengunjung juga tinggi.
Inilah yang mungkin membuat google menerima website saya untuk menampilkan iklan google adsense.
PENTING…!!!
MENCARI TRAFIK YANG BERKUALITAS DENGAN RETENSI PENGUNJUNG YANG TINGGI ADALAH HAL YANG WAJIB DALAM TRIK SAYA INI. JADI INTINYA BUAT PENGUNJUNG BETAH BERLAMA-LAMA MENGUNJUNGI WEBSITE KITA. TAPI PENGUNJUNG HARUS NATURAL JANGAN PAKE BOT
Dengan trik saya diatas, paling tidak proses review bisa memakan waktu sekitar 2 minggu. Mungkin
karena website baru, dan pihak google melakukan monitoring pada website yang kita daftarkan.

Google Rich Snippet

Tidak banyak orang yang tau tentang google rich snippet, nah karena ketidaktahuan ini lah yang membuat kita kalah dalam bersaing dalam mendapatkan posisi teratas pencarian google. 
Tentu kalian pernah menemukan ketika melakukan pencarian di google dan hasil pencariannya seperti gambar berikut
Google Rich Snippet
Pada gambar diatas kita bisa melihat bahwa hasil pencarian terdapat thumbnail gambar, rating, dan informasi lain yang terstruktur pada hasil pencarian itu. Nah itulah website yang menggunakan rich snippet.
Jadi intinya dengan rich snippet, hasil pencarian di google terlihat sangat menarik dan web kita akan berpeluang lebih besar untuk di klik user dibanding dengan website tanpa rich snippet. 
Dari sisi SEO tentu saja akan memudahkan robot google untuk membaca informasi dari website kita.
Untuk memasang rich snippet, google sudah membuat standar menggunakan micro data. kita sudah disediakan formatnya dalam bentuk json, dan kita tinggal mengubah value sesuai informasi pada halaman single post website kita. tentu saja satu posting satu dengan yang lain memiliki nilai yang berbeda.
Untuk memahami struktur data ini tentu saja kita harus mengerti format data json. berikut adalah contoh format yang sudah saya gunakan

<script type=”application/ld+json”>
{
“recipeInstructions”: null,
“recipeIngredient”: [“chicken breast Pack of thin sliced”,”1
tablespoon olive oil”,”1 tablespoon ground black pepper”,”1 teaspoon
parsley flakes”,”2 tablespoons chili garlic sauce”,”1 teaspoon
Maggi”,”1/4 cup broccoli”],
“recipeCuisine”: null,
“cookingMethod”: null,
“cookTime”: “”,
“prepTime”: “”,
“totalTime”: “PT15M”,
“recipeYield”: “4 servings”,
“nutrition”:  {“@type”:”NutritionInformation”,”calories”:”80
calories”,”carbohydrateContent”:”2 grams”,”cholesterolContent”:”20
milligrams”,”fatContent”:”4.5  grams”,”fiberContent”:”1
grams”,”proteinContent”:”7  grams”,”saturatedFatContent”:”1
grams”,”sodiumContent”:”230 milligrams”,”sugarContent”:”1 grams”},
“aggregateRating”:
{“@type”:”AggregateRating”,”ratingValue”:4.3333333333333,”reviewCo
unt”:54},
“recipeCategory”: “Array”,
“keywords”: “Quick and Easy, Low Sodium, Main Dishes, Stir Fry,
Quick, Easy, Heart Healthy, Healthy, Low Sugar, Low Saturated Fat,
Low Carb, Low Calorie, Low Fat”,
“name”: “Chicken and Broccoli Stir Fry”,
“description”: “Chicken And Broccoli Stir Fry With Chicken Breast,
Olive Oil, Ground Black Pepper, Parsley Flakes, Chili Garlic Sauce,
Maggi, Broccoli”,
“datePublished”: “2019-03-18 00:00:00”,
“dateCreated”: “2019-03-18 00:00:00”,
“mainEntityOfPage”: null,
“dateModified”: “2019-03-18 00:00:00”,
“author”: {“@type”:”Person”,”name”:”DINNER WITH TAYO”},
“image”:
“https://lh3.googleusercontent.com/y7HL8eSLrtNMz0nutQcwFPqnTqhlNGx
VL0nc9ssidzv_9X4W7hPeCIuYOi-R2AxPTPIy63JYyHlAoCmdd4pUDw”,
“@context”: “http://schema.org”,
“@type”: “Recipe”
}
</script>

Kode diatas adalah kode yang di sematkan pada setiap halaman single post website dengan niche resep masakan milik saya.
Oke teman-teman itu beberapa trik yang biasa saya lakukan agar bisa lolos review site google adsense.
Trik diatas hingga saat ini masih saya lakukan dan hasilnya cukup memuaskan. sebagian besar web yang saya add lolos review. Namun ada juga yang tidak lolos review karena semua tergantung pada kewenangan google juga.

Bermain dengan AGC

Namun bagi temen-temen yang ingin ternak domain, tentu saja untuk mengelola banyak domain dengan artikel yang terupdate tiap hari, tentu membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. untuk itu sekarang saya punya solusi bagi yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengupdate blog
atau website secara rutin tiap hari, yaitu menggunakan agc.
AGC yang sudah saya buat dan kembangkan saat ini adalah agc resep masakan, yaitu agc yang berisi tentang resep-resep masakan, mulai dari bahan-bahan, cara membuatnya, hingga informasi gizi dari
resep masakan tersebut.
Berikut alasan mengapa saya mengembangkan agc dengan niche resep masakan diantaranya :
–  Resep masakan merupakan content tips atau how to yang tentu saja tidak lekang dimakan waktu, atau tidak akan kadaluarsa dari sisi konten
–  Ada banyak grup atau komunitas di sosial media yang membahas tentang resep masakan, hal ini sangan memudahkan dalam mempromosikan website kita
–  Target pasar adalah remaja putri dan ibu-ibu, yang biasanya mudah tertarik dengan iklan-iklan yang terpajang.
–  Bisa menjadi website rujukan bagi user untuk menemukan resep masakan
AGC yang sudah saya buat adalah agc resep masakan yang relative aman, karena proses update artikelnya tidak brutal seperti agc kebanyakan. kita bisa mengatur berapa postingan perharinya. untuk
defaultnya, saya atur per hari 2-3 postingan per hari.
agc resep masakan
Dari gambar diatas, kita bisa lihat bahwa dalam proses generate konten kita tinggal mengisi form yang tersedia :
–  Isi kata kunci berbahasa inggris pada kolom keywords
–  pilih kategori
–  Kita bisa menentukan artikel diposting mulai tanggal berapa, bisa di set tanggal mundur atau sebelum hari ini
–  Menentukan jumlah postingan perhari pada kolom jumlah posting per hari
–  Jika ingin melakukan spin artikel, berikan tanda centang pada spin artikel, dan otomatis artikel yang disimpan akan di spin terlebih dahulu
–  Jika sudah diisi semua, klik tombol generate post.
–  untuk lebih jelasnya silakan lihat demo pada link ini
https://www.youtube.com/watch?v=1Q-dQS0geH8&t=9s
Untuk keunggulan dan kelebihan script agc resep masakan ini antara lain :
script agc resep masakan
1.  Generate ratusan bahkan ribuan post hanya dengan memasukkan satu kata kunci
2.  Support pasang iklan adsense
3.  Menggunakan database sehingga website kita memiliki content yang real, human friendly, dan dimata google memiliki content yang berkualitas sesuai standar google
4.  ada admin panel untuk mengatur website
5.  Ada klasifikasi berdasarkan kategori
6.  Menggunakan template yang super ringan, simpel, dan loadingnya super cepat.
7.  Menggunakan rich snippet yang sangat seofriendly dan disukai google
8.  Jumlah posting per hari bisa ditentukan sehingga terlihat natural dimata google, dan dideteksi sebagai website yang selalu up to date dan aman buat adsense, mengapa saya bilang aman buat adsense? 
karena saya sudah menerapkan metode ini untuk agc saya yang lain dan sampai sekarang masih aman meskipun niche nya beda
9.  Ada fitur spinner artikel
10.  Sekali generate content, bisa untuk postingan selama berbulan-bulan bahkan tahunan. Misal kita generate 5rb data dan kita set per hari 5 postingan, maka website agc kita akan rutin update selama 1000 hari alias kurang lebih 3 tahun
11.  Sitemap otomatis
12.  dan yang jelas sudah memenuhi semua kriteria yang sudah saya paparkan pada trik saya diatas.
Jika berminat mendapatkan script agc ini silakan hubungi saya, Tapi mohon maap tidak gratis:
–  via pm di fb https://www.facebook.com/airsuci atas nama fb ark rose
–  via sms 08112903910
–  via wa 08562280007
DISCLAIMER :
SAYA TIDAK MENJAMIN SETIAP ORANG AKAN MENGHASILKAN HASIL YANG SAMA DENGAN MILIK SAYA, KARENA SEMUA TERGANTUNG FAKTOR DILUAR KENDALI SAYA ATAU KALIAN SEMUA.

Related Post