Skip to main content

Cara mudah unlock modem bolt 100% berhasil


Selamat Datang di Blog Orang IT. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menginstruksikan PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (Bolt) untuk menghentikan layanan ke pelanggan sejak Jumat (28/12/2018) ini. Itu terjadi setelah adanya konfirmasi Bolt tutup oleh Kominfo.. Nah jika anda merupakan salah satu pelanggan setia Bolt pasti panik dan bertanya-tanya bagaimana nasib modem saya ?

"Kedua operator telekomunikasi itu secara resmi tidak lagi dapat menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk layanan telekomunikasi," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenenterian Kominfo Ismail di Ruang Serbaguna, Gedung Kementerian Kominfo

Keputusan ini muncul usai kedua perusahaan Lippo Group itu tidak mampu memenuhi pembayaran utang Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi di 2,3 GHz yang dipakainya selama menggelar layanannya. Keduanya menunggak pembayaran tahun 2016 dan 2017 dengan tunggakan plus denda total Rp 708 miliar.


Penghentian layanan PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (Bolt), kata Ismail, diputuskan melalui Keputusan Menteri Kominfo. Keputusan Menteri Kominfo Nomor 1020 Tahun 2018 tentang Pencabutan Izin Pita Frekuensi Radio untuk Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Berbasis Packet Switched yang menggunakan Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (Wireless Broadband) PT Internux. Sementara, untuk PT First Media Tbk (KBLV) yang dituangkan dalam Keputusan Nomor 1011 Tahun 2018.

"Untuk melaksanakan keputusan itu, khusus kedua operator layanan telekomunikasi tersebut harus melakukan shutdown terhadap core radio network operation center (NOC) agar tidak dapat lagi melayani pelanggan menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz," tutur Ismail.

Selain mengonfirmasi layanan Bolt ditutup, pemerintah juga resmi mengakhiri penggunaan frekuensi radio 2,3 GHz yang dipakai oleh PT Jasnita Telekomindo. Pengakhiran ini ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 1013 Tahun 2018.

Atas keputusan ini, Kominfo pun meminta kepada PT Internux dan PT First Media untuk segera memproses pengembalian hak pelanggan yang masih ada. "Kami minta secepatnya, kami akan berkoordinasi untuk menyiapkan gerai atau sebagainya untuk mempermudah pengembalian hak pengguna(pelanggan)", jelas Ismail, Dirjen SDPPI 

Kominfo menegaskan akan terus memantau proses pengembalian pulsa dan hak-hak pelanggan.

Tindakan yang diambil BOLT

Direktur Utama Internux, Dicky Moechtar menyampaikan akan memenuhi kewajibannya kepada seluruh pelanggan aktif Bolt, baik prabayar maupun pascabayar.

BOLT memberikan dua pilihan kepada mantan pelanggan setianya agar tetap bisa menggunakan modemnya :

1. Mengembalikan dana dan hak pelanggan

Pelanggan akan menerima pengembalian pulsa dan/atau kuota yang belum terpakai, serta pengembalian pembayaran di awal. Secara konkrit, Bolt telah menyiapkan 28 gerai khusus yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Medan untuk melayani proses pemenuhan hak pelanggan ini. 

Khusus pelanggan aktif Bolt Home yang berada dalam cakupan jaringan Fixed Broadband Cable Internet First Media dari PT Link Net, akan mendapatkan penawaran diskon 30 persen dan Double Speed Upgrade untuk berlangganan selama 12 bulan. Pelanggan juga bakal digratiskan semua saluran TV kabel selama 3 bulan, dimulai dari paket Rp. 217.300/bulan. Untuk informasi selengkapnya bisa dicek melalui situs resmi Firstmedia

2. Unlock modem agar bisa dipasangi SIM Card lain

Sayang sekali kalau harus dikembalikan mengingat speed modem internet bolt sangat ngebut , anda bisa mengunlock nya agar bisa dipasangi SIM Card lain namun yang harus di ingat adalah tidak semua merek modem BOLT dapat diunlock

Kemudian beberapa jenis dan merek modemnya tidak bisa di unlock dengan cara yang sama. Nah oleh sebab itu Blog Orang IT akan memberikan tutorial bagaimana cara unlock modem bolt 4G sendirian agar bisa digunakan oleh semua kartu sim

5 Cara unlock modem bolt pasti berhasil


1. ALVA (BL300)

Unduh dan simpan perangkat lunak BL300 di laptop atau komputer Anda. Klik di sini untuk mengunduh perangkat lunak pembuka kunci. 

= http://www.bolt.id/software/alva-software.zip

Buka file BL300 BL300_V002_Module Version BL300. Kemudian pilih file sesuai dengan sistem operasi Anda, apakah 32-bit atau 64-bit.

Klik perangkat lunak dan kotak informasi akan muncul dan klik Mulai.

Kemudian hubungkan modem Anda dengan kabel USB ke catu daya. Tunggu hingga pembaruan berjalan pada 100%.

Hubungkan modem Anda dengan kabel UTP / RJ45, buka browser dan ketik 192.168.1.1, masukkan kata sandi (default): admin.

Pilih pengaturan sistem, kemudian Perbarui Perangkat Lunak dan klik BL300 P01CBOL1_AP_R01_V006-1217.bin, klik Upgrade. Ketika proses peningkatan berjalan, tunggu sampai modem Anda restart. Kemudian, pulihkan manual perangkat. Versi perangkat lunak P01CBOLT1, AP, R01, V006.

CPE ALVA - BL300 - JT - 2

2. AQUILA MAX (BL1)

Tidak jauh berbeda dari poin pertama. Untuk membuka kunci jenis ini terlebih dahulu, unduh dan simpan perangkat lunak BL1 di laptop Anda. Klik di sini untuk mengunduh perangkat lunak pembuka kunci.

= http://www.bolt.id/software/aquila-software.zip

Buka file versi BL1 BL1MAX_V015_. Setelah itu, pilih file sesuai dengan sistem operasi Anda, apakah 32-bit atau 64-bit. Dan, klik pada perangkat lunak dan kotak informasi akan muncul dan kemudian klik Mulai

Aquila - JT - 1

Hubungkan modem Anda tanpa baterai dengan kabel USB. Setelah itu, tunggu sampai upgrade selesai hingga 100% selesai.

Akhirnya, pulihkan perangkat secara manual. Periksa versi perangkat lunak pada antarmuka web (informasi 192.168.1.1 >>). Versi perangkat lunak BOLT_BL1_MAX_Webui_V005.

3. ARION (PL100)

Cara membuka kunci modem BOLT! ARION (PL100). Pertama, unduh dan simpan perangkat lunak PL100 di laptop atau komputer Anda. Klik di sini untuk mengunduh perangkat lunak pembuka kunci.

= http://www.bolt.id/software/arion-software.zip

Hubungkan modem Anda dengan kabel UTP / RJ45. Buka browser, ketik 192.168.1.1 dan masukkan kata sandi (default): admin

Akhirnya, klik pemeliharaan. Kemudian klik Browse dan pilih file perangkat lunak PL100-B014_WEB.bin, klik Apply dan tunggu proses upgrade hingga modem Anda restart. Periksa versi perangkat lunak B014.

Arion - JT

4. HELIOS G2 (BL500)

Untuk jenis ini, unduh terlebih dahulu dan daftarkan perangkat lunak BL500 di laptop Anda. Klik di sini untuk mengunduh perangkat lunak pembuka kunci.

= http://www.bolt.id/software/helios-software.zip

Hubungkan modem Anda dengan kabel UTP / RJ45. Kemudian buka browser, ketik 192.168.1.1 dan masukkan kata sandi (default): admin

Klik Kustomisasi dan pilih Perangkat Lunak. Untuk sumber perangkat lunak perangkat, pilih Upgrafe Dari File. Kelima, klik Browse dan pilih file perangkat lunak BL500-00.00.96.999, dan kemudian klik Install Software. Tunggu proses pemutakhiran hingga modem Anda memulai kembali dan memulai kembali. Akhirnya, periksa versi perangkat lunak 00.00.96.999.

Helios - JT - 1

5. JUNO (MV005)

Untuk membuka kunci jenis ini. Anda dapat membuka antarmuka web secara langsung di browser (192.168.1.1) dan memasukkan kata sandi (default): admin. Kemudian, pilih Pengaturan, Pengaturan WiFi, Ekstensi Wi-Fi, dan kemudian klik Aktifkan.

Klik Temukan dan pilih titik akses WiFi yang tersedia (pastikan titik akses stabil). Kemudian masukkan kata sandi dan klik Terapkan.

Tunggu ikon saluran muncul di bagian atas. Setelah informasi tentang perangkat lunak terbaru muncul, klik Konfirmasi, tunggu sampai masuk ke halaman pembaruan, dan klik Perbarui Sekarang. Tunggu unduhannya selesai, lalu instal dan klik Restart.

Periksa versi perangkat lunak, informasi, dan informasi perangkat (versi perangkat lunak: mobile.router.B08).

Proses unlock modem juga bisa melalui gerai Bolt zone di 28 lokasi berbeda. Untuk melihat lokasi gerai yang terdekat dengan anda silahkan kunjungi http://bolt.id/storelocation

Selain itu kelima tipe modem tersebut juga mendukung layanan smartfren, demikian postingan mengenai cara unlock modem bolt agar bisa digunakan oleh banyak sim card berbeda. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih telah membaca artikel di blog www.helmykediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar