7 layanan untuk memindai virus secara online


Selamat Datang di Blog Orang IT. Layanan online virus scanner berbasis online sangat berbeda dengan antivirus tradisional , pekerjaan virus scanner online semuanya dilakukan melalui server internet baik ketika upload sample file untuk di pindai , hasil analisa dikirimkan via email hingga memadukan antara add ons untuk mencekal virus yang masuk lewat web browser.

7 layanan untuk memindai virus secara online

Anda mungkin berfikir bahwa menginstall antivirus tradisional kedalam komputer adalah pilihan yang tepat , namun tidak semua pengguna dalam situasi yang sama dengan anda. Mungkin mereka menggunakan komputer publik untuk menguji apakah file yang dibagikan dalam sebuah grub dengan iming-iming (auto earn money atau bypass adult film) ternyata hanyalah file yang disisipi malware berbahaya

Oleh sebab itu anda dapat memanfaatkan layanan online virus scanner untuk memastikan file yang anda unduh aman dari berbagai macam varian virus berbahaya

Online virus scanner adalah alternatif keamanan yang melakukan pemindaian file satu kali untuk memastikan file tersebut aman sebelum di install kedalam perangkat komputer , sebagai lapisan keamanan tambahan apabila anda merasa database antivirus tradisional dikomputer anda kedaluarsa , serta fleksibel bisa digunakan pada perangkat apapun karena online virus scanner hanya membutuhkan web browser untuk melakukan scanning

Contoh kasus :

Anda tertarik dengan file yang dibagikan seseorang dalam forum (software , aplikasi , gambar , doc dll) sebelum menjalankan file tersebut dikomputer pribadi sebaiknya discan dulu melalui online virus scanner untuk memastikan keamananya

Setelah yakin aman , baru deh dijalankan dikomputer pribadi. Karena online virus scanner ini database nya tersimpan diserver pusat jadi bisa dipastikan selalu up to date terhadap varian virus baru

Berikut 7 layanan online virus dan malware scanner gratis:

1. VirusTotal

VirusTotal adalah layanan gratis yang memindai file dan URL untuk virus, worm, Trojans, dan berbagai jenis malware. File yang akan dipindai harus dimuat ke arsip ZIP dan RAR hingga 128 MB.

Ada juga ekstensi peramban untuk pengguna Chrome, Firefox, dan Internet Explorer. Ekstensi peramban dapat digunakan untuk memindai URL dari menu konteks dan dapat memeriksa file sebelum mengunggahnya untuk memastikan mereka tidak mengandung virus apa pun.

2. Avira

Anda mungkin tahu antivirus Avira, tetapi apakah Anda pernah menggunakan versi online antivirus Avira? Mesin antivirus yang digunakan sama dengan versi perangkat lunak. Versi online adalah alternatif bagi mereka yang tidak ingin menginstal perangkat lunak antivirus.

Scan virus Avira memindai file online dan URL yang dikirim melalui formulir online. Saat mengisi formulir, Anda perlu mengisi info kontak sehingga URL pemindaian dapat dikirimkan kepada Anda.

3. Metadefender

Situs web yang dulunya bernama Metascan Online kini telah berganti nama menjadi Metadefender. Situs web ini adalah situs pemindaian berbasis virus online. Metadefender mampu memindai file yang diunggah ke situs web, juga dapat memindai berdasarkan alamat IP, nilai hash, dan URL situs web.

File yang akan dipindai dapat berupa gambar, dokumen, 7Z, EXE, ZIP, dan beberapa jenis file serupa lainnya. Ukuran file maksimum adalah 140 MB. Hasil pemindaian mudah dibaca; tanda centang hijau berarti file tersebut aman, dan tanda merah berarti terinfeksi virus.

4. FortiGuard Online Virus Scanner

FortiGuard Online Virus Scanner adalah pemindai virus online super sederhana yang bekerja di semua browser. Cara kerjanya sama dengan yang lain, yaitu Anda perlu mengunggah file ke situs web FortiGuard untuk dipindai.

Hasil pemindaian dari FortiGuard Online Virus Scanner dapat dilihat dengan dua cara, yaitu dengan menampilkan hasil pemindaian hanya di layar, atau dengan mengirimkan hasilnya kepada Anda melalui email.

5. NoDistribute

NoDistribute online virus scanner memiliki berbagai mesin antivirus unik yang akan memindai file secara bersamaan. Hanya satu file yang dapat dipindai per proses, dan hanya 3 file yang dapat diunggah dalam periode 24 jam.

Setelah pemindaian dokumen selesai, Anda dapat membagikan tautan langsung dari halaman yang dipindai ke orang lain. Ini adalah fitur yang berguna jika Anda ingin berbagi dokumen yang dipindai dengan orang lain.

6. Jotti's Malware Scan

Jotti's Malware Scan adalah layanan gratis yang akan memindai file mencurigakan menggunakan beberapa mesin antivirus. Anda dapat mengunggah hingga 5 file sekaligus dengan ukuran maksimum 100MB per file.

Tanggal deteksi pemindaian dan status setiap mesin antivirus ditampilkan dalam daftar yang mudah dibaca. Tetapi kerugian dari scanner online ini adalah kadang-kadang Jotti's Malware Scan sibuk, jadi Anda harus mengantri jika Anda ingin file Anda diproses.

7. Kirim File Via Email

Tidak memasang add-on browser atau mengunggah file ke situs web, cara terakhir adalah mengirim file melalui email. Jadi, jika Anda memiliki dokumen yang dicurigai terinfeksi virus atau malware, kirimkan saja ke alamat email ini untuk ditinjau.

Berikut ini daftar alamat e-mail pemindai virus:

- VirusTotal: scan@virustotal.com

Ukuran file maksimum adalah 32MB. Tulis "SCAN" di baris subjek untuk mendapatkan balasan dalam format teks biasa, atau tulis "SCAN + XML" untuk mendapatkan balasan dalam format XML.

- Sophos: samples@sophos.com

Tulis "Sampel yang dikirim untuk analisis" di baris subjek email. Kirim file dalam arsip ZIP yang dilindungi kata sandi. Kemudian tulis kata sandi di bagian pesan e-mail, sehingga Sophos dapat membuka arsip file yang Anda kirim.

- Avira: virus@avira.com

Kompres file yang akan dipindai ke format arsip seperti 7-Zip atau WinRAR, lalu instal kata sandi "terinfeksi". Jangan lupa juga menulis kata sandi dalam pesan email.

- eScan: samples@escanav.com

Mengompres file ke format file ZIP atau RAR, dan menginstal kata sandi. Tulis juga kata sandi dalam pesan email, lalu kirim.

- McAfee: virus_research@mcafee.com

Kompres file yang akan dipindai ke dalam format arsip ZIP, dan pasang kata sandi "terinfeksi". Kata sandi harus "terinfeksi", bukan yang lain.

- Norman Safeground: helpdesk@norman.com

Kompres file yang akan dipindai ke arsip ZIP, kemudian gunakan kata "terinfeksi" sebagai kata sandi.

Email balasan yang berisi hasil pemindaian akan dikirimkan kepada Anda. Periode waktu bersifat otomatis, ada yang sepanjang hari. Isi email balasan biasanya sederhana sampai pada titik yang menyatakan bahwa file Anda bersih atau mungkin terinfeksi virus.

Awalnya varian virus wannacry v3 sempat menghebohkan jagat tekno , karena beberapa antivirus tidak mengenalinya sebagai virus jenis ransomware. Anda mungkin terlalu meremehkan virus tanpa sadar bahwa virus telah menginfeksi perangkat teknologi anda yang membuatnya terasa berat ketika dijalankan , cpu tinggi , muncul banyak tab iklan hingga menguras paket data internet
Baca juga: Kelebihan dan kekurangan antivirus smadav
Selain menggunakan antivirus tradisional dikomputer , pastikan untuk mengupdate basis datanya minimal seminggu sekali . Bayangkan saja kalau komputer anda telah di kunci oleh malware dan semua isi data didalam hardisk telah di enskripsi sehingga tidak bisa dibuka. Pembuat virus meminta tebusan 10 juta dalam bentuk ecurrency..... bisa anda bayangkan betapa sulitnya itu dilakukan

Belum ada Komentar untuk "7 layanan untuk memindai virus secara online"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel