5 penyebab aplikasi Android dihapus playstore


Selamat Datang di Blog Orang IT. Untuk mendapatkan penghasilan online dari Google, ada 3 cara yang biasanya dilakukan, yaitu menjadi blogger, menjadi pemain YouTube, dan menjadi pengembang aplikasi Android.

Untuk mendapatkan penghasilan dari pengembang aplikasi online, tidaklah mudah, hal terpenting yang harus dipertimbangkan ketika kita diterima sebagai mitra Google adalah kita harus selalu mematuhi kebijakan Google, jika yang kita lakukan menyalahi kebijakan mereka, maka google akan melakukan penalti, menangguhkan atau menonaktifkan akun google developer untuk selamanya

penyebab aplikasi Android dihapus

Ini juga terjadi pada saya, karena saya adalah pendatang baru di dunia Android, ada banyak kebijakan pengembang Google admob yang saya tidak mengerti, meskipun pada akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai mengerti, seiring dengan pengalaman yang saya dapatkan selama menjadi Pengembang aplikasi Google developer

Berdasarkan pengalaman menjadi pengembang aplikasi untuk Android, terkait dengan masalah pelanggaran kebijakan, sejauh ini saya telah mengalami 2x penghapusan aplikasi dari Play Store karena melanggar kebijakan 

Semua aplikasi saya dihapus oleh Google, tetapi pada akhirnya itu dapat dikembalikan dan saya bersyukur kepada Tuhan  


Yang kedua, saya juga mengalami penghapusan aplikasi namun aplikasi tersebut tampaknya tidak mungkin untuk dikembalikan lagi karena usaha saya ditolak

Penghapusan aplikasi sering terjadi dengan penyebab yang berbeda, terutama yang terkait dengan pelanggaran kebijakan, tim google dapat menonaktifkan akun Google developer anda, bahkan akun lain yang terkait dengan email juga dapat dinonaktifkan ( saya harap tidak terjadi).

Google menghapus aplikasi Android saya dari playstore

Mungkin pengalaman ini bisa menambah informasi, terutama bagi Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia pengembangan aplikasi Android seperti saya, sehingga Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Ini adalah beberapa alasan mengapa aplikasi Android saya dihapus dari playstore:

1. Aplikasi tidak dilengkapi kebijakan privasi.

Ketika saya mengunggah aplikasi Android ke Google developer, saya akan diminta untuk menyelesaikan tautan kebijakan privasi untuk aplikasi yang saya unggah, tetapi itu sifatnya opsional (Anda dapat memasukkannya pada waktu itu juga atau nanti)

Tautkan ke halaman mengenai kebijakan privasi dapat dilakukan kehalaman blogspot atau di blog domain pribadi yang kita miliki, url yang masuk ke halaman kebijakan privasi harus dimasukkan dalam formulir unggahan Google developer dan saya juga harus menginstalnya di salah satu halaman aplikasi aktivitas yang saya buat tautan 

Karena kurangnya pengalaman, sejak awal saya mengunggah aplikasi Android ke Google Developer, yang tanpa dilengkapi dengan halaman kebijakan privasi, karena malas untuk membuatnya dan saya menganggap data dengan keterangan opsional (tidak penting).

Namun seiring waktu, mungkin ada perubahan dalam kebijakan pengembang Google Play, pada akhirnya, aplikasi saya yang tidak setengah matang semua dihapus oleh Google, karena aplikasi itu tidak dilengkapi dengan halaman kebijakan privasi.

Tetapi untungnya, aplikasi yang dihapus dapat dipulihkan dan normal seperti biasa. Untuk memulihkanya ternyata cukup mudah, saya hanya diminta untuk menautkan kebijakan privasi di akun pengembang Google dan juga di setiap aplikasi yang dihapus.

Tips 1 :

Pastikan setiap aplikasi yang anda unggah di Google Play Developer dilengkapi dengan tautan kebijakan privasi, dan jangan lupa bahwa di setiap postingan di Google Developer, Anda memasukkan URL yang masuk ke halaman Kebijakan Privasi.

Anda dapat membuat halaman kebijakan privasi di situs https://app-privacy-policy-generator.firebaseapp.com/, menyalin kebijakan privasi yang dibuat pada halaman, lalu mempostingnya di halaman blog pribadi, saya menggunakan url dalam aplikasi dan juga dalam bentuk unggahan dalam pengembang google.

2. Pasang tautan ke aplikasi yang mengarah ke aplikasi lain.

Alasan kedua mengapa aplikasi Android yang saya upload di Google Play Developer dihapus oleh Google adalah karena tautan atau tombol yang ketika Anda klik maka , otomatis dialihkan kehalaman aplikasi lain di akun yang sama

Saya dulu menggunakan metode ini untuk mempromosikan aplikasi Android lain yang telah saya unggah sebelumnya, jadi saya menyarankan pengguna dengan aplikasi lain yang dapat mereka unduh dan instal di perangkat mereka.

Kalau diblogger sama dengan memberikan internal link kehalaman lain untuk memberi tau pengunjung konten menarik lainya yang kita miliki

Awalnya metode ini tidak menyebabkan masalah, bahkan saya punya cukup waktu untuk membiarkannya berlalu, tidak ada pemberitahuan atau peringatan apapun....

Tetapi ketika aplikasi mulai populer, hukuman itu (aplikasi dihapus dari playstore) saya teriman dan ternyata itu adalah bentuk pelanggaran dalam penyalahgunaan produk Google.

Akhirnya saya menerima email seperti ini yang dilengkapi dengan screen shoot penyalahgunaan yang dimaksud:
PENGHAPUSAN GOOGLE PLAY: Penayang AdMob tidak di izinkan untuk menyalahgunakan atau mempromosikan penyalahgunaan produk Google, seperti Google Play, YouTube atau Blogger. Ini termasuk menghindari atau menyediakan cara untuk menghindari kebijakan atau persyaratan produk ini atau produk Google lainnya, misalnya, dengan mengizinkan pengguna mengunduh video YouTube. 
Jika aplikasi Anda dihapus karena aplikasi kebijakan Google Play, silakan hubungi Google Play mengenai penghapusan aplikasi di sini. Jika Google Play mengaktifkan kembali aplikasi Anda, kirim banding ke tim kami.

Tips 2:

Pastikan untuk tidak memasang tautan apa pun di aplikasi yang mengarah ke aplikasi Anda yang lain atau apa pun tujuannya. Bisa jadi pada awalnya itu tidak akan dianggap pelanggaran, tetapi di kemudian hari itu akan dianggap sebagai pelanggaran kebijakan yang akan menyebabkan aplikasi Android Anda dihapus dari playstore

3. Hindari Judul aplikasiyang sudah memiliki hak cipta.

Sebelumnya saya tidak tau sama sekali, karena saya adalah pemula dan tidak tahu banyak tentang kebijakan Google Play, jadi saya membuat beberapa aplikasi menggunakan judul yang mengandung kata atau istilah yang sebenarnya telah dipatenkan

Contoh: Elsa Puzzle Game Frozen.

Jika Anda melihat terlihat ada yang salah dengan judulnya, yapp benar sekali itu adalah frozen yang merupakan salah satu judul film yang sudah memiliki hak paten. dan dapat menyebabkan Google menghapus aplikasi Android anda

Saya sengaja membuat aplikasi dengan judul itu plus ikon dengan gambar-gambar karakter dari film-film frozen, karena sebenarnya film itu sangat populer.

Dan tentu saja, tidak perlu menunggu lama; Dalam waktu kurang dari sebulan, aplikasi ini telah memperoleh ribuan unduhan setiap hari dengan grafik yang terus meningkat, sehingga aplikasi ini menghasilkan banyak dolar.

Ketika aplikasi ini belum populer, tidak ada masalah awalnya dengan aplikasi tersebut, tetapi karena kepopulerannya semakin meningkat, saya akhirnya menerima pemberitahuan peringatan bahwa aplikasi tersebut dihapus karena melanggar kebijakan.

Untuk kasus tersebut, saya mendapatkan email weighing on Google Play game email:

Hello Developers in Jamparing xxx,
After a review, the Elsa Frozen puzzle game, com.jamparing.gamepuzzlefrozen, has been suspended and removed from Google Play as a political strike because it violates the identity theft policy. 
Next steps 
Read the article on personification for more details and examples of policy infractions.
Make sure your application complies with the impersonation and intellectual property policy and all other policies listed in the developer program policies. Remember that you can apply additional measures if there are more policy problems with your applications.
Log in to your Play Console and send the application compatible with the policy with a new package name and a new application name. 
What happens if I have permission to use the content? 
Contact our support team to provide a justification for its use. The justification may include providing evidence that you are authorized to use the content of your application or some other legal justification. 
Additional suspensions of any nature may result in the cancellation of your developer account, and in the investigation and possible cancellation of related Google accounts. If your account is canceled, payments will cease and Google may recover past sales revenue and / or the cost of associated fees (such as chargebacks and transaction fees) from you.
If you have reviewed the policy and believe that this suspension may have been an error, please contact our policy support team. One of my colleagues will contact you within 2 business days. 
Regards,
The Google Play review team
Tips 3:

Pastikan ketika kita menamai aplikasi jangan menggunakan judul yang mengandung nama atau istilah yang sudah memiliki hak cipta, misalnya seperti mengandung nama tokoh superhero, atau nama tokoh film kartun, judul film dan hal-hal serupa lainya

Di awal tidak akan terjadi masalah, bahkan aplikasi anda akan lolos dan di izinkan untuk muncul diplaystore, namun seiring dengan popularitas aplikasi android yang anda buat, aplikasi anda pada akhirnya akan dihapus karena dianggap melanggar kebijakan.

Pastikan juga nama package tidak mengandung hal di atas, juga icon aplikasi, gambar thumbnail sebaiknya tidak mengandung hal-hal yang bersifat penyalahgunaan terhadap produk berhak cipta.

4. Meletakan iklan interstitial yang melanggar kebijakan.

Pada aplikasi android kita bisa memasang 3 jenis jenis iklan, yaitu banner, interstitial, dan rewardedvideo ads.

Untuk iklan insterstitial pastikan peletakannya tidak melanggar kebijakan penempatan, pahami betul bagaimana cara memasang iklan interstitial yang baik dan benar , baca disini >> https://support.google.com/admanager/answer/6309309?hl=id

Sebagai developer aplikasi android sudah seharusnya kita senantiasa memahami dan mematuhi segala bentuk kebijakan google, karena jika tidak aplikasi android kita bisa dihapus dan jika pelanggaran dianggap berat seperti peretasan/malware berbahaya dan berulang bisa jadi akun developer yang kita miliki akan dinonaktifkan

......https://HElmykediri.com

Belum ada Komentar untuk "5 penyebab aplikasi Android dihapus playstore"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp. Saya sudah biasa melakukan takedown

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel